Curug Temanggung memang jumlahnya cukup melimpah dan dapat anda telusuri lebih dalam saat berada di Kota Bambu Runcing ini. Temanggung memang menjadi salah satu daerah di Jawa Tengah yang dianugerahi segudang destinasi wisata menakjubkan. Wisata di Temanggung umumnya didominasi oleh destinasi-destinasi berbasis alam yang masing-masing menyimpang sejumlah daya tarik.

Seperti halnya curug, Temanggung punya banyak dan bisa anda jadikan sebagai tujuan liburan selanjutnya. Tak hanya satu ataupun dua, curug di Temanggung Jawa Tengah jumlahnya lebih dari tiga lho. Pesona alam Temanggung sebagai daerah pegunungan dapat anda nikmati pada curug-curug cantik berikut ini.

Beberapa curug yang akan kita bahas kali ini bisa menjadi alternatif anda dalam mengisi luang di hari libur. Rasakan kesegaran pada setiap air terjun yang ada di curug-curug berikut tuk dapatkan pengalaman liburan menyenangkan.

1. Curug Lawe

curug lawe
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101777619137346803705

Curug lawe berada di Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Destinasi Curug lawe Temanggung merupakan salah satu air terjun yang ada di kaki gunung ungaran.

Konon air terjun ini bisa dinamakan curug lawe karena jatuhnya air dari air terjun ini menjuntal mengesankan untaian benang. Kalau dalam bahasa jawa biasanya menyebutnya lawe yang berarti sangat halus dan berwarna putih.

Kata Lawe dalam bahasa Jawa memang berarti benang yang sangat halus. Sehingga dari fenomena tersebut mengeluarkan sebuah nama yang jadi nama pada curug eksotis ini

Curug lawe berbeda dari kebanyakan curug yang dijadikan objek wisata. Disini kita akan disajikan oleh suasana alam khas yang masih sangat alami. Sehingga belum terlalu terganggu dengan aktivitas dan sampah yang sering kita jumpai di kota.

Lokasinya curug lawe memang berada cukup jauh dari pusat kota Temanggung. Tepatnya berada di Dusun Muncar Lor, Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung, Propinsi Jawa Tengah.

Bila anda akan menjangkau curug ini dari Alun-Alun Kota Temanggung maka jaraknya kurang lebih sekitar 23,6 km. Dan waktu yang dibutuhan untuk perjalanan agar sampai ke Curug Lawe sekitar 42 menit.

Setibanya disini pengunjung harus berjalan kaki terlebih dahulu menuju air terjun Curug Lawe. Namun sebelumnya jangan lupa untuk membeli tiket masuk Curug Lawe yang saat ini sebesar Rp5.000 per orang.

Sebelum membayar tiket masuk, jangan lupa untuk parkir kendaraan yang musti anda bayarkan. Tarif parkir kendaraan juga murah, masih seperti pada umumnya, yakni 2.000 rupiah tuk sepeda motor.

Baca Juga :11 Objek Wisata Di Batang Yang Menarik Untuk Di Kunjungi

2. Curug Onje

curug onje
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106830325238665541069

Yang kedua adalah Curug Onje, dengan keunikan serta daya tarik alam berbeda dari umumnya. Curug onje berlokasi di Desa Duren, Kecamatan Bejen, yaitu berupa aliran sungai. Yang terdapat 7 air terjun yang dikenal dengan nama Curug Onje.

Wisata Curug Onje sendiri masih jarang diketahui oleh banyak orang, dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Untuk mencapai curug onje dari pusat kota Temanggung dengan sepeda motor.

Akses jalan menu wisata Curug Onje Temanggung cenderung naik turun, jadi anda perlu ekstra hati-hati saat akan kesini. Anda harus memakai kendaraan yang sehat dan anti mgadat, supaya perjalanan nyaman serta aman.

Setibanya di area wisata Curug Onje, para pengunjung harus parkir kendaraan dan kemudian berjalan kaki. Akses untuk menuju curug onje masin sedikit sulit, Anda harus berjalan kaki kurang lebih setengah jam. Mengingat hal tersebut tentu anda harus dalam keadaan fit dan sedang tidak sakit saat akan berlibur kesini.

