Tempat Wisata Keren Dieng dan Wonosobo – Wonosobo merupakan daerah favorit tujuan wisata ke dua di Jawa Tengah setelah Candi Borobudur yang terletak di Kabupaten Magelang. Letak geografis wonosobo yang berada di titik tengah pulau jawa yang didominasi dataran tinggi membuat kota ini mendapat julukan negeri di atas awan. Selain mendapat julukan negeri di atas awan, wonosobo juga terkenal sebagai kota penghasil kentang yang berkualitas. Banyak sekali destinasi wisata wonosobo dan dieng yang wajib anda kunjungi seperti wisata alam, wisata sejarah, wisata kuliner dan wisata budaya.

Obyek wisata selain dieng di wonosobo pun tak kalah indah, seperti telaga menjer di kecamatan Garung, waduk wadaslintang yang terletak di selatan kota wonosobo yang berbatasan langsung dengan kabupaten kebumen. Tidak hanya itu, obyek wisata seperti air terjun dan candi pun sangat mudah di temui di wonosobo. oke langsung saja simak obyek wisata dieng dan wonosobo yang patut anda kunjungi.

Berikut Rekomendasi Tempat Wisata Dieng dan Wonosobo yang Wajib Dikunjungi

Alun-alun Kota Wonosobo

alun-alun-kota-wonsobo

sebelum anda beranjak ke berbagai macam lokasi wisata dieng dan wonosbo, alangkah baiknya berkunjung terlebih dahulu ke alun-alun kota wonosobo yang sejuk dan nyaman. Di sana anda bisa bersantai bersama keluarga sambil menikmati sejuknya kota Wonosobo ASRI. Selain itu, di alun-alun wonosobo juga terdapat berbagai macam jajanan khas wonosobo yang mungkin tidak bisa di jumapi di kota lain. jajanan di sana juga terkenal murahnya dan rasanya juga pastinya lezat. pokoknya rekomended banget deh untuk berkunjung alun-alun wonosobo, apalagi setelah perjalan jauh dari luar kota yang menyita banyak tenaga, pastinya akan sangat cocok jika beristirahat terlebih dahulu di tempat yang nyaman ini.

Telaga Menjer

telaga-menjer-wonosobo

Destinasi wisata wonosobo selanjutnya yaitu telaga menjer. Setelah beristirahat di alun-alun kota yang nyaman, trip yang paling pas yaitu berkunjung ke telaga menjer. Telaga menjer merupakan telaga yang di buat sebagai sumber listrik tenaga air. Karena tempat ini sangat indah, lalu oleh pemerintah sekitar dijakan sebagai obyek wisata wonosobo selain dieng yang di rekomendasikan untuk di kunjungi. Di sana anda dapat menikmati pemandangan telaga yang dikelilingi bukit bukit yang indah dari tepi danau maupun dari perhau. Jika anda berkenan untuk naik perahu, anda cukup menyiapkan ongkos Rp. 15.000 dan anda sudah bisa berkeliling danau sambil menikmati pemandangan di sekitarnya. Dan jika anda hobi meancing, tempat ini juga sering di datengin pemancing dari lokal maupun luar.

Rute Menuju Telaga menjer : Untuk rute menuju telaga menjer pun cukup mudah. Dari alun-alun Wonosobo anda bisa menuju ke arah utara sejauh 10 KM mengikuti jalan dieng. Setelah sampai di kecamatan Garung, anda akan menemui jalan masuk ke kiri arah PLTA garung lalu urutkan jalan tersebut sampai akhirnya anda menemui Telaga Menjer.

Baca Juga : Tempat Wisata Kelurga dan Anak-Anak Di Yogyakarta

Air Terjun Sikarim

curug-sikarim

Obyek wisata selanjutnya yaitu curug sikarim yang terletak tidak jauh dari telaga menjer. untuk berkunjung ke curug ini diperlukan sedikit perjuangan karena harus menyusuri hutan dengan berjalan kaki. Curug ini masih terlihat alami karena masih jarang orang yang berkunjung di tempat ini. Bagi anda yang hobi traveling pastinya tempat ini sangat cocok untuk di datengin karena butuh perjuangan sebelum sampai ke air terjun yang indah ini. Air terjun di sana juga masih jernih dan segar untuk sekedar cuci muka. pesan dari penulis jangan buang sampah sembarangan ya di tempat ini, sayang kan kalo tempat ini menjadi kotor.

