Pantai Derawan salah satu pesona di Kalimantan timur yang namanya semakin melejit. Tak heran hal ini terjadi, karena pesonanya yang luar biasa. Selian itu, Pantai Derawan Berau tidak hanya dikenal di dalam negeri saja melainkan juga di luar negeri. Kawasan ini juga punya nama yang cukup mentereng.

Pada tahun 2005 silam Unesco sempat memasukkan nama Pantai derawan sebagai salah satu calon situs warisan dunia. Siapa pun yang berkunjung kesini pasti setuju bila tempat ini bisa di sejajarkan dengan Raja Ampat yang ada di papua. Penasaran dengan keindahannya, mari kita simak penjelajahannya di bawah ini,

Mengenal Pantai Derawan

Tempat ini layaknya mendapat sebuah julukan Pristine Island yaitu kawasan yang masih terjaga keasriannya. Untuk tahap pengembangannya, kawasan ini termasuk dalam 15 wilayah yang dilakukan dengan sistem DMO atau Destination Management Organization.

Ternyata pulau derawan merupakan debuah desa yang kemudian pada masa menteri pariwisata dan ekonomi kreatif status desa ini dirubah. Dari yang desa adminstratif menjadi desa wisata sebagai salah satu sarana penunjang wisata bahari. Dengan statusnya menjadi desa wisata. Banyak kehidupan masyarakat yang terdongkrak sehingga perekonomian semakin meningkat.

Selain itu, konsep desa wisata menuntut para penduduk agar sadar dan mau menjaga kebersihan. Dengan terjaganya kebersihan kelestarian alam tempat ini pasti ikut terjaga, Sehingga, pantai derawan masih tetap alami dari masa ke masa. Dan menjadi bagian dari sejarah pulau derawan. Baca juga: Pantai Bandengan Jepara.

Keindahan Pantai

gambar pantai derawan
foto: https://www.instagram.com/yayah_emoen/

Pertama kali menginjakan kaki disini, wisatawan akan disambut dengan hamparan pasir putih yang mempesona. Selain itu, warna airnya yang sangat jernih semakin betah untuk berlama-lama di kawasan ini. kawasan yang sangat cantik ini menjadi sajian liburan utama bagi wisatawan mancanegara dan juga nusantara.

Keindahan pantai derawan tidak hanya berhenti disitu saja melainkan, masih banyak hal yang bisa dilakukan disini. salah satunya adalah menyelam dan menikmati keindahan bawah laut. Seperti di ketahui keindahan pulau derawan terletak di bawah lautnya. Berbagai macam ikan-ikan kecil menggemaskan berkumpul dan seakan sedang bermain-main.

Mereka pula yang menjadi alasan mengapa kawasan ini wajib untuk dikunjungi. Ekosistem bawah laut tempat ini benar-benar masih sangat terjaga. Para warga sudah sadar betul tentang seluruh potensi yang ada di sini. Sehingga, se kecil apa pun, para warga akan terus menjaganya, demi anak cucu kelak.

Selain ikan-ikan kecil, wilayah derawan juga dihinggapi beberapa ikan langka yang sangat menarik. Apabila, wisatawan beruntung ikan-ikan langka ini akan muncul dengan jumlah yang cukup banyak. Biasanya mereka akan bergerombol. Sehingga membawa kamera adalah sebuah kewajiban yang tidak boleh dilewatkan

Salah satu yang menarik yang bisa dilakukan di malam hari adalah berburu penyu hijau. Disini, ada penangkaran penyu hijau. Wisatawan bisa melihat bagaimana proses menetasnya. Setiap detiknya adalah momen yang memang pantas untuk ditunggu. Biasanya penyu-penyu ini akan menetas setelah 50 hari.

Berkeliling pulau ini sembari mengambil gambar pulau derawan adalah salah satu alternatif. Bisa berjalan kaki, bisa juga menyewa speed boat. Hanya saja untuk menyewanya perlu dana yang cukup besar sekitar 1,5 juta dengan kapasitas 3- 4 orang saja. Baca juga: Pantai Banyu tibo.

Belanja Souvenir dan Berkenalan Dengan Penduduk

Sembari menunggu sunset yang turun, berbelanja souvenir khas derawan adalah momen yang tidak boleh terlewatkan. Harganya pun cukup murah, mulai dari 50 ribu rupiah. Wisatawan siudah bisa membawa oleh-oleh untuk orang yang dicintai. Semua yang ditawarkan disini merupakan hasil karya warga suku bajou. Perlu diakui, souvenir disini cukup keren dan menawan.