Dari rumah penduduk dengan melewati jalan setapak, semak-semak, dan jalan yang berlumpur. Tapi jangan salah, perjalanan panjang anda akan terbayar lunas setelah sampai di air terjun dan melihat langsung keindahannya.

Keunikan yang ada pada Curug Temanggung ini adalah tebing-tebing yang menjadi tempat mengalirnya air terjun. Tebing cenderung lebar dan berundak, sehingga membuat view disini begitu eksotis.

Apalagi untuk dapat melihat dan merasakan setiap hal-hal menakjubkan disini, anda tak perlu keluar banyak yang. Saat ini harga tiket masuk Curug Onje tidak ada alias gratis, menarik sekali bukan?

3. Curug Surodipo

curug surodipo
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107087993271525799562

Curug Surodipo berada di Desa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo. Selain menyajikan lanskap pegunungan yang indah, perjalanan menuju Curug Surodipo pun mengisahkan satu cerita tersendiri. Jalan kecil berbatu adalah jalan utama yang harus dilewati untuk menuju Curug Surodipo.

Bisa dengan menggunakan sepeda motor, namun harus ekstra hati-hati karena jalan menanjak dan berkelok. Setelah jalan berbatu habis, maka perjalanan harus dilanjutkan dengan jalan kaki menaiki bukit.

Kaki yang pegal pun seketika akan hilang ketika mendengar deru air yang jatuh dari ketinggian. Dari kejauhan bulir-bulir air Curug Surodipo bak mutiara yang berkilauan memantulkan cahaya matahari.

Curug Surodipo sendiri mempunyai ketinggian kurang lebih 120 meter, dengan dasar sungai yang berbatu. Curug Surodipo sebenarnya tidak hanya menyuguhkan air terjun tunggal, masih ada sekitar 5 tingkat air terjun pada aliran sungai selanjutnya.

Dengan jarak beberapa meter antar tingkatan. Curug Surodipo seakan bersembunyi diantara dua punggungan bukit. Ketika anda berada di dasar air terjun, akan terasa seolah diantara dua dinding nan hijau.

Udara yang segar dengan air yang mengalir bersih akan memaksa anda enggan untuk tergesa-tergesa menikmati kesegaran Curug Surodipo. Suasana Curug Surodipo sungguh masih asri dan terjaga.

Dari beberapa curug yang ada di Temanggung, bisa dibilang kalau Surodipo ini paling populer. Hal tersebut berdasarkan dari banyaknya ulasan di Google bila dibandingan dengan beberapa curug lainnya.

Agar bisa merasakan semua kesitimewan Curug Surodipo Temanggung anda tak perlu keluar sama sekali. Pada saat tulisan ini dimuat, harga tiket masuk Curug Surodipo masih free alias gratis untuk semua.

4. Curug Titang

curug titang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109069454225782916707

Curug Titang, masuk dalam deretan wisata Temanggung yang memiliki keindahan alam luar biasa dan tiada duanya. Destinasi menawan ini memiliki beberapa perbedaan dari curug-curug temanngung lainnya.

Pada saat tulisan ini dimuat, Curug Titang di Temanggung sering digunakan sebagai area rafting bagi para pecinta alam. Rafting atau arung jeram yan dilakukan di sekitar Curug Tintang melalui sungai Lungge.

Curug titang masih satu aliran dengan sungai Lungge yang mempesona. Dan Sungai Lungge yang jernih ini bisa anda gunakan untuk beranang. Selain karena mempunyai air sungai jernih, disini juga memiliki kolam yang terbilang cukup luas.

Kolam yang luas tersebut memiliki kedalaman cukup dangkal, sehingga aman untuk berenang. Tak sedikit pengunjung yang bermain air dengan berenang atau sekedar basah-basahan. Untuk mersakan kesegaran air disini yang mampu mengusir semua kepenatan dalam diri.

Wisata curug titang, merupakan wisata air terjun yang terletak di desa titang, kecamatan tembarak, kabupaten temanggung. Air terjun yang masih satu jalur dengan Sungai Lungge ini memiliki dua kolam yang biasanya digunakan untuk berenang. Bahkan Curug Temanggung ini juga digunakan untuk aktifitas para pecinta alam untuk bermain rafting, seperti telah disebutkan sebelumnya.

