Pantai Ancol merupakan Objek wisata yang terletak di pesisir jakarta bagian utara. Di tengah hiruk pikuk Ibu Kota yang padat merayap. Suasana Pantai adalah suasana yang paling tepat untuk melepaskan segala penat yang menumpuk.

Wilayah Jakarta memang dikenal sebagai Kota dengan segala harapan. Dimana, banyak masyarakat berbondong-bondong mengunjungi kawasan ini, mencari kehidupan yang lebih layak.

Tidak hanya itu saja, saat ini banyak pula wisatawan berdatangan untuk menikmati pesona Jakarta yang sudah punya wajah pariwisata. Seperti yang ditunjukkan Pantai Ancol Pasir Putih.

Sejarah Singkat

Sejarah singkat mengenai pembangunan kawasan Ancol. Dimana, dahulu pemerintah ingin membangun sebuah kawasan wisata terpadu untuk warga Jakarta.

Pada saat itu, Jakarta sudah mulai penuh sesak. Butuh sebuah tempat hiburan untuk relaksasi agar tidak terlalu tersiksa dengan berbegai pekerjaan.

sejarah pantai ancol
foto: https://www.instagram.com/anandyawidyarto30/

Akhirnya, pada tahun 1954 dibangunlah kawasan Ancol ini dan selesei pada tahun 1968. Tetapi, pada tahun 1966, kawasan ini sudah mulai resmi dibuka.

Ada beberapa macam bangunan yang sengaja dibangun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan tempat hiburan. Simak juga Review Pantai Congot.

Bagian Utama Pantai Ancol

Ancol saat ini tumbuh dan berkembang menjadi kawasan pariwisata berkelas internasional. Dimana banyak sekali permainan menarik dan wahana seru yang bisa dinikmati. Sebut saja dengan Dufan, Sea World, Alive Museum dan masih banyak lagi.

Biasanya, mengunjungi Ancol memang wajib untuk mengunjungi pantainya. Nuansanya seperti berada di luar negeri. Dimana, pantai menyatu dengan pemandangan gedung-gedung pencakar langit.

hal yang bisa dilakukan di pantai ancol
foto: https://www.instagram.com/cici_aniie/

Perlu diketahui bila, Pantai Ancol ini dibagi menjadi 6 kawasan utama. Pantai Karnaval Ancol. Pantai Festival Ancol, Pantai Ancol Lagoon, Pantai Ria Ancol, Pantai Indah Ancol, Pantai Beach Pool, dan Pantai Marina Ancol.

Saat memasuki kawasan ini, semilir angin akan berhembus liirih menyambut kedatangan sobat pelancong. Semilir angin ini terasa begitu nikmat ditengah suhu udara panas Kota Jakarta.

Seperti berada di surga dunia. Selain itu, ada beberapa pepohonan kelapa yang tidak kalah menyambut kedatangan para tamu yang berasal dari berbagai daerah.

Apabila, wisatawan membawa anak-anak, disarankan untuk berkunjung ke daerah Pantai Ria Ancol. Kawasan ini memang sudah sangat ramah dengan anak-anak.

Dimana hamparan pasir putihnya mampu menghipnotis semua orang untuk berlama-lama disini. Selain itu, disini juga tersedia arena bermain anak yang dibentuk seperti sebuah kapal.

Tetapi, berada di kawasan ini tetap harus berhati-hati. Lantaram, dasar pantainya cukup curam. Sehingga tidak disarankan untuk aktifitas berenanng.

Cukup menikmatinya dengan berada di pinggir pantai, duduk atau berjemur hingga memiliki kulit warna esoktis. Lihat juga Pantai Angsana yang mempunyai pemadangan eksotik.

Sisi Romantis Pantai Ancol

Setelah puas menikmati kawasan pantai. Saat nya wisatawan beralih ke kawasan jembatan pantai ancol. Jembatan ini cukup unik, dibuat melengkung dan menjadi jalur bagi mereka yang ingin pergi ke sebuah pendopo yang tersedia disana.

Kawasan pantai ini dikenal dengan nama pantai Bende. Sementara jembatan yang melngkung ini bernama dermaga jembatan cinta.

alamat pantai ancol
foto: https://www.instagram.com/irul_djawir/

Mengapa disebut demikian? Karena, bila sore hari banyak sekali pasangan memadu kasih dan menikmati nuansa sore. Banyak yang bilang menikmati sunset keren di Jakarta hanya disini tempatnya.

Lapar? Langsung saja bergeser ke pantai karnaval ancol. Tempat ini berhadapan langsung dengan laut jawa. Disini pula sering diadakan acara-acara besar seperti berbagai macam event skala nasional, dan biaanya juga acara malam tahun baru juga diselenggarakan. Disini pula, wisata malam hari berpusat. Dengan segala keindahan gemerlap lampu nan menawan.

Pantai Karnaval juga menyediakan berbagai macam menu kuliner menarik. Setiap rasa yang dihadirkan mampu menggoyang lidah, membuat nagih dan enggan untuk berhenti.

