Pantai Tanjung Bira merupakan salah satu potensi alam yang berasal dari Sulawesi. Perlu diakui bila, kawasan Sulawesi memang mempunyai daya esoktis yang tinggi.

Kawasan alamnya seakan mampu menghipnotis semua orang untuk datang dan menikmatinya. Selain itu, alam Sulawesi seakan mampu mencerminkan keindahan Indonesia di Mata dunia.

Banyak wisatawan menyebut kawasan ini sebagai maladewanya Indonesia. Bila dilihat secara mendalam, kawasan ini memang mirip dengan pantai yang disuguhkan negara tersebut.

Tanjung Bira Makassar atau juga disebut dengan tanjung bire ini mempunyai kehidupan bawah laut  yang menggemaskan.

Tanjung Bira Bulukumba

keindahan pantai tanjung bira bulukumba
foto: https://www.instagram.com/ewink_ali/

Satu hal yang bisa diucapkan saat berada di pantai bira bulukumba adalah indah. Tidak ada kata lain yang bisa mencermikan tempat ini.

Sulawesi memang rajanya memiliki pantai-pantai yang aduhai dan paling penting bersih. Jarang sekali ditemui beberapa sampah yang mengganggu pemandangan. Atau aksi vandalisme, sehingga mengganggu mata

Hamparan pasir putihnya sungguh mempesona. Keunggulan berwisata disini adalah para warganya yang sangat ramah. Mereka seperti sebuah saudara yang lama tidak ketemu.

Begitu mencair dan nyaman untuk diajak berbincang, bertanya, serta bercanda tawa. Senyum mereka selalu terkembang untuk wisatawan yang datang ke tempat ini.

Kemajuan Pantai Tanjung Bira dikenal oleh masyarakat luas tidak luput dari berkembangnya kabupaten Bulukumba dalam semua sektor. Sehingga, saat ini wisata tanjung bira bulukumba, menjadi ikon baru dalam dunia pariwisata di Sulawesi.

Bahkan, kawasan ini sudah banyak wisatawan mancanegara datang dan melihat langsung keindahan alam Sulawesi ini.

Tidak jauh dari kawasan ini ada sebuah pulau yang tidak kalah esoktisnya. Dimana, pulau tersebut bernama pulau kambing dan pulau Liukang.

Wisatawan yang hendak pergi ke sana bisa menggunakan jasa para para nelayan. Baca juga: wisata Pantai Buyutan yang kami ulas sebelumnya.

Kehidupan Bawah Laut

pemandangan pantai tanjung bira
foto: https://www.instagram.com/radenselma/

Tidak berlebihan memang bila Indonesia dikenal dengan pesona lautnya. Salah satu cara mengenal negeri ini adalah berkenalan dengan berbagai macam spesies laut yang imut nan lucu.

Kehidupan bawah laut di Indonesia memang menjadi nomor satu. Selain terumbu karang dan ikan hiasnya. Ada spesies langka dan baru yang hanya ada di Indonesia.

Objek wisata Tanjung bira ini memang terkenal bagi mereka yang suka dengan aktifitas diving dan snorkeling. Karena, dunia bawah lautnya begitu mempesona.

Banyak ikan-ikan kecil serta terumbu karang disini dan bisa diajak berkenalan. Mereka tumbuh dengan sangat baik dan terawatt.

Ada begitu banyak spot snorkeling dan juga diving di kawasan ini. spot-spot ini bisa dituju dengan memesan perahu nelayan yanga di tempat.

Kapal-kapal tradisional ini sudah serinh dan terbiasa melayani berbagai macam kebutuhsn agar wisaatwan bisa menikmati kawasan ini dengan keluasa.

Simak juga ulasan kami mengenai wsiata Pantai Cenang Langkawi yang merupakan salah satu destinasi andalan di malaysia.

Kehidupan di Tanjung Bira

spot foto pantai tanjung bira
foto: https://www.instagram.com/ewink_ali/

Masyarakat kawasan ini sebagian besar adalah nelayan. Maka jangan heran bila ada banyak sekali kapal disini. Selain itu, mereka juga sebagai guide yang sangat baik dalam memandu wisatawan menuju ke titik spot diving dan snorkeling. Sera mengantar wisatawan pergi ke pualu sebelah.

Satu lagi yang harus dikenal oleh wisatawan adalah penduduk Pantai Tanjung bira juga sanagt panai memasak. Entah bagaimana rasanya enggan untuk berhenti.

Ingin nambah lagi dan lagi. Oleh karena itu jangan lupa datang dan nimati beberapa masakan khas yang nikmat dan mengenyangkan.

Beberapa menu pilihan yang bisa disantap disini adalah menu khas dari Makassar seperti coo Makassar, konro. Kemudian, beberapa cita rasa khas dari manado dan toraja.

Selain itu, ada juga makanan berupa seafood yang sudah diberi bumbu masakan sendiri. Lihat juga: Pantai Cahaya Bulan yang tak kalah indahnya.