Selain ramai dikunjungi pada saat liburan, wisata Temanggung ini juga ramai menjelang Ramadhan. Hal Ini disebabkan karena satu hari sebelum puasa, masyarakat muslim melakukan tradisi Padusan. Atau mandi wajib sebelum melakukan ibadah puasa di areal lokasi ini.

Anda tak perlu ragu soal berapa biaya yang dibutuhkan untuk liburan disini bersama teman dan kerabat. Saat ini tiket masuk Curug Titang tidak mematok biaya sama sekali, alias gratis untuk semuanya.

Baca Juga :10 Tempat Wisata Di Temanggung Jawa Tengah Keren

5. Curug Merak

curug merak
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104245520258591676423

Selain keempat curug cantik diatas, ternyata kabupaten Temanggung juga memiliki curug merak. Curug ini berlokasi di Dusun Ndawe, Desa Sidoharjo, Kecamatan Candiroto, kabupaten Temanggung.

Dari Alun-Alun Temanggung, jarak yang musti ditempuh untuk sampai Curug Merak, sejauh 31 km kurang lebihnya. Waktu yang diperlukan untuk perjalanan selama kurang 65 menit melalui jalur darat.

Akses menuju dusun ndawe masih sangat sulit di beberapa titik, sehingga curug merak ini masih jarang dikenal. Dalam beberapa sudut, jalannya lumayan sempit sehingga bila anda mobil dan berpapasan, harap tingkatkan kehati-hatian.

Disamping itu jalur utama menuju letak Curug Merak Temanggung didominasi jalanan menanjak. Wajib bagi anda menggunakan kendaraan yang aman dan siap disemua jenis jalan.

Sesampainya disini, para pengunjung musti berjalan kaki dari lokasi parkir ke spot utama air terjunnya. Setelah tiba di air terjunnya, anda bisa bermain air dan juga berenang.

Yang tak kalah menarik, anda juga bisa naik ke tebing air terjunnnya. Ada bagian tebing yang tidak terlalu tinggi, dan biasanya banyak orang naik dan duduk ditebing tersebut.

Curug merak ini masih sangat alami, di bawah curug di buat semacam kedung dan biasanya yang memancing oleh warga sekitar. Sampai hari ini Curug Merak belum diresmikan sebagai tempat wisata, sehingga urusan tiket masuk masih gratis.

Kalau anda berencana datang kesini, sebaiknya jangan hanya seorang diri. Mengingat lokaisnya yang sepi dan belum terlalu ramai oleh wisatawan maupun penduduk setempat.

Tips Berkunjung Curug-Curug di Temanggung

Setelah menyimak beberapa ulasan mengenai curug-curug diatas, pastinya akan membuat anda jadi ingin segera menjelajahinya. Namun sebelum datang, anda musti mempertimbangkan segala sesuatunya agar liburan kali ini berlangsung sesuai harapan.

Dan anda bisa menjadikan beberapa tips berkunjung dibawah ini sebagai tambahan informasi sekaligus referensi dalam berwisata. Berikut beberapa tips berkunjung ke curug-curug mempesona yang ada di Temanggung Jawa Tengah.

1. Kesiapan Fisik

Saat anda berencana untuk datang dan jelajah wisata alam berupa curug, pastinya harus dalam keadaan sehat. Baik secara fisik maupun mental demi berlangsungnya liburan lancar tanpa adanya hambatan.

Mengunjungi curug, tentu kita akan memerlukan cukup banyak tenaga, karena banyaknya aktivitas selama berlibur. Awal, setelah memasuki pintu masuk wisata, biasanya untuk menuju spot utama air terjun pengunjung musti berjalan kaki terlebih dahulu.

Perjalanan yang dilakukan pada curug-curug Temanggung diatas cukup jauh, dari lokasi parkir kendaraan sampai air terjunnya. Jalan yang harus dilalui pun cukup menantang adrenalin dan anda bakal mengeluarkan banyak energi.

Maka dari itu, pastikan anda dalam kondisi terbaik ketika akan mengisi waktu libur di curug Temanggung.

