Tempat wisata di Grobogan memang cukup beragam sehingga membebaskan para pengunjung untuk dapat memilih destinasi wisata yang paling disukai. Grobogan sendiri merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki kondisi fisik wilayah menakjubkan sehingga banyak ditemukan wisata alam.

Wisata alam yang ada di Grobogan siap memanjakan setiap pengunjung yang datang dengan pesonanya. Merelaksasikan pikiran sembari menikmati spot-spot wisata yang ada akan menjadi pengalaman berharga yang tidak terlupakan.

Berikut daftar wisata di Grobogan yang memiliki keindahan menakjubkan:

1. Air Terjun Widuri

wisata grobogan terbaru
Foto : https://www.instagram.com/revinnaprnma/

Apakah kamu salah satu yang menyukai wisata berupa air terjun? Jika ya, air terjun Widuri ini bisa masuk salah satu list perjalananmu. Lokasi Air Terjun widuri ini ada di Desa Batur Kecamatan Tawangharjo Grobogan Jawa Tengah.

Lokasi air terjun ini bisa dikatakan tersembunyi sehingga tidak banyak wisatawan yang mengetahuinya. Alhasil jumlah pengunjung pun tidak begitu ramai jika dibandingkan dengan air terjun lainnya.

Karena hal tersebut, kondisi air terjun widuri ini masih terasa sangat asri dan alami. Meskipun lokasinya tersembunyi dan tidak begitu ramai yang mengunjungi, fasilitas yang tersedia cukup lengkap.

Menariknya, air terjun widuri ini tidak terlalu tinggi sehingga alirannya tidak begitu deras. Bahkan dari kejauhan terlihat seperti awan yang jatuh dari ketinggian
Oleh sebab itulah air terjun widuri ini akan tampak cantik diabadikan dengan kamera atau sekedar dipandang dengan mata. Tempat di mana air terjun ini berada juga bisa dijadikan lokasi yang pas untuk merelaksasikan pikiran.

Ditemani oleh kerabat ataupun teman-teman tentu akan menjadi pengalaman yang begitu berkesan selama di Grobogan.

2. Bendung Klambu

wisata grobogan purwodadi
Foto : https://www.instagram.com/ratih_tu/

Selanjutnya ada bendung klambu yang tidak kalah recommended untuk dikunjungi apabila berada di Grobogan. Bendung klambu ini merupakan tempat wisata berupa waduk yang begitu multifungsi.

Jarak waduk ini kurang lebih 11 km arah barat daya Purwodadi. Waduk ini juga digunakan sebagai bendungan untuk wilayah bertemunya dua aliran sungai yaitu sungai Lusi dan sungai Serang.

Potensi sumber daya air yang ada di waduk ini dinilai menjanjikan. Ada Banyak masyarakat sekitar yang berkunjung ke ke bendung klambu ini untuk melakukan berbagai aktivitas.

Biasanya, aktivitas yang dilakukan pada masyarakat adalah memancing dikarenakan banyak yang menganggap ada banyak ikan di dalam Waduk. Hal tersebut memang dinilai masuk akal terlebih lagi waduk ini mempertemukan dua aliran sungai sekaligus.

Selain memancing, pengunjung yang datang juga bisa menikmati suasana dengan bersantai di sekitar Waduk klambu. Angin sepoi-sepoi yang berhembus dan suasana yang begitu segar menjadi daya tarik tersendiri untuk datang ke wilayah waduk klambu.

Ternyata waduk klambu ini juga digunakan pembangkit listrik tenaga air atau yang disingkat dengan PLTA. Oleh sebab itulah waduk ini juga disebut dengan waduk-waduk multifungsi. Karena selain memberikan sarana rekreasi juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik.

3. Ganesha Tidur Banjarejo

wisata di grobogan purwodadi
Foto : https://www.instagram.com/irma.haryadi/

Tempat wisata Ganesha tidur Banjarejo ini bisa ditemukan di Purwodadi Grobogan Jawa Tengah. Wisata grobogan purwodadi ini menawarkan nilai-nilai seni sejarah dan juga budaya.

Di tempat ini pulalah ditemukan berbagai fosil kehidupan masa lalu yang kemudian disimpan di rumah fosil Desa Banjarejo Grobogan. Di tempat ini bisa ditemukan spot foto yang biasa digunakan dengan latar landmark patung Ganesha raksasa yang sedang tidur.

