Pantai Congot adalah salah satu pantai yang terletak di Kulon Progo, bagian paling ujung Yogyakarta yang berbatasan dengan Purworejo, Jawa Tengah.

Kawasan ini dikenal sebagai keindahan sunsetnya. Memang bila diukur dari jarak tempuh dari Kota Yogyakarta sangat jauh. Tetapi, pesonanya akan selalu terkenang sampai kapan pun.

Bagi wisatawan yang pernah datang kesini. Pasti setuju, bila tempat ini merupakan tempat terindah di Yogyakarta. Apalagi, saat bulan November sampai dengan Januari.

Dimana, posisi matahari sedang berada di selatan. Pesona sunsetnya pasti jauh lebih indah dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya.

Mengenal Pantai Congot

Sebagai pembatas wilayah, pantai congot memang memiliki sebuah keunikan tersendiri. Salah satunya adalah kawasan ini merupakan muara dari sungai bogowonto.

Disini pula, para nelayan kulon progo akan berlabuh. Pemandangan yang tidak akan dimiliki oleh beberapa pantai yang ada di Kulon Progo.

Jadi, wisatawan bisa membeli ikan-ikan yang segar disini. disarankan membeli pada saat nelayan datang. Karena, harga yang diberikan masih bisa murah daripada wisatawan membelinya di tempat pelelangan ikan.

Salah satu efek dari bermuaranya sungai bogowonto ke pantai ini adalah jenis ikan yang berada di sini pun beragam. Mulai dari ikan air asin, air payau, hingga air tawar pun ada.

Nah, kondisi seperti inilah yang disukai oleh para pemancing. Oleh karena itu, jangan heran bila kawasan ini banyak berdatangan pemancing-pemancing dengan senjata yang sangat lengkap.

Beginilah cara mereka untuk menikmati kawasan ini. Dengan memancing ikan, mendapatkannya kemudian dimakan bersama-sama.

Sungguh pemandangan yang sangat indah melihat kebersamaan yang terjalin dari para pemancing yang seringnya datang pada hari minnggu. Wisatawan yang ingin bergabung pun juga bisa, hanya tinggal membawa alat pancing dan umpan saja.

Baca juga: Pantai Angsana

Panorama yang Tidak Akan Terlupakan

rute menuju pantai congot
foto: https://www.instagram.com/tya_valentinushari/

Mari kita lupakan para pemancing diatas. Saatnya kita menjelajah keindahan Pantai Congot Daerah Istimewa Yogyakarta. Dimana, banyak sekali wisatawan berkunjung ke kawasan ini beramai-ramai dan tidak lupa membawa kamera.

Karena, setiap momen yang ada disini, memang harus diabadikan menjadi sebuah kenangan yang tak terlupakan.

Ombak biru dan pasir putih menjadi sajian utama yang akan dinikmati wisatawan. Ditambah dengan beberapa karang yang mempesona.

Selain itu, bibir pantai yang cukup luas, membuat wisatawan bisa melakukan apa pun disini. hanya saja, waktu yang paling tepat berkunjung ke sini adalah pagi atau sore hari.

Pada saat matahari tidak terlalu terik. Disitulah wisatawan bisa bermain sepuasnya. Bisa bemain sepak bola, voli pantai, bermain pasir, atau juga bisa bermain air dengan menahan laju ombak.

Semua bisa dilakukan di kawasan ini. hanya saja, kalau sudah kesini, akan terasa kurang bila tidak mengunjungi kawasan yang sedang hits.

Kawasan ini menjadi ikon baru bagi Pantai Congot. Karena, diantara beberapa pantai di Yogyakarta hanya kawasan ini yang punya hutan bakau kece. Tempatnya teduh dan punya banyak spot genic. Bagi wisatawan yang hobi foto, jangan dilewatkan kawasan Hutan Mangrovenya.

Hutan Mangrove Pantai Congot

hutan mangrove pantai congot
foto: https://www.instagram.com/arief_adibrata/

Bisa dibilang, disinilah letak keindahan pantai congot. Sebuah hutan yang memang mempunyai manfaat baik secara alami dan secara wisata.

Pada awal pendiriannya, hutan ini hanya difungsikan untuk mempertahankan pesisir dari abrasi yang cukup kuat menyerang. Tetapi, seiring berjalannya waktu. Banyak wisatawan yang berkunjung dan merasa senang dengan kawasan ini.

