Tempat wisata di Blora hadir dengan sejumlah daya tarik sehingga memiliki nilai tersendiri untuk dapat dikunjungi. Blora sendiri merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah dan letaknya berbatasan dengan provinsi Jawa Timur.

Walaupun terkenal sebagai salah satu daerah yang sulit air, Blora tetap menyimpan segudang keindahan. Sehingga hadirlah berbagai tempat wisata di sana. Tempat wisata yang ada di Blora ini bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi.

Baik itu pada hari biasa, akhir pekan ataupun pada musim liburan. Berikut daftar tempat wisata di Blora yang menawarkan keseruan saat dikunjungi:

1. Kampung Bluron

wisata blora jawa tengah
Foto : https://www.instagram.com/eniiazka/

Tempat wisata di Blora yang satu ini diberi nama kampung bluron. Objek wisata di Blora ini menjadi salah satu destinasi yang menarik untuk dikunjungi karena terdapat berbagai wahana permainan air.

Kampung bluron ini merupakan destinasi wisata buatan yang cocok dijadikan tempat berkunjung pada akhir pekan. Tersedia tempat pemandian yang bisa digunakan para pengunjung untuk dapat merasakan sensasi kesegaran saat mandi di area wisata.

Lokasi dari destinasi wisata ini tepatnya di kecamatan Blora Desa Tempuran. Harga tiket masuk yang dibebankan juga tidak begitu mahal cukup Rp15.000 untuk orang dewasa dan Rp.10.000 untuk anak-anak.

Dengan harga tiket yang terjangkau tersebut, para pengunjung bisa menikmati berbagai wahana yang ada di dalam kampung bluron. Apabila ingin bersantai sejenak melepas lelah maka tempat ini juga salah satu yang direkomendasikan untuk dikunjungi.

2. Waduk Greneng

wisata blora kota
Foto : https://www.instagram.com/kandangpendaki/

Selanjutnya ada destinasi wisata yaitu waduk greneng. Daya tarik utama untuk berkunjung ke tempat ini adalah pemandangan waduk yang begitu asri dan menyejukkan pandangan mata.

Lokasi Waduk ini berada di Kecamatan panjangan Blora Jawa Tengah. Pemandangan yang ada di sekitar waduk tampak begitu alami dan asri dengan adanya pohon jati.

Para pengunjung yang datang bisa menikmati suasana yang ada di sana sembari bersantai dan merilekskan pikiran. Dengan begitu perasaan lelah setelah sekian lama bekerja bisa dipulihkan.

Waduk ini memiliki jarak Kurang lebih 12 km dari pusat Kota Blora. Butuh waktu 20 menit untuk bisa sampai ke tempat wisata ini. Mengingat pemandangannya yang begitu indah, tempat ini cocok untuk dijadikan lokasi foto-foto ciamik.

Bagi yang suka fotografi juga bisa mengambil foto setiap sudut keindahan yang ada di waduk ini.

3. Goa Terawang

wisata blora cepu
Foto : https://www.instagram.com/sulistiyoraden/

Sesuai dengan namanya, Goa Terawang ini menawarkan daya tarik yang begitu memikat dari adanya pancaran cahaya seperti menerawang dalam goa. Tempat ini berlokasi di Kecamatan Todanan, tepatnya di Perhutani KPH Blora.

Cahaya matahari yang masuk ke dalam gua tampak mirip dengan sinar senter raksasa yang masuk ke dalam sebuah tempat. Tidak hanya itu, di tempat ini juga bisa ditemukan stalagmit dan stalaktit yang begitu unik.

Terdapat pula sendang yang bisa digunakan untuk bermain air. Dan gua gua kecil yang bisa di jelajahi untuk menjual rasa penasaran akan sebuah goa. Total luas keseluruhan dari bawah ini sekitar 13 hektar yang di dalamnya ada lima goa kecil dan area sendang.

Selain adanya berbagai spot alami di goa ini, pihak pengelola juga sedah membangun berbagai wahana permainan untuk anak-anak. Yang bertujuan guna menambah daya tarik Goa Terawang ini. Dengan demikian Goa Terawang ini cocok untuk dijadikan tujuan wisata berbagai umur.