Biasanya para pengunjung yang datang ke tempat wisata ini mengabadikan foto di sekitar landmark patung Ganesha. Di sana tersedia bangku panjang tepat di depan landmark patung Ganesha sehingga pengunjung bisa duduk dan mengambil foto di sana.

Meskipun tergolong wisata grobogan terbaru, tempat wisata yang satu ini tergolong lengkap dari segi fasilitas. Fasilitas yang ada meliputi kamar mandi, toilet, gazebo, tempat duduk, tempat parkir, warung wisata.

Dengan begitu pengunjung bisa merasa lebih nyaman selama berada di lokasi wisata. Waktu yang cukup direkomendasikan untuk berkunjung ke lokasi wisata ini yaitu pagi dan sore hari ketika cuaca sedang cerah.

Pada kondisi tersebut, bisa dihasilkan foto yang menarik dan instagenic untuk menjadi kenang-kenangan usai berwisata. Selain itu jangan lupa untuk membawa handphone ataupun kamera untuk mengabadikan setiap momen.

4. Ayodya Bloombang Waterpark

tempat wisata anak di grobogan
Foto : https://www.instagram.com/mamas_axelalthafandra/

Objek wisata yang satu ini cocok dijadikan destinasi liburan keluarga karena menawarkan keseruan yang begitu mengasyikkan. Tempat wisata anak di Grobongan ini berada di Jalan Ahmad Yani Purwodadi Grobogan Jawa Tengah.

Pengunjung yang datang ke wisata di Grobogan Purwodadi ini akan disuguhkan dengan kolam renang. Yang mana sudah dilengkapi dengan berbagai wahana permainan yang dikhususkan untuk anak-anak.

Adapun beberapa wahana menarik seperti family slide, splash bucket, twin slide. Dan adanya jacuzzi dimana atraksi utamanya berapa tower slider dengan ketinggian 7 meter.

Bagi pengunjung yang ingin memacu adrenalin, wahana di obyek wisata di Grobongan ini cocok untuk dicoba. Di tempat ini pengunjung juga bisa bermain air dan berenang sepuasnya dengan menikmati semua fasilitas yang ada.

Umumnya tempat wisata ini beroperasi mulai pukul 7 pagi hingga pukul 5 sore. Pada hari biasa buka dari mulai Selasa hingga Minggu sehingga banyak pilihan hari untuk dapat berkunjung.

Memboyong serta sanak keluarga untuk merasakan setiap keseruan yang ada di tempat wisata ini bisa menjadi ide yang menarik. Dengan begitu pengalaman liburan di tempat wisata keluarga di Grobongan menjadi lebih berkesan.

Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen yang ada di tempat wisata ini. Agar bisa dijadikan kenang-kenangan selama berada di Grobogan Jawa Tengah. Bersiaplah untuk setiap seruan yang akan tercipta di tempat-tempat wisata Grobogan.

5. Bledug Kuwu

wisata alam grobogan
Foto : https://www.instagram.com/yuniwahyuningsh/

Bledug Kuwu Grobogan ini ada di Kecamatan Kradenan tepatnya di Desaku Grobogan Jawa Tengah. Sekilas tempat wisata ini mengingatkan peristiwa lumpur Lapindo yang ada di Sidoarjo.

Hal tersebut dikarenakan tempat wisata ini menyajikan luapan lumpur layaknya lumpur Lapindo. Setiap 2 sampai 3 menit sekali pengunjung bisa menyaksikan luapan lumpur yang mirip dengan letusan gunung berapi.

Beberapa informasi menyebutkan bahwa luapan lumpur di lokasi wisata ini dikarenakan adanya pelepasan gas dalam selasar bumi. Gas yang dimaksud disini berupa metana yang bercampur dengan garam dan mineral.

Namun sisi positifnya, kejadian ini tidak menimbulkan kerugian Mala dijadikan ladang bisnis untuk masyarakat sekitar. Diketahui bahwa masyarakat sekitar memanfaatkannya untuk memproduksi garam bleng menggunakan cara tradisional.

Pengunjung bisa datang ke tempat ini untuk menyaksikan secara langsung bagaimana luapan lumpur. Tarif masuknya juga cukup terjangkau di mana per orangnya dikenai biaya Rp. 5.000 dan untuk parkir senilai Rp. 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 4.000 untuk roda empat pribadi.

Agar bisa berkesan dan menjadi kenang-kenangan tentu pengunjung bisa mengabadikan foto selama berada di lokasi wisata. Selalu berhati-hati dengan setiap aktivitas yang dilakukan di lokasi wisata.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Wonogiri yang memiliki alam asri dan mempesona wajib untuk anda telusuri keindahannya.

