Pantai Buyutan terletak di Pacitan. Dimana, kawasan pacitan sejak dari dulu terkenal dengan sebutan kota seribu goa. Banyak sekali goa tersebar disini.

Menghadirkan ikon wisata yang berbeda dengan wilayah lain. Tetapi perlu diingat, pacitan berada di kawasan pantai selatan. Sehingga, tidak bisa dipungkiri pantai buyutan ini mempunyai daya tarik luar biasa.

Tidak salah memang bila kebanyakan wisatawan menyamakan kawasan ini dengan beberapa pantai yang ada di Indonesia.

Terutama kawasan pulau dewata yang memang memiliki keindahan yang tidak perlu ditanyakan lagi. Nah, penasaran dengan keindahannya, mari kita simak penjelajahannya berikut ini,

Tentang Pantai Buyutan

Bila dilihat dari gambar pantai buyutan kawasan ini memiliki area tanah lapang yang sangat luas. Akan sangat menyenangkan jika, menikmati malam di area ini.

sembari menikmati secangkir kopi, bersama teman dan sahabat yang akan selalu di hati. Apalagi, di sekitar sini ada sumber air tawar yang bisa digunakan untuk apa saja.

Jadi, wisatawan tidak perlu takut. Semua kebutuhan sudah tercukupi dengan hadirnya sumber air tawar ini. selain itu, air tawar ini bisa digunakan untuk mandi setelah bermain dari laut.

Membayangkannya saja sudah sangat menarik, apalagi melakukannya pasti akan sangat seru menikmati kawasan ini.

Simak juga ulasan kami mengenasi Pantai Cenang Langkawi yang merupakan salah satu destinasi unggulan di malaysia.

Karang-karang  Unik dan Mitos Pantai Buyutan

karang di pantai buyutan
foto: https://www.instagram.com/denidwikristanto/

Di sini, wisatawan akan digoda dengan kehadiran beberapa karang-karang unik dan anti mainstream. Mengapa demikian? Karena, karang yang ada disini mirip sekali dengan berbagai macam bentuk. Seperti perahu, ada juga yang mirip dengan mahkota dewa, dan masih banyak lagi.

Karang-karang ini tidak hanya indah, melainkan juga memiliki unsur mitos yang selalu berkembang dikalangan masyarakat.

Salah satunya adala karang yang bentuknya mirip dengan mahkota dewa ini adalah mahota dewa narada yang terhempas dan terjatuh di kawasan ini. konon katanya, batu karang tersebut bisa memunculkan kesialan-kesialan.

Entah benar ataukah tidak, namanya juga mitos. Dimana, kebenarannya memang belum seratus persen bisa dipercaya. Tetapi, tetap bisa digunakan sebagai acuan agar wisatawan berhati-hati bila disini.

Terlepas dari mahkota narada. Pantai Buyutan berada di kawasan selatan sehingga mitos pantai buyutan pacitan masih dipengaruhi oleh sang ratu pantai selatan.

Baca juga: destinasi wisata Pantai Cahaya Bulan yang mempunyai banyak spot foto menarik.

Spot Genic

spot foto pantai buyutan
foto: https://www.instagram.com/dhiidot_/

Salah satu kawasan spot genic ini terletak di karang-karangnya yang mempunyai bentuk. Disini, banyak wisatawan yang menjadikan titik ini sebagai titik spot foto. Selain itu, hamparan pasir putih dan birunya laut, membuat setiap detik disini, harus diabadikan.

Pasir putih pantai buyutan bisa dijadikan sebuah tempat untuk berjemur layaknya beberapa pantai di Indonesia.  Berenang di kawasan ini juga menjadi pilihan wisatawan untuk menikmati esoktisnya pantai buyutan. Satu hal yang mungkin terjadi di kawasan ini adalah keberadaan sinyal yang terkadang susah di dapat.

Maklum saja, kawasan ini memiliki tebing yang cukup tinggi. Tebing inilah yang biasanya menghalangi sinyal telepon masuk. Salah satu alternatif liburan paling maksimal.

Karena, dengan tidak adanya sinyal, wisatawan bisa puas bermain-main tanpa terganggu. Menyenangkan sekali bukan?

Destinasi lain yang tidak kalah indahnya adalah Pantai Cahaya Kendal yang masih berlokasi di provinsi jawa tengah.

Spot Sunset

sunset pantai buyutan
foto: https://www.instagram.com/m.dilhan8/

Salah satu yang ditunggu saat wisatawan mengunjungi pantai pasti adalah pesona matahari terbenam. Melihat keindahan sang pencipta dikala datang senja memang sangat mengesankan. Apalagi, warna langit yang akan berubah menjadi jingga. Sehingga, menimbulkan

Di Pantai Buyutan ini terbilang sebagai kawasan yang paling ramah soal sunset. Pesona langit jingga, dan perpaduan alam yang tersaji seperti gambar dalam lukisan.

Disini, ada sebuah tebing yang menjulang cukup tinggi. Tebing inilah yang biasa digunakan sebagai tempat untuk melihat lukisan alam ini.

