Berbicara tentang Bali, salah satu tempat yang berada di Indonesia ini terkenal dengan beragam destinasi wisata seperti contohnya Museum Bali. Museum Bali berada di dua lokasi yaitu Museum Bali Ubud dan Denpasar.

Museum Bali yang berada di Denpasar juga disebut dengan Museum Negeri Propinsi Bali yangmana tentunya dikelola langsung oleh pemprov Bali. Seluruh sejarah Bali di sepanjang zaman yang ada, dapat Anda lihat di destinasi wisata ini.

Sudah tahukah Anda informasi lengkap seputar Museum Bali Denpasar ini? Bagi Anda yang belum tahu dan masih penasaran, berikut sajian informasi lengkapnya.

Harga Tiket Masuk Museum Bali

harga tiket masuk Museum Bali
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108385097810529805092

Para pengunjung yang ingin mengunjungi destinasi wisata ini tentu harus mengetahui harga tiket masuknya. Anda dapat memasuki Museum Bali ini dengan tiket masuk dengan harga yang sangat terjangkau sebesar Rp5.000.

Bagi para pengunjung yang ingin melakukan kunjungan wisata edukasi, Anda dapat menggunakan jasa pemandu. Untuk biaya yang perlu Anda keluarkan sebesar Rp50.000.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat museum bali
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116385295003396621568

Lokasi Museum Denpasar Bali berada di pusat kota Denpasar. Untuk lokasi tepatnya yaitu Jalan Mayor Wisnu No. 1, Dangin Puri, Denpasar, Bali.

Bagi Anda yang berada di bandara Ngurah Rai, untuk sampai ke wisata ini Anda harus menempuh jarak perjalanan 15 kilometer. Karena sering terjadi kemacetan di Bali, maka saat berkendara dengan mobil, Anda akan memerlukan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Jika Anda berangkat dari titik lokasi yang berbeda dan belum mengetahui lokasinya, Anda dapat menggunakan Google Maps sebagai penunjuk jalan.

Fasilitas

fasilitas museum bali
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115828078982827553703

Berbagai fasilitas yang memadai dari wisata Museum di Bali ini membuat para pengunjung betah berlama-lama tanpa merasa bosan. Fasilitas dan pelayanan yang ada di wisata ini diantaranya sebagai berikut:

  • Area parkir kendaraan luas
  • Rumah makan dan food court
  • Kamar mandi
  • Tempat istirahat
  • Arshop
  • Berbagai gedung dan koleksi museumnya
  • Fasilitas-fasilitas lainnya

Jam Buka

jam buka museum bali
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112468030268998629908

Sebelum Anda mengunjungi Museum di Bali Anda perlu tahu jam buka atau operasional yang ditentukan oleh pihak pengelola. Waktu buka destinasi wisata ini hanya berlaku untuk hari Senin hingga Jumat, sedangkan hari Sabtu, Minggu dan hari libur tutup.

Hari Minggu hingga Kamis, Anda dapat mengunjungi mulai pukul 08.00-15.00 WITA. Sedangkan untuk hari Jumat dibuka mulai pukul 08.00-12.30 WITA.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan museum bali
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108385097810529805092

Berbagai aktivitas yang menarik dapat Anda lakukan di Museum Bali Denpasar, diantaranya sebagai berikut:

Belajar berbagai art Museum Bali dan sejarahnya

Pembelajaran ini diperuntukkan bagi Anda yang memang memiliki minat akan sejarah atau menyukai bangunan berarsitektur Bali.

Apabila minat ini Anda miliki, Anda akan senang berada di tempat wisata ini. Tentunya Anda juga sangat penasaran untuk mengulik setiap hasil seni yang tertuang.

Museum yang berada di Denpasar ini berbeda dengan museum di Ubud. Di museum ini, Anda dapat melihat dan mengamati koleksi seni dengan nilai sejarah dari kebudayaan Bali.

Koleksi di dalamnya seperti peralatan yang digunakan saat zaman pra sejarah, peralatan upacara keagamaan dan adat. Tidak lupa juga perkembangan seni dan budaya masyarakat Bali dari zaman ke zaman.

Dengan melihat koleksi tersebut, Anda akan dapat membandingkan bentuk dari peradaban masyarakat Bali zaman prasejarah dan zaman modern.

Melakukan aktivitas foto prewedding

Perlu Anda ketahui, museum ini tidak hanya dapat digunakan untuk menjadi kunjungan wisata edukasi. Terdapat daya tarik lain yang berhubungan dengan tata letak dan desain arsitektur unik menyerupai sebuah kerajaan khas Bali.