6. Sendang Keongan

tempat wisata alam di grobogan
Foto : https://www.instagram.com/ramadani1515/

Wisata Grobogan Sendang keongan ini berada di Kecamatan klambu tepatnya di desa penganten Grobogan Jawa Tengah. Sendang keongan ini lokasinya ada di tepi hutan Pegunungan Kendeng bagian utara.

Pesona alam yang ditampilkan di tempat ini memang begitu indah sehingga banyak menarik perhatian wisatawan untuk datang berkunjung. Di sini terdapat Sendang dengan ukuran 1000 meter persegi yang dikelilingi pepohonan yang rindang sehingga nuansa sejuk terasa.

Para pengunjung yang datang bisa menikmati sendang ini dengan berendam di dalamnya untuk melepas penat dan lelah. Merelaksasikan pikiran sembari menikmati suasana liburan memang menjadi hal yang dinanti-nanti ketika ada di tempat wisata yang satu ini.

Apabila tidak ingin berendam maka pengunjung bisa menikmati suasana yang ada di sekitar tempat wisata. Bersantai menikmati camilan tentu akan menjadi pelengkap yang begitu u mengasyikkan untuk dicoba.

Selain itu para pengunjung juga bisa mengabadikan setiap momen yang di lalui di tempat wisata ini. Bagi penyuka ataupun hobi fotografi, bisa memotret setiap sudut keindahan yang ada di tempat wisata Sendang Keongan.

7. Bendungan Dumpil

wisata grobogan
Foto : https://www.instagram.com/wisatagrobogan/

Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini berupa bendungan yang memperlihatkan mengalirnya air. Bangunan yang tampak kokoh dengan batu berjajar tempat mengalirnya air menjadi keindahan tersendiri untuk.

Pengunjung bisa menghasilkan foto yang instagenic ketika berada di tempat ini. Karena latar pemandangan bendungan yang begitu eksotik disertai air yang mengalir di bawahnya. Pengunjung juga bisa menikmati suasana yang ada di Bendungan ini dengan mendengarkan suara air yang mengalir.

Nuansa menenangkan dan merilekskan pikiran bisa menjadi salah satu daya tarik untuk bisa berkunjung ke tempat ini. Bagi yang menyukai seni fotografi tentu bisa memanfaatkan tempat wisata ini untuk mengabadikan momen. Dengan mengambil setiap angle menarik yang ada di sana.

Dikemas dengan editing komposisi warna yang baik tentu akan menghasilkan gambar yang memukau dan menakjubkan. Hal tersebut bisa dijadikan koleksi yang berharga sebagai kenang-kenangan pernah berwisata ke Bendungan dumpil Grobogan Jawa Tengah.

8. Goa Lawa Grobongan

tempat wisata keluarga di grobogan
Foto : https://www.instagram.com/srikandi_____/

Destinasi wisata Goa Lawa Grobogan Jawa Tengah ini merupakan salah satu wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Setiap sudut yang ditampakkan dari goa begitu eksotis sehingga menjadi kesan tersendiri untuk dikunjungi.

Untuk bisa sampai ke Goa Lawa, pengunjung perlu mempersiapkan stamina karena rute yang dilalui akan melalui jalan menanjak. Bahkan setelah menemukan papan bertuliskan Goa lawa dan Goa macan. Selanjutnya masih harus menyusuri jalan setapak dengan jarak kurang lebih 2 kilometer.

Posisi goalawa berada dekat dengan pintu masuk tepatnya di sisi kanan setelah menanjak. Suasana yang ada di dalam Goa lawa ini begitu eksotis sehingga sangat cocok untuk mengabadikan momen ketika berada di sana.

Sebenarnya Gua Lawa dan Goa macan ini merupakan dua destinasi yang berbeda. Sehingga jangan berpikir bahwa keduanya ada di tempat yang sama. Area dalam Gua Lawa ini terbilang luas dan bisa menemukan stalaktit.

Stalaktit stalakmit yang ada di Gua Lawa ini menambah daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Untuk menyaksikan secara langsung hasil dari proses alam tersebut. Pada bola lampu lampu berwarna yang akan memanjakan pemandangan yang ada di sini.

Dengan demikian pula, wisata ini berbeda dengan wisata pada umumnya yang identik dengan kegelapan. Pengunjung bisa merasakan suasana yang lebih berkesan tanpa rasa rasa seram.

