Sanghyang Heuleut merupakan salah satu destinasi wisata alam yang anti mainstream dengan suguhan unik dan juga eksotis. Sebuah objek wisata di Bandung yang memiliki kolam danau dengan air yang berwarna hijau tosca membuatnya begitu mempesona.

Konon ceritanya, dahulu Sanghyang Heuleut Bandung menjadi tempat mandinya para bidadari yang anggun nan cantik. Sehingga tak heran jika panorama alam yang di sajikan Sanghyang Heuleut Jawa Barat ini pun sangatlah menakjubkan.

Wisata alam di Bandung ini dahulunya terbentuk akibat dari letusan dahsyat gunung berapi purba. Dan kemudian menghasilkan bebatuan besar yang membentuk tebing serta cekungan yang pada akhirnya mendapat aliran dari Sungai Citarum.

Harga Tiket Masuk Sanghyang Heuleut

harga tiket masuk Sanghyang Heuleut
Foto : https://www.instagram.com/ogie.sonjaya/

Bandung menjadi salah satu tujuan favorit para wisatawan untuk berlibur, sebab kota kembang ini memiliki banyak sekali wisata alam. Ibu kota Jawa Barat ini memang selalu memanjakan para pelancong dengan ragam wisata eksostisnya dengan sensasi yang berbeda-beda.

Sama halnya dengan Sanghyang Heuleut yang sangat rekomended untuk anda explore guna menghabiskan waktu liburan bersama yang tersayang. Panorama alam memukau dan menawan terbukti mampu menghipnotis banyak pasang mata yang memandangnya.

Selain itu, wisatawan yang datang kesini tidak akan di bebankan biaya tinggi sebab harga tiket masuknya sangatlah ramah di kantong. Harga tiket masuk Sanghyang Heuleut hanya sebesar Rp. 10.000 saja per orang, sangat terjangkau sekali bukan ?

Dengan htm yang tidak membebani para pengunjung inilah menjadi salah satu faktor mengapa wisata ini tak pernah sepi dari pengunjung. Menyaksikan berbagai panorama alam menakjubkan di wisata alam Bandung satu ini, tak harus merogoh kocek terlalu dalam.

Jadi bagi anda yang tengah mencari wisata Bandung low budget, maka Sanghyang Heuleut bisa jadi pilihan utaman. Namun perlu diketahui, bahwasannya tarif tiket masuk, retribusi parkir dan biaya lain pada wisata Sanghyang dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu.

Jam Buka

jam buka sanghyang heuleut
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104081561548922752011

Sebelum anda berkunjung, ada baiknya untuk mengetahui jam operasional wisata Sanghyang Heuleut terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar anda bersama teman, keluarga atau pasangan dapat memperkirakan kapan kiranya waktu terbaik liburan disini

Dan berikut ini adalah jam operasional wisata yang saat ini berlaku di Sanghyang Heleut Bandung Jawa Barat.

  • Senin sampai dengan jumat beroperasi pukul 08.00 – 16.00 wib
  • Sabtu : 08.00 – 17.00 wib
  • Minggu : 07.00 – 17.00 wib

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Sanghyang Heuleut adalah saat musim kemarau, hijaunya air danau bisa nampak sangat jelas. Sedangkan saat musim hujan maka air danau cenderung keruh dan jalan untuk menuju kolam sedikit licin.

Selain itu saat musim kemarau juga, landscape indahnya alam disini terlihat lebih jelas. Beda halnya apabila sedang musim penghujan, awan mendung yang mendominasi sedikit menutup keindahan alaam sekitarnya.

Anda bisa datang pagi, siang atau sore hari sesuai keinginan. Datang ketika pagi atau sore hari untuk dapatkan suasana yang sejuk serta menyegarkan.

Rute lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat sanghyang heuleut
Foto : https://www.instagram.com/lina_agustina97/

Lokasi dari Sanghyang Heuleut sejatinya berada di dekat tiga kabupaten sekaligus, yaitu Bandung Barat, Cianjur dan Kabupaten Purwakarta.

Jika dari alun alun kota Bandung menuju Sanghyang Heuleut maka anda harus menempuh jarak sekitar 48 km. Dengan membutuhkan sekitar 1 jam 28 menit untuk waktu perjalanan menggunakan berbagi jenis kendaraan.