2. Gunakan Kendaraan Yang Sehat

Curug-curug di Temanggung ini terletak pada area yang bisa dibilang cukup tersembunyi. Dan juga berada pada sebuah kawasan yang dimana jauh dari ramainya perkampungan.

Karena Temanggung sendiri memang daerah pegunungan jadi tak heran apabila akses jalur utamanya cenderung menanjak. Dan beberapa sudutnya juga dipenuhi oleh tikungan yang cukup tajam.

Tak sedikit juga jalan yang cenderung sempit sehingga anda memang harus berhati-hati. Menyiasati hal-hal tersebut tentu memakai kendaraan yang dalam kondisi sehat adalah syarat mutlat untuk kelancaran.

Kendaraan sehat yang dimaksud adalah, mampu melaju pada semua semua medan. Baik itu tanjakan, tikungan, dan jalur yang cukup sempit.

3. Datang Saat Musim Panas

Mengujungi curug adalam rangka mengisi hari libur memanglah asyik. Namun anda tetap harus melihat dan memperhatikan cuaca terkini agar liburan impian kali ini berlangsung lancar tanpa kendala.

Melihat cuaca di hari anda berwista ke Curug wajib tuk dilakukan. Pastikan anda explore indahnya air terjun dan curug pada saat musim panas.

Sebab disaat musim penghujan, debit air pada curug menjadi lebih besar, cukup bahaya bila bermain airnya. Disamping itu, biasanya di musim hujan, air terjun cenderung menjadi lebih keruh dan tidak sejernih biasanya.

Disamping itu, ketika hujan pun akses jalan kaki pada curug menjadi lebih licin. Karena biasanya jalanan di curug masih berupa tanah, dan bila terkena air akan jadi becek.

Maka datang saat musim panas sangat kami rekomendasikan untuk dapatkan suasana lebih maksimal. Panorama alam sekitar curug menjadi lebih memikat karena hari cerah sehingga setiap sudutnya terlihat jelas.

4. Bawa Perbekalan Sendiri

Liburan memanglah menyenangkan, namun aktivitas seru ini juga pasti akan membuat diri kita haus dan lapar. Mengingat banyaknya aktivitas yang bakal dilakukan tentu akan menguras banyak tenaga dalam diri.

Jadi, supaya tak kebingungan saat haus atau lapar, bawalah bekal sendiri dari rumah. Atau paling tidak, anda membelinya ketika dalam perjalanan sebelum sampai ke area wisatanya.

Bawalah secukupnya dan tak perlu terlalu banyak, supaya tidak berat atau menyusahkan saat membawanya. Bawa air mineral agar anda tidak dehidrasi setelah melakukan banyak hal-hal yang mnguras energi.

Mengapa harus bawa bekal sendiri? Disamping untuk kemudahan, juga sebagai bentuk antisipasi. Karena dari curug-curug Temaggung yang telah disebutkan diatas tidak memiliki warung / kios wisata.

Kalaupun ada, warung tersebut tidak selalu standby di setiap harinya. Dan bahkan bebrapa curug tersebut tidak menyediakan warung atau kios satu pun.

5. Waktu Kunjungan

Setelah memperkirakan cuaca sebelum berkunjung, yang ini juga tak kalah penting. Yakni mempertimbangkan waktu berkunjung ke anda curug yang jadi incaran.

Umumnya, curug bisa dijelajahi pada saat hari masih cerah, yakni mulai pagi sampai dengan sore. Ketika malam, area curug menjadi gelap dan minim penerangan, sangat tidak direkomendasikan tuk dikunjungi.

Anda bisa datang disaat hari masih pagi, untuk dapatkan suasana yang benar-benar asri dan begitu mengagumkan. Selain itu, area wisata curug juga masih cukup sepi sehingga cocok untuk anda bersantai.

Pada saat siang hari juga tak kalah menarik, hanya saja matahari lumayan panas dan terik. Datang ketika sore hari untuk rasakan kesejukan alam yang baka membuat anda lebih rileks dan juga tenang.

6. Jaga Sikap dan Tingkah Laku

Berada di alam terbuka pastinya kita sebagai manusia harus lebih untuk berhati-hati dan juga waspada. Khususnya saat kita mengunjungi curug dalam rangka liburan bersama teman ataupun kerabat.