9. Jati Pohon

wisata di grobogan
Foto : https://www.instagram.com/wisatajatipohon/

Tempat wisata bernama jatipohon ini berada di kecamatan Grobogan tepatnya di Desa Sumber Jatipohon. Tempat wisata ini kerap dijadikan lokasi bertamasya yang menarik serta ramai pengunjung.

Lokasinya yang berada di areal pegunungan membuat suasana yang ditawarkan begitu sejuk dan nyaman sehingga cocok untuk merelaksasikan pikiran. Panorama alam di sini juga tidak kalah menarik untuk disaksikan.

Kegiatan lain yang tentunya bisa dilakukan para pengunjung adalah berburu foto-foto ciamik dan keren selama berada di jati pohon. Apabila ingin liburan yang berkesan, pengunjung juga bisa berfoto dengan latar belakang suasana tempat wisata.

Pihak pengelola juga sudah menyediakan beragam fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung di wisata alam Grobongan ini. Mulai dari gardu pandang hingga bumi perkemahan. Semua itu dilakukan guna memberikan pengalaman yang menarik untuk pengunjung yang datang.

Tiket masuk yang dibebankan kepada para pengunjung juga cukup terjangkau yakni Rp.5.000. Apabila membawa serta keluarga tentu akan menjadi ide menarik untuk melengkapi pengalaman liburan yang berharga dan berkesan.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Karanganyar dengan suguhan destinasi menarik terbaru yang juga hits.

10. Waduk Nglangon

tempat wisata di grobogan
Foto : https://www.instagram.com/erichawindhiyana_/

Tempat wisata dengan nama waduk nglangon ini menyajikan eksotisme keindahan sisa-sisa peninggalan zaman kolonialisme Belanda. Pada saat ini, pengelolaannya menjadi lebih baik karena sudah dilengkapi dengan berbagai wahana dan juga fasilitas yang memadai.

Tempat wisata di Grobongan Jawa Tengah ini juga bisa menjadi pilihan wisata keluarga di akhir pekan ataupun pada masa liburan. Nuansa alam yang ditawarkan begitu menyejukkan pandangan mata sehingga memberikan kesan tersendiri bagi siapa saja yang datang ke tempat ini.

Harga tiket masuk ke tempat wisata di Grobongan ini juga terbilang terjangkau sehingga tidak memberatkan pengunjung yang datang. Bersantai sembari menikmati waktu di sore hari menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk di lakukan di tempat wisata ini.

Adapun biaya masuk yang dibebankan kepada pengunjung ke tempat wisata di Grobongan ini yakni Rp.5.000 per orang. Apabila disandingkan dengan panorama keindahan yang ditawarkan tentu harga demikian sangatlah terjangkau.

Adapun jam operasional dari objek wisata di Grobongan ini dimulai pukul 8 pagi hingga pukul 6 sore. Untuk melepas lelah setelah beraktivitas dalam pekerjaan, maka berkunjung ke tempat ini adalah salah satu ide yang tepat.

Para pengunjung bisa sampai ke tempat ini menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Untuk alamatnya berada di Kradenan Grobogan Jawa Tengah yang berjarak sekitar kurang lebih 35 kilometer dari pusat Kota Purwodadi.

11. Puncak Pelangi Gunung Ulo

objek wisata di grobogan
Foto : https://www.instagram.com/yuniekawulandari16/

Destinasi wisata bernama Puncak Pelangi gunung Ulo ini menawarkan keindahan yang cukup unik. Masyarakat Desa Dokoro telah menyulap kawasan yang tandus menjadi tempat yang instagenic untuk berfoto.

Terutama para muda-mudi begitu antusias untuk datang ke wisata di Grobongan ini guna mengabadikan foto-foto ciamik selama berada di sana. Di lokasi wisata, para pengunjung bisa berfoto langsung dengan tulisan Puncak Pelangi gunung Ulo.

Tulisan tersebut tampak berwarna-warni sehingga tampak cantik dan ciamik kala berpadu dengan warna keabu-abuan dari bebatuan yang ada disekitarnya. Di tempat wisata ini para pengunjung bisa melakukan aktivitas lainnya seperti bermain hammock, climbing dan juga camping.

Semuanya bisa disesuaikan dengan keinginan masing-masing. Tempat ini memang masih terbilang tempat wisata di Grobongan terbaru, namun bisa dikatakan cukup berhasil menarik perhatian pengunjung untuk datang.

Biaya tiket masuk ke Puncak Pelangi gunung Ulo adalah Rp3.000. Sementara apabila ingin menikmati berbagai fasilitas lainnya di wisata terbaru di Grobongan ini maka dikenakan biaya tambahan yang berbeda-beda.

