Taman Ujung Sukasada dapat dikatakan merupakan maskot destinasi wisata di Bali bagian timur, tepatnya Karangasem. Hal ini dikarenakan Taman Ujung sudah dikenal hingga manca negara sejak 1920 ketika semua wisatawan asing mulai berkunjung ke Bali.

Raja Karangasem I Gusti Bagus Jelantik yang dikenal sebagai Anak Agung Anglurah Ketut adalah seorang negarawan, sastrawan, dan arsitek. Dia telah menciptakan banyak bangunan bahkan tidak dalam bentuk taman yang indah.

Adapun salah satunya adalah Taman Ujung ini. Penasaran bagaimana indahnya Taman Ujung yang berada di Karangasem, Bali ini?

Harga Tiket Masuk Taman Ujung

harga tiket masuk taman ujung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117226178324625473120

Salah satu aspek yang paling menarik dan mengasyikkan dari mengunjungi berbagai daerah di Bali adalah menjelajahi wisata daerah tersebut. Salah satu daerah wisata favorit di Karangasem, atau Bali Timur adalah Taman Ujung.

Mungkin wisata yang paling terkenal adalah Candidasa, dan desa-desa tepi laut yang secara kolektif dikenal sebagai Amed. Namun, ada tempat baru untuk dikunjungi yang agak jauh dari wisata biasanya.

Ya, salah satu penemuan baru-baru ini adalah Taman Ujung Soekasada. Wisata ini juga dikenal sebagai Taman Ujung, sebuah Istana Air bersejarah yang dibangun berdekatan dengan laut dekat kota kecil Amlapura.

Taman Ujung populer di kalangan wisatawan Indonesia, tetapi kurang dikenal oleh wisatawan internasional. Tiket masuk Taman Ujung Karangasem untuk orang adalah Rp 75.000 per orang.

Sementara untuk parkir kendaraan bermotor di wisata Taman Ujung akan dikenakan biaya tambahan Rp 2000.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi taman ujung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100460481828636728262

Taman Sukasada terletak sekitar 5 km dari kota Amlapura di pedesaan Ujung. Lokasi Taman Ujung berada di Kabupaten Karangasem, Bali Timur.

Pintu masuk utama terletak di Jalan Taman Ujung, tak jauh dari Jalan Karangasem – Seraya. Perjalanan dari Candidasa, kawasan wisata utama terdekat, akan memakan waktu sekitar 25 menit.

Jika datang dari Amed, Anda membutuhkan waktu tempuh sekitar 40 menit untuk sampai ke situs wisata.

Sementara jika Anda datang dari selatan Bali, maka lama perjalanan akan memakan waktu hingga 2 jam lamanya. Mengingat Taman Ujung cukup jauh, maka Anda bisa bisa menggabungkan kunjungan ke destinasi lain agar sekali jalan.

Tempat menarik lainnya yang signifikan untuk dikunjungi adalah :

  • Pura Besakih, salah satu rumah ibadah tertua dan terpenting di seluruh Bali.
  • Virgin Beach, pantai tersembunyi yang indah, terletak sangat dekat dengan Taman Ujung.
  • Pura Lampuyang, memiliki pemandangan Gunung Agung yang indah.
  • Tirta Gangga, bisa dibilang pura air Bali yang paling terkenal.

Saat ke Taman Ujung, akan ada banyak rencana perjalanan wisata yang bisa dikunjungi dalam sekali jalan.

Fasilitas

fasilitas taman ujung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104364091849546397371

Taman Ujung Karangasem adalah wisata yang indah dengan kolam ikan besar mengelilingi bangunan tua peninggalan Kerajaan Karangasem.

Taman Ujung dahulunya adalah bangunan yang digunakan Raja Karangasem di zamannya untuk bersantai atau menjadi tempat pertemuan.

Area parkir di luar Taman Ujung menyediakan beberapa fasilitas berupa :

  • Deretan warung makan
  • Toko souvenir
  • Fasilitas WC

Jam Buka

jam buka taman ujung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113796120046219047960

Daya tarik Taman Ujung Karangasem memang terletak pada bangunannya yang begitu indah. Padahal, Taman Ujung hampir seluruhnya hancur pada tahun 1963 oleh letusan besar Gunung Agung di dekatnya.

Istana ini kemudian ditinggalkan setelahnya dan mengalami kerusakan lebih lanjut akibat gempa bumi pada tahun 1975. Istana kemudian dalam kondisi rusak sampai tahun 2000.

Namun kemudian Karangasem Banjar, atau pemerintah setempat, mengawasi perbaikan Istana. Pekerjaan restorasi, tidak sepenuhnya sesuai dengan desain aslinya, namun bisa selesai pada tahun 2003.

