Tempat wisata Buleleng menjadi salah satu destinasi wisata menarik yang ada di pulau Dewata Bali. Buleleng memang dikenal dengan keindahan alam yang mempesona sehingga mampu menjadi daya tarik para wisatawan untuk datang berkunjung. Kawasan Buleleng sendiri berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah Utara serta serta Karangasem di sebelah Timur.

Deretan tempat wisata di Buleleng siap menyambut para pengunjung yang datang, baik itu lokal maupun mancanegara. Suguhan keindahan alam yang memukau siap memanjakan setiap pasang mata yang melihatnya. Tentu saja hal ini bisa dijadikan salah satu alasan untuk mengunjungi Buleleng di rencana perjalanan liburan.

Berikut daftar tempat wisata di Buleleng yang cocok dikunjungi saat hari libur dan akhir pekan tiba :

1. Air Terjun Munduk

tempat wisata di buleleng
Foto : https://www.instagram.com/vany_gil/

Tempat wisata di Buleleng yang satu ini masuk dalam jenis wisata alam. Air terjun munduk sendiri menjadi salah satu air terjun terindah yang ada di Bali.

Lokasi air terjun ini berada di tengah hutan sehingga pemandangan di sekitarnya terlihat asri dan nuansa hijau yang menenangkan. Tidak sampai di situ saja, air terjun bertipe plunge ini juga berada di antara perkebunan cengkeh dan kopi.

Sehingga para wisatawan yang datang bisa memandang dengan jelas suasana perkebunan indah yang ada di sana.

Menikmati suasana sembari melepas rasa lelah di tempat ini tentu bisa menjadi alternatif supaya pikiran dan tenaga kembali fresh. Terlebih lagi mengajak serta teman ataupun keluarga untuk menikmatinya, tentu akan lebih seru.

2. Danau Tamblingan

wisata buleleng bali
Foto : https://www.instagram.com/gunphotographer/

Danau tamblingan ini berada di desa munduk tepatnya di kecamatan Banjar, Buleleng Bali. Bagi para wisatawan yang mencari destinasi wisata berupa danau, maka Danau tamblingan ini bisa menjadi salah satu rekomendasi terbaik.

Danau ini sering disebut-sebut sebagai danau yang terindah pemandangannya. Terlebih lagi saat senja tiba, pengunjung bisa menyaksikan betapa indahnya pemandangan matahari tenggelam di ufuk Barat.

Latar belakang pemandangan alam yang ada di sekitar wisata di Buleleng menarik dan indah untuk dijadikan background foto yang bagus.

3. Air Terjun Bertingkat

buleleng wisata baru
Foto : https://www.instagram.com/aloha.channel/

Wisata alam berupa air terjun ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang tidak kalah menarik. Air terjun bertingkat ini berada di desa Gitgit tepatnya di kecamatan sukasada Buleleng Bali.

Para pengunjung yang datang ke lokasi wisata ini bisa menikmati pemandangan alam yang indah serta suasana yang menenangkan. Untuk bisa menikmati wisata Buleleng ini, butuh waktu sekitar 15 menit berjalan kaki dari lokasi parkir untuk bisa sampai.

4. Pantai Penimbangan

wisata kabupaten buleleng
Foto : https://www.instagram.com/komangedy/

Pantai penimbangan ini juga tidak kalah recommended untuk dikunjungi ketika hari Libur telah tiba. Meskipun bukan wisata terbaru di Buleleng, tempat ini tetap menarik untuk dikunjungi.

Berburu kuliner di destinasi wisata ini juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan karena tersedia warung-warung dan juga restoran. Aneka makanan seperti roti bakar, jagung bakar serta kuliner khas Buleleng seperti tipat blayag bisa ditemukan di tempat wisata ini.

5. Air Panas Banjar

keindahan wisata buleleng
Foto : https://www.instagram.com/daaiieeoo/

Tempat wisata yang satu ini bisa dikatakan sebagai salah satu yang difavoritkan para pengunjung ketika datang ke Buleleng Bali. Air panas Banjar ini menjadi area yang tepat untuk para pengunjung berendam badan menjadi lebih rileks dan segar.

Biasanya para wisatawan yang datang akan berendam, mengingat khasiat air panas yang dikenal bisa membantu mengobati penyakit kulit. Benda sekaligus melihat pemandangan alam sekitar di lokasi ini tentu menjadi kegiatan yang menyenangkan dan akan berkesan.

