Apakah Anda mengetahui berbagai destinasi wisata yang indah di Lampung? Lampung sendiri menyimpan berbagai destinasi wisata yang patut dikunjungi, salah satunya Pantai Pahawang.

Pantai Pahawang ini dapat dijadikan sebagai destinasi variatif bagi Anda yang menyukai berbagai kegiatan di laut. Karena Pantai Pahawang menyimpan berbagai keindahan laut yang sangat indah dan layak untuk dikunjungi.

Sebelum berkunjung ke Pantai Pahawang, pastikan Anda mempersiapkannya dengan menyimak berbagai informasi yang perlu diperhatikan. Berikut informasi mengenai destinasi wisata Pantai Pahawang.

Daya Tarik yang dimiliki Pulau Pahawang

daya tarik pantai pahawang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108502594028959837904

Pantai Pahawang merupakan wisata yang berada di area lokasi Pulau Pahawang. Di Pulau Pahawang ini menyimpan daya tarik alam yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Ketika berkunjung dapat menggunakan paket wisata untuk lebih memudahkan menyusuri setiap area wisata. Tetapi jika memilih berwisata sendiri juga tak kalah menarik untuk menjadi pilihan liburan.

Berbagai daya tarik yang ditawarkan di destinasi Pulau Pahawang adalah sebagai berikut:

Kekayaan biota laut di Pantai Pahawang

Kekayaan biota laut merupakan salah satu tujuan yang paling ingin dikunjungi oleh para wisatawan. Keindahan dari berbagai terumbu karang seakan menghiasi air laut yang jernih sehingga bisa terlihat oleh pasang mata secara jelas.

Terumbu karang yang dimiliki Pantai Pahawang sudah lama dikelola oleh Pemerintah Dinas Kelautan. Bersama dengan nelayan daerah setempat sejak tahun 2010. Maka tak heran jika sudah banyak terumbu karang yang dibudidayakan mengelilingi destinasi wisata ini.

Keindahan Pasir di Pantai Pahawang

Keindahan pasir putih pantai pahawang tidak dapat diragukan lagi. Pasir Putih yang sangat memesona dipadukan keindahan alam antara laut dengan matahari saat terbenam dan terbit.

Harga Tiket Masuk Pantai Pahawang

harga tiket masuk pantai pahawang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116440177377291750556

Ketika akan mengunjungi Pantai Pahawang, Anda akan dikenakan biaya tiket masuk. Harga Tiket Masuk Pantai Pahawang sebesar Rp. 30.000.

Harga Tiket Masuk atau HTM tersebut sudah termasuk seluruh tempat wisata di kawasan Pulau Pahawang. Termasuk pula destinasi wisata Pulau Pahawang.

Namu perlu diketahui jika harga tiket masuk Pahawang Island dapat sewaktu – waktu berubah. Perubahan dapat terjadi berdasarkan kondisi yang ada di destinasi wisata.

Untuk menyebrang menuju Pulau Pahawang, Anda bisa menggunakan speedboat pribadi. Atau menggunakan speedboat umum secara bersama – sama bergabung dengan wisatawan lainnya.

Untuk menyewa speedboat pribadi, Anda perlu mempersiapkan dana sebesar Rp. 600.000 sampai Rp. 700.000. Waktu tempuh perjalanan menggunakan speedboat pribadi kurang lebih selama 10 menit sampai 15 menit.

Selain menggunakan speedboat, bisa juga menggunakan perahu kayu dengan kapasitas 15 orang, 25 orang hingga 35 orang.

Penyewaan alat snorkeling juga tersedia di lokasi sekitar PUlau Pahawang. Anda hanya perlu menyiapkan uang dengan kisaran Rp. 50.000 tiap set alatnya.

Alamat Lengkap Pantai Pahawang

alamat pantai pahawang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108075022563678478379

Alamat pantai pahawang terletak di area kecamatan Punduh Pidada, kabupaten Pesawaran, Lampung Selatan. Anda bisa menjumpai lokasi pulau unik dengan menempuh kurang lebih 2 jam perjalanan dari bandar lampung.

Untuk mengunjungi destinasi wisata di provinsi lampung tersebut dapat diakses melalui dua jalur. Yaitu melalui jalur udara maupun melalui jalur laut.

Jika melalui jalur udara, Anda bisa menggunakan pesawat dan tujuan akhirnya di Bandara Radin Inten II di Bandar lampung. Setelah itu dapat dilanjutkan dengan perjalanan darat untuk menuju lokasi wisata.

Sedangkan, jika menggunakan jalur laut dapat ditempuh dengan menggunakan kapal ferry menuju Pelabuhan Bakauheni. Selanjutnya, perjalanan diteruskan menuju pelabuhan ketapang yang membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam.

