Di daerah Lampung terdapat destinasi wisata alam berupa pantai yang dikatakan sebagai surga tersembunyi, yaitu Pantai Karang Putih. Pantai ini juga dikenal dengan beberapa nama diantaranya Pantai Putih Doh Lampung, Pantai Karang Putih Cukuh Balak.

Pemandangan pantai ini begitu eksotis terlebih terdapat batu menjulang dengan bentuk khas yang begitu fotogenik. Berdiri gagah di pantai, batu ini merupakan batu karang berwarna putih yang seolah jadi pembeda pemandangan pantai.

Bagi Anda yang menginginkan suasana tenang, serta rileks Pantai Karang Putih cocok jadi tempat liburan Anda. Karena tempatnya cukup jauh dari pemukiman sangat perlu Anda ketahui terlebih dulu beberapa hal seputar pantai ini, dan berikut pembahasannya.

Harga Tiket Masuk Pantai Karang Putih

harga tiket masuk pantai karang putih
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115575988231880684430

Paling utama hal yang harus Anda ketahui tidak lain adalah harga tiket masuk Pantai Karang Putih. Sehingga Anda bisa mengira juga menyesuaikan berapa budget yang perlu disiapkan dan dianggarkan.

Karena belum adanya fasilitas di Pantai Karang Putih ini maka belum ada juga harga tiket yang dikenakannya. Pengunjung hanya terkadang perlu membayar biaya parkir saja apabila ingin berlibur ke Pantai Karang Putih di Lampung ini.

Semoga kedepannya pantai ini mendapat pengurusan yang lebih baik dan optimal dari pemerintah setempat. Memang sekarang belum ada harga tiket masuk, tapi sewaktu-waktu bisa menggunakan harga tiket, jadi siap sediakan saja beberapa budget.

Alamat dan Rute Lokasi

rute lokasi dan alamat pantai karang putih
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111086491974060959746

Pantai Karang Putih atau disebut juga Pantai Cukuh ini masih begitu alami karena lokasinya yang jauh dari pemukiman. Tepatnya lokasi Pantai Karang Putih terletak di Desa Putih Doh, Kecamatan Cukuh Balak, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Detail yang bisa diambil pantai ini berada di sebelah selatan dari ibu kota kabupaten Tanggamus. Dan terletak tepat di Desa Putih Doh Lampung serta Anda hanya bisa mengakses menggunakan kendaraan pribadi.

Sedangkan untuk rutenya bisa menggunakan dua pilihan untuk sampai tujuan. Pertama bila dari Bandar Lampung maka Anda bisa ambil jalur melalui Pringsewu, yaitu dari lampu merah ambil kiri.

Setelahnya Anda ikuti jalan menuju Pardasuka, Bulok, Tanjakan Gayau, Limau dan akhirnya lewati daerah Badak. Baru lanjut ikuti jalan yang dekat dengan pesisir pantai, sehingga Anda sampai di Cukuh Balak.

Rute lain yang bisa Anda lalui iyalah lewat Jalan Way Ratai yangmana mengarah ke Padang Cermin. Tinggal mengikuti jalan, Anda akan sampai ke Cukuh Balak kurang lebih sekitar 90 kilometer jarak tempuhnya.

Karena dijaman modern ini sudah banyak memiliki smartphone, maka bisa juga memanfaatkan Google Maps. Sehingga Anda akan lebih mudah mengikuti arahan dan menemukan lokasi dari Pantai Karang Putih ini.

Karena medan jalannya yang sedikit susah tetaplah Anda berhati-hati dalam menuju tempat wisata tersebut. Perhatikan juga sekeliling jalanan serta tetap fokus selama mengemudi.

Fasilitas

fasilitas pantai karang putih
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111086491974060959746

Belum mendapat perhatian juga dukungan penuh dari pemerintah menjadikan fasilitas yang ada di pantai ini hanya sekedarnya saja. Memang betul sudah ada toilet tapi juga masih sangat kurang dibandingkan dengan banyaknya pengunjung.

Jadi masih perlu antri panjang saat ingin ke toilet, dan sama halnya dengan mushola. Hanya tersedia dengan ukurang kecil karena pembuatannya masih dengan dana sekedarnya dari masyarakat setempat dan hasil parkir.

Bisa disimpulkan inilah beberapa fasilitas yang telah ada di kawasan wisata Pantai Karang Putih, Lampung.

  • Area parkir
  • Musholla
  • Toilet

Semoga bantuan dari pemerintah akan ada secepatnya untuk pembangunan fasilitas yang lebih memadai di Pantai Karang Putih ini. Jadi pengunjung pun juga akan lebih banyak serta lebih merasa nyaman saat berwisata di sini.

