Goa Terawang menjadi salah satu dari sekian banyak tempat wisata di Blora yang rekomended sebagai tujuan mengisi waktu liburan. Konon dahulunya Goa Terawang Blora dijadikan tempat untuk pertemuan Bupati Blora semasa RMA Cokronegoro dengan pejabat-pejabat Belanda kala itu.

Sedangkan pada masa perang kemerdekaan, Goa Terawang Kabupaten Blora Jawa Tengah ini menjadi daerah pertahanan bagi para pejuang. Dibalik kisah-kisah masa lalu yang menyimpan sejarah Goa Terawang, destinasi satu ini wajib untuk anda kunjungi saat berada di Blora.

Asal usul Goa Terawang dapat anda telusuri ketika menjadikan wisata Blora satu ini sebagai tempat rekreasi bersama orang tercinta. Tak hanya menyajikan wisata sejarah saja, disini terdapat kawasan arena bermain anak yang terletak 50 meter dari mulut Goa.

Harga Tiket Masuk Goa Terawang

harga tiket masuk goa terawang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108125378784512962143

Menariknya, wisata Blora satu ini merupakan kompleks yang memiliki enam goa dalam satu kawasannya. Bisa dibilang, ini menjadi yang terbanyak di area Jawa Tengah khususnya.

Di dalam kawasan ini terdapat sebuah goa induk, satu sendang, dan lima goa kecil yang eksotis untuk anda explore. Wisata Terawang ini merupakan satu-satunya goa yang di dalamnya terang saat siang hari karena terkena sinar matahari melalui lubang-lubang kecil.

Dengan berbagai keunikan yang dimiliki, Goa Terawangan tak boleh anda lewatkan sebagai alternatif mengisi waktu akhir pekan dan musim liburan. Apalagi untuk bisa berkunjung kesini maka tidak diperlukan biaya yang tinggi, karena murahnya biaya tiket masuk.

Sampai tulisan ini dimuat, harga tiket masuk Goa Terawang hanya sebesar Rp7.000 saja per orangnya, sangat terjangkau sekali bukan? Tarif yang bersahabat ini menjadi salah satu faktor mengapa wisata di Blora berikut tak pernah sepi dari wisatawan.

Anda bisa datang untuk liburan ke Goa Terawang di Blora kapanpun dan tentunya sesuai dengan jam operasional wisata yang berlaku. Wisata Goa Terawang terbuka untuk umum pada setiap harinya dari Senin s/d Minggu mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat Goa Terawang
Foto : https://www.instagram.com/upiecupi/

Lokasi Goa Terawang sangat mudah untuk anda jumpai meski baru pertama kali akan singgah disini. Menempati kawasan dengan luas area mencapai 13 hektare dengan didominasi oleh ratusan pohon jati besar yang membuat nuansa disini teduh.

Untuk alamat Goa Terawang sendiri berada di Desa Kedungwungu Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah. Jarak dari Alun-Alun Blora cukup jauh, kurang lebih sekitar 36 km dengan waktu tempuh mencapai 65 menit berkendara.

Meski begitu akses jalan utama menuju Goa Terawang ini sudah lumayan baik dan mudah dilalui oleh ragam jenis kendaraan. Mulai dari kendaraan roda dua seperti sepeda motor hingga mobil tidak akan menemui kesulitan yang berarti saat menuju kesini.

Letak persis Kawasan Wisata Goa Terawang berada persis tepat di tepi jalan. Sehingga bagi anda yang baru pertama kali berkunjung, sepertinya akan mudah tiba di wisata Goa Blora ini.

Namun apabila anda mengalami kesulitan selama perjalanan menuju ke Goa Terawang, sebaiknya harap tenang dan tak perlu khawatir. Maps dibawah ini bisa anda gunakan untuk memudahkan laju kendaraan saat ingin liburan menyenangkan ke Goa Terawang.

Fasilitas

fasilitas goa terawang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110734993384086104397

Kawasan wsiata komplek Goa Terawang termasuk dalam daftar destinasi populer di Blora yang menjadi buruan banyak wisatawan. Tak hanya masyarakat sekitar saja melainkan banyak juga pengunjung dari berbagai daerah di luar Kabupaten Blora bahkan Jawa Tengah.

Tempat wisata Blora satu ini telah di dukung dengan berbagai sarana prasana pendukung sebagai penujang kegiatan dan aktivitas wisatawan disini. Dan berikut fasilitas Goa Terawang yang dapat anda temukan didalamnya antara lain adalah :

  • Tempat parkir kendaraan
  • Pusat informasi Goa Terawang
  • Toilet umum
  • Mushola
  • Fasilitas air bersih
  • Warung makan
  • Area bermain anak
  • Penjaja aneka jajanan
  • Jalur khusus pejalan kaki
  • Bangku / kursi
  • Gardu pandang
  • Spot foto kekinian

Nikmati serunya berlibur di Goa Terawang untuk mendapatkan momen berwisata yang berkesan dan pastinya sulit tuk dilupakan. Dengan jalan-jalan menyusuri goa, berwisata kuliner di tengah hutan pinus, sampai berfoto-foto ria untuk sensasi yang lebih bahagia.

Spot Terbaik di Goa Terawang

spot terbaik di goa terawang
Foto : https://www.instagram.com/anggitnov_/

Dapatkan liburan yang lebih berkualitas dengan menikmati berbagai suguhan menarik yang Goa Terawang sajikan untuk anda. Mengisi waktu senggang dengan explore Goa Terawang akan kurang lengkap jika tidak mengabadikan setiap momennya kedalam foto ataupun video.

Ada banyak sekali sudut ciamik yang perlu anda manfaatkan untuk menjadikannya latar belakang saat selfie maupun foto bersama. Aneka spot buatan yang kekinian, lengkap dengan berbagai ornamen cantiknya harus anda jadikan sebagai background untuk hasilkan gambar yang menarik.

Rangkum setiap momen saat berlibur disini dengan memanfaatkan spot-spot terbaik di Goa Terawang yang instagenic. Maka dari itu, jangan lupa bawa kamera saat berwisata ya.

Review sebelumnya –> Taman Seribu Lampu Cepu

Tips Berkunjung

tips berkunjung goa terawang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/105616214410273216138
  • Hari yang cerah dengan cuaca mendukung adalah waktu terbaik jalan-jalan dan liburan ke Goa Terawang.
  • Selalu jaga etika serta tutur kata selama berada di Goa Terawang agar semua berjalan lancar dan baik-baik saja.
  • Bersama-sama menjaga keberlangsungan komplek Goa Terawang Blora agar tetap lestari.
  • Patuhi berbagai aturan untuk wisatawan yang sudah ditetapkan oleh pengelola wisata setempat.

Demikian tadi telah anda simak informasi seputar wisata Goa Terawang Blora dalam ulasan singkat. Jadi tunggu apalagi, segera masukan Goa Terawang ke dalam list tujuan berwisata bahagia anda bersama orang-orang tercinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 + 4 =