Pantai Ampenan merupakan salah satu destinasi wisata bahari dengan sejumlah pesona alam menawan yang sayang bila dilewatkan. Destinasi ini selalu menjadi tujuan oleh banyak pelancong untuk bersantai dan juga mengisi waktu senggang bersama dengan orang-orang tercinta.

Terutama pada saat hari libur, seperti akhir pekan, Pantai Ampenan Mataram seakan tak pernah surut dari kunjungan wisatawan. Biasanya yang berada di area wisata Pantai Ampenan adalah para keluarga dengan membawa serta buah hatinya.

Namun tak sedikit juga muda mudi yang tengah merajut asmara di area Pantai Boom Ampenan dengan jalan-jalan. Berkat sejumlah daya tariknya, wisata Mataram berupa pantai ini harus ada dalam list tujuan liburan anda selanjutnya.

Daya Tarik Pantai Ampenan

daya tarik Pantai Ampenan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107374568190919894337

Kota Mataram menjadi salah satu tujuan untuk berwisata di kawasan provinsi Nusa Tenggara Barat. Sebab adanya Lombok menjadikan NTB kerap dipadati oleh banyak pelancong dari berbagai daerah.

Akan tetapi tidak hanya Lombok yang menawarkan beragam destinasi-destinasi cantik untuk di Jelajahi. Seperti Kota Mataram misalnya yang juga sama-sama memiliki sebuah wisata bahari populer, yakni Pantai Ampenan.

Wisata Pantai Ampenan bisa jadi pilihan anda kala ingin bersantai, jalan-jalan hingga bersantap. Menawarkan aneka panorama mempesona berupa pantai berpasir kehitaman yang eksotis.

Di dukung dengan angin sepoi-sepoinya bakal membuat waktu anda rekreasi disini semakin menyenangkan. Setiap kegiatan yang anda lakukan disini tentu akan terasa nyamam karena areanya begitu terjaga sekaligus tertata.

Semua pasang mata akan dimanjakan oleh panorama Pantai Ampenan Lombok yang begitu mempesona. Serta beberapa view sekitarnya yang tak kalah menarik untuk di telisik.

Harga Tiket Masuk Pantai Ampenan

harga tiket masuk pantai ampenan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101563225347027303486

Daya tarik wisata Mataram berupa pantai ini dapat anda jelajahi tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Meskipun tempat ini mempesona, namun nyatanya untuk bisa menikmatinya anda tak perlu rogoh kocek terlalu dalam.

Pada saat ini, harga tiket masuk Pantai Ampenan hanya sekitar Rp10.000 per orangnya, cukup murah bukan? Disamping tiket masuk, pengunjung juga nantinya akan dikenakan biaya retribusi parkir sesuai dengan kendaraan yang dibawa.

Tenang saja, untuk tarif parkir kendaraan di area wisata Ampenan tidak mahal kok. Yang pasti momen berlibur anda disini dijamin tak membutuhkan uang banyak.

Namun tetap saja, kami sarankan untuk anda membawa uang lebih. Sebab satu hal yang ikonik dari wisata Mataram satu ini adalah sajian kuliner menggugah selera.

Disekitar Pantai Ampenan NTB banyak sekali pedagang-pedagang yang menawarkan banyak menu lezat. Seperti beragam olahan ikan, sate bulayak, jagung bakar, sate, aneka gorengan hingga es kelapa yang menyegarkan.

Jam Buka

jam buka pantai ampenan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101600573515972726701

Ketika berencana untuk menghabiskan waktu senggang di Pantai Ampenan Mataram NTB maka perkirakan waktu terbaiknya. Pantai ini sebenarnya terbuka setiap saat, dari pagi sampai dengan malam hari.

Akan tetapi tentu saja seperti pada umumnya, pantai paling cocok di explore ketika hari masih cerah dan belum gelap. Pagi hingga sore hari adalah waktu yang pas untuk eksplorasi indanya tempat wisata Pantai Ampenan.

Menjadi salah satu spot terbaik untuk menyksikan terbenamnya matahari, Pantai Ampenan paling ramai saat sore hari. Sunset Pantai Ampenan sangat menakjubkan, dengan warna kuning kemerahan dan nampak begitu dekat.

Jadi kami rekomendasikan anda yang ingin melihat sunset mempesona, maka datanglah kesini saat sore hari menjelang malam. Wajib datang ketika hari benar-benar cerah untuk dapatkan landscape terbenamnya matahari yang menawan.

