Dieng, merupakan sebuah dataran tinggi di jawa tengah yang tepatnya berlokasi di dua kabupaten. Yaitu kabupaten wonosobo dan kabupaten banjarnegara yang mempunyai ketinggian diatas 2000 mdpl. Dan mempunyai kisaran suhu 15 hingga 20 derajat celcius. Dataran tinggi dieng merupakan tujuan utama kedua tempat wisata di jawa tengah setelah borobudur magelang.

Dieng mempunyai banyak sekali pilihan tempat wisata bagi anda yang meliputi wisata alam, wisata budaya dan juga wisata kuliner. Untuk kategori wisata alam dieng mempunyai beberapa tempat wisata terpopuler diantaranya yaitu candi dieng, kawah sikidang, telaga warna, golden sunrise di gunung sikunir hingga trip pendakian gunung prahu.

Dari sekian banyak wisata alam dieng yang mempesona, tim MyTrip123 akan membahas tentang candi dieng. Candi dieng merupakan candi hindu yang dibangun sekitar abad ke 7 dan baru di temukan sekitar abad ke 18 masehi. Candi dieng terdiri dari 5 bangunan  candi yang saling berjejer. Kelima bangunan candi tersbut mempunyai nama Candi Arjua, Candi Srikandi, Candi Semar, Candi Sambadra dan Candi Puntadewa.

Lokasi / Alamat Tempat Wisata Candi Dieng

lokasi candi dieng
Foto : https://www.instagram.com/mirip_aniel/

Untuk lokasi atau alamat candi dieng tersebut yaitu berada di  Dieng Kulon, Kec. Banjarnegara, Jawa Tengah 53456. Dalam menjangkau area wisata Candi Dieng anda sama sekali tak akan menemui kesulitan yang berarti.

Tersedia dua pintu masuk area kawasan Candi Arjuna Dieng, dan anda bebas memilih mau yang mana. Tak ada perbedaan mendasar dari masing-masing pintu masuk candi ini.

Anda tetap harus berhati-hati meski jalurnya mudah dilalui, sebab jalan utamanya tergolong sempit. Jadi bagi anda yang membawa kendaraan roda empat, mohon untuk menjaga kecepatan dan waspada saat akan menyalip.

Apabila anda masih bingung dengan keberadaan wisata Dieng Banjarnegara satu ini dimana. Maka gunakan saja maps dibawah ini untuk memuahkan perjalanan anda agar segera sampai ke wisata Candi Dieng.

Harga Tiket Masuk Wisata Candi Dieng

harga tiket masuk Candi Dieng
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107024415401091100817

Untuk harga tiket masuk candi dieng pun tidak begitu mahal, hanya dengan Rp 20.000 per orang anda sudah bisa menikmati indahnya candi di atas awan. Tiket tersebut juga sekaligus tiket masuk kawah sikidang.

Jadi satu tiket bisa dugunakan untuk masuk ke dua tempat wisata di dieng. Sedangkan untuk harga parkir kendaraan masih sama dengan tempat wisata lainya yaitu kisaran Rp 2000 hingga Rp 5000.

Liburan anda ke Candi Dieng dijamin tak akan menguras dompet terlalu dalam. Biaya tersebut tentunya tergolong murah dan pastinya ekonomis untuk semua kalangan.

Dengan biaya tiket masuk yang telah anda bayarkan, kedua wisata Dieng hits tersebut bisa dijelajahi sampai puas. Melihat secara lebih dekat keindahan candi bak diatas awan tanpa harus keluar banyak uang.

Wisata di Dieng sendiri memang terkenal dengan murahnya biaya tiket masuk. Jadi tak akan salah apabila anda memilih Dieng sebagai tujuan berwisata bersama dengan orang-orang tercinta.

Perlu di ingat, bahwasannya ketentuan atau aturan tiket masuk pada sebuah kawasan wisata bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute Menuju candi Dieng

rute menuju candi diieng
Foto : https://www.instagram.com/argazenart/

Untuk rute menuju candi dieng sebenarnya ada dua rute yang bisa di lalui, yaitu via wonosobo dan via banjarnegara. Namun Kebanyakan wisatawan mengunjungi candi dieng lebih memilih rute Wonosobo. Karena kondisi jalan yang jauh lebih baik di bandingkan dengan rute banjarnegara.

Bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi untuk mengunjungi dieng maka anda harus menuju ke kota wonosobo terlebih dahulu. Lalu cari alun-alun kota wonosobo. Sesampai di alun-alun terdapat jalan dieng dan ikuti jalan tersebut ke arah utara. Hingga sampai ke pintu masuk candi dieng yang bearada di kiri jalan.

Baca Juga : Tempat Wisata Di Wonogiri Paling Indah dan Menarik

Jika anda menggunakan fasilitas transportasi umum sebagai kendaraan menuju dieng maka anda bisa menuju ke terminal mendala wonosobo. Setelah smpai di terminal lanjutkan perjalanan dengan menaiki angkot atau bus jurusan kota wonosobo. Setelah sampai di pemberhentian maka anda harus melanjutkan perjalanan dengan bus. Jurusan Wonosobo dieng hingga sampai di pintu masuk candi dieng.

Rute terbaik dari kota – kota besar di indonesia menuju dieng :

  • Dari Jakarta : Langsung menuju ke Brebes -> Purowkerto -> Wonosobo -> Dieng
  • Dari Jogja : Jogja – > Magelang -> Temanggung -> Wonosobo -> Dieng /  Atau bisa juga lewat jalur alternatif melalui jogja -> Salaman magelang -> Wonosobo -> Dieng
  • Dari Semarang : Semarang -> Temanggung -> Wonosobo -> Dieng

Candi Dieng, Wisata Keluarga Yang Nyaman nan Indah

wisata candi dieng
Foto : https://www.instagram.com/setyototoque/

Bagi anda keluarga besar yang bingung mencari tempat wisata yang nyaman, mungkin candi dieng ini bisa menjadi pilihan bagi anda. Karena lokasinya yang begitu nyaman dan ASRI. Di sekitaran candi dieng juga terdapat boneka tokoh kartun yang siap di ajak foto bersama anak atau keluarga anda.

Begitupun dengan sejarah yang terkandung, dapat anda kulik guna menambah wawasan serta ilmu pengetahuan. Bisa menjadi opsi terbaik wisata edukasi, bagi anda sendiri maupun sang buah hati tercinta.

Jam Buka

jam buka candi dieng
Foto : https://www.instagram.com/setyototoque/

Daya tarik wisata Candi Dieng atau Arjuna bisa anda kunjungi kapan saja sesuai jam operasional yang berlaku. Saat ini, jam buka Candi Dieng adalah pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB.

Pagi dan sore adalah waktu berkunjung yang cukup diminati oleh banyak kalangan wisatawan. Ketika pagi, maka anda bisa merasakan kesejukan dan suasana alami Dieng yang sesungguhnya.

Sedangkan pada saat sore hari, tak jarang candi-candi disini diselimuti oleh kabut sehingga menciptakan pemandangan menakjubkan. Kalau anda datang ketika siang hari, juga tidak apa-apa dan bukan suatu masalah yang berarti.

Hanya saja area wisata Candi Dieng ketika siang hari cenderung panas, dan mataharinya lunayan terik. Jadi penting bagi anda untuk membawa penutup kepala baik itu topi atau payung untuk meminimalisir panasnya matahari di kepala.

Fasilitas Wisata Candi Dieng

fasilitas candi dieng
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114954627524107872803

Termasuk dalam daftar wisata Dieng Jawa Tengah yang hits dan selalu ramai akan wisatawan. Mulai dari turis lokal sampai dengan mancanegara banyak yang datang ke Candi Arjuna Dieng, terutama saat hari libur.

Berkat sejumah daya tariknya menjadikan Candi ini populer sebagai tujuan berwisata. Begitupun dengan fasilitas Candi Dieng yang sangat memadai sebagai penunjang para wisatawan, diantaranya :

  • Tempat Parkir luas
  • Pusat informasi
  • Pemandu wisata candi
  • Mushola
  • WC / Toilet umum
  • Penjaja oleh-oleh
  • Live music
  • Penyewaan jarik
  • Warung makan
  • Spot foto menarik

Jadikan momen berlibur anda kali sebagai pengalaman jalan-jalan yang tak akan pernah telrlupakan. Dengan menelusuri setiap sudut candi yang berjumlah 5 buah dan masing-masing memiliki kisah menarik tuk dipelajari.

Info Tempat Wisata Lainya

Bagi anda yang ingin liburan tanpa ribet bisa bareng mytrip dengan menggunakan paket trip dieng murah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × three =