13 Objek Wisata di Wonosobo Selain Dieng – Wonosobo, merupakan sebauah kabupaten kecil yang terletak persis di tengah tengah pulau jawa. Wonosobo juga merupakan kota tujuan wisata kedua setelah magelang dengan borobudur sebagai wisata andalanya di jawa tengah. Sebagian orang mengenal wonosobo karena mempunyai wisata alam dieng yang mempesona yang syarat akan budaya.

Disamping itu biaya untuk mengunjung berbagai objek wisata di wonosobo pun di bilang cukup murah. Namun tahukah anda bahwa wonosobo ternyata mempunyai wisata selain dieng yang sayang kalau di lewatkan. Sayang kan berkunjung ke wonosobo hanya untuk pergi ke dieng, Cobalah sekali kali tengok wsurga tersembunyi yang ada di wonosobo.

Penasaran?? oke MyTrip123 akan memberi ulasan perjalanan menjelajahi objek wisata di wonosobo selain dieng beikut. Dari beberapa wisata Wonosobo yang ada dibawah ini wajib ada dala daftar rencana liburan anda selanjutnya.

13. Tempat Wisata di Wonosobo Selain Dieng :

1. Alun-alun Kota Wonosobo

objek wisata selain dieng di wonsobo
alun-alun kota wonosobo. image by : @leonardo_hiendarto

Jika anda datang ke wonosobo jangan terburu-buru menuju ke dieng, cobalah beristirahat di taman alun alun kota wonosobo yang asri. Banyak tempat yang bisa anda gunakan untuk sekedar santai bersama keluarga maupun kerabat dekat.

Di sana terdapat juga berbagai macam jajanan tradisional seperti batagor, mie ongklok, siomay dll. Selain itu pemandangan asri di alun alun wonosobo sangat menarik untuk di jadikan objek foto yang indah.

Apalagi ketika pagi hari, dari Alun-Alun anda bisa melihat panorama gunung yang berdiri gagah. Saat pagi hari ada banyak sekali warga sekitar yang melakukan olahraga, seperti jogging hingga jalan-jalan santai.

Saat sore hari pun, suasana Alun-Alun Wonosobo cukup ramai, didominasi oleh keluarga yang membawa serta buah hatinya. Mengisi waktu senggang dengan duduk santai, mengelilingi lapangan, jajan, dan berfoto-foto ria.

Untuk lokasinya, tentu seperti alun-alun pada umumnya di Indonesia. Berada di tengah-tengah kota, dekat dengan Masjid Agung dan juga Kantor Bupati.

Lebih tepatnya letaknya ada di Jl. Pemuda No.2, Wonosobo Timur, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Anda sama sekali tak perlu keluar biaya, karena tempat ini tak menerapkan biaya tiket masuk.

2. Pemandian Air Hangat Kalianget

tempat wisata di wonosobo
kolam renang kalianget wonosobo. image by : flickr.com

Setelah puas menikmati ASRInya alun alun kota wonosobo cobalah berendam di kolam renang kalianget ini. Letaknya pun tidak jauh dari alun alun wonosobo, hanya berjarak sekitar 4 kilometer.

Tepatnya berada di desa kalianget kecamatan wonosobo. Kolam renang air hangat ini berada di jalan dieng. Dan bagi anda yang ingin berkunjung ke dieng mungkin tidak ada salahnya ya. Untuk mampir ke kolam renang ini untuk berendam air hangat di dinginya kota wonosobo.

Selain kolam renang di kawasan wisata tersebut juga terdapat taman yang asri. Cocok di gunakan untuk istirahat dan area bermain. Selain itu juga terdapat pemandian air panas yang masih alami. Yang berlokasi di Desa manggisan yang berlokasi tidak jauh dari kolam renang air hangat.

Jika pada umumnya, kolam renang memilki air dingin, beda dengan yang ini. Kolam renang Wonosobo paling populer ini memiliki air hangat yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Ada juga kolam air dingin yang bisa pengunjung coba apabila ingin menjajal keseruanya. Dilengkapi wahana taman wisata air seperti pada umumnya, seperti perosotan dan lain-lain.

Tak memerlukan banyak biaya untu dapat mengisi waktu libur dengan berenang disini. Tiket masuk area taman rekereasi kalianget pada saat ini adalah Rp3.000 per orang. Setelah masuk, anda bisa membayar tiket masuk kolam renang Kalianget, sebesar Rp7.000.