6. Banyuwedang

wisata di buleleng bali
Foto : https://www.instagram.com/candrabalon/

Banyuwedang ini merupakan obyek wisata di Buleleng berupa pemandian air panas yang lokasinya berada di tepi laut Buleleng. Disini sendiri selain bisa dijadikan tempat berendam, sekaligus juga tempat untuk melihat pemandangan alam yang begitu indah di sekitarnya.

Di lokasi ini, para pengunjung bisa melihat pemandangan laut yang indah karena lokasinya yang dekat dengan laut. Suhu air panas disini mencapai 40 derajat Celcius sehingga bisa memberikan kesegaran tersendiri sekaligus menghilangkan rasa lelah.

Ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti warung makanan dan minuman, tempat parkir ruang ganti dan juga toilet.

7. Air Terjun Banyumala

wisata di kabupaten buleleng bali
Foto : https://www.instagram.com/balilivin/

Air terjun banyumala ini berlokasi di banyumala di dasar Lembah Desa Wanagiri sukasada Buleleng Bali. Di bagian bawah air terjun terdapat kolam dengan diameter 15m yang terbentuk secara alami dengan kedalaman mencapai dada orang dewasa.

Bagi pengunjung yang ingin berenang, tentu akan sangat berkesan dan menyenangkan karena pemandangan alam di sekitarnya begitu indah. Bagi yang tidak bisa/ingin berenang, bisa memilih untuk berendam di pinggir kolam sembari menikmati pemandangan mempesona.

8. Pantai Pemuteran

tempat wisata hits di buleleng
Foto : https://www.instagram.com/annatravelfood/

Objek wisata di Buleleng berupa pantai pemuteran ini berada di desa pemuteran tepatnya di kecamatan gerokgak Buleleng Bali. Pantai ini memiliki pemandangan alam yang memesona dan cocok dijadikan lokasi untuk melihat sunrise maupun sunset.

Pesisir pantai ini memiliki panjang sekitar 6 km dengan latar belakang pemandangan berupa perbukitan hijau yang didominasi oleh pohon kelapa. Biasanya salah satu aktivitas favorit bagi para wisatawan mancanegara ini adalah berjemur sambil menikmati hembusan angin dari arah laut.

9. Air Terjun Tembok Barak

tempat wisata malam di buleleng
Foto : https://www.instagram.com/haiboniii/

Air terjun tembok barak ini hadir dengan pesona alam yang masih asri serta nilai budaya dan keramahan penduduk sekitar. Tempat Perhatikan dengan nuansa kekinian sehingga menjadi salah satu daya tarik untuk dikunjungi.

Air terjun ini juga memiliki nama lain diantaranya yaitu Air Terjun Sambangan dan tembok barak waterfall. Objek wisata ini statusnya sedang berkembang sehingga sampai saat ini terus upayakan untuk dapat menarik minat para pengunjung datang.

Aktivitas lain yang biasa dilakukan pengunjung yaitu tracking sembari melihat pemandangan di sepanjang jalan yang begitu asri. Dengan adanya persawahan dan rumah-rumah warga yang diberi ornamen khas Bali.

10. Pantai Lovina

wisata buleleng
Foto : https://www.instagram.com/waltergraph/

Nama pantai yang satu ini memang sudah cukup familiar Untuk didengar yaitu Pantai Lovina. Meskipun bukan tempat wisata di Buleleng terbaru, tempat wisata ini tetap eksis hingga saat ini.

Selain itu, di pantai ini para pengunjung bisa menemukan banyaknya resort-resort yang tersedia untuk dapat dijadikan tempat menginap. Alhasil wisatawan bisa berlibur dengan mudah tanpa khawatir akomodasi penginapannya.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Bali menyajikan destinasi terbaru yang cocok untuk berlibur bersama keluarga.

11. Air Terjun Aling Aling

wisata di buleleng
Foto : https://www.instagram.com/purba_baliholiday/

Air terjun Aling Aling yang berada di Buleleng ini juga menjadi salah satu yang cukup populer di kalangan wisatawan. Lokasi objek wisata Air Terjun aling-aling ini berada di sukasada tepatnya Kelurahan Sambangan.

Daya tarik utama dari air terjun ini selain airnya yang jernih dan indah, pemandangan alam sekitarnya juga menakjubkan dan menenangkan. Oleh sebab itu cocok untuk dijadikan tempat melepas lelah dan bersantai supaya pikiran lebih fresh.

