Di setiap sudut Yogyakarta selalu memiliki keindahan alam yang begitu elok nan menawan, salah satunya Pantai Glagah di Kulon Progo. Bagi Anda penikmat senja, wisata Jogja terhits ini harus dikunjungi karena menawarkan keindahan dengan sensasi yang berbeda.

Berbagai kuliner khas Yogyakarta hingga makanan ala seafood bisa Anda cicipi di pantai ini. Selain itu, dengan ribuan beton yang menghiasi bibir pantai membuatnya semakin menarik untuk dikunjungi di akhir pekan atau musim liburan.

Meskipun tak sepopuler Pantai Dewata, tetapi pantai ini menyajikan beragam spot foto instagramable, cocok untuk mengabadikan momen bersama keluarga. Nah, sebelum berkunjung ke pantai ini, yuk ketahui dahulu ulasan selengkapnya tentang Pantai Glagah Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk Pantai Glagah

harga tiket masuk pantai glagah
Foto : https://www.instagram.com/gna.vt/

Salah satu hal yang tidak boleh terlupakan saat merencanakan piknik ke pantai adalah harga tiket masuk Pantai Glagah. Nah, bagi Anda yang memiliki budget terbatas, mengunjungi pantai ini patut dipertimbangkan karena biaya karcisnya yang tergolong tidak mahal.

Untuk memasuki pantai ini, setiap pengunjung diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp4.000. Sedangkan biaya parkir setiap kendaraan berbeda-beda tergantung ukurannya, seperti biaya parkir motor Rp3.000, roda empat Rp10.000, dan bus sebesar Rp20.000.

Jika Anda ingin menyewa perahu kano harga tiketnya juga cukup terjangkau berkisar Rp20.000 per jamnya. Kemudian, untuk mendayung kano dan sewa motor perahu kisaran Rp5.000 saja setiap 30 menit.

Alamat dan Rute Lokasi Pantai Glagah

alamat dan rute lokasi pantai glagah
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100959323842364479039

Sebelum memutuskan berkunjung ke Pantai Glagah, sebaiknya ketahui dahulu alamat dan rute lokasinya agar tidak tersesat saat di perjalanan. Alamat Pantai Glagah berada di kawasan Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Akses jalan menuju pantai ini cukup mudah, sehingga bisa dilalui menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Untuk rutenya sendiri ada dua pilihan jalur yang bisa Anda pilih.

Rute pertama melalui Jalan Bantul, kemudian ambil arah kanan menuju Jalan Srandakan. Hingga bertemu lampu merah dan belok kiri hingga tiba di Pantai Glagah.

Rute kedua Anda bisa melewati Jalan Wates – Sentolo – Wates Kota. Kemudian ambil arah kiri dan ikuti jalan hingga sampai di Pantai Glagah.

Setiap rute tersebut dapat Anda jadikan acuan perjalanan. Dan untuk lebih jelasnya Anda bisa menggunakan panduan Gmaps saat berada di perjalanan.

Nah, untuk sampai ke lokasi tersebut setidaknya Anda membutuhkan waktu tempuh berkisar satu jam perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta.

Jam Buka Pantai Glagah

jam buka Pantai Glagah
Foto : https://www.instagram.com/bellamomssy/

Sebagai salah satu destinasi pantai yang utama di kawasan Kulon Progo, Pantai Glagah ini tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya. Untuk jam operasionalnya tidak dibatasi waktu tertentu, alias Anda bisa berkunjung ke pantai ini kapan saja 24 jam.

Pastinya para wisatawan akan semakin senang karena mereka bisa membidik foto pantai dengan lebih leluasa. Apalagi, warna pasir pantainya pun berbeda dari kebanyakan pantai lainnya, dimana warnanya hitam yang didominasi pasir besi.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

spot foto terbaik di pantai glagah
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103339920511639264869

Pantai Glagah menawarkan banyak aktivitas seru dan menyenangkan yang bisa Anda lakukan, yakni sebagai berikut.

1. Menyewa ATV atau Sepeda Pantai

Aktivitas berikutnya yang bisa Anda lakukan di Pantai Glagah adalah mengelilingi pantai dengan ATV. Nah, hal ini sangat membutuhkan keberanian karena Anda harus siap menempuh medan jalan yang terjal.

2. Menyewa Kapal Kecil atau Sampan

Di sekitar lokasi pantai, Anda bisa menemukan persewaan sampan atau kapal kecil yang bentuknya menyerupai bebek. Anda bisa manfaatkan untuk mengelilingi pantai. Harga yang ditawarkan juga bervariasi tergantung ukuran sampan yang dimiliki.