Jam Buka

jam buka pantai karang putih
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100405511516897457521

Destinasi wisata Pantai Karang Putih Cukuh Balak ini buka setiap hari. Dan juga dalam waktu 24 jam atau bisa dibilang tidak ada waktu bagi Anda untuk tidak bisa mengunjungi pantai ini.

Karena rute jalannya yang sedikit sulit dan perlu waktu sedikit lama lebih baik Anda berkunjung ketika masih terdapat sinar matahari. Berkunjung di malam hari juga bisa, tapi akan butuh waktu lebih untuk sampai apalagi tempat pantai ini jauh dari pemukiman.

Datang juga ke –> The Mandiri Beach Club yang eksotis dan memikat.

Pesona Pantai Karang Putih

pesona pantai karang putih
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115012702976950890615

Ketika menginjakkan kaki di daerah Tanggamus, tidak akan menyesal bila Anda mengunjungi obyek wisata Pantai Karang Putih. Karena pesona dari pantai ini sangatlah cantik dan masih sangat alami.

Pasirnya berwarna putih dan air lautnya memiliki kesan biru bening seperti kaca yang mampu memanjakan mata Anda. Bukan itu saja pesona lain dari pantai ini, terdapat tebing di pinggir pantai yang banyak ditumbuhi pepohonan hijau

Serta ada pulau kecil di tengah pantai yang bisa Anda kunjungi hanya dengan berjalan kaki, tapi saat air laut surut. Karena banyak ikannya, Anda bisa memancing di area ini atau juga bisa mengambil foto yang instagramable.

Kunjungi juga –> Bukit Sakura memiliki aneka spot foto kekinian.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan pantai karang putih
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101893031428985549733

Ketika Anda berwisata di Pantai Karang Putih, Lampung dijamin Anda akan merasakan kealamian dan juga keindahan dari pantai ini. Belum banyak terdapat bangunan fasilitas menjadikan kentalnya suasana alami pantai yang menakjubkan.

Lalu untuk aktivitas yang bisa Anda lakukan disini, berikut diantaranya :

Menikmati pemandangan

Suasana tenang, alam yang indah serta kawasan segar dengan pohon kelapanya, mampu memberikan sensasi rilek pada setiap pengunjung. Jadi Anda akan sangat enjoy melakukan aktivitas menikmati pemandangan yang indah dengan mata telanjang di pantai ini.

Piknik kecil-kecilan bersama keluarga

Bukan hanya wisatawan dari jauh, tapi banyak juga warga sekitar pantai yang memanfaatkan untuk beraktivitas piknik bareng keluarga. Anda bisa menggelar tikar dan menyiapkan berbagai makanan juga minuman sambil menikmati angin sepoi-sepoi dan pemandangan eksotis laut.

Berfoto

Pemandangannya yang masih alami dan begitu eksotis akan sayang bila tidak diabadikan dalam sebuah foto. Jadi aktivitas selanjutnya, Anda bisa berfoto di area Pantai Karang Putih ini baik sendiri maupun bersama keluarga atau teman lainnya.

Review sebelumnya –> Museum Lampung dengan sejumlah keunikan di dalamnya.

Tips Berkunjung

tips berkunjung pantai karang putih
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111481060971245097287

Liburan ke pantai akan terganggu apabila Anda tidak mempersiapkan semua hal yang Anda butuhkan. Jadi agar liburan tetap asyik dan tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan, simak tips berkunjung sebagai berikut.

  • Pertama dan utama cari tahu mengenai pantai tersebut, sebelum datang berlibur
  • Pergi bersama dengan keluarga atau teman
  • Pakailah sunblock sebagai pelindung kulit dari panasnya sinar matahari
  • Jika punya kacamata hitam, gunakanlah saat di pantai
  • Gunakan outfit yang nyaman dan tepat
  • Siapkan juga kamera terbaik milik Anda untuk mengabadikan keindahan alam di pantai tersebut.
  • Bawalah bekal makan juga minuman secukupnya
  • Terakhir patuhi peraturan dn protokol kesehatan yang ada di sekitar tempat wisata
  • Pantai Karang Putih itu sendiri..

Nah itulah informasi seputar Pantai Karang Putih di Lampung. Kalau Anda ingin berkunjung ke Pantai Karang Putih jangan lupa untuk selalu patuhi kebijakan yang telah ditetapkan.

Pesona alamnya yang luar biasa akan menjamin Anda puas berlibur di pantai ini, jadi selamat berlibur dan bawalah makanan. Berbicara wisata makanan Anda bisa pergi ke Pasar Andir Bandung yang menjual berbagai komoditas pangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

7 − seven =