Tunggu, sedang memuat. . .

Kebun Teh Tambi

kebun-teh-tambi

obyek wisata wonosobo selanjutnya adalah Kebun Teh Tambi. Di sana anda dapat menikmati hijau dan sejuknya perkebunan teh tambi ala pegunungan. Kebun teh ini terletak di kecamatan garung, tepatnya di jalan arah menuju dieng. Tidak hanya menyuguhkan pemandangan perkebunan teh, di sana anda juga bisa berwisata industri dengan mengunjungi pabrik teh tambi dan bisa melihat proses pengolahan pembuatan teh tambi.

Telaga Warna Dieng dan Telaga pengilon

telaga-warna

Oke setelah anda berkunjung ke telaga menjer dan air terjun sikarim, kini saat nya anda go to dieng yang biasa orang menyebut negeri diatas awan. wisata dieng pertama yang penulis rekomendasikan yaitu telaga warna. Ya seperti namanya, telaga ini sering berubah ubah warna. Telaga warna ini merupakan salah satu tempat favorit yang pernah penulis datengin. Selain menyuguhkan pemandang telaga yang elok, disedeling telaga juga terdapat goa goa pertapaan dan patung yang bisa anda lihat sambil mengelillingi danau. Tidak hanya itu, ternyata di sebelah telaga warna terdapa telaga pengilon. Beda dengan telaga warna, telaga pengilon ini mempunyai air yang sangat jernih sehingga disebut telaga pengilon. untuk menuju telaga ini pun tidak jauh, hanya menyusuri jalan setapak yang menghubungkan kedua telaga tersebut.

Kawasan Komplek Candi arjuna

candi-dieng

Lokasi wisata dieng selanjutnya yaitu kawasan Komplek Candi Arjuna. Di Kawasan ini terdapat 4 candi yang berjejeran yang seolah-olah sedang berbaris. Nama ke empat candi tersebut adalah candi arjuna, candi Sembadra, candi Semar dan candi Sri Kandi. Candi-candi tersebut merupakan candi peninggalan Hindu yang di buat pada abad ke 9 masehi. Komplek candi tersebut merupakan tempat dilaksanakannya pemotongan ritual rambut gimbal yang diadakan setiap satu tahun sekali oleh masyarakat dieng. Apabila anda berkunjung kesana sewaktu bukan hari libur maka tidak dikenakan biaya tiket masuk. dan apbila hari libur maka harga tiketnya Rp. 10.000 sudah termasuk tiket masuk ke kawah sikidang.

Baca Juga : Indahnya pesona alam kebumen yang tak kalah dengan negeri di atas awan

Kawah Sikidang

kawah-sikidang-dieng

Destinasi wisata selanjutnya adalah kawah sikidang. Kawah sikidang merupakan wisata alam dieng yang wajib anda kunjungi. sebelum anda berkunjung ke kawah sikidang alangkah baiknya untuk menyiapkan masker karena di kawah tersebut berbahu belerang yang sangat menyengat. Tapi tenang saja, walaupun berbau belerang tempat ini tetap aman untuk di kunjungi . Apabila anda sudah berkunjung ke kawasan komplek candi arjuna maka anda tidak perlu lagi membeli tiket karena sudah satu paket sama tiket masuk candi.

Waduk Wadaslintang

waduk-wadaslintang-wonosobo

Destinasi menarik selanjutnya yaitu waduk wadaslintang, kini saat anda beranjak dari dataran tinggi dieng dan pergi ke arah selatan kota wonosobo. perjalanan menuju waduk wadaslintang membutuhkan waktu skitar 1,5 jam dari kota wonosobo. Waduk wadaslintang merupakan waduk yang di buat untuk kebutuhan pembangkit listrik tenaga air. Luas waduk wadaslintang yang sangat luas membuat waduk ini menjdai salah satu tempat favorit wisata di wonosobo. Di waduk wadaslintang anda dapat menikmati pemandangan luasnya waduk dari atas perahu.

Apabila anda ingin berkunjung ke wonosobo, berikut rute terbaik menuju wonosobo

  • Dari Semarang : Semarang -> Magelang -> Temanggung -> Wonosobo
  • Dari Jogja : Jogja -> Magelang -> Temanggung -> Wonosobo
  • Dari Jakarta : Jakarta -> CIrebon -> Purwokerto -> Banjarnegara -> Wonosobo

 

  • klikdieng

    wisata dieng emang keren keren