Pantai Cahaya Bulan inilah kawasan menyenangkan apabila wisatawan berkunjung ke Kelantan, Malaysia. Pantai ini juga di sebut dengan PCB.

Nama dari PCB sendiri diberikan oleh warga kota Bharu, ibukota negara Kelantan. Penyebutan ini menjadi lebih singkat, karena begitu banyak pantai tersebar di wilayah Kelantan.

Tempat ini biasanya dijadikan sebagai salah satu tempat favorit bagi warga Malaysia. Maka tak heran bila pada saat datang week end dan hari libur.

Tempat ini akan dipenuhi oleh wisatawan baik dari warga Malaysia sendiri. Atau juga dari wisatawan mancanegara yang sudah mendengar mengenai objek wisata ini.

Tentang Pantai Cahaya Bulan

Semilir angin di tempat ini memang paling juara. Tidak henti-hentinya, objek wisata ini menghadrikan kesejukan melalui semilir angin yang berhembus lirih.

Seakan udara panas Kelantan mampu disihirnya dengan sepoi-sepoi angin yang berasal dari deretan pepohonan. Itambah lagi dengan melodi ombak yang seakan tenang dan menghanyutkan.

Sungguh, pemandangan yang sangat lengkap, membuat hati enggan untuk beranjak dari tempat ini walau hanya sekejap. Ombak biru nan jernih, menjadi pemandangan luar biasa.

Sebenarnya, di Indonesia, juga banyak pemandangan laut biru seperti ini. Tetapi, yang dilihat ini di Malaysia, jadi keindahannya seakan naik berkali-kali lipat.

Simak juga review lengkap Pantai Cahaya Kendal di jawa tengah Indonesia yang tak kalah menariknya.

Pesona PCB

tentang pantai cahaya bulan
foto: https://www.instagram.com/adrinaadi/

Saat pertama kali datang, hamparan psir putih sudah menyambut. Seakan memberikan salam hangat kepada wisatawan yang telah berkunjung.

Menjadi tambah terpesona karena, wisatawan tidak akan menemukan satu pun sampah disini. Wisatawan lain seakan paham untuk menjaga kelestarian lingkungan adalah nomor 1. Oleh karena itu, tidak ada yang sembarangan membuang sampahnya.

Semua tertata dengan sendirnya tanpa harus diperingatkan. Beginilah pemandangan yang seakan berbanding terbalik.

Tetapi, inilahn Malaysia yang memang sangat ramah untuk para wisatawan yang telah menghabiskan uangnya demi menikmati pesona laut cantik nan seksi ini. tidak ada kata yang mampu terucap selain kata indah.

Sejarah Singkat

sejarah singkat pantai cahaya bulan
foto: https://www.instagram.com/aimisuraya_jolly/

Setiap kawasan pasti punya sisi sejarah yang bisa dibahas dengan dijadikan sebuah senjata ampuh untuk menambah daya pikat.

Termasuk pula kawasan Pantai Cahaya Bulan yang menyimpan pesona sejarah. Dimana, dahulu nama tempat ini adalah pantai cinta berahi.

Pasti sudah muncul pertanyaan mengapa kawasan ini disebut dengan cinta berahi? Jadi, dahulu ada seorang tentara inggris yang sedang berperang di masa perang dunia ke II.

Tentara tersebut tanpa senagaj terdampar di kawasan ini. saking cintanya dengan pesona alam yang diberikan. Tentara inggris tersebut selalu kembali dan kembali ke kawasan ini.

Dia pun menyebutnya dengan cinta berahi. Karena, nafsu yang tak tertahankan untuk datang lagi dan lagi. Karena, nama ini terlalu vulgar maka digantilah menjadi cahaya bulan.

Nama dari pantai cahaya bulan ini sendiri dianggap sudah mampu mengungkapkan betapa indahnya objek wisata yang ada di Kelantan ini.

Masyarakat Kelantan menganggap, cahaya bulan adalah cahaya paling indah dan romantis.

Cahaya yang tidak akan pernah tertandingi oleh apa pun. Oleh karena itu, wilayah ini disebut dengan cahaya bulan atau sekarang lebih dikenal dengan PCB.

Lihat juga ulasan mengenai Pantai Ancol yang menjadi salah satu andalan destinasi keluarga di wilayah Jakarta.

Aktifitas di Pantai Cahaya Bulan

aktifitas di pantai cahaya bulan
foto: https://www.instagram.com/farizol_zolkefli/

Pesona pantai yang konon mampu membius mata ini. Membuat banyak pecinta fotografi datang dan mengambil foto serta gambar di lokasi pantai cahaya bulan.

Mereka akan mengambil setiap sudut dengan teknik pengambilan yang menarik untuk disimak. Hasilnya pun mampu membuat wisatawan terpukau.