Memasuki sore hari, beberapa wisatawan akan datang dan memadati tebing ini. bagi yang sedang asyik berenang maka, mereka akan berhenti dan segera berbilas.

Karena, pemandangan esoktis ini hanya bisa dilihat dari pantai buyutam. jangan lupa untuk mengambil momen siluet yang mempesona.

Lihat juga review mengenai Pantai Ancol Jakarta yang cocok digunakan sebagai tempat liburan untuk keluarga.

Habitat Kera

Melakukan perjalanan dari area parkir menuju ke tebing karang dan ke pantai adalah petualangan yang sangat menarik. Apalagi, ditemani dengan sahabat sejati yaitu kera berekor panjang.

Sebenarnya kera disini cukup imut-imut, lucu dan menggemaskan. Bisa juga dijadikan sebagai objek foto. Tetapi, ada aturan yang wajib untuk ditaati.

Peraturan ini berlaku untuk semua wisatawan. Karena, sekali dilanggar maka, kera yang lucu ini akan berubah menjadi kera yang sangat menyebalkan. Dijamin seperti itu jadinya. Baiklah syarat mutlaknya adalah di makanan.

Jadi, jangan pernah sedikit pun mengeluarkan makanan dari dalam kantong atau saku atau juga tas yang dibawa. Kera ekor panjang yang berada di sini sangat sensitif dengan hal tersebut. Karena, sedikit pun mereka melihat gelagat makanan maka, kera-kera ini akan mengikuti wisatawan.

Dengan sigap mereka akan mencuri. Tidak jarang pula mereka akan menyakiti wisatawan. Satu hal yang harus diketahui adalah kera ini selalu bergerombol.

Jadi, saat mereka telah melihat makanan, maka banyak kera yang lain yang akan datang membantu. Bahkan, pernah seorang wisatawan tasnya direbut karena, dianggap menyimpan banyak makanan.

Sangat disarankan untuk menjaga keselamatan wisatawan sendiri. Agar semua yang berkunjung ke sini pun juga merasakan aman, tenteram, damai, dan sentosa. Inilah salah satu bagian dari petualangan yang tidak akan terlupakan di pantai buyutan.

Rekomendasi lainya untuk anda adalah wisata Pantai Congot, banyak hal menarik yang bisa anda peroleh di destinasi tersebut.

Air Terjun mini

Coba wisatawan berjalan lurus kea rah timur. Dimana, wisatawan akan menemukan sebuah aliran sungai yang jatuh langsung ke laut. Sehingga, menimbulkan pemandangan air terjun mini yang mengesankan. Tetapi, untuk mencapai kawasan ini wisatawan diwajibkan untuk tracking tebing yang cukup memacu adrenalin.

Tetapi, setelah tiba di tempat semua rasa takut yang terjadi dan lelah akan hilang seketika. Pemadangan yang tidak kalah esoktisnya dibandingkan dengan kawasan pantai buyutan yang ada disini. Berani mencobanya?

Alamat dan Rute Lokasi

harga tiket masuk pantai buyutan
foto: https://www.instagram.com/ndot_23/

Alamat lokasi pantai buyutan berada di Desa Widoro, Donorojo, Kalak, Kabupaten Pacitan, Jawa timur. Dimana menuju ke kawasan ini bisa melalui arah solo atau Yogyakarta yang berjarak 100 km. melewati kawasan pracimantoro, kemudian, kawasan pantai mulai dari nampu, banyu tibo, klayar, hingga pantai buyutan

Jalur pantai buyutan akan lebih mudah dijangkau dari arah pacitan dengan rute melalui goa gong. Ikuti papan petunjuk yang sudah banyak tersedia di kawasan ini. papan ini akan menjadi pemandu terbaik wisatawan menuju ke objek wisata pantai buyutan.

Anda juga bisa menggunakan maps dibawah ini untuk berkunjung ke pantai buyutan.

Harga Tiket Masuk

rute menuju pantai buyutan
foto: https://www.instagram.com/denidwikristanto/

Harga tiket masuk pantai buyutan adalah 0 rupiah alias gratis. Hanya saja, wisatawan akan dikenakan biaya parkir sebesar 10 ribi rupiah untuk mobil dan 5 ribu rupiah bagi pengguna kendaraan bermotor.

Bagi yang ingin mendirikan tenda, wisatawan bisa melapor kepada petugas dan membayar uang sebesar 15 ribu rupiah saja.

Simak juga ulasan kami mengenai pantai angsana yang bisa dijadikan refrensi liburan anti mainstream.

Pada akhirnya menikmati kawasan pantai ini adalah salah satu trip yang menyenangkan. Tetapi, perlu diingat kawasan ini masih sangat asri dan alami dengan hadirnya habitat kera ekor panjang.

Jadi, jangan sampai di rusak, tetap dijaga demi sebuah kawasan wisata yang ramah untuk kita sekarang dan nanti. Jadi, kapan mau pergi ke pantai buyutan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here