3. Telaga Menjer

objek wisata di wonosobo
Telaga menjer wonosobo. image by : @noerariefah

Setelah puas berendam di kalianget, perjalanan bisa di lanjutkan menuju telaga menjer yang berlokasi di kecamatan garung. Telaga ini juga berlokasi di jalan dieng kilometer 8. Dan lagi-lagi ada spot menarik yang bisa anda kunjungi sebelum sampai ke dieng.

Untuk akses menuju ke lokasi ini, dari kolam renang air hangat menuju ke utara melewati jalan dieng. Setelah sampai ke jalan dieng kilometer 8 sampilah di sebuah pasar yang bernama pasar garung.

Sesampainya di pasar lalu belok kiri yang di tandai dengan gapura yang bertuliskan PLTA Garung. Susuri jalan tersebut hingga sampai ke telaga. Jarak dari gapura sampai ke telaga sekitar 2 hingga 3 kilometer.

Di telaga ini anda dapat menikmati telaga dengan view pemandangan perbukitan hijau dan juga gunung sindoro. Anda juga bisa menaiki prahu dengan tarif 15000 rupiah per orang untuk mengelilingi telaga.

Biaya perahu tersebut, apabila jumlah penumpang minimal sebanyak 8 orang. Jika kurang dari itu, maka tarif perahu Telaga Menjer adalah Rp100.000 mau berapapun isi penumpang.

Sedangkan untuk tiket masuk Telaga Menjer hanya Rp3.000 per orang, wow murah sekali bukan? Pada pintu masuk Telaga Menjer yang lain tiket masuknya Rp4.000 per orang.

Karena Telaga Menjer Wonosobo ini memiliki dua pintu masuk, yang dapat anda pilih. Dan untuk tarif parkir kendaraan Telaga Menjer adalah Rp10.000 sudah termasuk dengan penitipan helm. Biaya yang ada pada Telaga Menjer telah disebutkan tersebut bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu.

Baca tautan berikut untuk lebih luas mengenai telaga menjer : Telaga Menjer, Tempat Wisata Tersembunyi di Wonosobo

4. Curug Sikarim

wisata alam wonosobo
Curug Sikarim wonosobo. Image by : @asfifairuzzabad

Tempat wisata di Wonosobo selain dieng selanjutnya adalah curug sikarim. Curug ini terletak tidak jauh dari telaga menjer tepatnya bearada di desa Sembungan.

Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 24 meter. Dan bagi anda yang berniat untuk mengunjungi curug ini kami sarankan untuk mempersiapkan tenaga.

Karena jalan menuju curug sikarim tidak lah mudah. Anda harus melewati pematang sawah penduduk dan lembah dengan jalanan yang terjal dan licin.

Kami sarankan agar anda menggunakan kendaraan yang benar-benar sehat saat akan liburan ke Curug Sikarim. Bagi yang belum terbiasa, mungkin akan kaget melihat jalan utamanya.

Meski telah beraspal halus dan jalanan tak terlalu sempit, namun naik serta turunna jalan yang menantang. Anda musti meningkatkan kewaspadaan dan rasa hati-hati selama berkendara agar semuanya baik-baik saja.

Curug Sikarim yang mempesona ini dapat anda nikmati setiap panorama indahnya tanpa harus keluar banyak biaya. Saat ini harga tiket masuk Curug Sikarim adalahh Rp10.000 per orang. Sedangkan untuk parkir motor Rp3.000 dan Rp10.000 kendaraan roda empat seperti mobil.

Waku yang kami rekomendasikan untuk datang berlibur kesini adalah pada saat pagi hari. Ketika hari cerah, suasana Curug Sikarim yang berada di pedesaan benar-benar begitu menakjubkan.

5. Kebun Teh Tambi

objek wisata alam di wonosobo
kebun teh tambi wonosobo. Image by : @sekartrihnd

Setelah dari telaga menjer dan juga curug sikarim bisa di lanjutkan perjalanan menuju utara menyusuri jalan dieng. Untuk akses menuju ke lokasi ini dari telaga menjer anda harus kembali lagi ke pasar garung untuk menuju jalan dieng.

Berjalanlah dengan kendaraan bermotor sekitar 4 atau 5 kilo. Dan anda akan menemukan kawasan kebun teh tambi yang sejuk nan indah.