Beberapa diantaranya seperti climbing Rp.15.000, hammock Rp.15.000, camping Rp.50.000 dengan mendapatkan makan 1 kali. Serta masih ada berbagai fasilitas lainnya yang bisa di sewa sesuai kebutuhan.

12. Tugu Lasi

obyek wisata di grobogan
Foto : https://www.instagram.com/cole_ahmad17/

Tugu lasi memiliki keindahan alam yang begitu memesona sehingga bisa menjadi alasan untuk berkunjung ke tempat ini. Tempat wisata ini berada di Kecamatan tanggungharjo tepatnya di desa Mrisi Grobogan Jawa Tengah.

Tempat wisata alam di Grobongan ini biasanya ramai oleh wisatawan baik itu pada hari biasa ataupun hari libur. Penampakan tugu lasi yang begitu indah dan megah serta alami mampu menarik perhatian siapa saja yang melihatnya.

Berbagai kegiatan menarik yang bisa dilakukan di tugu lasi ini yaitu berburu foto-foto ciamik dari setiap sudut tempat wisata. Jangan lupa juga untuk mengabadikan foto dengan latar belakang tempat wisata ini supaya mendapatkan kenangan sama ada di tugu lasi.

Bagi para pengunjung yang sekedar ingin bersantai saja juga bisa datang ke tempat ini. Tentu saja pemandangan alam yang ditawarkan disini tidak kalah indah dan menarik untuk disaksikan.

Semua itu akan membantu relaksasi dan menjernihkan pikiran serta mengurangi lelah yang di rasakan. Setelah seharian bekerja dan ingin refreshing kan pikiran, maka tempat ini bisa menjadi salah satu daftar kunjungan.

Membawa serta teman-teman juga bisa menjadi menarik untuk dilakukan karena bisa merasakan keseruan bersama-sama. Terlebih lagi jika mengabadikan momen bersama-sama di sana.

13. Waduk Kedung Ombo

wisata terbaru di grobogan
Foto : https://www.instagram.com/embunbeningkedungombo/

Tempat wisata Waduk Kedung Ombo ini adalah salah satu dari sekian banyak objek wisata waduk buatan. Pemandangan yang ditawarkan di sekitar waduk ini begitu mempesona dengan keasrian alam yang menyejukkan pandangan mata.

Tidak heran jika waduk ini menjadi salah satu yang ramai dikunjungi di Grobogan Jawa Tengah. Para pengunjung yang datang bisa merasakan udara segar serta merilekskan pikiran di lokasi ini.

Terdapat pilihan untuk menyewa perahu di waduk ini untuk merasakan suasana yang lebih nyaman dan berkesan. Selain itu, apabila ingin bersantai juga bisa melakukannya di pinggir waduk.

Biaya masuk yang dibebankan juga cukup terjangkau sehingga tidak memberatkan para pengunjung yang datang. Pada saat liburan, tempat ini biasanya juga akan ramai pengunjung.

14. Geopark Karangsari

tempat wisata di grobogan
Foto : https://www.instagram.com/mediasemar/

Nah satu lagi tempat wisata Grobongan yang juga menarik untuk dikunjungi saat berada di Grobogan adalah Geopark Karangsari. Tempat wisata ini berada di lokasi yang strategis karena ada di pinggir jalan Grobogan.

Sebelum masuk para pengunjung bisa memarkirkan terlebih dahulu kendaraan di area parkir. Dilanjutkan dengan membeli tiket untuk bisa masuk ke dalam tempat wisata.
Berdasarkan informasi, harga tiket masuk ke lokasi wisata ini adalah Rp10.000 per orang.

Dengan harga demikian, pengunjung juga mendapatkan satu minum untuk satu tiket.
Saat masuk ke dalam tempat wisata pengunjung akan langsung melihat adanya faktor dinosaurus yang sekaligus menjadi ikon Geopark Karangsari. Biasanya ikon dinosaurus ini sering dijadikan tempat korek untuk berfoto.

Di tempat ini para pengunjung bisa mencoba berbagai wahana berbayar dan wahana gratis. Tinggal di sesuaikan saja dengan keinginan dan kebutuhan.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Sragen terbaru yang hits dan juga terbaru.

Demikian informasi mengenai tempat wisata di Grobongan. Semoga bisa menambah informasi seputar tempat wisata dalam negeri.

Travel Vlog Honeymoon Dieng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here