Keindahan Pantai

gambar pantai bira
foto: https://www.instagram.com/retno.santoso/

Pada dasarnya semua pantai itu hampir sama soal keindahan. Hanya saja, warna air laut yang berbeda-beda membuat kita memilahkan mana yang indah dan yang bukan.

Bila dicermati dengan seksama, warna air di kawasan ini sedikirt berbeda darn menjadi daya pikat luar biasa bagi seluruh wisatawan.

Gradasi 2 warna mungkin sudah terlu mainstream. Tetapi, kadang pula kawasan ini mempunyai 3 warna gradasi. Menarik bukan? Jangan lupa membawa kamera agar setiap momemn dan peristiwa yang ada disini tidak hilang seketika.

Biasanya banyak pengunjung yang menghabiskan waktu rata-rata lebih dari 3 jam di kawasan ini. mereka seakan tidak mau melepas pemandangan elok di depan mata mereka.

Pasir putih di tempat ini memang menarik untuk dikunjungi selain putih, pasirnya sangat halus. Bisa dibilang seperti sebuah tepung.

Rekomendasi destinasi lainya dari kami untuk anda adalah Pantai Ancol Jakarta. Wisata ini sangat terkenal dan rekomended untuk dikunjungi.

Alamat dan Rute Lokasi

rute lokasi pantai tanjung bira
foto: https://www.instagram.com/mytri_salon/

Alamat lokasi pantai tanjung bira berada di Jl. Tanjung Bira, Bonto Bahari. Bulukumba, Sulawesi selatan. Jarak dari kabupaten Bulukumba menuju ke tempat ini kurang lebih 40 km.

Jika dari pusat kota Makassar jarak kawasan ini kurang lebih 200 km. dapat di tempuh dengan kisaran waktu 5 – 6 jam.

Gerbang pertama menuju ke kawasan ini adalah dari Makassar. Jadi, dari mana pun wisatawan arahkan menuju ke kota Makassar. Kemudian, melewati kabupaten Gowa, Kabupaten Takalar. Lurus terus hingga melewati kabupaten Janeponto.

Lalu, lanjutkan perjalanan menunu ke kabupaten bantaeng; Dari sini, pantai Tanjung bira hanya beberpa kilometer saja.

Bagi wisatawan yang ingin menggunakan transportasi umum terutama Bus. Daei Bandara Internasional Sultan hasanudin Makassar, menggunakan Bus Damri menunu ke terminal Mallengkeri. Turun di lapangan karebosi, kemudian lanjutkan perjalanan menuju ke kabupaten gowa.

Setelah dari kabupaten Gowa wisatawan kembali naik bus menuju ke pelabuhan selayar bulukumba. Dari sini wistawan bisa melnajutkan perjalanna dengan menggunakan angkot atau ojek menuju ke pantai tanjung bira.

Simak juga review kami tentang Pantai Congot yang mempunyai banyak spot untuk foto menarik.

Untuk anda yang menggunakan kendaran pribadi mungkin bisa menggunakan google maps yang kami sajikan di bawah ini.

Harga Tiket Masuk 

harga tiket masuk pantai tanjung bira
foto: https://www.instagram.com/traveller_2124/

Harga tiket pantai tanjung bira adalah 10 ribu rupiah untuk wisatawan nusantara. Dan untuk wisatawan asing akan dikenakan biaya sebesar 20 ribu rupiah.

Nah, untuk harga week end akan naik menjadi 15 – 20 ribu rupiah. Bagi wisatawan yang aik kendaraa bermotro maka akan dikenakan biaya parkir sebesar 5 ribu rupiah. Untuk mobil sebesar 10 ribu rupiah

Ada juga biaya yang harus dibayar wisatawan yang ingin pergi ke beberapa pulau yang ada di tanjung bira. Seperti pulau liukang dan kambing. Harga sewa perahunya muali dari 300 ribu rupiah.

Penginapan di Pantai Tanjung Bira

penginapan di pantai tanjung bira
foto: https://www.instagram.com/reneenamakoe/

Salah satu yang harus diperhatikan saat berkunjung ke kawasan ini adalah jpenginapan. Semakin berkembangnya pariwisata di kawasan ini membuat penginapan tanjung bira, begitu banyak dan beragam.

Mulai dari hotel di tanjung bira yang menawarkan fasilitas mumpuni dengan harga mulai dari 300 ribuan.

Wisatawan pun juga bisa menginap di Tanjung bira resort. Kawasan yang sangat mewah dan menghadirkan berbagai macam fasilitas yang membuat wisatawan seperti layaknya sang penguasa.

Dijamin, liburan wisatawan bakal sangat puas dan menyenangkan dengan berbagai pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Pantai tanjung bira adalah kawasan esoktis dan mempesona. Banyak yang ingin mengunjunginya. Hanya saja, perlu dana yang cukup besaragar bisa pergi ke surhanya sulawesib.

Simak juga ulasan kami tentang tempat wisata di palu yang merupakan salah satu destinasi terbaik lainya yang ada di sulawesi.

Nah, bisa wisatawan yang tertarik berkunjung ke sini jangan lupa ajak seluruh teman, shabat dan keluarga dan nikmati indahnya kawasan Tajung bira , sulawesi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here