Selain itu, harga yang ditawarkan cukup bersahabat.  Seperti Pantai Alam Indah Tegal juga tiket masuknya termasuk murah.

Pantai Marina

Bergeser lagi, ada Pantai Marina Ancol. Tempat yang menjadi primadona selain pantai karnaval. Karena, disini adalah jalan menuju ke wilayah pulau seribu.

Banyak sekali wisatawan berkunjung untuk menyeberang dan juga menjadikan kawasan ini sebagai salah satu titik selfi yang tidak boleh terlewatkan.

wisata pantai marina ancol
foto: https://www.instagram.com/noelle_briggita/

Kapal-kapal yang datang dan pergi serta bersandar memang menjadi sebuah objek tersendiri. apalagi, saat senja sore datang menyapa.

Kawasan ini seakan memiliki panorama berbeda dan memunculkan nuansa magis untuk tetap bertahan dan enggan beranjak dari kawasan ini sedikit pun. Disini pula biasa bersandar kapal pesiar yang mengesankan lho.

Perlu diketahui pula, bila pantai marina ini menjadi kawsan terfavorit. Tidak hanya untuk rekreasi melainkan untuk foto pre-wedding.

Menarik bukan? Banyak sekali jasa fotografer memilih kawasan ini sebagai tempat untuk mengabadikan momen yang hanya ada sekali dalam seumur hidup.

Bagi wisatawan lain yang ingin melakukan prosesi foto prewedding. Kawasan ini bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif.

Menuju pulau seribu dari pelabuhan ini memang sedikit mahal. Tetapi, memiliki waktu yang lebih cepat daripada wisatawan naik dari dermaga muara angke. Selain itu, kondisi kapalnya pun jauh lebih baik dan super nyaman. Dijamin, perjalanan menuju ke pulau seribu akan semakin menyenangkan.

Menikati kawasan pantai ancol memang tidak bisa satu atau dua jam saja. Melainkan, membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga bisa lupa waktu. Bagi wisatawan yang mungkin terlalu malam pulang dari sini. Pihak pengelola sudah menyediakan sarana akomodasi yang mumpuni.

Sobat Pelancong bisa pilih sendiri penginapan mana yang akan dijadikan tempat untuk melepas lelah. Ada cottage-cottage yang menggemaskan.

Hotel-hotel berbintang yang akan melayani sobat pelancong bagaikan ratu atau raja. Serta hotel-hotel yang sesuai dengan budget backpacker. Simak juga ulasan Pantai Air Manis yang mempunyai destinasi yang tak kalah indah.

Alamat Dan Rute Lokasi

harga tiket masuk pantai ancol
foto: https://www.instagram.com/noelle_briggita/

Alamat kawasan ini berada di jalan lodan raya, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Lokasi pantai ancol sangat mudah. Karena, kawasan ini berada di ujung kota Jakarta.

Pergi ke sini pun bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi dan transportasi umum.

Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi. Wisatawan, cukup mengikuti papan petunjuk yang telah tersedia di berbagai penjuru Kota Jakarta.

Bisa juga, wisatawan naik bus Transjakarta tujuan Ancol. Atau naik KRL turun di stasiun Jakarta Kota, setelah itu dilanjutkan dengan menggunakan bis atau ojek online. Rekomendasi lainya untuk anda adalah pantai ayah yang berlokasi di kebumen.

Harga Tiket Masuk

lokasi pantai ancol
foto: https://www.instagram.com/bundappmotret/

Harga tiket masuk pantai Ancol terbaru. Untuk individu dikenakan tarif sebesar 25 ribu rupiah. Untuk mobil dikenakan tarif sebesar 20 ribu rupiah kemudian, untuk motor dikenakan tarif sebesar 15 ribu rupiah.

Ada berbagai macam promo menarik yang bisa dimanfaatkan wisatawan. Promo tersebut berlaku bagi wisatawan pemegang kartu multitrip commuter line. Wisatawan akan mendapatkan harga khusus dan jauh lebih murah dibandingkan dengan harga regulr.

Selain promo kartu multi trip Commuter line. Promo menarik juga pernah diadakan oleh pihak pengelola kawasan Ancol dengan menerapkan masuk pantai ancol gratis pada tanggal 25 juni kemarin. Hal ini sebagai salah satu bentuk peringatan hari jadi kota Jakarta yang ke 491.

Bisa dibilang Pantai Ancol adalah primadona bagi warga Jakarta yang ingin menikmati nuansa pantai. Apalagi, fasilitas pantai yang semakin ramah dengan wisatawan.

Ayo datang dan ramaikan pantai Ancol, rasakan sensasi liburan ala anak Kota. Jangan lupa ajak, keluarga, saudara, dan teman untuk menikmati eloknya destinasi ini, Jakarta.

REVIEW OVERVIEW
Harga Tiket Wisata
90 %
Pemadngan Alam
90 %
Fasilitas Wisata
95 %
Bagikan Yuk !
Previous articlePantai Congot
Next articlePantai Cahaya Kendal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here