Bisa dibilang hutan ini cukup unik. Karena, pada saat wisatawan datang tidak terlihat pohon bakau yang berdiri. Melainkan pohon cemara yang menjadikan nuansa esoktis tercipta dengan sendirinya.

Tetapi, setelah wisatawan mencoba masuk lebih dalam lagi, wisatawan akan melihat hamparan hutan bakau yang sangat indah.

Hutan mangrove pantai congot ini memiliki beberapa fasilitas yang menarik. Fasilitas inilah yang akan membuat wisatawan betah berlama-lama disini.

Selain itu, semilir angin yang terus berhembus tanpa henti, menghadirkan sebuah kesegaran alami. Apalagi, saat terik matahari dengan udara panas datang, semilir angin ini bisa dijadikan sebagai air di padang pasir.

Baca juga: Pantai Amed Karangasem

Spot di Pantai Congot

spot di pantai congot
foto: https://www.instagram.com/rahmat.wibowo/

Seperti yang sudah kita bahas diatas jika, hutan mangrove ini memiliki kawasan spot genic. Dimana, salah satunya adalah jembatan api-api yang menjadi tujuan utama wisatawan saat berkunjung ke sini. Namanya yang unik, membuat kebanyakan wisatawan penasaran apa sebenarnya jembatan api-api ini.

Jembatan ini sebenarnya jembatan biasa saja. tidak special, terbuat dari kayu bukan dari api atau bisa mengeluarkan api.

Diberi nama api-apai karena, jenis mangrove disini jenisnya adalah api-api. Oleh karena itu, jembatan ini diberi nama api-api. Jembatan ini berdiri diatas sungai bogowonto. Jadi, saat disini, wisatawan bisa melihat sungai ini akan berjalan menuju ke arrah pantai.

Nah, di kawasan ini juga wisatawan bisa melihat dan menjadikan spot ini sebagai latar belakang yang menarik. Ada menara eifel yang dibuat dari bambu.

Bentuknya memang hampir mirip seperti menara Eiffel. Kawasan ini, menjadi tempat favorit dan ikon baru dari hutan mangrove. Jadi, jangan sampai terlweat ya.

Selain, di jembatan api-api, spot genic lainnya adalah dengan naik sebuah kapal yang disediakan. Kapal ini dikhususkan bagi wisatawan yang ingin menjelajah kawasan hutan mangrove.

Mengambil setiap sudut mangrove memang menarik. Apalagi, angin yang menerpa menghadirkan kesegaran tersendiri.

Alamat Dan Rute Lokasi

alamat pantai congot
foto: https://www.instagram.com/aryathesta/

Alamat pantai ini berada di Dusun Pasir Mendit, Jetis, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Rute pertama yang harus ditempuh apabila wisatawan berasal dari Yogyakarta adalah menuju ke jalan wates. Kemudian, arahkan kendaraan hingga sampai di Patung nyi ageng serang.

Dari sini arahkan kendaraan menuju ke purworejo.dan akan melewati stasiun wates. Kemudian, temukan jalan yang berbentuk huruf Y.

Ambil jalur kearah kiri, hingga menemukan jembatan pantai congot. Setelah itu, ikuti beberapa papan petunjuk yang akan menjadi pemandu wisatawan menuju ke pantai congot.

Baca juga: Pantai Alam Indah

Harga Tiket Masuk

harga tiket masuk pantai congot
foto: https://www.instagram.com/ersas_elnino/

Tiket masuk pantai congot adalah 3 ribu rupiah. Ditambah dengan biaya parkir sebesar 5 ribu rupiah untuk mobil dan 3 ribu rupiah untuk motor.

Apabila, wisatawan ingin pergi hutan mangrove akan dikenakan biaya lagi. 3 ribu rupiah menuju ke hutan bakaunya. Dan, 4 ribu rupiah menuju ke jembatan api-api

Jika, wisatawan ingin naik kapal dan berkeliling maka akan dikenakan biaya sebesar 5 ribu rupiah. Bagi wisatawan yang ingin bermalam di kawasan ini tidak usah takut.

Penginapan pantai congot sudah sangat ramah. Hadir dengan berbagai macam pilihan yang bisa dipilih. Ada homestay, ada juga hotel dengan harga mulai dari 200 ribu rupiah.

Bagaimana dengan penjelajahan pantai congot? Semua yang dituliskan diatas akan jauh berbanding terbalik dengan apa yang dilihat.

Maksudnya, semuanya lebih indah, lebih seru, dan lebih menarik. Penasaran bukan? Ayo datang ke Pantai Congot, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dijamin puas berkunjung ke sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here