Bisanya curug berada di area yang sepi dan jauh dari penduduk setempat. Hal tersebut membuat curug menjadi area yang cukup sepi dan jarang dijamah manusia.

Kita tidak tahu dengan apa-apa yang tak terlihat, namun yang pasti menjaga tingkah laku dan tutur kata adalah sebuah keharusan. Seyogyanya manusia, dimana kita harus menjaga kesopanan dimanapun berada.

Tak terkecuali pada area wsiata alam Temanggung ini, yang mengharuskan kita untuk berkelakukan sewajarnya. Tidak melampaui batas wajar baik dalam berucap maupun berkelakuan.

7. Ikut Menjaga Kebersihan Alam

Buang sampah pada tempatnya, mungkin dari tulisan tersebut kita sudah sering melihatnya ada dimana-mana. Meski pada curug Temanggung tak ada tulisan tersebut namun kita sebagai pengunjung sudah seharusnya sadar tanpa harus dihimbau.

Sampah memang menjadi persoalan dasar kehidupan manusia pada saat ini. Efek sampah salah satunya adalah tempat berkembang dan sarang dari serangga dan tikus.

Juga menjadi sumber polusi serta pencemaran tanah, air, dan juga udara. Sekaligus menjadi sumber dan tempat hidup kuman. Maka menjaga kebersihan dimanapun anda berada termasuk di tempat wisata sifatnya adalah wajib.

Kita harus ikut dalam menjaga keberlangsungan sebuah tempat wisata agar alamnya tetap asri dan lestari. Bila tak menemukan tempat sampah pada area wisata, lebih baik anda simpan terlebih dahulu. Dan membuangnya pada saat sudah menemukan sebuah tempat pembuangan sampah.

Rekomenadi Wisata Temanggung Populer

1. Sigandul View

sigandul view
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112921711094301705525

Kini daerah pegunungan menjadi salah satu kawasan yang cukup potensial untuk dikembang menjadi berbagai macam destinasi. Seperti Sigandul View ini yang memanfaatkan area dataran tinggi dengan aneka view alam memikat

Sigandul View sejatinya merupakan sebuah tempat makan atau restoran yang memiliki area luas dengan spot-spot foto kekinian. Jadi disini, anda tak hanya bisa bersantap, melainkan berwisata, jalan-jalan dan juga berfoto-foto ria.

Menikmati beragam hidangan lezat dengan aneka pemandangan menakjubkan dari ketinggian. Dikenal dengan sebutan Sigandul View Coffee & Resto yang buka setiap hari dari Mingggu sampai dengan Sabtu.

Kalau anda berencana liburan ke temanggung, maka cobalah tuk singgah sejenak disini dan rasakan keseruannya. Sigandul View Temanggung bakal memanjakan setiap pengunjung dengan suguhan landscape alam menakjubkan.

Tak perlu khawatir dengan berapa biaya yang diperlukan untuk bisa mengisi waktu senggang disini. Untuk tiket masuk Sigandul View saat ini adalah Rp15.000 per orangnya.

Dengan tiket masuk yang telah anda bayarkan, maka sudah include semua spot foto. Sedangkan untuk harga menu makanan Sigandul View, seperti Nasi Goreng start dari Rp23.000.

Menu camilan, harga mulai dari Rp15.000 untuk mendoan, pisang goreng dan masih banyak lagi snack enak. Untuk harga menu minuman Sigandul View, mulai dari Rp10.000 dan yang paling mahal Rp40.000.

Lokasi Sigandul View terletak di Jl. Raya Parakan – Wonosobo No.Km. 8. Desa Kwadungan Jurang, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.

2. Posong

posong
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111674317002344941198

Bagi anda pecinta wisata alam jangan sampai melewatkan destinasi memikat satu ini, yakni Posong. Posong Temanggung menyuguhkan sebuah destinasi dengan langsung menghadap ke beragam panorama luar biasa dari ketinggian.

Banyak pasang mata akan dibuat takjub dengan sajian view alam yang indah di Wisata Posong ini. Jalan-jalan, duduk santai, bermain dan bersantap dengan langsung menatap banyak pemnadangan akan jadi pengalaman yang berkesan.