Dikawasan tersebut anda dapat menikmati pemandangan kebun teh dan juga dapat berkunjung ke pabrik teh. Untuk melihat pengolahan daun teh dari baru saja di petik hingga siap di pasarkan.

Selain bisa mengunjungi pabrik dan kebun teh di kawasan wisata tersebut juga terdapat taman dan kolam. Yang bisa di gunakan sebagai tempat beristirahat yang nyaman.

Kebun Teh Tambi masuk dalam daftar wisata Wonosobo yang populer dan selalu jadi incaran para pengunjung. Jadi ketika anda berada di Wonosobo, jangan sampai melewatkan kebun teh paling fenomenal ini.

Disini bisa jadi tempat anda untu sejenak rehat dari kesibukan sehari-hari. Hamparan luas kebun teh yang hijau menyuguhkan panorama asri memanjakan mata.

Letaknya yang berada di lereng gunung, udara sejuk begitu mendomnasi kawasan wisata Kebun Teh Dieng Wonsoobo. Untuk tiket masuk Kebun Teh Tambi, pada saat ini adalah Rp10.000 per orangnya.

6. Waduk Wadaslintang

tempat wisata di wonosobo jawa tengah
waduk wadaslintang wonosobo. Image by : @mochammadrezza

Setelah berkunjung ke wonosobo bagian utara, kita lanjutkan perjalanan menuju wonosobo bagian selatan. Destinasi pertama yang bisa anda tuju adalah waduk wadaslintang yang berlokasi di kecatamatan wadaslintang wonosobo.

Waduk wadaslintang sebenarnya terbagi menjadi dua kabupaten yaitu kabupaten kebumen dan kabupaten wonosobo. Keduanya sama-sama menakjubkan dan bisa jadi tujuan liburana anda di akhir pekan.

Waduk wadaslintang menyuguhkan wisata waduk yang luas dengan di kelilingi perbukitan hijau. Disini, setiap pasang mata akan dibuat takjub oleh panorama alam yang luar biasa.

Sejauh mata memandang, anda hanya akan melihat air danau yang terhampar luas. Berbalut angin sepoi-sepoi yang akan membuat siapapun merasa betah meski harus berlama-lama.

Kawasan Waduk Wadaslintang biasanya mulai ramai dikunjungi pada saat sore hari. Mulai dari anak-anak, muda mudi, dan beberapa orang yang baru saja pulang bekerja.

Orang yang datang kesini rata-rata karena ingin sekedar santai, melihat pemandangan dan menenangkan pikiran. Banyak juga yang datang untuk memancing di Waduk Wadaslintang. Karena waduk Wonosobo ini jadi salah satu spot memancing terbaik.

Tak memerlukan banyak uang untuk dapat mengisi waktu luang disini. Harga tiket masuk Waduk Wadaslintang tidak ada, gratis untuk semua pengunjung.

7. Lubang Sewu

objek wisata alam wonosobo selain dieng
lubang sewu wonosobo. image by : @st_andreas1899

Bagi anda yang sudah mengunjungi waduk wadaslintang. Kami rekomendasikan juga mengunjungi lubang sewu yang berada di desa erojo Kecamatan Wadaslintang wonosobo. Lokasinya juga berada di pesisir waduk wadaslintang yang cukup mudah ditemukan dari berbagai daerah.

Kami sarankan untuk mengunjungi wisata ini ketika musim kemarau di karenakan saat musim hujan wisata ini tergenang air. Musim panas, saat air tidak tinggi, tepian waduk ini yang berlubang-lubang tersebut terlihat begitu jelas.

Lubang-lubang ini terbentuk secara alami tanpa ada campur tangan manusia. Terlihat begitu menawan dan kerap dimanfaatkan banyak pengunjung untuk berfoto-foto ria.

Wisata lubang sewu merupakan wisata baru di wonosobo yang belum lama booming. Lubang Sewu tersebut menyuguhkan pemandang bebatuan yang mirip dengan green canyon di amerika serikat.

Dan untuk dapat jelajah hal-hal menarik di Lubang Sewu Erorejo, anda tak perlu keluar uang. Sebab sampai tulisan ini dimuat, tiket masuk Lubang Sewu Erorejo tidak diberlakukan alias free.

Jadi menikmati keindahan alam disini tak harus merogoh kocek terlalu dalam. Wisata low budget ini cocok untuk yang ingin jalan-jalan namun tetap hemat.

