Museum Lampung merupakan sebuah museum yang berada di Kota Bandar Lampung, Indonesia. Tempat ini menjadi museum pertama juga terbesar di provinsi Lampung sendiri, bahkan menjadi kebanggaan pemerintah di Lampung.

Terkenal juga dengan nama Museum Lampung Ruwa Jurai, Museum Lampung punya arti tersendiri didalamnya. Yaitu dua tangkai jalur keturunan penduduk Lampung serta Rawa Jurai sendiri termasuk bagian yang ada di logo resmi Provinsi Lampung.

Saat Anda berlibur ke Lampung Museum ini, Anda akan menjumpai berbagai macam koleksi sejarah dan adat Lampung. Di samping berbagai koleksi bersejarah Lampung, berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui ketika berlibur di Museum Lampung.

Harga Tiket Masuk Museum Lampung

harga tiket masuk museum lampung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100940274219112657233

Tiket masuk museum Lampung merupakan hal pertama yang harus diketahui sebelum melakukan liburan di Museum Lampung ini. Dengan begitu Anda mudah menyesuaikan budget yang diperlukan untuk masuk juga bersenang-senang disana.

Koleksi yang lengkap dari museum seperti gambar museum Lampung, karya tulis museum Lampung dan masih banyak lagi, tiketnya tidak mahal. Jadi berwisata di Museum Lampung dapat Anda nikmati dengan budget begitu terjangkau.

Apalagi jika berkunjung dengan rombongan harga tiket masuknya bisa lebih murah lagi dibandingkan berkunjung sendiri. Untuk tiket masuk anak-anak baik seorangan atau rombongan hanya perlu budget Rp500.

Lalu untuk tiket masuk orang dewasa jika perorangan perlu menyiapkan budget Rp4.000 saja. Sedangkan orang dewasa berkunjung bersama rombongan harga tiketnya sebesar Rp1.000.

Murah bukan? Dengan budget kurang dari Rp5.000 Anda sudah bisa menikmati berwisata juga belajar peninggalan sejarah daerah Lampung. Harga tiket masuknya ini bisa berubah sewaktu-waktu sesuai peraturan daerahnya, jadi persiapkan budget lebih sebelum berkunjung.

Alamat dan Rute Lokasi

rute lokasi dan alamat museum lampung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108116118713265259130

Untuk alamat Museum Lampung terdapat di Jalan ZA. Pagar Alam No.64, Gedong Meneng, Kecamatan Rajabasa, Kota Bandar Lampung. Lokasi ini terletak dalam kategori strategis sehingga akan mampu memudahkan pengunjung Museum Lampung.

Lalu untuk rute yang bisa diakses serta dijangkau ada bermacam-macam pilihan bagi Anda. Apabila Anda dari pusat kota Bandar Lampung hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk sampai.

Kalau dari terminal bus Rajabasa lokasi Museum Lampung juga dekat dengan gerbang kampus UNILA. Jarak tempuhnya kurang lebih sekitar jarak beberapa ratus meter untuk sampai tempat tujuan.

Tepatnya ketika Anda menuju Museum Lampung melalui terminal Rajabasa, ambil jalur ke arah Tanjung Karang. Bisa juga melalui teluk dan Museum Lampung letaknya tepat berada pada sebelah kiri jalan.

Menaiki kendaraan angkot bisa menjadi transportasi tercepat untuk akses dari terminal Rajabasa, karena jaraknya hanya kisaran 400 meter. Kalau dari Bandara Radin Inten II punya jarak sekitar 20 kilometer untuk sampai museum.

Dan dari Pelabuhan penyeberangan Bakauheni 90 kilometer atau setara 2,5 jam perjalanan yang digunakan untuk waktu tempuh. Anda juga bisa menggunakan Google Maps untuk membantu Anda menuju lokasi sehingga tidak tersesat.

Fasilitas

fasilitas museum lampung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104161071885199153208

Destinasi wisata Museum Lampung ini punya berbagai fasilitas penunjang seperti destinasi wisata pada umumnya. Fasilitas ini akan berpengaruh untuk kenyamanan para pengunjung nantinya, sekaligus sebagai penarik kebetahan pengunjung di tempat wisata.

Fasilitas Museum Lampung ini diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Musholla untuk keperluan ibadah para muslim
  • Toilet yang dijamin bersihnya
  • Lahan parkir luas untuk kendaraan yang Anda gunakan menuju lokasi museum
  • Ruang pameran koleksi
  • Perpustakaan
  • Auditorium dan Laboratorium
  • Penjelasan di bagian peraga benda-benda sejarah, baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.
  • Bioskop sanak Lampung

Nah dengan adanya fasilitas yang telah disebutkan diharap mampu memberi penilaian lebih dari para pengunjung Museum Lampung. Dan kualitas rating Museum Lampung nantinya dapat mencapai yang terbaik untuk destinasi wisata juga tempat edukasi.