Rute Lokasi dan Alamat

alamat dan rute lokasi pantai ampenan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111689952110906930937

Lokasi Pantai Ampenan berada di sebuah kawasan kota tua yang kental akan unsur historisnya. Kota Tua Ampenan, yang dahulunya menjadi pusat bisnis dan pusat dagang di Pulau Lombok adalah kawasan dimana pantai ini berada.

Pantai Ampenan sendiri sebenarnya menyimpan sisi historis terkait dengan Kota Mataram dan Pulau Lombok khususnya. Dari hal tersebut membuat beberapa orang beranggapan bahwa Pantai Ampenan ini berada di Lombok padahal sebenarnya Kota Mataram.

Untuk lebih jelasnya, Alamat Pantai Ampenan terletak di Jl. Pabean, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Keberadaan pantai yang memukau ini cukup dekat dari pusat Mataram, dalam hal ini adalah Kantor Walikotanya.

Jarak dari kawasan Kantor Walikota Mataram ke Pantai Ampenan hanya sejauh 5,5 km saja. Dan membutuhkan waktu perjalanan selama kurang lebih 13 menit melalui jalur darat.

Agar anda tidak tersesat salam dalam perjalan ke wisata Pantai Ampenan, silakam akses maps dibawah ini.

Fasilitas

fasilitas pantai ampenan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106340552381131266477

Masuk dalam daftar wisata andalan di Kota Mataram, menjadikan Pantai Ampenan selalu ramai akan wisatawan. Ditambah dengan dukungan sarana memadai, membuat semua pengunjung merasa betah meski harus berlama-lama.

Berikut ini fasilitas Pantai Ampenan di Mataram yang antara lain :

  • Area parkir kendaraan
  • Pusat informasi wisata
  • Kamar mandi
  • Toilet umum
  • Fasilitas air bersih
  • Mushola
  • Banyak tempat duduk
  • Rumah makan
  • Kios jajanan
  • Area bermain anak
  • Spot foto menarik

Nikmati serunya berlibur dengan explore Pantai Ampenan Mataram bersama dengan orang-orang tercinta. Aktivitas utama yang kerap pengunjung lakukan tentu saja adalah bersantap, dengan ditemani pemandangan pantai.

Ada banyak sekali menu lezat yang dapat anda cicipi, terutama bermacam-macam olahan seafood. Tak hanya itu, disini juga banyak pedagang jagung bakar, sate, dimsum dan masih banyak lagi lainnya

Spot Terbaik di Pantai Ampenan

spot terbaik pantai ampenan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114449832920028557131

Jalan-jalan, duduk santai, menikmati hidangan lezat hingga bermain ditepi pantai merupakan kegiatan-kegiatan favorit disini. Itu semua dapat menjadi momen indah dan sulit terlupakan apabila diabadikan melalui berfoto-foto ria.

Berswafoto tentu tak boleh dilewatkan, dengan memanfaatkan beragam pemandangan memukai di wisata Ampenan. Bisa dengan selfie, foto bersama sampai dengan merekam video dalam setiap keseruan selama anda liburan disini.

Aneka spot terbaik di Pantai Ampenan mampu membuat hasil foto anda lebih instagenic. Seperti tulisan besar “Pantai Ampenan” dan juga panorama sunset mengagumkan.

Saat senja tiba, banyak orang kemudian berkumpul untuk menikmati sunset di tepi pantai. Sembari menikmati aneka kuliner khas Pantai Ampenan Lombok seperti makanan seafood segar dan juga jajanan lainnya.

Tips Berkunjung

tips berkunjung pantai ampenan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117105158600004423419
  • Hari yang cerah dan tidak hujan adalah waktu paling disarankan untuk berwisata ke Pantai Boom Ampenan.
  • Pantai Ampenan malam hari juga tak kalah menarik untuk mengisi waktu libur anda agar lebih berwarna.
  • Setibanya anda di pantai, apabila langsung duduk, jangan kaget. Jika tiba-tiba para pedagang mendekat ke arah anda dan langsung menanyakan akan pesan apa.
  • Wajib menjaga kebersihan selama liburan di Pantai Ampenan Mataram agar tetap indah rapi dan juga lestari.
  • Utamakan keselamatan selama liburan agar bisa kembali pulang dengan nyaman tanpa adanya halangan.

Wisata pantai di Ampenan Lombok ini harus ada dalam list tujuan jalan-jalan bahagia anda selanjutnya. Sekian dulu informasi dalam ulasan singkat mengenai wisata Pantai Ampenan di Mataram yang eksotis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × one =