12. Brahma Vihara Arama

Brahma Vihara Arama
Foto : https://www.instagram.com/wirsindmalraus/

Objek wisata bernama brahmavihara-arama ini merupakan tempat ibadah agama Buddha paling besar yang ada di Bali. Lokasi tempat ini berada di perbukitan Desa Banjar, Buleleng Bali.

Vihara ini sendiri didirikan oleh Bante Giri Rakhito Mahathera tepatnya pada tahun 1958. Bagian halaman Vihara brahmavihara Arama ini terbagi menjadi tiga yaitu utama Mandala Madya dan Nista.

13. Air Terjun Sekumpul

air terjun sekumpul
Foto : https://www.instagram.com/aradika__/

Air terjun Sekumpul ini menawarkan keindahan 2 air terjun yang berdampingan. Pesona air yang jatuh dari atas tebing memberikan suara gemuruh yang begitu khas serta menenangkan.
Oleh sebab itu, tempat ini cocok untuk dijadikan area refreshing sekaligus melepas lelah. Para pengunjung bisa melihat banyaknya pepohonan besar yang hijau dan asri di sekitar area tebing tempat air terjun mengalir.

Untuk sampai ke lokasi ini, pengunjung bisa tracking dan tentunya cukup menguras tenaga. Namun semua itu akan terbayarkan dengan keindahan air terjun yang penuh pesona.

14. Gedong Kirtya

Gedong Kirtya
Foto : https://www.instagram.com/gegeb33/

Objek wisata berupa museum ini berada di Singaraja Buleleng. Tempat ini juga menjadi salah satu favorit para wisatawan karena selalu ramai dikunjungi.

Pada bagian luar bangunan ini akan terlihat adanya arsitektur kuno dan ada ribuan koleksi lontar tersimpan rapi di dalam kotak. Yang disebut dengan keropak, panjang keropaknya sendiri mencapai sekitar 60 cm.

Biasanya tempat ini juga dikunjungi oleh peneliti yang biasanya sangat tertarik untuk melihat lontar.

15. Air Terjun Fiji

objek wisata di buleleng
Foto : https://www.instagram.com/iwviicks/

Air terjun Fiji ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang indah sehingga menarik untuk dikunjungi ketika berada di Buleleng Bali. Wisata alam indah ini terdiri atas tiga buah air terjun yang juga disebut sebagai triple waterfall.

Pemandangan alam di sekitar air terjun begitu asri dan menenangkan sehingga cocok untuk pengunjung yang ingin merelaksasi diri. Untuk bisa mencapai lokasi air terjun, pengunjung akan menemukan adanya 6 parkir yang terpisah di sepanjang jalan.

Untuk pengunjung yang berencana berjalan kaki untuk sampai ke objek wisata Air Terjun Fiji. Disarankan untuk parkir di paling bawah supaya tidak terlalu jauh berjalan.

16. Taman Nasional Bali Barat

tempat wisata di buleleng
Foto : https://www.instagram.com/laraskresna/

Objek wisata Taman Nasional Bali barat juga bisa menjadi salah satu pilihan ketika berkunjung ke Buleleng. Taman Nasional Bali barat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan baik itu yang berasal dari wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Daya tarik dari tempat wisata ini yaitu adanya habitat satwa langka, terumbu karang, sumber air panas dan masih banyak lagi. Adapun habitat satwa langka yang ada di Taman Nasional Bali barat ini terdiri atas burung, mamalia, reptil dan ikan.

Pemandangan alam di sekitarnya juga indah karena memadukan ekosistem laut dan darat. Dengan adanya hutan pantai, hutan musim, hutan hujan, dataran rendah, hutan mangrove, river rainforest, savana dan Evergreen.

17. Pura Ponjok Batu

Pura Ponjok Batu
Foto : https://www.instagram.com/yukmecekrekan/

Pura ponjok Batu ini berada di lokasi berupa pepohonan tua beserta dengan Bukit di sekitarnya yang membuat semakin indah. Di sekitar tempat wisata di Buleleng Bali ini juga terdapat pemandangan laut yang tenang sehingga menghadirkan suasana yang berbeda.

18. Danau Buyan

obyek wisata di buleleng
Foto : https://www.instagram.com/valerie_dierckx/

Danau Buyan ini juga mempunyai daya tarik tersendiri di kalangan wisatawan karena pesona keindahan alamnya yang begitu memukau. Destinasi indah ini merupakan salah satu dari tiga Danau Kembar yang terbentuk secara alami dari sebuah kaldera berukuran besar.