Fasilitas

fasilitas pantai pahawang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117716121711743221675

Fasilitas yang disediakan di area sekitar Pantai Pahawang cukup lengkap. Sebagian besar fasilitas Pantai Pahawang sendiri dapat ditemukan di bagian Pulau Pahawang besar.

Beberapa fasilitas yang ditawarkan di area Pahawang besar adalah sebagai berikut:

  • Penginapan bagi pengunjung.
  • Tempat penyewaan snorkeling, diving dan alat lainnya
  • Akomodasi yang digunakan untuk pengunjung menyusuri Pantai Pahawang dan sekitarnya
  • Toilet
  • Tempat Ibadah
  • Area Tempat Makan
  • Tour Guide untuk Pengunjung

Untuk menginap, tidak berbentuk hotel di Pulau Pahawang melainkan penginapan yang berupa homestay. Penginapan di Pulau Pahawang ini telah tersebar di berbagai dusun di area Pulau Pahawang Besar.

Homestay tersebar di dusun Jelarang, Pengetahan serta Cukuh Nyai. Kalau dihitung, Pulau Pahawang sudah menyediakan penginapan sebanyak 15 homestar serta 10 cottage untuk wisatawan dapat menginap.

Penduduk setempat di area Pulau Pahawang ini belum mendapatkan aliran listrik. Sehingga kebanyakan penduduk masih menggunakan genset untuk memenuhi aliran listrik.

Datang juga ke –> Bukit Sakura memiliki aneka spot foto menarik.

Jam Buka

jam buka pantai pahawang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108554804929136177777

Setiap tempat wisata dimanapun memiliki jam buka dan tutup yang berbeda – beda. Pulau Pahawang juga seperti itu memiliki jam buka yang berbeda tiap daerah wisatanya.

Destinasi yang terletak di Lampung ini buka selama 24 jam. Namun, buka dan tutup ini dapat berubah – ubah pula sesuai keadaan yang ada dilokasi.

Kunjungi juga –> Museum Lampung yang menyimpan benda-benda bersejarah.

Aktivitas yang bisa dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan pantai pahawang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108968699021397917538

Pantai Pahawang menyediakan berbagai aktivitas yang dapat dilakukan bagi para wisatawan. Mulai dari aktivitas di laut maupun aktivitas di tepi pantai yang sangat menarik untuk dicoba wisatawan.

Selama mengunjungi Pantai Pahawang, Anda dapat menikmati keindahan laut dengan snorkling atau berenang. Anda bisa melihat berbagai keindahan laut serta alam biotanya yang indah dan dilengkapi pula dengan indahnya terumbu karang.

Tidak hanya snorkeling, keindahan laut Pantai Pahawang juga dapat dinikmati dengan melakukan free diving. Anda bisa menyelam hingga kedalaman kurang lebih dua sampai empat meter. Untuk bisa menemukan keindahan aneka biota laut di masing-masing lokasi.

Selain berenang, Anda bisa menikmati keindahan Pantai Pahawang dengan berjalan di tepi pantai atau duduk menikmati udara yang sepoi-sepoi. Pemandangan sunset serta sunrise di Pantai Pahawang Lampung juga tak kalah cantik, Anda bisa mengabadikan momen tersebut dengan berfoto.

Review sebelumnya –> Pantai Karang Putih yang menakjubkan.

Tips Berkunjung

tips berkunjung pantai pahawang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108080606983370276663

Ketika akan mengunjungi Pantai Pahawang, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menambah kenyaman Anda berwisata. Berikut merupakan tips berkunjung ke Wisata Pantai Pahawang:

  • Gunakanlah sunblock. baik untuk wajah maupun badan. Sinar matahari di area
  • Pantai Pahawang cukup terik sehingga diperlukan sunblock untuk melindungi kulit.
  • Perbanyaklah minum air putih. Mengikuti berbagai aktivitas di Pantai Pahawang dengan udara yang panas dapat membuat cepat dehidrasi pastikan untuk tetap menjaga suhu tubuh.
  • Persiapkan lotion yang anti nyamuk. Hal ini dimaksudkan agar tidak tergigit nyamuk dan serangga lainnya ketika sedang beristirahat di tepi pantai
  • Jangan lupa membawa baju ganti yang digunakan setelah melakukan berbagai aktivitas di Pantai Pahawang
  • Persiapkan obat – obatan pribadi

Demikianlah, informasi mengenai Pantai Pahawang yang sangat lengkap. Wisata Pantai Pahawang adalah wisata di lampung yang wajib dikunjungi oleh masyarakat lampung dan sekitarnya.

Melalui informasi tempat wisata seperti ini, semoga mampu menambah daftar referensi liburan Anda. Tak kalah penting, ketika berkunjung tetap taati peraturan yang ada di Pulau Pahawang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

15 − 3 =