Tempat Wisata di Palu. Palu merupakan sebuah kota di timur indonesia yang tepatnya berada di provinsi sulawesi tengah. Kota palu ini mempunyai luas wilayah sekitar 61.841,29 Km persegi. Dengan luas wilayah tersebut, kota ini mempunyai penduduk sekitar 2,8 jutaan jiwa.

Sulawesi tengah juga mempunyai daratan yang paling luas dibanding dengan provinsi lain di pulau sulawesi. Banyak sekali objek wisata di palu yang bisa anda kunjungi dengan biaya yang ralitif murah.

Provinsi ini juga dilewati garis katulistiwa yang membuta tempat ini semakin dikenal oleh kalangan lokal hingga ke mancanegara. Penasaran dengan indahnya wisata di kota katulistiwa ini? Oke simak langsung ulasan kami berikut ini. Berikut 16 Wisata Palu Sulawesi Tengah yang bisa dijadikan sebagai rekomendasi tempat liburann yang sangat menarik:

1. Wisata Pusentasi yang Epik

wisata palu
image via tripadvisor.com

Objek wisata di sulawesi tengah pertama yang kami rekomendsaikan adalah pusentasi yang terletak di desa Towale. Lokasinya berjarak sekitar 12 km dari pusat kota palu.

Wisata ini merupakan pusar air laut yang membentuk goa hingga dapat terlihat hingga ke permukaan tanah. Dari sini anda bisa melihat pusaran air laut yang jernih nan indah.

Pusentasi menjadi salah satu destinasi wisata anti mainstream yang dapat anda explore lebih dalam. Berenang di dalamnya sumur alaminya tentu menjadi aktivitas utama yang kerap pengunjung coba disini.

Air di dalam Pusentasi ini berasa asin, sehingga anda tak perlu kaget ya. Sekilas asinnya seperti air laut dan berwarna jernih kebiru-biruan yang mempesona.

Saat berencana mengisi waktu libur di Sulawesi Tengah, maka Pusentasi yang menakjukan ini jangan sampai terlewat. Catat alamatnya agar anda tak perlu bersusah payah mengunjung Wisata Pusentasi.

Lokasi Pusentasi terletak di Towale, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah. Keberadaanya bila anda menjagkau dari Alun-Alun Vatumelo Palu maka jaraknya sekitar 45 km.

Bila anda masih bingung dengan jalannnya bisa menggunakan petunjuk akurat via Google Maps dengan kata kunci “pusentasi”. Yang pasti saat akan berlibur dan bermain di Pusentasi Sulawesi wajib untuk memperhatikan kondisi cuaca terkini.

2. Pantai Talise

wisata sulawesi tengah
image via ksmtour.com

Talis merupakan nama sebuah pantai populer di kota palu dengan pemandangan yang sangat indah. Lokasinya yang berada di pusat kota membuat pantai ini selalu menjadi alternatif wisata murah.

Wisata pantai di palu ini juga bisa menjadi tempat liburan yang menarik bersama keluarga anda. Momen liburan anda kali ini akan terasa lebih bermakna dengan explore Pantai Talise Palu Timur.

Pantai yang dibatasi oleh bebatuan ini dapat anda kunjungi kapan saja, karena selalu terbuka untuk umum disetiap harinya. Pagi hingga sore hari tentu saja jadi waktu yang kami sarankan untuk dapat menikmati view menarik disini.

Perlu di ingat bahwa pantai ini kurang direkomendasikan untuk anda berenang. Sebab menurut beberapa orang bahwa Pantai Sulawesi yang indah ini terdapat banyak buaya di dalamnya.

Meski begitu, anda tetap bisa bermain-main disini, seperti misalnya berkeliling naik perahu. Sekitar Pantai Talise Palu Timur ini mudah anda jumpai perahu-perahu nelayan yang dapat disewa.

Untuk tarifnya pun tak perlu khawatir karena tentu saja terjangkau dan ramah dikantong. Sedangkan dari letaknya, pantai ini cukup strategis bila dijangkau dari berbagai arah, catat alamatnya ya.

Lokasi Pantai Talise berada di alan Rajamoili dan Jalan Cut Mutia, Kecamatan Palu Timur, Provinsi Sulawesi Tengah. Jarak dari pusat kecamatan palu timur hanya sekitar 4 km dengan waktu tempuh 11 menit perjalanan.