Melakukan kunjungan wisata bersama keluarga ke Goa Terawang ini tentu bisa mencari ide menarik saat akhir pekan ataupun bahasa liburan. Bersiaplah untuk di setiap sudut keindahan dan pengalaman seru selama berada di Goa Terawang.

4. Goa Sentono

wisata di blora jawa tengah
Foto : https://www.instagram.com/ex.rand/

Masih berupa Goa, tempat wisata ini bernama Goa sentono. Goa sentono berlokasi di Kradenan Mendenrejo Blora Jawa Tengah.

Goa Sentono ini menjadi salah satu tempat wisata terbaru di Jawa Tengah sehingga belum banyak diketahui para wisatawan. Jumlah pengunjungnya juga tidak begitu ramai sehingga kesan asrinya masih terjaga dengan baik.

Daya tarik dari goa sentono ini adalah situs bebatuan yang begitu unik disertai panorama alam yang indah. Biasanya, situs bebatuan yang ada di kawasan Town ini dijadikan tempat foto oleh pengunjung yang datang.

Karena tergolong wisata terbaru di Blora , tempat wisata Goa sentono ini masih minim akan fasilitas. Dan peta akses jalan menuju lokasi wisata juga masih kurang memadai. Meski demikian goa ini tetap mampu memberikan daya tarik yang cukup untuk dijadikan alasan berkunjung.

Kabar baiknya lagi, tempat wisata ini bisa dikunjungi tanpa dikenakan biaya alias gratis. Jam operasional nya juga tidak terbatas sehingga lebih fleksibel menyesuaikan waktu berkunjung.

5. Gunung Puteh Guo Telo

wisata di blora terbaru
Foto : https://www.instagram.com/widhianto_i/

Selanjutnya ada gunung puteh guo telo yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata ini masih tergolong baru sehingga tidak banyak wisatawan yang mengetahuinya.

Pengunjung yang datang ke tempat wisata di Blora terbaru ini akan disuguhkan dengan pemandangan ala gunung yang indah. Tempat ini cocok dijadikan lokasi merilekskan pikiran setelah lelah bekerja ataupun melakukan kegiatan.

Di obyek wisata di Blora ini, pengunjung bisa berfoto di spot-spot foto yang telah disediakan. Spot foto yang tersedia begitu menarik dengan dihiasi dengan cat warna-warni.

Sementara itu, dekat dari lokasi puncak gunung ini ada kolam renang dan juga kolam pemancingan. Yang dapat dikunjungi sekaligus ketika anda datang ke sini. Berdasarkan informasi, tempat ini dibuka mulai pukul 5 pagi hingga pukul 6 sore.

6. Waduk Tempuran

tempat wisata di blora jawa tengah
Foto : https://www.instagram.com/omroy02_/

Waduk ini berada di Kecamatan Blora kota tepatnya di daerah Juwet. Tempat ini memiliki fungsi vital bagi masyarakat Blora karena dimanfaatkan sebagai pengatur irigasi sawah sekaligus pengendali banjir.

Waduk ini juga digunakan sebagai sentral budidaya perikanan yang ada di Kabupaten Blora. Dan tidak kalah indah dengan tempat wisata di blora waduk greneng. Di lokasi wisata, pengunjung bisa menikmati berbagai wahana permainan yang telah disediakan.

Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di wisata Blora kota ini yaitu memancing, menaiki perahu motor dan berbagai aktivitas lainnya. Di tempat ini juga terdapat warung yang menjual makanan khas sehingga pengunjung bisa lebih dimanjakan.

Meskipun disebut-sebut sebagai tempat wisata, untuk bisa masuk ke waduk ini tidak dibebankan biaya atau dengan kata lain gratis. Dijadikan tempat wisata keluarga di Blora di akhir pekan ataupun di masa liburan tentu akan sangat menyenangkan.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Karanganyar terbaru yang cocok untuk anda jadikan tempat liburan menyenangkan.

7. Replika Fosil Gajah Purba Blora

tempat wisata anak di blora
Foto : https://www.instagram.com/bangkusantri/

Berikutnya ada replika fosil gajah purba Blora yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi ketika berada di Jawa Tengah. Lokasi replika fosil gajah purba Blora ini berada di Jalan alun-alun Blora, Kecamatan Blora.

Replika gajah purba Blora ini memang sengaja dibuat oleh pemerintah. Untuk mengingat bahwa Kabupaten Blora pernah menjadi salah satu daerah yang dihuni oleh gajah.