Jam Buka

jam buka museum lampung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104161071885199153208

Destinasi wisata Museum Lampung ini punya jam operasional yang unik dan tidak sama seperti destinasi wisata pada umumnya. Serta perlu diketahui juga, jam buka ini sewaktu-waktu bisa berubah, tergantung situasi juga kondisi di sekitar daerah wisata.

Di waktu ini Museum Lampung hanya dibuka pada hari Selasa sampai hari Minggu saja. Jadi di hari Senin bahkan hari libur nasional juga, destinasi wisata ini tutup.

Sebaiknya kalau Anda ingin berlibur ke Museum Lampung dan masih bekerja bisa ambil cuti kerja terlebih dulu. Untuk jam bukanya sendiri ada perbedaan di hari-harinya, kalau Selasa sampai Kamis buka jam 08.00 sampai jam 13.30.

Hari Jumat bukanya tetap jam 08.00 tapi sampai dengan jam 10.30 saja. Sedangkan hari Sabtu juga Minggu mulai beroperasi jam 08.00 sampai dengan jam 14.00.

Datang juga ke –> Pantai Dewi Mandapa yang mempesona.

Beberapa Koleksi Benda Sejarah di Museum Lampung

koleksi museum lampung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102726543985292404338

Di Museum Lampung banyak benda bersejarahnya, baru saja sampai Anda akan disambut sebuah meriam nan gagah di depan museum. Bahkan meriam ini jadi salah satu ikon dari Museum Lampung itu sendiri.

Ada juga replika dari rumah panggung dimana merupakan identitas rumah adat di kawasan masyarakat Lampung. Bola besi yang begitu besar juga ada di Museum Lampung, dimana pada tahun 1953 digunakan untuk membuka lahan transmigrasi.

Benda-benda bersejarah lainnya disimpan pada lantai pertama Museum Lampung ini, kalau untuk benda-benda kebudayaan ada di lantai kedua.

Kunjungi juga –> The Mandiri Beach Club spot terbaik bermain surfing.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan museum lampung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116251621984945707416

Saat Anda berada di Museum Lampung dijamin bukan hanya bisa berwisata tetapi juga bisa belajar mengenai sejarah Lampung. Karena banyak sekali koleksi yang mengedukasi di dalam Museum Lampung, bahkan di halaman luarnya juga.

Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Museum Lampung:

Wisata Edukasi

Museum Lampung bukan hanya tempat wisata tapi bisa sebagai tempat wisata edukasi, karena museum ini kepunyaan otonomi UPTD Dinas Pendidikan. Dan sengaja dibangun untuk tempat wisata daerah dengan fasilitas melengkapi sarana penelitian juga pendidikan.

Liburan Bersama Keluarga

Disamping sebagai wisata edukasi, Museum Lampung sudah pasti sebagai tempat cocok aktivitas berlibur bersama keluarga. Tempat yang begitu luas mampu membuat Anda beserta keluarga puas berkeliling juga melihat dan memahami berbagai koleksi bersejarah yang ada.

Menonton Film

Disediakan Bioskop Sanak Lampung dengan kapasitas 200 orang untuk aktivitas menonton film. Bukan hanya bisa menghibur, Anda juga bisa belajar karena film yang diputar merupakan film nasional.

Review sebelumnya –> Bukit Sakura yang instagenic.

Tips Berkunjung

tips berkunjung museum lampung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108808005154846001399

Dalam hal tips berkunjung ke Museum Lampung yang bisa Anda terapkan, berikut diantaranya:

  • Cari tahu terlebih dahulu mengenai Museum Lampung yang akan Anda kunjungi ini
  • Siapkan barang bawaan secukupnya yang Anda butuhkan saat di tempat wisata museum
  • Gunakanlah pakaian yang nyaman begitu juga dengan alas kakinya
  • Ikuti aturan yang ada di museum tersebut
  • Ikuti rangkaian kegiatannya dengan santai dan berinteraksi dengan orang lain
  • Patuhi protokol kesehatan seperti yang sudah ditetapkan

Demikian informasi mengenai Museum Lampung yang dapat digunakan sebagai destinasi wisata juga wisata edukasi. Lalu dapatkan kesan yang seru, menyenangkan, juga bertambah ilmu pengetahuan dari berwisata di Museum Lampung ini.

Berlibur di Museum Lampung ini jangan lupakan untuk tetap memperhatikan peraturan yang telah ditetapkan. Jangan lupa juga bawa secukupnya saja perlengkapan pribadi, dan selamat berlibur dengan menyenangkan sambil belajar di Museum Lampung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 + four =