Pantai Cipatujah inilah kawasan terindah di Kota Tasikmalaya yang memberikan segenap suguhan panorama alam. Rasanya, tempat ini adalah tempat paling tepat untuk menghabiskan waktu libur bersama dengan keluarga.

Berada di kawasan ini memang sangat menyenangkan dan mampu menghadirkan sesuatu yang berbeda di hati.

Birunya air laut membuat pemandangan disini tidak tertahankan. Apalagi, kawasan ini diselimuti kisah sejarah dan misteri yang menarik untuk disimak.

Kisah-kisah ini memang terkadang menjadi bumbu-bumbu penyedap bagi sebuah kawasan wisata untuk menarik simpati berbagai kalangan.

Tentang Pantai Cipatujah

Bagi warga Tasikmalaya, tempat ini sudah seperti pantai di pulau dewata. Lantaran keindahannya yang mampu membius setiap orang yang datang.

Bila dilihat secara mendalam, pesona pantai cipatujah tasikmalaya, memang tidak ada yang bisa mengalahkan. Apalagi saat wisatawan mendengar gulungan ombak yang seakan menjadi genderang merdu.

Disini, wisatawan bisa melakukan apa pun yang di mau bersama dengan keluarga, sahabat, dan teman-teman kantor. Bibir pantainya yang panjang mampu menampung beberapa pengunjung sekaligus dalam satu waktu.

Oleh karena itu, berkunjung kesini wajib membawa perbekalan yang mumpuni seperti tikar, bola, makanan dan camilan.

Baca juga: wisata Pantai Tanjung Bira yang kami ulas sebelumnya.

Sejarah Kelam

sejarah pantai cipatujah
foto: https://www.instagram.com/marendradika/

Tidak semuanya yang indah itu akan tampak indah. Melainkan, ada pula yang hanya terlihat dari luarnya saja. Dari dalamnya, tetap saja ada hal buruk yang pernah terjadi. Seperti sejarah pantai cipatujah.

Dimana, dahulu sekitar tahun 2006, kawasan ini pernah dilanda tsunami. Sehingga, keindahan tersebut terkubur dengan sendirinya.

Setelah datangnya badai tsunami. Semua kalangan bergotong royong untuk membenahi kawasan imi. Mereka bersatu padu tanpa ragu, membangun Cipatujah dengan wajah baru.

Dimana, hadir kawasan resort dan juga hotel yang bisa dijadikan alternatif wisatawan menginap. Simak juga wisata Pantai Buyutan yang merupakan salah satu wisata unggulan di pacitan.

Asal-Usul

Mundur lagi kebelakang, tentang asal-usul dari kawasan ini.  Mungkin, banyak orang yang tidak tahu kalau kawasan ini berasal dari sebuah sungai bernama Cipatujah.

Nah, Nama Cipatujah sendiri berasal dari bahasa sunda. Yang berarti buhun patujah-patujah. Atau arti lebih mendalam lagi adalah saling menghantam.

Mengapa saling menghantam? Dikawasan ini ada dua sungai, yang memang saling menghantam hingga bermuara ke laut. Kedua Sungai tersebut adalah sungai Cipatujah dan juga sungai Cipanyerang. Sungai ini membelah wilayah desa ciandum.

Destinasi lainya yang kami rekomendasikan adalah wisata Pantai Cenang Langkawi yang berada di malaysia.

Mitos Dan Misteri

Setiap kawasan di Indonesia pasti mempunyai sebuah misteri dan mitos yang tidak bisa dipisahkan. Biasanya misteri dan mitos ini menjadi satu dengan legenda-legenda yang muncul akibat kepercayaan masyarakat.

Kepercayaan inilah yang mempengaruhi para pengunjung untuk percaya sesuatu yang belum benar kenyataannya.

Seperti halnya misteri pantai Cipatujah yang tidak akan pernah lepas dari buah bibir. Apalagi, beberapa tahun silam, pernah terjadi beberapa nelayan tenggelam dan meninggal di kawasan ini.

Warga masyarakat sekitar langsung menghubungkannya dengan mitos ratu pantai selatan. Mitos yang memang selalu berkembang di wilayah pantai selatan.

Menariknya, dari mitos inilah tersaji sebuah kebiasaan yang saat ini menjadi sebuah budaya di kalangan masyarakat. Budaya larung sesaji yang bertujuan untuk mensyukuri segala nikmat kepada Tuhan.

Dan berharap tahun kedepan masih diberi kelimpahan rezeki yang sama pula. Kegiatan inilah yang saat ini dijadikan sebagai daya tarik tempat ini.

Lihat juga: Pantai Cahaya Bulan yang mempunyai banyak spot foto menarik dan hotel terbaik.

Aktifitas di Pantai Cipatujah

gambar pantai cipatujah
foto: https://www.instagram.com/dyrmaul_/

Setelah kita tahu seluk-beluk kawasan ini, marilah kita bersenang-senang dengan melakukan berbagai macam aktifitas. Salah satunya adalah dengan hunting foto.

Keindahan kawasan cipatujah memang mewajibkan wisatawan untuk membawa kamera. Karena, kenangan yang dihadirkan terlalu berharga untuk dilewatkan sedikit pun.