Untuk lebih jelasnya tentang wisata lubang sewu bisa di lihat di tautan berikut : Wisata Lubang Sewu Erorejo Wisata Wonosobo.

8.Curug Winong Kaliwiro

wisata wonosobo
curug winong wonosobo. image by : @amarya08

Masih membahas tentang tempat wisata di wonosobo bagian selatan. Yaitu curug winong yang berlokasi di Desa Winongsari kecanatan kaliwiro wonosobo.

Untuk akses menuju ke lokasi ini agak sulit karena harus menyusri jalan pemukiman penduduk. Namun tidak perlu khawatir, di sepanjang jalan terdapat petunjuk arah menuju ke curug.

Sesampainya di parkiran tempat pemberhentian kendaraan bermotor, anda bisa melanjutkan perjalanan menuju curug dengan berjalanan kaki sejauh sekitar 300 meter.

Untuk harga tiket masuk pada saat itu hanya sebesar 5.000 rupiah per orang. Di tambah biaya parkir roda dua sebesar 1000 rupiah. Gimana, murah meriah kan berlibut ke wonosobo??

Jadi anda tak perlu ragu lagi jika anda berlibur ke Curug Winong Wonosobo yang mempesona ini. Karena masih belum banyak yang tahu akan kehadiran Curug Wonosobo ini jadi masih lumayan sepi.

Apabila anda ingin menengkan pikiran dan rileksasi sejenak dari kesibukan, coba datanglah kesini. Wisata alam Curug Winong bakal membuat anda lebih santai dan kepenatan seakan hilang.

Mengingat sarana prasarana penunjang disini masing minim, sebaiknya bawa bekal sendiri ya. Sehingga anda tak usah bingung ketika merasa haus atau lapar selama berlibur.

Ke eksotisan air terjun Curug Winong dapat anda manfaatkan sebagai latar belakang ketika berfoto-foto ria. Jangan lupa bawa kamera saat akan berwisata kesini bersama orang-orang tercinta.

9. Gunung Sindoro

tempat wisata gunung di wonosobo
gunung sindoro. image by : @bukanbolang

Tempat wisata wonosobo selain dieng selanjutnya adalah pendakian gunung sindoro. Jika berniat mendaki gunung sindoro bisa melalui rute jalur via sikotak desa sigedang wonosobo.

Gunung Sindoro menjadi salah satu pegunungan di Jawa Tengah yang cukup populer. Banyak pendaki yang ingin jelajah indahnya alam Gunung Sindoro.

Saat berniat untuk naik gunung populer ini, maka wajib dilakukan saat hari cerah. Agar selama proses pendakian dapat berlangsung aman dan minim akan bahaya jalan licin.

Untuk lebih luas tentang jalur pendakian gunung sindoro bisa ikuti tautan berikut : Informasi Lengkap Jalur Pendakian Gunung Sindoro.

10. Pendakian Gunung Sumbing

wisata alam wonosobo jawa tengah
Pendakian gunung sumbing. image by : sherlyhnds

Selain gunung sindoro, di wonosobo juga terdapat pendakian gunung sumbing via desa garung kecamatan kertek. Desa tersebut berlokasi di jalan wonosobo temanggung, tepatnya lagi berada di perbatasan.

Gunung sumbing sendiri terbagi menjadi 3 wilayang kabupaten yaitu kabupaten wonosobo, magelang dan juga temanggung. Anda bisa memilih mau bascemap mana yang sekiranya paling dekat dari lokasi anda,

Apabila anda akan memulai pendakian via Wonsoobo, maka bisa banget. Lokasi Basecamp pendakian Gunung Sumbing terletak di Garung, Butuh, Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah.

Dari Alun-Alun Wonosobo menuju basecamp Gunung Sumbing ini kira-kira jaraknya 18 km. Membutuhkan waktu perjalanan selama kurang lebih 35 menit tuk sampai di basecampnya dari pusat kota Wonosobo.

Sebelum mendaki, pastkan diri anda benar-benar sehat dan fit agar semuanya berjalan lancar. Hati-hati dan utamakan keselamatan sebagai point penting disamping harus menjaga tutur kata serta kelakukan di Gunung.