Wisata alam Buleleng Danau Buyan ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti area parkir, kamar mandi, tempat istirahat dan lainnya. Oleh karena itu pengunjung bisa lebih nyaman selama berada di tempat wisata ini.

Untuk bisa sampai ke tempat wisata ini, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Namun jika menggunakan kendaraan umum berupa bis maka harus dilanjutkan lagi dengan ojek.

19. Krisna Funtastic Land

tempat wisata di buleleng terbaru
Foto : https://www.instagram.com/infobadungbali/

Tidak melulu dengan wisata alamnya, Buleleng juga memiliki objek wisata Wahana rekreasi di jalan Seririt Singaraja. Objek wisata ini diberi nama Krisna Funtastic Land bisa dijadikan tempat wisata malam di buleleng.

Selain itu bagi para pengunjung yang ingin berselfie, terdapat sebuah foto selfie yang bernuansakan seperti di luar negeri. Tempat ini bisa dijadikan salah satu pilihan tempat wisata anak di Buleleng.

Bagi pengunjung yang ingin berburu wisata kuliner juga tersedia foodcourt. Yang dimana disini di jual makanan ringan dan juga berbagai aneka minuman yang bisa dipilih sesuai selera.

20. Kubu Hobbit Pedawa

tempat wisata alam di buleleng
Foto : https://www.instagram.com/agung._.intan/

Wisata di buleleng bali bernama kubu hobbit pedawa ini juga memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Walaupun daya tarik utamanya berupa rumah Hobbit yang terbilang unik baik itu dari segi bentuk maupun penataannya.

Rumah Hobbit sendiri berbentuk mini dimana pada bagian depan rumah terdapat tanaman bunga segar sehingga cukup unik dan menarik. Udara disekitar kubu hobbit ini juga masih segar dengan adanya kubu hobbit.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Badung menyajikan wahana dengan spot kekinian.

21. Wana Ayu Waterfall

wisata terbaru di buleleng
Foto : https://www.instagram.com/ananta.pradnyana/

Tempat wisata alam di Buleleng bernama wanahayu Waterfall ini pemandangan alam yang eksotis karena masih begitu terjaga. Berkunjung ke air terjun Wana Ayu ini akan menyuguhkan pemandangan alam yang begitu indah dan menenangkan.

Nuansa alam yang masih asri dan belum dan belum terjamah banyak oleh manusia, membuat tempat wisata ini begitu alami. Suara air yang mengalir serta percikkan tampias air terjun membuat suasana menjadi lebih rileks dan menyegarkan.

Berkunjung ke lokasi wisata ini bersama dengan teman ataupun keluarga tentu akan lebih menyenangkan.

22. Pulau Menjangan

tempat wisata keluarga di buleleng
Foto : https://www.instagram.com/alam_indonesia/

Menjangan ini juga menjadi salah satu objek wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi ketika hari libur tiba. Destinasi indah ini berada di barat Pulau Bali dengan luas sekitar 1500 x 500 m.

Pulau ini dihuni oleh Menjangan yaitu sebutan untuk jenis rusa liar dan menjadi bagian dari taman nasional Bali Barat. Wilayah di sini mah terbilang masih alami dan tidak terlalu ramai. Meskipun bukan buleleng wisata baru, tempat ini tetap diminati.

23. Wanagiri Pucak Manik Waterfall

Wanagiri Pucak Manik Waterfall
Foto : https://www.instagram.com/sethsetiadha/

Tempat wisata bernama Wanagiri pucak manik Waterfall ini dari sekian banyak tempat wisata menarik yang ada di Buleleng. Daya tarik utama dari air terjun ini berupa keindahan wisata buleleng alam yang menawan serta air terjunnya yang juga indah.

Oleh sebab itu, tempat ini cocok untuk dijadikan lokasi melepas segala rasa lelah dan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Suasana di lokasi wisata ini cukup mendukung untuk bisa menenangkan pikiran dan menikmati suasana alam dengan lebih tenang.

24. Pura Beji Sangsit

tempat wisata di buleleng bali
Foto : https://www.instagram.com/yudi_anggready/

Pura Beji sangsit ini menjadi salah satu tempat wisata yang ada di Buleleng Bali. Penduduk di sekitar lokasi wisata ini dikenal ramah dengan para turis dalam negeri maupun asing.

Sehingga memberikan daya tarik dan minat tersendiri bagi para pengunjung untuk datang.

Menikmati pemandangan alam di sekitarnya serta suasana yang ada di tempat wisata ini sungguh memanjakan pengunjung. Di tempat ini terdapat berbagai fasilitas seperti kamar mandi area parkir rumah makan penginapan tempat beristirahat dan lainnya.