Kawasan ini mempunyai luas kurang lebih 115 ha. Dengan luas ini, memungkinkan untuk pantai cipatujah. Menghadirkan sebuah pesona yang tidak akan terhindarkan.

Apalagi, pesona bawah lautnya. Wajib untuk dikunjungi dan jangan sampai terlewat. Biota laut yang ditumbuhi dengan berbagai macam ikan serta terumbu karang memang esoktis.

Menikmati kawasa bawah laut seperti menikmati sebuah taman yang dipenuhi dengan bunga-bunga bermekaran. Tidak ada satu pun kata yang bisa diucapkan selain kata takjub. Apalagii, masyarakat sekitar sudah sangat paham dengan perawatan dunia bawah laut.

Di bibir pantainya, wiisatawan akan disuguhkan dengan jajaran pohon kelapa yang teramat subur. Jajaran ini bisa dijadikan sebagai salah satu spot foto dan latar belakang gambar.

Ditambah lagi, dengan hamparan rumput-rumput yang bergoyang. Menambah eloknya objek wisata kebanggaan warga Tasikmalaya ini.

Baca juga: Pantai Cahaya Kendal yang cocok dikunjungi ketika anda sedang singgah di jawa tengah.

Sunset spot

foto pantai cipatujah tasik
foto: https://www.instagram.com/ade_rezfec/

Jangan terburu-buru untuk pulang. Karena, kawasan ini memiliki spot sunset nan kece. Semua akan tertegun melihat setiap detik matahari yang turun secara perlahan. Nah, biasaya wisatawan akan memanfaatkannya dengan foto siluet.

Pantai Cipatujah termasuk bagian dari pantai selatan. Oleh karena itu, wisatawan harus hati-hati bila bermain air disini.

Sering terjadi ombak yang ganas datang tiba-tiba tanpa pemberitauan atau permisi dahulu. Jadi, yang bawa anak-anak diharapkan untuk menjaganya dengan baik, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Simak juga ulasan kami mengenai Pantai Ancol Jakarta yang merupakan salah satu objek wisata terbaik untuk keluarga.

Alamat Dan Rute Lokasi

Alamat lokasi kawasan ini berada di Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Cara menuju ke kawasan ini bisa menggunakan kendaraan pribadi.

Bagi yang melakukan perjalanan dari Bandung dan Jakarta, wisatawan bisa memulainya degan mengarahkan kendaraan menuju ke Nagreg.

Kemudian, keluar dari tol cileunyi menuju ke kabupaten Tasikmalaya. Setelah ini wisatawan akan dipandu dengan beberapa papan petunjuk yang sudah sangat ramah.

Tetapi, ada hal yang harus diperhatikan yaitu, jalanan yang akan ditempuh. Berkelok, tajam, dan sedikit curam. Jadi, harus berhati-hati dan jangan ngebut.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, wisatawan juga bisa menggunakan transportsi umum. Apabila, dari Bandung wisatawan bisa naik Bus Budiman menuju ke terminal Cicaheum menuju ke terminal tasikmalaya.

Setelah sampai, lanjutkan kembali perjalanan menuju ke Cipatujah dengan menggunakan bus mini.

Jika anda menggunakan pribadi, bisa juga menggunakan maps yang kami sediakan di bawah ini.

Penginapan Pantai Cipatujah

Seperti yang sudah di bahas di atas. Bahwa, pengembangan kawasan ini sudah disesuaikan dengan keramahan untuk wisatawan.

Salah satunya dengan hadirnya penginapan di pantai cipatujah tasikmalaya. Ada banyak sekali hotel dan juga resort yang tersedia dengan harga yang bisa disesuaikan dengan fasilitas.

Salah satu rekomendasi yang bisa diberikan untuk wisatawan adalah yokima resort hotel and restaurant. Inilah kawasan awal dari pembangunan Pantai cipatujah.

Harganya memang cukup fantastis. Kisaran 500 – 700 ribu rupiah. Tetapi, pelayanan disini membuat wisatawan seperti raja dan ratu semalam.

Destinasi lainya yang mempunyai penginapan dengan lokasi yang nyaman adalah Pantai Congot.

Harga Tiket Masuk

harga tiket masuk pantai cipatujah
foto: https://www.instagram.com/kipull999/

Harga tiket masuk pantai cipatujah cukup murah. Wisatawan hanya dikenakan biaya sebesar 5 ribu rupiah saja. tetapi, akan dikenakan biaya tambahan berupa uang parkir.

Untuk motor wajib membayar uang sebesar 3 ribu rupiah. Untuk Mobil dikenakan tarif 5 ribu rupiah saja. Harga yang cukup murah bukan?

Baca juga: Tempat wisata di tasikmalaya terbaru yang sayang jika anda lewatkan.

Menikmati alam memang paling nikmat. Indonesia adalah negara yang bersyukur karena memiliki keindahan alam luar biasa. Dari sabang sampai merauke, tersimpan keindahan yang tidak boleh untuk dilewatkan. Termasuk Pantai Cipatujah yang menghadirkan pemandangan berbeda dari biasanya. Ayo datang dan rasakan sensasi berbeda di tempat ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here