Berdasarkan informasi, replika gajah dibuat dengan menyalin fosil gajah yang asli yang di telah ditemukan di kecamatan Kradenan.

Apabila berkunjung ke tempat ini, tentu saja bisa menambah ilmu pengetahuan tentang hewan-hewan pada zaman dahulu. Membawa berserta anak-anak akan manfaat untuk mengedukasi mereka.

Dengan demikian kegiatan liburan tidak hanya merilekskan pikiran saja tetapi juga memberi ilmu pengetahuan baru yang bermanfaat untuk menambah wawasan. Mencermati setiap bagian dari fosil yang ada tentu akan menjadi kegiatan yang menyenangkan.

8. Embung Plered Blora

wisata alam blora
Foto : https://www.instagram.com/muhammadfalihramadhan/

Wisata ini berada di Blora Jawa Tengah, memiliki daya tarik utama berupa waduk dengan tampilan yang begitu rapi dan bersih. Pemandangan perairan waduk siap memanjakan setiap mata saja yang datang berkunjung.

Di Embung Pleret ini, pengunjung bisa menemukan tulisan Embung Plered dan tentu saja bisa berfoto di sana. Berfoto di tulisan Embung Pleret, membuat latar belakang waduk akan terlihat cantik dan jelas.

Lokasi ini cocok digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas salah satunya adalah bersepeda dan jogging. Dengan panorama alam yang begitu indah, kegiatan-kegiatan tersebut akan menjadi lebih menyenangkan.

Selain itu apabila ingin bersantai dan menikmati suasana yang ada di tempat wisata alam di Blora ini tentu bukan masalah. Kegiatan tersebut bisa dilakukan supaya pikiran menjadi lebih rileks dan tenang.

Salah satu terbaik yang bisa dipilih untuk berkunjung ke Embung Plered adalah sore hari. Pada waktu ini, pengunjung bisa sekaligus menyaksikan sunset beserta panorama alam yang indah.

9. Keraton Jipang

tempat wisata alam di blora
Foto : kabare.id

Destinasi wisata berikutnya adalah Keraton Jipang yang berlokasi di Cepu tepatnya di desa Jipang. Keraton ini merupakan milik Aryo Penangsang yang pernah berkuasa di Blora.

Kini Keraton Jipang ini dijadikan tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi ketika berada di Blora. Bangunan yang ada di salah satu wisata blora cepu ini masih sama dengan bentuk aslinya.

Berdasarkan suasana layaknya di masa beroperasinya keraton ini akan menjadi salah satu kegiatan yang menarik untuk dilakukan. Bentuk dari keraton ini juga cukup unik sehingga tidak sedikit pengunjung yang ingin berfoto di sini.

Selain untuk mengabadikan foto-foto selalu berada di Keraton Jipang, terdapat pula pengunjung yang datang karena ingin mempelajari sejarah keraton Jipang. Tentu saja ini akan bermanfaat untuk menambah wawasan terkait dengan sejarah sejarah yang ada di Indonesia khususnya di Blora.

10. Gunung Cengklik

objek wisata di blora
Foto : https://www.instagram.com/_rofiatul/

Tempat wisata ini berlokasi di Tondanan, tepatnya di daerah Bicak. Daya tarik utama dari tempat ini adalah pemandangan alam yang begitu indah khas pegunungan.

Di lokasi wisata ini, pengunjung bisa mengambil foto-foto ciamik dan kekinian bernuansakan pemandangan alam yang menakjubkan. Hijaunya tampilan pegunungan akan tampak menarik di lensa kamera.

Eksotisme wisata alam Blora ini tentunya menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung untuk datang. Bersantai dan melakukan pikiran di tempat ini cocok untuk dilakukan.

Menurut informasi, akses jalan menuju objek wisata ini masih belum begitu bagus. Sehingga disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi berupa sepeda motor. Selain itu untuk jam operasional sendiri cenderung tidak diatasi sehingga lebih fleksibel.

11. Taman Seribu Lampu Cepu

obyek wisata di blora
Foto : https://www.instagram.com/faiffa30/

Objek wisata Taman Seribu Lampu Cepu yang ada di Blora ini berlokasi di Jalan Ronggolawe. Daya tarik utama dari tempat wisata ini adalah ribuan lampu berwarna-warni yang begitu memesona saat dipandang.