Tak hanya itu saja, di Posong anda juga bisa camping bersama teman, kerabat atau keluarga tercinta. Nikmati alam posong yang menakjubkan sampai puas dan lebih leluasa dengan berkemah disini.

Anda yang akan liburan disini maka tak diperlukan banyak biaya. Tiket masuk Posong di Temanggung Jawa Tengah saat ini adalah Rp20.000 per orangnya. Dengan biaya yang terjangkau tersebut turut menambah daya tarik dari wisat alam Posong.

Catat alamat Posong yang berada di Desa Tlahap, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.  Jika dari pusat kota Temanggung atau Alun-Alun. jarak yang musti ditempuh untuk sampai ke Posong kurang lebih sejauh 22 km.

Sedangkan waktu yang diperlukan untuk perjalanan, kira-kira sekitar 50 menit. Jalan utama menuju wisata alam Temanggung cenderung menanjak, maka wajib bagi anda menggunakan kendaraan yang sehat.

Keberadaannya cukup mudah ditemukan, bila dari arah kota Temanggung maka lokasinya berada di kanan jalan. Sedangkan bila dari arah Wonosobo, maka letaknya di sebelah kiri. Yang dimana pada tepi jalan terpasang plang besar bertuliskan Posong.

3. Jembatan Sigandul

jembatan sigandul
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101419296202037439102

Meski hanya berupa jembatan, namun siapa sangka bila tempat ini kerap dipadati oleh banyak orang. Jembatan Sigandul, kira-kira begitulah orang lebih mengenalnya yang menjadi salah satu tempat menarik di Kledung Temanggung.

Bisa dibilang kalau Jembatan Sigandul Temanggung ini asyik sebagai lokasi untuk berrfoto-foto ria. Sebab dari jembatan ini anda bisa menemukan aneka pemandangan menawan di setiap sudutnya.

Lokasinya persis berada di dekat Sigandul View dengan panorama yang bisa dibilang hampir serupa. Biasanya pelancong dari luar kota, berhenti sejenak di Jembatan Sigandul ini untuk sekedar bersantai atau swafoto.

Menjadikan spot-spot terbaik di Jembatan Sigandul Kledung sebagai background. Landscape alam menakjubkan disini akan terlihat mempesona ketika hari benar-benar cerah.

4. Embung Kledung

embung kledung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117515475342257019484

Embung Kledung Temanggung jadi salah satu wisata Temanggung yang keberadaannya menarik minat banyak wisatawan. Sesuai dengan namanya, embung menjadi pemandangan utama yang dapat anda saksikan ketika mengisi waku liburan disini.

Sebuah waduk buatan yang awalnya digunakan sebagai sumber air oleh penduduk sekitar telah di alihfungsikan. Menjadi tempat wisata yang ternyata justru diminati oleh banyak sekali pelancong dari berbagai daerah.

Suasana Embung Kledung begitu menyejukkan dan mampu untuk mengusir semua kepenatan dalam diri anda. Jadi saat anda tengah banyak pikiran, maka cobalah berlibur di Embung Kledung bersama teman atau orang-orang tercinta.

Jalan-jalan mengitari seluruh area embung terasa begitu menyenangkan. Ditambah dengan aneka pemandangan hijau disekitar embung yang asri dan bikin betah.

Anda sama sekali tak perlu banyak biaya untuk bisa liburan menyenangkan di Embung Temanggung hits ini. Karena harga tiket masuk Embung Kledung sangatlah murah, yakni Rp10.000 per orang dan sudah termasuk parkir kendaraan.

Disini ada banyak sekali tenant atau kios jajanan yang menjual aneka camilan dan makanan berat. Jadi kalau anda merasa haus atau lapar tak perlu bingung-bungung lagi.

Lokasi Embung Kledung beralamat di Jalan Raya Parakan-Wonosobo No.KM.12, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.

Jadi itu tadi beberapa informasi dan ulasan dari sebuah wisata Temanggung berupa curug yang indah nan mempesona. Keindahan curug-curug di Temanggung ini bakal membuat momen mengisi waktu libur anda semakin berwarna dan sulit terlupa.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 + three =