3. Jembatan Palu yang Megah

wisata di palu sulawesi tengah
image via liputan6

Wisata di pusat kota palu yang bisa anda kunjungi selanjutnya adalah pemandangan jembatan palu yang indah. Disini anda bisa menikmati pemandangan jembatan dari pinggir sungai sambil menyantap makanan khas palu.

Setelah jembatan ini diresmikan pada tahun 2016, menjadikan jembatan ini menjadi tempat wisata baru di palu. Bisa dibilang kalau jembatan ini sangatlah ikonik dan banyak menarik minat banyak pelancong dari luar daerah.

Begitu pun dengan penduduk sekitar yang kerap datang ke jembatan ini dalam rangka mengisi waktu luang. Banyak yang menghabiskan waktu di Jembatan Palu hits ini pada saat sore hari.

Ditemani oleh semilir angin dan aliran sungai yang akan memberikan anda ketenangan dalam diri. Jadi jika diri anda sedang dirasa suntuk atau banyak pikiran, maka cobalah datanglah kesini.

Disekitar jembatan dapat anda jumpai beberapa area bersantai yang memang telah disediakan. Jangan lupa, kalau anda akan datang kesini agar membawa bekal sedari rumah ya.

Atau paling tidak membeli ketika dalam perjalanan, supaya tak kebingungan saat haus dan juga lapar. Karena sejatinya bukanlah tempat wisata, jadi anda sama sekali tak perlu membayar tiket masuk.

4. Gunung Gawalise

tempat wisata sulawesi tengah
image via instagram

Seperti halnya Wonosobo yang mempunyai banyak gunung, palu juga mempunyai wisata gunung yang elok. Namanya gunung gawalise yang mempunyai ketinggian 2.023 Mdpl.

Dengan menaiki gunung ini anda akan mendapatkan view kota palu dan juga hamparan laut yang luas. Gunung populer ini terletak di sisi barat kota Palu Sulawesi Tengah.

Bagi anda pecinta aktivitas mendaki gunung, maka Gawalise ini jangan sampai terlewatkan ya. Namun bagi anda yang belum pernah baik gunung juga boleh dicoba, mengingat ketinggian Gawalise relatif terjangkau.

Akan tetapi bagi anda yang benar-benar baru mau pertama kali naik gunung, persiapkan semuanya dengan baik. Jauh-jauh hari sebelum tiba saatnya mendaki, untuk lakukan banyak pemanasan.

Seperti misalnya sering jala, lari dan pokoknya aktivitas yang berbau pada bagian kaki. Tujuannya ketika nanti mendaki, kaki kita setidaknya tidak kaget karena terbiasa pada aktivitas.

Lihat kondisi cuaca pada saat anda akan naik Gunung Gawalise Sulawesi supaya berjalan sesuai harapan. Musim panas dengan harinya yang cerah adalah saat terbaik tuk mendaki sebuah gunung.

Selain akses jalannya cenderung lebih mudah, saat cerah pun, pemandangan di sekitar terlihat begitu mempesona.

5. Cagar Alam Morowali

profil kota palu
image via mongabay.co.id

Wisata alam di palu sulawesi tengah ini bisa jelajahi lebih luas. Di cagar alam morowali ini banyak sekali terdapat hewan yang dilindungi. Seperti burung maleo, kelelawar terkecil di dunia, babi rusa, anoa dan masih banyak lagi.

Destinasi ini cocok bagi anda yang suka berpetualang di alam bebas. Himbauan dari kami, ketika anda berkunjung kecagar alam morowali agar selalu menjaga keseimbangan lingkungan. Dengan tidak merusaka tumbuhan dan berburu hewan.

Cagar Alam Morowali telah dinobatkan sebagai salah satu kawasan hutan konservasi yang telah ditetapkan pemerintah. Hal tersebut berdasarkan kekayaan hutan pada tempat ini begitu melimpah dan harus dimanfaatkan dengan baik.

Meski berbasis cagar alam, namun nyatanya tak sedikit orang datang kesini untuk berwisata. Bisa dengan sekedar jalan-jalan menelusuri setiap sudut indahnya atau berfoto-foto ria.