Konsep tamannya terbuka dan terdapat pula wahana permainan untuk anak-anak di bawah usia 10 tahun. Di sini juga bisa ditemukan penjual berbagai olahan kuliner dan juga pernak-pernik yang turut memanjakan mata para pengunjung.

Biasanya salah satu tempat wisata anak di Blora ini buka selama 24 jam dan sangat disarankan untuk berkunjung malam hari. Supaya bisa melihat keindahan lampu lampu yang menyala.

Selain itu jika berkunjung di siang hari biasanya warung dan permainan yang ada di lokasi wisata masih belum buka.

Tentu akan lebih seru jika melakukan kunjungan pada malam hari. Mengikutsertakan teman-teman ataupun keluarga tentu akan menjadi lebih seru.

Untuk masuk karya wisata tidak dikenakan biaya sama sekali karena taman ini merupakan milik pemerintah.

12. Kedungpupur

wisata terbaru di blora
Foto : https://www.instagram.com/meisyaafadill8/

Selanjutnya ada kedungpupur yang merupakan salah satu tempat wisata keluarga. Kedungpupur ini mengombinasikan objek wisata kolam renang dan objek wisata khas pedesaan.

Pengunjung yang datang ke area wisata bisa merasakan suasana sejuk lahirnya pedesaan sembari menikmati pemandangan areal hutan jati. Di tempat ini tersedia kolam renang yang bisa digunakan untuk mandi mandi dan bermain.

Selain kolam renang juga ada kolam pemancingan yang disediakan. Apabila merasa lapar ditempat ini juga telah tersedia berbagai warung makan.

Wisata di Blora Jawa Tengah ini dibuka selama 24 jam dan tiket masuk per orang nya adalah Rp.5.000. Menurut informasi, akses jalan menuju tempat wisata juga terbilang baik sehingga tidak menyulitkan para pengunjung.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Sragen yang wajib untuk anda telusuri berbagai keseruannya.

13. Gubug Payung

tempat wisata di blora jawa tengah
Foto : https://www.instagram.com/ariefrohman838/

Objek wisata Gubug payung ini menjadi salah satu tujuan wisata yang menawarkan kenyamanan. Di tempat ini para pengunjung bisa menikmati udara sejuk kawasan hutan sembari santai di gubuk yang telah disediakan.

Meski demikian menurut beberapa informasi, tempat ini biasanya sepi pada hari biasa. Sehingga apabila ingin berkunjung pada hari biasa disarankan untuk membawa teman ataupun rombongan.

Berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di tempat wisata ini seperti bersantai ataupun mengambil foto-foto ciamik.

Bagi menyukai dunia fotografi, kawasan wisata ini bisa dijadikan salah satu objek menarik. Hutan jati yang ada di sekitar tempat wisata akan menjadi daya tarik tersendiri untuk dipotret.

14. Kilometer 0 Cepu

wisata di blora
Foto : https://www.instagram.com/thami_strowberry/

Tempat wisata yang satu ini sudah cukup populer terutama di kalangan anak muda. Hal tersebut dikarenakan tempat wisata ini sering dijadikan lokasi nongkrong.

Lokasi Kilometer Nol Cepu ini berada di Jalan Gajah Mada Blora Jawa Tengah. Pengunjung yang datang ke tempat wisata ini bisa mengabadikan foto dengan latar belakang bertuliskan Km 0 Cepu Pertamina.

Di wisata Blora ini terdapat pula tugu tambang minyak yang semakin menambah elemen ciamik ketika berfoto. Km 0 Cepu ini dapat dikunjungi kapan saja tanpa harus membayar tiket masuk.

Adapun waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini adalah pagi hari. Sebelum pukul 7 pagi dan sore hari setelah pukul 6 sore hingga malam hari.

Panorama yang disajikan begitu memesona sehingga dapat menghadirkan suasana adem dan merileskan pikiran. Dibarengi dengan menikmati jajanan khas Blora tentu akan lebih nikmat.

15. Alun alun Blora

wisata alam di blora
Foto : https://www.instagram.com/luchykristin/

Alun-alun Blora ini berlokasi di jalan Pemuda Kecamatan Blora Jawa Tengah. Lokasi ini menjadi salah satu tempat nongkrong yang populer di Blora.