Selain berfoto-foto wisatawan juga bisa bermain layang-layang. Sebab, angin yang dihasilkan di kawasan ini cukup kuat sehingga, memungkinkan wisatawan untuk bermain layang-layang.

Biasanya, pada hari minggu, banyak wisatawan yang membawa layang-layang dengan berbagai jenis dan bentuk.

Bila tidak ingin panas-panas dan basah-basahan, wisatawan bisa menikmatinya dengan duduk sembari menikmati berbagai macam kuliner dan minuman segar.

Ada berbagai macam warung yang menyediakan makanan dari yang halal sampai yang tidak halal. Jadi, bagi wisatawan muslim tidak ada salahnya untuk bertanya terlebih dahulu.

Penginapan di Pantai Cahaya Bulan

penginapan di pantai cahaya bulan
foto: https://www.instagram.com/bakemore_/

Berada di sini pasti membutuhkan yang namanya penginapan. Kelantan adalah kota yang sudah ramah dengan berbagai macam penginapan. Berupa hotel dan juga resort-resort mewah. Harganya pun bisa dipilih sesuai dengan fasilitas yang diinginkan.

Nah, jika ingin berhemat sedikit. Tidak ada salahnya untuk mendirikan tenda saja. Karena salah satu fasilitas pantai cahaya bulan adalah menyediakan sarana camping ground bagi wisatawan.

Camping ground ini tidak hanya diminati warga Malaysia saja. Melainkan, banyak wisatawan yang juga menikmati area ini.

Selain itu kami juga mengulas Pantai Congot dengan pemandangan yang indah dan juga tersedia penginapan.

Taman Buaya

Siapa yang tidak kenal dengan hewan buas buaya. Giginya yang sangat tajam serta badannya yang kuat membuat hewan ini ditakuti oleh manusia.

Apalagi, hewan yang sering berdiam diri ini mempunyai langkah dan kecepatan yang sangat gesit. Sekali kena gigitannya akan susah untuk bisa lepas.

Di sekitar pantai cahaya bulan, wisatawan bisa menikmati taman buaya ini. ada berbagai macam spesies yang ada di taman ini. termasuk dengan spesies buaya pertama yang pernah ditemukan di negeri jiran, Malaysia.

Kandang mereka cukup besar. Sehingga wisatawan bisa melihatnya tanpa takut untuk dimakan. Gerakannya sangat cepat.

Pada saat proses memberi makan, wisatawan akan terpukau dengan pergerakan buaya ini. langkahnya melebihi manusia. Bis aterbayang, jika wisatawan terjebak dalam kandang tersebut, entah bagaimana nasibnya.

Disini juga hadir monyet loris yang letaknya cukup terpisah. Ada juga kebun binatang mini yang bisa dinikmati. Berbagai macam jenis hewan tersedia disini.

Wisatawan bisa melihat bagaimana, perbedaan kebun binatang di Indonesia dengan yanga ada di Kelantan, Malaysia. Pasti sangat menarik melihat tingkah laku mereka.

Alamat Dan Rute Lokasi

rute lokasi pantai cahaya bulan
foto: https://www.instagram.com/shaliza_nadia/

Alamat pantai cahaya bulan berada di Pantai Cahaya Bulan, Kota Bharu, Kelantan, Malaysia. Jarak yang harus ditempuh wisatawan menuju ke kawasan ini kurang lebih 10 km dari pusat kota. Waktu yang harus ditempuh 30 menit 45 menit. Tergantung situasi jalanan kota yang biasanya macet.

Rute menuju pantai cahaya bulan ini cukup mudah. Sudah banyak papan petunjuk yang bisa dijadikan pemandu wisatawan. Atau, wisatawan juga bisa menggunakan transportasi umum yang sudah melayani rute menuju ke Pantai Cahaya Bulan.

Nah, menuju ke kota bharu sendiri wisatawan harus terbang dari kuala lmpur. Karena, belum ada maskapai yang melayai penerbangan langsung menuju ke kawasan ini. harga tiketnya mulai dari 1 jutaan.


Rekomendasi destinasi lainya adalah pantai angsana yang mempunyai view pemandangan khas Indonesia banget.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk pantai cahaya bulan ini biasanya sudah masuk dalam paket tour yang disediakan oleh jasa tour and travel. Jika ingin dengan cara backpacker harga tiket disini kurang lebih 5 – 10 USD untuk sekali masuk.

Malaysia memang suatu negeri yang tidak kalah Indahnya dengan Indonesia. Apalagi, hamparan pantai yang cukup ramah, membuat kawasan ini menjadi sebuah primadona.

Penasaran dengan tempat ini? Agendakan liburan wisawatan menuju ke pantai cahaya bulan dan rasakan bagaimana kawasan ini berbicara tentang indahnya panorama yang diberikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here