Saat anda merasa jenuh dengan hiruk pikuk perkotaan, maka datang kesini bisa menjadi obatnya. Sebab disetiap sisi Cagar Alam Morowali Sulawesi hanya ada pepohonan rimbun yang asri.

Udaranya sejuk dan mata kita pun seakan dibuat lebih segar berkat view alam serba hijau. Untuk dapat berlibur kesini, anda tak perlu banyaknya, karena tiket masuk Cagar Alam Morowali hanya sekitar Rp15.000 per orangnya.

Sejatinya, destinasi menawan terbagi ke dalam wilayah 3 kecamatan sekaligus. Yakni Kecamatan Mamosalato, Bungku Utara dan Soyo Jaya di Kabupaten Morowali Utara.

6. Pantai Tanjung Karang

pantai tanjung karang palu
image via tripadvisor.com

 

Pantai tanjung karang juga termasuk kedalam tempat wisata populer yang ada di palu. Untuk menuju lokasi ini anda bisa menggunakan kendaraan bermotor dengan kisaran waktu 1 jam.

Wilayah tanjung karang memang terkenal dengan pantai pasir putihnya dan air laut yang sangat jernih. Di objek wisata ini anda bisa berang di air laut yang mempunyai ombak kecil. Selain itu anda juga snorkeling dan melihat indahnya biota laut yang terdapat di tanjung karang.

Keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Tanjung Karang bakal membuat siapa saja merasa nyaman. Panorama wisata baharinya begitu menakjubkan yang dibalut dengan udara sejuk khas pantai.

Sejauh mata memandang, hanya ada birunya air laut beserta gemuruh suara ombaknya. Semua itu akan membuat anda lebih rileks, sehingga semua beban dalam diri seperti hilang sejenak.

Tanjung Karang masuk dalam deretan Pantai Palu populer yang kerap dipadati oleh banyak wisatawan. Tak hanya warga palu saja tapi tak sedikit wisatawan luar Sulawesi yang datang kesini.

7. Taman Nasional Lore Lindu

tempat wisata di palu
image via staticflickr.com

Di sulawesi ini memang masih banyak taman nasional yang mempunyai kekayaan alam yang luar biasa. Salah satunya adalah taman nasional lore lindu yang bisa anda jelajahi.

Ditempat ini banyak terdapat habitat burung maleo dan juga batu megalit yang bisa anda nikmati. Sejenak lebih dekat dengan alam di Taman Nasional yang populer di Sulawesi ini pada saat hari libur telah tiba.

Lore Lindu menyimpan segudang daya tarik sehingga menarik minat banyak pelancong dari berbagai daerah. Liburan tak melulu soal pantai ataupun gunung, dengan mengunjungi Lore Lindu Sulawesi ini misalnya tuk dapatkan pengalaman berbeda.

Keunikan hayati pada wisata Sulawesi ini bisa anda saksikan lebih dekat dan wajib diabadikan ke dalam foto atau video. Penasaran ingin datang dan jelajah indahnya alam Lore Lindu?

Pintu masuk Taman Nasional Lore Lindu bisa dilakukan melalui Kecamatan Kulawi, di Kabupaten Sigi. Lore Lindu juga menjadi situs peradaban manusia di masa lalu yang menyimpan banyak sejarah.

Taman nasional yang rimbun dengan hutan, air terjun, danau, hingga beragam flora dan fauna ini jangan sampai terlewatkan.

8. Danau Lewuto

tempat wisata di sulawesi tengah
image via idntimes.com

Danau lewuto ini juga berlokasi di kawasan taman nasional lore lindu. Jadi ketika anda berkunjung ke taman nasional tersebut kami sarankan juga untuk mengunjungi danau lewuto.

Wisata alam begitu memikat dan bakal membuat banyak pasang mata terpana akan keindahannya. Landscape hamparan luas air danau menjadi suguhan utama yang dapat anda manfaatkan sebagi background saat berfoto-foto ria.

Perbukitan hijau beserta gunung-gunung kecil melengkapi keindahan pada wisata Sigi Sulawesi satu ini. Datang pada ketika hari benar-benar cerah untuk dapatkan pesona Danau Lewuto yang lebih mengagumkan.