11. Kebun Teh Panama

objek wisata di wonosobo jawa tengah
kebun teh tanjungsari wonosobo. image by : visitcentraljava.com

Wisata wonosobo selanjutnya adalah kebun teh Panama yang mempesona. Wonosobo ternyata mempunyai banyak perkebunan teh, dan panama ini adalah salah satunya.

Kebun Teh Panama tengah menjadi perbincangan hangat, karena hadir sebagai tempat wisata Wonosobo terbaru. Dengan aneka spot foto instagenic, berupa jembatan kayu seperti beberapa kebun teh Indonesia pada umumnya.

Di Kebun Teh Panama Wonosobo anda akan merasakan kesejukan yang bikin nyaman. Begitupun dengan panorma indahnya akan membuat banyak pasang mata terpana.

Lokasi Kebun Teh Panama terletak di Desa Tlogo, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Keberadaan wisata menawan ini bila anda menjangkaunya dari alun-alun Wonosobo, kurang lebih sejauh 12,5 km.

Sedangkan waktu yang diperlukan untuk perjalanan kira-kira selama 27 menit. Hanya ada satu jalur menuju kesini, jadi anda sepertinya tak akan menemui kesulitan berarti.

Akses jalan sangatlah baik, beraspal halus dan bisa dilintasi oleh semua jenis kendaraan. Letak destinasi inipun persis berada di tepi jalan, terlihat dari tulisan Kebun Teh Panama yang cukup besar.

Tiket masuk Kebun Teh Panama di Wonosobo sekarang ini hanya 5.000 rupiah per orangnya. Jam wisata Kebun Teh Panama adalah pukul 07.30 sampai dengan 17.00 wib.

Untuk dapatkan suasana terbaik disini, kami sarankan untuk anda datang pada saat hari cerah. Pagi dan sore hari adalah waktu terbaik tuk merasakan kesejukan dan suasana yang benar-benar asri.

12. Kolam Renang Mangli

tempat rekreasi di wonosobo
kolam renang mangli wonosobo. image by : harianjateng.com

Wonosobo juga memiliki kolam renang dengan air asli pegunungan yang segar. Yaitu kolam renang mangli yang berlokasi di desa kejiwan kecamatan wonosobo. Letaknya pun tidak jauh dari alun alun kota wonosobo, hanya berjarak sekitar 3 kilometer.

Sumber air mangli juga ternyata menjadi pemasok utama kebutuhan air minum produk air kemasan yang sudah terkenal di indonesia. Saat hari libur tiba, kolam renang Wonosobo paling ikonik ini ramai kunjungan wisatawan.

Mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa seakan tak pernah sepi dari Mangli Wonosobo ini. Rasakan kesegaran air dan juga udara sejuk khas pegunungan yang mendominasi wilayah wonosobo.

Disaat weekdays, kolam renang di Wonosobo ini juga ramai pengunjung, yang kebanyakan adalah pelajar. Beberapa sekola memiliki ekstrakuliker renang dan dilakukan di Kolam Mangli Wonosobo.

Saat anda tengah berada di Wonasobo, cobalah serunya berlibur dan rasakan kesegaran Mangli. Menariknya, tempat wisata Wonosobo satu ini sangat ramah dikantong, dan tak akan membuat kantong jebol.

Tiket masuk Mangli Wonosobo hanyalah sebesar Rp3.000 rupiah per orang, murah sekali bukan? Ketika tulisan dimuat, kondisi Kolam Renang Mangli sedang dilakukan renovasi.

13. Kahyangan Skyline

kahyangan skyline
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106434527546015745588

Yang akan kita bahas kali ini sebuah tempat wisata Wonosobo terbaru dengan sejumlah daya tarik alam mempesona. Namanya, Kahyangan Skyline yang menawarkan landscape Telaga Menjer dari ketinggian.

Posisi Kahyangan Skyline Wonosobo berada di puncak sebuah bukit jadi anda harus naik ke perbukitan dulu. Tidak dengan berjalan kaki, melainkan bisa menggunakan kendaraan apapun seperti motor atau mobil.

Akan tetapi jalur utama menuju spot utamanya masih berupa jalanan berbatu. Jadi anda perlu ekstra sabar dan hati-hati saat akan mengunjungi wisata alam yang tengah naik daun ini.

Kami sarankan agar anda menggunakan kendaraan yang dalam kondisi sehat dan anti ngadat. Karena sekali anda macet dijalan, maka hanya bisa ditangani sendiri.