Lebih tepatnya, alamat Sanghyang Heuleut berada di Kp, Cipanas, Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

Sesaat sesudah tiba di parkiran wisata alam sanghyang heuleut, pengunjung di haruskan berjalan kaki menuju titik kolamnya. Dengan sepanjang jalannya anda akan menyaksikan ragam pemandangan alam hijau dan asri serta udara yang menyejukkan.

Maka dari itu anda perlu menyiapkan fisik agar perjalanan menuju kolam utama sanghyang heuleut tidak terasa berat. Untuk anda yang baru akan pertama kali berkunjung, tidak ada salahnya bertanya pada warga sekitar jika menglami kesulitan saat perjalanannya.

Atau bisa juga anda mengkases maps dibawah ini untuk mempermudah perjalanan anda menuju sanghyang heuleut.

Datang juga ke –> Rabbit Town sebuah tempat makan dengan spot instagramable.

Fasilitas

fasilitas sanghyang heuleut
Foto : https://www.instagram.com/fauziahnidaa/

Termasuk dalam salah satu destinasi yang kerap menjadi tujuan pelancong dari berbagai daerah, sanghyang heuleut sudah didukung beberapa fasilitas.

Fasilitas sanghyang heuleut di antaranya adalah :

  • Area parkir kendaraan memadai
  • Pusat informasi wisata
  • Toilet untuk umum
  • Warung wisata sederhana
  • Pemandu wisata
  • Spot foto yang menarik

Nikmati berbagai aktivitas wisata seru yang bisa anda lakukan di Sanghyang Heuleut Bandung bersama keluarga maupun orang tercinta.

Bisa dengan berendam sekaligus bermain air guna merasakan sensasi kesegaran air yang di miliki wisata sanghyang heuleut.

Jika membutuhkan teman untuk menemani perjalanan wisata anda selama di sanghyang heuleut. Anda bisa menyewa jasa pemandu wisata yang ada di dalamnya.

Kunjungi juga –> Lembang Wonderland memiliki nuansa bak di negeri dongeng.

Spot Terbaik di Sanghyang Heuleut

spot terbaik di sanghyang heuleut
Foto : https://www.instagram.com/hdt_09/

Menjadi salah satu danau purba yang ada di Bandung dengan segala cerita, misteri serta mitos yang ada dan terus berkembang. Membuatnya wajib untuk anda telusuri ke eksotisannya dan sayang jika sampai terlewatkan.

Apalagi wisata keluarga di Bandung satu ini punya banyak spot-spot menarik yang bisa anda saksikan. Dan sekaligus anda jadikan latar belakang saat berfoto ria.

Salah satu spot andalan para pengunjung yakni tidak lain dan tidak bukan merupakan danaunya itu sendiri. Kolam danau dengan air yang cenderung berwarna hijau tosca ini sangat jernih dan begitu memikat.

Dengan sekelilingnya di hiasi bebatuan yang berbentuk sangat unik karena efek dari bencana alam pada masa lalu membuatnya sangat estetik. Di tambah lagi dengan keadaan alam sekitar dengan pepohonan hijau dan menjulang tinggi semakin membuatnya nampak mempesona.

Udaranya pun sangatlah sejuk, cocok sekali untuk anda yang ingin mencari ketenangan sekaligus menenangkan pikiran di balik sibuknya aktivitas keseharian.

Review sebelumnya –> De’ Ranch untuk sensasi berkuda ala koboi.

Tips Berkunjung

tips berkunjung sanghyang heuleut
Foto : https://www.instagram.com/anda_bin_saja/

Berikut beberapa tips yang dapat kita bagikan untuk anda jadikan referensi atau sekedar tambahan informasi sebelum berkunjung kesini.

  • Perkirakan waktu kunjungan anda dengan semaksimal mungkin
  • Untuk keseruan wisata yang berkualitas maka datanglah saat cuaca cerah dan bersahabat
  • Bawalah perbekalan sendiri dan baju ganti jika anda ingin bermain air
  • Selalu hati-hati dan waspada saat berwisata di manapun anda berada
  • Dilarang mengotori ataupun merusak alam di sekitar dengan kegiatan yang merugikan
  • Bila anda memiliki phobia dengan air, tidak disarankan bermain di Sanghyang Heuleut.
  • Jika awan nampak mendung, atau hari akan gelap, sebaiknya segera kembali pulang.

Demikian ulasan singkat tentang wisata Sanghyang Heuleut Bandung. Yang akan membuat momen liburan anda menjadi berkesan dan pastinya tak akan terlupakan.

Menjadi salah satu wisata alam Bandung yang sangat rekomended dengan segala pesona dan panorama alam mengagumkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × 5 =