Para pengunjung yang datang ke tempat wisata di Blora ini biasanya bersantai sembari menikmati jajanan kuliner yang ada di sekitarnya. Tidak hanya itu pengunjung juga bisa melakukan olahraga ringan seperti bersepeda dan jogging di lokasi ini.

Berhubung tempat ini berstatus sebagai fasilitas umum, maka dapat dikunjungi selama 24 jam. Dengan begitu apabila ingin berkunjung bisa lebih fleksibel dalam menyesuaikan waktu.

Meskipun dapat dikunjungi kapan saja, ini cukup direkomendasikan untuk dikunjungi pada hari Minggu. Karena biasanya digelar car free day atau cfd. Jangan lupa untuk memberikan kenang-kenangan di lokasi ini dengan berfoto berlatarkan tulisan alun-alun Blora.

16. Kampung Gojekan

tempat wisata di blora
Foto : https://www.instagram.com/galeriwisatawan/

Tempat wisata di Blora Jawa Tengah ini bernama Kampung Gojekan, merupakan salah satu tempat wisata baru yang ada di Blora. Biasanya ada banyak pengunjung yang datang ke tempat wisata ini untuk menikmati berbagai wahana yang tersedia.

Mulai dari wahana water roller, cartoon fleck dog, ATV, handboat dan istana balon. Oleh sebab itu, wisata di Blora ini biasanya ramai pada akhir pekan dan musim liburan.

Berbagai fasilitas juga telah tersedia di salah satu tempat wisata di blora terbaru ini. Mulai dari toilet, kantin, lokasi parkiran, gazebo dan lainnya. Untuk bisa sampai ke lokasi wisata ini pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Sementara itu untuk tiket masuknya dibebankan biaya sebesar Rp.15.000. Memboyong serta keluarga maupun teman-teman tentu menjadi hal yang menyenangkan atau dilakukan di sini

17. Taman Sarbini Blora

tempat wisata di blora jawa tengah
Foto : https://www.instagram.com/mei.dian992/

Objek wisata taman Sarbini flora ini berada di Jalan Ahmad Yani Kecamatan Blora kota Jawa Tengah. Tempat ini bisa dijadikan salah satu destinasi wisata keluarga yang menarik dan seru.

Di wisata Blora Jawa Tengah terdapat banyak wahana permainan yang siap mengisi keseruan selama liburan. Kolam pemandian disertai dengan wahana seperti seluncuran, waterboom dan lainnya siap memanjakan pengunjung yang datang.

Membawa serta keluarga termasuk anak-anak bisa menjadi ide yang tepat ketika berkunjung ke tempat ini. Menariknya lagi disini tersedia outbound, perpustakaan, kantin dan wahana mobil-mobilan Ya siap melengkapi kesan liburan menjadi lebih berharga.

Biaya masuk ke Taman Sarbini Blora ini juga cukup terjangkau yakni Rp.15.000. Agar semakin seru, kegiatan selama berada di sini bisa diabadikan lewat jepretan foto.

18. Waduk Bentolo

wisata blora
Foto : https://www.instagram.com/ilovalia/

Jika biasanya waduk digunakan sebagai sarana irigasi maupun pembangkit listrik. Maka waduk bentolo ini digunakan sebagai salah satu destinasi wisata menarik.

Pemandangan alam yang begitu indah di sekitar waduk menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung untuk datang.

Adanya pepohonan yang rimbun disertai panorama yang indah menjadikan tempat wisata di Blora Jawa Tengah ini begitu eksotik untuk dikunjungi. Apabila berkunjung ke tempat ini, pengunjung bisa sekaligus datang ke Goa Terawangan karena lokasinya berdekatan.

Di tempat ini juga telah disediakan berbagai fasilitas mulai dari gazebo, warung, tempat parkir dan juga toilet. Dengan adanya fasilitas fasilitas ini diharapkan para pengunjung bisa merasakan kenyamanan selama berada di lokasi wisata.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Grobogan dengan ragam pilihan destinasi menarik di dalamnya.

Demikian informasi mengenai tempat wisata di Blora. Semoga bisa menambah informasi seputar tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia. Menghabiskan masa liburan dengan berkunjung ke Blora tentu bisa dijadikan salah satu pilihan yang seru.

Travel Vlog Honeymoon Dieng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here