Warga suku bajou adalah warga yang sangat ramah-ramah. Disini, wisatawan bisa merasakan bagaimana keakraban mereka. Ajaklah sedikit bercanda agar suasana semakin mencair. Rasanya seperti saudara jauh yang sudah lama tidak bertemu. Inilah kenangan yang pasti akan terukir lama dalam benak. Baca juga: Pantai Baru Bantul

Alamat Dan Rute Lokasi

rute menuju lokasi pantai derawan
foto: https://www.instagram.com/hardisuryadarmawan/

Pantai Derawan terletak di Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan wisatan menuju ke pantai derawan. Bila melalui jalan udara, juga bisa melalui jalan darat. Tetapi, sebelum memasuki kedua jalan ini satu cara wajib yang harus ditemouh adalah masuk ke wilayah Balikpapam.

Kawasan ini adalah pintu gerbang utama menuju ke sebuah surga di wilayah Kalimantan timur. Menuju Balikpapan bisa menggunakan pesawat dari Jakarta. Atau juga bisa menggunakan kapal laut dari Surabaya. Dengan waktu tempuh berbeda-beda. Bisa juga melakukan penerbangan menuju Samarinda.

Tetapi, penerbangan menuju Samarinda adalah pilihan yang tidak mungkin dipilih. Lantaran tidak ada maskapai langsung dari jawa menuju ke samarinda. Wisatawan harus transit ke beberapa kota dengan waktu tempuh bisa seharian. Baca juga: Pantai Depok Bantul.

Via Darat

Setelah sampai di Balikpapan, wisatawan bisa menuju ke samarinda dengan menggunakan bus. Sesampainya di Samarinda disarankan untuk menggunakan jasa travel menuju ke tanjung redeb. Disini, wisawatawan akan dikenakan biaya sekitar 300 – 400 ribu rupiah.

Dari Tanjung redeb, wisatawan harus beralih ke travel yang lain menuju ke Tanjung Batu. Wisatawan akan dikenakan biaya sebesar 150 ribu rupiah. Dari tanjung batu langkah selanjutnya adalah menyewa speed boat menuju ke pulau derawan. Harga yang harus dibayar adalah 100 ribu rupiah.

Via Udara

Perjalanan menggunakan via darat bisa dilakukan dengan 2 cara lagi. Dimana, wisatawan bisa memilih penerbangan langsung ke kabupaten berau atau harus transit terlebih dahulu menuju ke Tarakan.

Rute ini menjadi yang paling diminati terlebih lagi bila wisatawan membawa rombongan. Selain harga tiket yang cukup murah dari Balikpapan menuju Tarakan. Jalur ini juga dilayani oleh berbagai maskapai. Jadi wisatawan tidak perlu menunggu lama di bandara.

Sesampainya di Tarakan, wisatawan bisa melanjutkannya dengan menyewa speed boat. Semakin banyak penumpang maka speedboat ini akan semakin murah, karena bisa disewa dengan harga yang terendah.

Pilihan yang kedua adalah terbang langsung dari Balikpapan menuju ke kabupaten berau. Ada beberapa maskapai yang melayani penerbangan ini. wisatawan pun bisa memilih sesuai dengan budget yang dipunya,

Setelah sampai di kabupaten Berau wisatawan bisa melanjutkan perjalanan menuju ke tanjung Batu. Disini, wisatawan bisa menyewa speed boat dengan kapasitas 5 orang. Harga sewanya mulai dari 300 ribu hingga 500 ribu rupiah. Perjalanan dari tanjung batu menuju ke pulau derawan kurang lebih 30 – 45 menit. Tergantung dengan kondisi laut.

Biaya Menuju Pantai Derawan

harga tiket masuk pantai derawan
foto: https://www.instagram.com/hardisuryadarmawan/

Dari rute diatas maka biaya ke pulau derawan bisa dijumlahkan sekitar 2 – 3 juta keastas. Atau bisa juga lebih karena, harga maskapai yang berbeda-beda.. belum ditambah dengan penginapan di sekitar derawan yang harganya mulai dari 600 ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Sesuai dengan fasilitas yang diinginkan. Baca juga: Pantai Carocok.

Kalimantan Timur memang mempunyai surga yang tidak akan pernah hilang dan akan terus terjaga. Pantai Derawan adalah salah satu bukti, jika alam dijaga maka alam juga akan memberikan berkah yang luar biasa. Mari jaga alam dan berkunjung ke pulau derawan. Nikmati pemandangannya jangan rusak nuansanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here