Selama perjalanan anda akan melewati area kebun teh yang hijau dan asri. Untuk lokasi persisnya, Kahyangan Skyline ini terletak di Tlogo, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah.

Area dimana destinasi ini berada, orang sekitar lebih mengenalnya dengan nama Bukit Seroja. Jadi kalau anda bingung atau sama sekali belum tau letaknya, carilah Bukit Seroja lebih dulu. Bisa dengan bertanya pada penduduk setempat dimana lokasi Bukit Seroja.

Bagi anda yang berkunjung kesini pasti akan mendapatkan pengalaman liburan menyenangkan dan sulit terlupakan. Aneka panorama alam mengagumkan bakal menghipnotis mata anda karena keindahan alaminya.

14. Dieng

dieng
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104571530078605999471

Siapa yang kenal dengan Dieng, sebuah wilayah dataran tinggi dengan segudang tempat wisata melimpah. Datang ke Wonsoobo belum lengkap kalu anda tak coba jelajah indahnya alam Dieng.

Dieng memiliki banyak sekali tempat wisata rekomended seperti kawah, percandian, kebun teh dan masih banyak lagi. Jadi saat berada di Wonosobo anda wajib banget untuk ke Dieng dan explore semua keseruannya.

Di kawasan Dieng cenderung sangat dingin, perlu bagi anda mengenakan pakaian hangat. Dan jangan lupa juga untuk membawa sejumlah uang agar bisa menunjang kegiatan liburan di Dieng Wonosobo.

15. Kolam Renang Tirta Ria Temebelang

tempat rekreasi keluarga di wonosobo
kolam renang mangli wonosobo. image by : ytimg.com

Objek wisata di wonosobo yang terakhir adalah kolam renang tirta ria yang terletak di desa tembelang kecamatan wonosobo. Lokasinya yang tidak jauh dari kota membuat tempat ini cocok di jadikan sebagai tempat rekreasi keluarga di wonosobo.

Atau yang kini lebih dikenal dengan Amerta Waterpark, sebuah taman wisata air dengan aneka wahana. Kolam renang Wonosobo satu ini bisa anda jadikan sebagai tujuan mengisi hari libur bersama orang-orang tercinta.

Rasakan kesegaran air kolam renang Amerta yang bakal membuat waktu berlibur anda jadi lebih istimewa. Tiket masuk Amerta Waterpark Wonosobo sangatlah terjangkau dan ramah dikantong wisatawan.

Ketika tulisan ini dimuat, untuk tiket masuk kolam renangnya satu paket dengan resto disebelahnya. Maksudnya, jika anda ingin berenang disini, hanya perlu memesan menu-menu di Aroma Resto, dengan batasan nominal.

Apabila anda memesan makanan atau minuman di Resto Aroma Amerta Waterpark seharga Rp50.000 sudah bisa masuk ke kolamnya. Menarik sekali bukan, berenang tanpa harus keluar uang banyak.

Setelah puas bermain, anda tinggal besantap menikmati hidangan-hidangan lezat yang ditawarkan. Lokasi Amerta Waterpark berada di Kelurahan Rojoimo, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah.

Dari pusat kota Wonosobo sangatlah dekat, jaraknya hanya 2 km dengan waktu tempuh 6 menit perjalanan.

Video Wisata Wonosobo

 

Jadi itulah tadi beberapa daftar wisata Wonosobo Jawa Tengah dengan sejuta daya tarik alam memikat memanjakan mata. Ajaklah orang-orang tercinta di sekitaran anda untuk explore Kota Wonosobo Asri, yang dingin dan juga mempesona.

Tempat Wisata Sekitar Wonosobo :

  1. Keren 11 Tempat Wisata Di Kabupaten Banjarnegara
  2. Inilah Tempat Wisata di Kebumen Yang Wajib Dikunjungi
  3. 5 Wisata Curug Yang Keren di Temanggung Jawa Tengah

Info –> Paket Wisata Dieng Terbaru agar liburan anda lebih simple tanpa kesulitan.

Bagi anda yang ingin berlibur ke wonosobo dan masih bingung dengan segala kebutuhan. Tim kami juga menyediakan jasa panduan wisata ke wonosobo dengan harga yang sangat murah. Jika anda berminat bisa hubungi nomor berikut 0897-5656-040

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eighteen − 11 =