Bagi yang hendak datang ke Taman Ujung, wisata satu ini buka setiap jam 7 pagi sampai dengan 7 malam.

Datang juga ke –> Pura Penataran Agung Lempuyang wajib untuk anda explore.

Aktifitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan taman ujung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104161071885199153208

Menjelajahi Pekarangan Taman Ujung

Taman-taman yang ada di lokasi wisata ini sangat indah. Dari saat pertama berjalan melintasi jembatan masuk, Taman Ujung dinaungi oleh taman Bouganvillea merah yang indah.

Tempat ini adalah impian pecinta taman. Bougainvillea menaungi pintu masuk ke pekarangan Taman Ujung. Jalur pejalan kaki memberikan arah melalui pekarangan, memandu Anda melewati banyak keindahan taman.

Menyaksikan Keindahan Tanaman di Taman Ujung

Selain keindahan bangunannya, Taman Ujung juga memiliki koleksi tanaman yang tidak kalah menawan. Ada pohon topiary yang menarik, tumbuh di seluruh taman dan dirawat dengan sempurna.

Air mancur, patung, dan tanaman pot tersebar di seluruh area. Anda bisa merasakan ketenangan yang damai ketika memasuki Taman Ujung.

Melihat Tiga Danau Taman Ujung

Taman Ujung memiliki tiga buah danau. Danau pertama dan terbesar, menampilkan Bale Gili sebagai pusatnya, dengan taman terbuka.

Sedangkan danau kedua, menampilkan Bale Bengong, sebuah paviliun terbuka besar yang digunakan untuk menerima dan menjamu tamu Raja Karangasem. Danau ketiga, dari mana nama aslinya diambil dari nama Kolam Dirah.

Kolam Dirah memiliki arti khusus bagi masyarakat Karangasem setempat. Legenda mengatakan bahwa siapa pun yang dituduh ilmu hitam akan dikirim untuk bermalam di samping kolam renang.

Jika di pagi hari, mereka mati, itu membuktikan bahwa mereka dituduh dengan benar. Namun jika mereka ditemukan hidup, itu menunjukkan bahwa mereka sebenarnya dirasuki setan jahat.

Kunjungi juga –> Lahangan Sweet destinasi wisata mempesona.

Tips Berkunjung

tips berkunjung taman ujung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104364091849546397371

Bagi yang hendak berwisata di Taman Ujung Bali Karangasem, Anda perlu melakukan beberapa tips ini. Ingatlah bahwa Anda sedang berlibur di daerah tropis dan cuacanya panas sepanjang tahun.

Anda dapat dengan mudah menghabiskan beberapa jam menjelajahi Taman Ujung dan akan sangat mudah untuk mengalami dehidrasi. Jadi, simak tipsnya :

  • Minum banyak air dan pakai topi.
  • Gunakan tabir surya bahkan selama hari-hari mendung jika tidak mau terbakar matahari.
  • Bawa bekal cukup selama menjelajahi situs wisata.
  • Kenakan pakaian yang sopan.

Review sebelumnya –> Pura Pasar Agung yang menyimpan sejumlah kisah menarik.

Sejarah Taman Ujung

sejarah taman ujung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117226178324625473120

Taman Ujung dibangun untuk Raja Karangasem, I Gusti Bagus Jelantik. Gelar resminya adalah Anak Agung Ketut Karangasem Anglurah.

Raja Karangasem memerintahkan dimulainya pekerjaan pembangunan pada tahun 1909 di lokasi Kolam Dirah saat itu. Konstruksi selesai pada tahun 1921.

Dengan bantuan dari arsitek Bali yang tidak dikenal, arsitek Loto Ang dan Belanda Van Den Hentz. Kedua arsitek membantu merancang dan mengawasi pembangunan istana.

Istana Taman Ujung dibangun terutama sebagai tempat istirahat, relaksasi dan meditasi bagi Raja Karangasem. Istana ini juga digunakan sebagai tempat untuk menyambut tamu dan pejabat yang berkunjung ke wilayah tersebut.

Kolam ini juga berfungsi sebagai tempat pengasingan bagi pria yang mengaku menjalankan ilmu hitam. Pada masa pemerintahan I Gusti Bagus Jelantik yang mulai memimpin Kerajaan Karangasem tahun 1909, area kolam ini diperluas.

Istana dikembangkan oleh beberapa kolam dan juga bangunan Bale Gili yang mewah. Dengan gaya Eropa kemudian diberi nama Taman Sukasada Ujung Karangasem.

Taman ini terletak strategis di sisi pantai, selatan kota Karangasem dan didirikan di sekitar daerah dengan banyak mata air. Kalau Anda sedang berada di Karangasem, maka jelajahilah Taman Ujung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 + six =