3. Menikmati Wisata Air di Laguna

Laguna merupakan salah satu lokasi yang menjadi ciri khas Pantai Glagah. Dimana objek wisata ini berbentuk cekungan berisi air laut pasang dan ditumbuhi rerumputan liar di sekelilingnya.

Untuk mengelilinginya, wisatawan dapat menggunakan perahu kayu, kano, maupun sampan. Pengunjung juga dapat memancing di area ini karena telah disediakan spot pemancingan.

4. Mencicipi Wisata Kuliner

Area Pantai Glagah juga menyediakan beragam masakan lokal hingga masakan laut yang sangat lezat dengan harga terjangkau berkisar Rp10 ribuan. Jadi, jangan lupa untuk mencoba mencicipi lauk seperti, udang, kepiting, dan ubur-ubur goreng.

Datang juga ke –> Pinus Pengger

Spot Foto Terbaik Pantai Glagah

aktivitas yang bisa dilakukan pantai glagah
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106076730744881794301

Dengan eksotisme Pantai Glagah yang membuat siapa saja terpana melihatnya, pantai ini memiliki beberapa spot foto menarik yang wajib diabadikan.

• Agrowisata di kebun buah

Di kawasan Pantai Glagah Anda bisa mengambil spot foto menarik di kebun agrowisata buah naga dan rosella bernama “Kusuma Wanadri”. Kawasan dengan luas lahan 3,5 hektare ini juga membudidayakan tanaman melon dan semangka.

Para wisatawan dapat memetik sendiri buahnya maupun membeli buah dengan harga yang murah karena langsung dari petaninya. Bahkan, Anda juga bisa mencicipi buahnya secara gratis, tetapi sayangnya ini hanya bisa dilakukan saat musim panen tiba.

• Spot Favorit di Dermaga Tetrapod

Jalan-jalan di dermaga tetrapod dapat menjadi aktivitas yang menarik karena Anda bisa mengabadikan foto yang instagramable di sana. Dermaga dengan jalan panjang yang mengarah ke tengah laut ini menjadi spot favorit untuk berfoto. Dengan latar belakang ombak dan jajaran tetrapod.

Nah, sebari berkeliling para wisatawan juga bisa menikmati aktivitas lainnya di dermaga ini. Diantaranya, menikmati sunset, memancing, maupun sekadar menikmati sepoi-sepoi angin dan deburan ombak.

Kunjungi juga –> Bukit Lintang Sewu

Fasilitas di Pantai Glagah

fasilitas pantai glagah
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109215768844563629803

Pantai Glagah telah memiliki berbagai macam fasilitas yang akan menunjang Anda menikmati keseruan di pantai ini. Antara lain, sudah terdapat area parkir kendaraan yang sangat luas, akses jalan yang cukup baik, serta toilet dan WC umum.

Bagi umat muslim juga tidak perlu khawatir karena pihak pengelola Pantai Glagah telah menyediakan mushola untuk keperluan ibadah. Selain itu, Anda juga bisa menikmati wisata kuliner, kebun buah, menyewa ATV, hingga belanja oleh-oleh souvenir maupun ikan segar.

Review sebelumnya –> Pantai Parangtritis

Tips Berkunjung ke Pantai Glagah

tips berkunjung pantai glagah
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104969979539356311057

Mengunjungi Pantai Glagah saat sore hari memang begitu mengasyikkan karena Anda bisa menikmati sunset bersama orang-orang tercinta. Namun, sebelum itu ada beberapa tips berkunjung ke pantai yang tidak boleh diabaikan.

1. Jangan lupa untuk selalu menggunakan sunblock dengan kadar SPF tinggi agar kulit Anda tidak terbakar dan menjadi gelap.

2. Agar foto yang dihasilkan makin terlihat instagenic, kenakan pula outfit yang tepat. Misalnya, Anda bisa memilih pakaian dengan warna yang mencolok atau eye catching.

3. Siapkan kamera terbaik untuk mendapatkan angle gambar yang ciamik.

4. Jika Anda berkunjung diantara waktu pukul 10.00-16.00, maka sebaiknya siapkan kacamata hitam untuk menghindari bahaya radiasi sinar UV.

5. Gunakan tas ransel anti-air dengan plastik pelindung agar barang pribadi tetap aman saat terkena cipratan ombak pantai.

Itulah seputar informasi tentang Pantai Glagah yang perlu Anda ketahui. Dengan beragam daya tarik yang dimilikinya, jangan lupa juga untuk menyiapkan budget cukup. Agar bisa menikmati fasilitas transportasi unik dan olahraga air.

Gimana, apakah Anda tertarik untuk mengunjunginya? Jika hendak berkunjung ke Pantai Glagah pastikan untuk mengecek jam operasional bukanya, sehingga Anda bisa memperkirakan perjalanan keberangkatan. Selamat berlibur!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

16 − fifteen =