25. Bendungan Gerokgak

Bendungan Gerokgak
Foto : https://www.instagram.com/leong_batuu/

Objek wisata berupa bendungan ini berada di desa gerokgak Buleleng Bali. Untuk bisa sampai, pengunjung harus melewati perjalanan sekitar 3 km dari jalan raya Seririt menuju Gilimanuk ke arah selatan.

Selain difungsikan sebagai bendungan, Bendungan ini juga diminati oleh banyak pengunjung untuk dijadikan objek wisata dari berbagai daerah. Waduh nya juga digunakan untuk sumber irigasi persawahan penduduk lokal yang ada di sekitar.

Penduduk setempat juga sering memancing di waduk yang dibendung oleh bendungan gerokgak. Selain menyalurkan hobi, para pemancing bisa menikmati alam sekitarnya yang indah.

26. Taman Kota Singaraja

taman kota singaraja
Foto : https://www.instagram.com/tri_januariawan99/

Taman Kota Singaraja ini berada di Penarukan Buleleng Buleleng Bali. Objek wisata ini mempunyai daya tarik dan bisa dijadikan tempat wisata keluarga di Buleleng.

Wisata ini termasuk salah satu yang ramai dikunjungi baik itu pada pagi maupun sore hari terlebih lagi saat libur tiba. Aktivitas yang bisa dilakukan di taman kota ini juga cukup beragam mulai dari duduk santai ataupun melakukan olahraga.

Bersantai di sini memang memberikan nuansa tersendiri karena tempatnya terbilang nyaman dan menenangkan.

27. Pura Maduwe Karang

Pura Maduwe Karang
Foto : https://www.instagram.com/limdonald/

Pura maduwe Karang ini memiliki daya tarik berupa keindahan alam di sekitarnya yang begitu memikat. Tempat ini juga sering dijadikan sebagai destinasi wisata oleh para pengunjung.

Wisata di kabupaten buleleng Bali ini, terdapat berbagai fasilitas yang memudahkan para pengunjung yang datang. Adapun beberapa fasilitas yang dimaksud ialah seperti area parkir untuk kendaraan, kamar mandi, gambar beristirahat penginapan dan fasilitas-fasilitas lainnya.

28. Bukit Teletubbies Kubutambahan

tempat wisata anak di buleleng
Foto : https://masbrooo.com/

Bukit Teletubbies Kubutambahan ini juga menjadi salah satu tempat wisata hits di buleleng yang cukup digemari. Meskipun terlalu mirip dengan bukit Teletubbies yang diperlihatkan di televisi.

Tempat ini bisa dijadikan alternatif untuk bisa merasakan sensasi berada di atas gundukan gundukan lembah hijau yang indah.

Apalagi pemandangan alam yang ada disekitarnya begitu menawan dan memanjakan setiap mata yang melihatnya. Berburu foto-foto ciamik di bukit Teletubbies ini, menjadi salah satu kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan.

29. Puri Agung Singaraja

wisata alam buleleng
Foto : https://www.travellingbali.com/

Tempat wisata Puri Agung ini berada di Singaraja Buleleng Bali. Penduduk sekitar yang ada di lokasi wisata juga terkenal ramah kepada pengunjung sehingga menarik minat para traveler untuk explore.

Objek wisata ini sudah mulai dikunjungi para wisatawan mancanegara, berbagai fasilitas juga sudah tersedia di objek wisata ini. Seperti area untuk parkir kendaraan, rumah makan, tempat beristirahat kamar mandi dan berbagai fasilitas lainnya.

30. Pura Pulaki

tempat wisata di buleleng
Foto : https://www.instagram.com/dwi_prasetyawan/

Objek wisata yang satu ini dibangun di atas tebing berbatu menghadap ke laut. Adapun daya tarik dari wisata buleleng Bali ini yaitu pemandangan alam di sekitarnya yang indah.

Bukit berbatu terjal dan juga kering bagian depannya membentang laut luas sehingga menghasilkan pemandangan yang memesona dan eksotis. Para pengunjung yang datang bisa menikmati langsung pemandangan alam yang indah ini serta nuansa yang ada.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Bangli yang terbaru dan juga hits dengan spot kekinian.

Demikian informasi mengenai deretan tempat wisata di Buleleng yang cocok dikunjungi saat hari libur tiba. Setiap tempat wisata di Buleleng ini siap memanjakan para pengunjung dengan pesona keindahannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 4 =