Pagi atau sore adalah waktu yang bisa anda pilih untuk datang kesini dalam rangka mengisi waktu luang. Apalagi destinasi cantik ini dapat anda explore lebih dalam tanpa harus keluar banyak uang.

9. Tugu Perdamaian

objek wisata di sulawesi tengah
image via blogspot.com

Salah satu ikon kota palu ini juga dijadikan sebagai kawasan wisata oleh pemerintah setempat. Lokasi tugu perdamaian ini berada di bukit jabal nur yang mempunyai ketinggian 1000 kaki di atas permukaan laut.

Dikawasan tugu perdamaian ini rencananya akan dibangun tempat rekreasi yang beragam. Diantaranya adalah bumi perkemahan, ruang publik, lintasan ATV, motor Cross, pasar budaya serta lingkungan hijau.

Hadirnya Tugu Perdamaian ini juga sebagai simbol persatuan dan perdamaian masyarakat Sulawesi Tengah. Pasca konflik komunal yang terjadi di Poso beberapa tahun silam.

Tugu bersejarah ini resmi menjadi kawasan wisata pada Maret 2014 dan hingga kini kerap dikunjungi oleh banyak wisatawan. Sejatinya tugu ikonik berdiri diatas sebuah Monumen bernama Nosarara Nosabatutu.

Monumen Nosarara Nosabatu ini adalah bangunan berlantai tiga dengan luas wilayah sekitar 800 meter persegi. Selain tugu, pada kawasan wisata monumen ini pun terdapat sebuah gong.

Gong tersebut berwarna kuning memiliki diameter sekitar 2 meter, serta beratnya mencapai 180 kilogram. Bangunan yang menarik tersebut kerap dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk dijadikan sebagai latar belakang ketika berfoto-foto ria.

Lokasi Tugu Perdamaian ini berada di Tondo, Kecamatan Palu Timur, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah. Ketika tulisan ini tayang, tiket masuk Monumen Nosarara Nosabatutu hanya Rp10.000 dan sudah termasuk parkir kendaraan.

10. Danau Poso

objek wisata di palu
image via astra.co.id

Tahukah anda bahwa danau poso merupakan danau terluas ketiga yang ada di indonesia. Danau ini mempunyai luas 32 km x 16 km yang hampir mirip dengan teluk.

Lokasi danau posos ini berada di Kecamatan pamona utara, Poso, sulteng. Keunikan dari danau ini adalah adanya komplek bebatuan yang berada di tengah danau.

Disamping itu, daya tarik yang dihadirkan pada danau ini begitu mempesona. Hamparan luas air danaunya akan menghipnotis banyak pasang mata berkat keindahannnya.

Keberadaan Danau Poso ini bisa anda jangkau tanpa harus bersusah payah, sebab cukup strategis letak persisnya. Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, sebab tiket masuk Danau Poso sangat ekonomis, hanya Rp10.000 per orangnya.

Waktu terbaik untuk menikmati keindahan danau Sulawesi yang hits ini adalah saat musim kemarau. Karena umumnya wisata alam, keindahan yang ada akan terlihat lebih maksimal saat cuaca benar-benar mendukung.

Kurang disarankan mengunjungi wisata Danau Poso pada saat turun hujan atau cuaca sedang buruk. Dan saat berlibur kesini jangan lupa untuk ikut serta dalam menjaga kebersihan serta kelestarian alamnya.

11. Kepulauan Togean

wisata alam palu
image via telusurindonesia.com

Wisata sulawesi tengah selanjutnya adalah kepulauan togean yang mempunyai seribu keindahan alam yang eksotik. Destinasi andalan dari pulau ini adalah wisata bawah lautnya sangat indah.

Untuk menjangkau tempat ini anda bisa menggunakan kendaraan bermotor selama sekitar 4 jam yang dilanjutkan dengan perahu. Menelusuri indahnya lautan menggunakan perahu bakal jadi pengalaman mengesankan dan sulit terlupakan.

Lokasi Kepulauan Togean ini berada di Teluk Tomini, Provinsi Sulawesi Tengah. Pastikan anda datang ke pulau ini lebih awal untuk dapatkan keseruan yang lebih maksimal.