Dengan daya tarik tersebut, museum ini dapat digunakan untuk melakukan foto prewedding oleh para pasangan yang ingin menikah. Bagi Anda yang ingin melakukan sesi foto prewedding, Anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp500.000.

Jalan-jalan santai

Bagi Anda yang tidak ingin melakukan kedua aktivitas di atas. Anda juga dapat berjalan-jalan santai untuk sekedar melihat-lihat perkembangan peradaban zaman.

Sembari berjalan santai, Anda dapat melakukan pengambilan gambar atau di wisata ini. Abadikan setiap momen yang Anda lakukan di museum ini dengan kamera Anda.

Ruangan atau Gedung Koleksi

ruangan museum bali
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101298002267538267052

Saat Anda berkunjung, Anda akan mendapati beberapa ruangan koleksi museum Bali yang diantaranya sebagai berikut:

Gedung Timur

Gedung pertama ini terletak di sebelah timur area museum dan terdiri dari dua lantai.
Di lantai pertama terdapat koleksi mengenai prasejarah dengan sarkofagus sebagai puncak kebudayaan.

Sementara di lantai dua terdapat koleksi berupa upacara Panca Yadnya ciri khas Hindu Bali.

Gedung Karangasem

Gedung ini terletak di sebelah selatan Gedung Tabanan dan mewakili arsitektur Bali bagian timur.

Arsitektur gedung ini mirip tempat raja menerima perdana menteri atau tamu-tamu penting dan dinamakan Bale Penangkilan atau Bale Panjang. Di gedung ini Anda akan menjumpai berbagai tempat benda-benda upacara dan keagamaan.

Gedung Buleleng

Gedung Buleleng berada di sebelah selatan Gedung Karangasem dan mewakili arsitektur Bali Utara. Koleksi yang terdapat di gedung ini yaitu uang kepeng atau pis bolong.

Selain itu, ada juga berbagai koleksi tekstil seperti ikat ganda, endek, ikat ganda, songket serta prada.

Gedung Tabanan

Gedung ini berada di paling utara dan mewakili arsitektur Bali Barat serta Selatan. Koleksi di gedung ini antara lain keris yang didapatkan dari masyarakat sejak zaman Belanda hingga sekarang.

Tips Berkunjung

tips berkunjung museum bali
Foto : https://www.google.com/maps/place/Museum+Bali/

Berbagai tips berkunjung di bawah ini perlu Anda perhatikan agar kegiatan liburan Anda di Museum Denpasar dapat bermakna. Tips-tips berkunjungnya antara lain:

Sebelum berangkat, terlebih dahulu perhatikan cuaca agar tidak menghalangi perjalanan liburan Anda. Cuaca yang cerah akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

Siapkan keperluan-keperluan wisata. Bagi Anda yang ingin menghemat pengeluaran bawalah bekal, air minum serta camilan lainnya dari rumah.

Di museum ini Anda perlu membawa kamera ataupun peralatan pengabadian momen.
Bawalah perlengkapan kesehatan dasar seperti sabun, antiseptik, tissue basah dan obat-obatan.

Siapkan fisik dan kendaraan dengan sebaik-baiknya.
Selalu jaga diri serta kebersihan lingkungan sekitar.

Wisata Terdekat dari Museum Bali

wisata dekat museum bali
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117380989453852358580

Berikut ini beberapa wisata terdekat dari Museum Denpasar yang dapat Anda kunjungi sekalian diantaranya:

Lapangan Puputan Badung

Di seberang jalan depan Museum, terdapat sebuah lapangan hijau yang dikenal masyarakat dengan Lapangan Puputan Badung. Lapangan ini berada di lokasi yang berdekatan dengan Simpang Empat Patung Catur Muka.

Dengan luasnya area, kawasan ini sering digunakan sebagai tempat rekreasi bagi warga kota, terutama pada akhir pekan.

Pura Jagatnatha

Apabila Anda berwisata di Museum Denpasar, Anda juga dapat mengunjungi wisata ini.
Beberapa objek wisata lainnya yang dapat Anda kunjungi sekalian yaitu taman Budaya Art Center (Taman Budaya). Dan pasar seni Kumbasari sebagai pusat pasar oleh-oleh murah.

Tertarik untuk mengunjungi Museum Bali? Wisata ini dapat menjadi tujuan Anda bersama orang tercinta untuk menghabiskan waktu liburan. Semoga liburan Anda selalu berkesan dan menyenangkan ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × five =