Mengingat perjalanan yang cukup memakan banyak waktu sehingga anda perlu memperkirakan waktu kunjungan. Disamping itu hal lain yang musti diperhatikan adalah kondisi cuaca. Dimana hari yang cerah adalah syarat agar semuanya berjalan sesuai harapan serta keinginan.

Bagi anda yang terbiasa mabuk kendaraan laut, maka sebaiknya persiapkan diri dengan baik.

12. Pulau Kadidiri

tempat wisata sulawesi tengah
image via katalogwisata.com

Wisata alam palu selanjutnya adalah pulau kadidiri yang tak kalah indahnya dengan kepulauan togean. Pulau kadidiri terkenal dengan pantainya yang sangat indah dan wisata bahari yang eksotik.

Pesona dari Pulau Kadidri terbukti ampuh menarik minat banyak pelancong yang akhirnya berlibur kesini. Baik itu wisatawan lokal Sulawesi dan juga yang dari luar daerah.

Bahkan dapat anda jumpai juga turis Mancanegara yang datang kesini meski belum banyak. Ketika anda tengah mencari tempat untuk bersantai dan relaksasi diri, maka Pulau Kadidiri ini bisa jadi opsi.

Yang sebenarnya belum diketahui oleh banyak orang, sehingga dalam beberapa kesempatan masih cenderung sepi. Selain itu, alam di Pulau Sulawesi yang eksotis ini masih sangat terjaga keasliannya.

Lokasi Pulau Kadidiri ini berada di kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean. Dimana letak persisnya berada di Teluk Tomini, Provinsi Sulawesi Tengah.

Sejumlah daya tarik melengkapi pulau ini, seperti pantai pasir putih yang sangat bersih.  Laut yang sangat jernih dengan biota laut berjumlah lebih dari 200 macam turut menambah kecantikan pulau ini.

Agar bisa explore Kadidiri Island ini tak membutuhkan terlalu banyak biaya. Namun tetap saja anda harus membawa uang lebih agar semua aktivitas berjalan sesuai keinginan.

13. Pulau Pasoso

wisata alam palu
image via Panoramio.com

Wisata sulawesi tengah selanjutnya adalah pulau pasoso yang terkenal akan penyu hijaunya. Di tempat ini anda bisa melihat penyu hijau yang banyak ditemukan di pulau pasoso.

Kecantikan yang ada di Pasoso Island akan memanjakan banyak pengunjung ketika berwisata disini. Selain penyu masih banyak lagi daya tarik dari wisata bahari yang akan kita ulas kali ini.

Pepohonan rimbun turut menambah keasrian dari kawasan sekitar pulaunya sehingga tak heran bila udaran disini sepoi-sepoi. Disamping itu keberadaan pohon-pohon juga sebagai tempat berteduh dikala terik ataupun turun hujan.

Karena biasanya wisata pantai identik dengan suasana panas, angappan tersebut sepertinya tak berlaku dipulau ini. Para pengunjung akan dibuat betah meski harus berlama-lama disini ketika datang bersama orang-orang tercinta.

Jelajahi setiap sudut indahnya dengan jalan-jalan, berlarian di tepi pantai, atau naik perahu nelayan disekitar. Tenang saja soal biaya, karena wsiata di Donggala ini tak akan memberatkan siapa saja.

Mengenai lokasi Pulau Pasoso, letaknya berada di Kecamatan Balaesang, kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi tengah. Ketika anda bingung, bisa dengan menggunakan petunjuk akurat pada google maps.

14. Air Terjun Saluopa

wisata sulawesi tengah
image via triptrus.com

Seperti halnya di temanggung yang banyak menyimpan wisata air terjun tersembunyi, sulawesi tengah juga tak mau kalah. Yaitu air terjun Seluopa yang mempunyai pemadangan yang indah dan air yang sangat jernih.

Memang, Sulawesi sendiri di anugerahi beberapa pantai cantik untuk di jelajahi lebih dalam ketika waktu liburan. Namun sebenarnya tidak hanya pantai yang menjadikan pulau ini begitu eksotis.

Seperti halnya dengan air terjun ini, yang dapat jadi alternatif anda untuk mengisi waktu senggang. Dengan liburan bersama orang-orang tercinta, seperti teman, kerabat, keluarga atau pasangan anda.

Meski Untuk mencapai tempat ini dibutuhkan perjalanan yang panjang dengan jalan kaki setelah dari lokasi parkir kendaraan. Sehingga pertimbangan dulu untuk menuju ke air terjun saluopa ini agar semuanya berjalan sesuai keinginan.

Akan tetapi jauhnya jarak yang musti ditempuh tak menyurutkan para penikmati wisata alam untuk datang kesini. Sampai hari ini Air Terjun Saluopa masih masuk dalam rentetan wisata Kabupaten Poso yang favorit,

Terutama ketika akhir pekan yang menjadi waktu terbaik agar bisa explore Saluopa dengan lebih maksimal. Wisata air terjun Saluopa Poso terbuka untuk umum disetiap harinya pada pukul 08.00 – 17.00 wib.

15. Pulau Lutungan

wisata alam sulawisi tengah
image via tumblr.com

Disamping sebagai destinasi wisata yang sangat menarik, pualu ini kerap dikunjungi orang dengan tujuan mencari berkah. Dengan cara menancapkan pelepah kelapa dan mencabutnya.

Apabila pelepah menjadi pendek, maka permintaan tidak terkabul. Begitu pula sebailknya. Itu menjadi salah satu kisah yang melekat pada destinasi memikat satu ini.

Terlepas dari itu semua, wisata bahari yang satu ini cocok sebagai tujuan liburan anda selanjutnya. Namanya Pulau Lutungan yang memiliki sejumlah panorama memukau dan mampu menghipnotis banyak pasang mata.

Pulau Lutungan harus ada dalam daftar rencana berlibur anda bersama teman atau keluarga tercinta. Catat alamatnya supaya anda akan dengan mudah menemukan destinasi mempesona ini.

Lokasi Pulau Lutungan sendiri berada di Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah. Posisi persisnya terletak di sebelah barat teluk Tolitoli yang bisa anda tempuh dengan menggunakan moda transportasi laut.

Waktu yang musti anda perlukan kurang lebih selama 25 menit untuk sampai ke spot utama Lutungan Island. Anda bisa menyewa perahu atau kapal-kapal yang tersedia untuk bisa mencapai pulaunya.

Karena waktu yang diperlukan untuk pulang pergi tak sedikit, maka datanglah ke pulau ini lebih awal. Agar anda bisa puas bermain serta menelusuri setiap sudut menakjubkan di Pulau Lutungan Tolitoli.

16. Museum Sulawesi Tengah

wisata di palu
image via indonesiakaya.com

Wisata edukasi di sulawesi tengah ini bisa dijadikan sebagai wisata kelurga yang sangat menarik. Di tempat ini anda bisa belajar sambil berwisata dengan melihat koleksi koleksi yang ada di museum.

Koleksinya pun beragam, mulai dari miniatur atau fosil gajah purba hingga berbagai macam perbaotan orang jaman dulu. Semua benda bersejarah yang ada disini tentu mengandung kisah-kisah masa lalu di dalamnya.

Jadi, mengisi waktu libur disini pastinya anda akan mendapatkan banyak pengetahuan baru. Museum yang dibangun di atas tanah seluas 18.330 m2 tak boleh anda lewatkan setiap keseruannya.

Untuk lokasi Museum Sulawesi Tengah ini terletak di Jl. Kemiri No.23, Kamonji, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah. Keberadaan museum fenomenal ini tak terlalu jauh dari pusat kota Palu, yang dalam hal ini adalah Alun-Alun Vatumelo.

Jaraknya hanya sekitar 6,4 km dan membutuhkan lama perjalanan selama 17 menit saja. Akses jalan utama menuju Museum Palu hits ini mudah, dapat dilalui semua jenis kendaraan pengunjung.

Museum Negeri Provinsi Sulawesi Tengah di Palu ini buka untuk umum dari Senin hingga Jumat saja. Pada jam operasional 07.30 – 16.00 wib, dan sabtu minggu tutup ya, dengan begitu anda bisa memperkirakan waktu terbaik berkunjung.

Wisata Lainya:

Jadi demikian beberapa rekomendasi destinasi wisata di Sulawesi Tengah yang bisa jadi tujuan menghabiskan waktu libur anda selanjutnya. Mulai dari pantai-panta cantik, pulau mempesona, air terjun menawan dan masih banyak lagi daya tarik lainnya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

sixteen + nineteen =