Danau Toba adalah salah satu destinasi populer Indonesia yang terletak di Pulau Samosir Provinsi Sumatera Utara. Siapa yang tak kenal dengan tempat ini, disebut-sebut sebagai danau terbesar di Indonesia dengan segudang daya tarik alam mempesona.

Wisata Danau Toba bisa anda jadikan sebagai tujuan mengisi waktu luang selanjutnya bersama dengan orang-orang tercinta. Meski banyak yang belum pernah datang kesini, namun sepertinya hampir semua orang Indonesia tau akan Danau Toba Medan.

Disebut juga sebagai danau vulkanik terbesar di dunia, karena dahulu kala disini menjadi lokasi letusan gunung berapi super masif. Anda bisa memasukan wisata Sumatera Utara hits satu ini ke dalam rencana kunjungan liburan selanjutnya dan temukan sendiri keseruannya.

Daya Tarik Danau Toba

daya tarik Danau Toba
Foto : https://www.instagram.com/saragih_erick/

Segudang daya tarik berupa panorama alam yang dimiliki, membuat Danau Toba ini jadi incaran banyak wisatawan. Wajar rasanya jika dinobatkan sebagai danau terbesar di Indonesia, karena panjang danaunya diperkirakan mencapai 100 kilometer atau 62 mil.

Kedalaman Danau Toba sekitar 508 meter atau 1.667 ft dan lebar danaunya mencapai 30 kilometer/19 mil. Ketinggian permukaan wisata Danau Toba diperkirakan mencapai 900 meter atau 953 ft.

Terletak di tengah-tengah pulau Sumatera bagian utara dengan didalamnya memiliki pemandangan alam luar biasa yang tiada duanya. Sejauh mata memandang, anda akan menyaksikan hampran luas air menggenang yang bikin tenang.

Saat anda tengah dilanda kepenatan, maka sangat pas bila berkunjung ke Danau Toba Sumatera bersama teman atau keluarga. Semilir angin dan nuansa sejuk turut membuat siapapun yang berkunjung akan merasakan nyaman sekaligus betah.

Jadi tunggu apalagi, anda bisa menjadikan Danau Toba sebagai tujuan mengisi waktu senggang agar lebih berwarna. Aneka view memikat menjadikan destinasi ini sangat rekomended dan jangan sampai anda lewatkan.

Harga Tiket Masuk Danau Toba

harga tiket masuk danau toba
Foto : https://www.instagram.com/safarnst_/

Meski tergolong tempat wisata Sumatera paling populer namun nyatanya untuk bisa berlibur disini tak membutuhkan banyak biaya. Terbukti dari tiket masuk area wisatanya saja, menerapkan tarif yang amat sangat murah meriah.

Pada saat tulisan ini dimuat, harga tiket masuk Danau Toba hanya sebesar Rp10.000 per orangnya. Selain itu para wisatawan juga harus membayar retribusi parkir, apabila membawa kendaraan pribadi.

Perlu digaris bawahi juga untuk ketentuan biaya tiket masuk wisata Danau Toba bisa berubah sewaktu-waktu. Namun satu yang pasti, memilih liburan di Danau Toba Medan tak akan membuat anda harus merogoh kocek terlalu dalam.

Ketika berlibur ada baiknya membawa uang lebih untuk mendukung segala keperluan dan keinginan selama di tempat wisata. Seperti halnya Danau Toba ini menawarkan aktivitas berkeliling dengan menaiki perahu yang bisa anda sewa.

Tak perlu khawatir soal biaya, tarif untuk perahu wisata Danau Toba tergolong ekonomis dan ramah dikantong.

Jam Buka

jam buka danau toba
Foto : https://www.instagram.com/saragih_erick/

Kapan waktu terbaik berkunjung ke Danau Toba? tentu saja jawabannya adalah pada saat hari masih cerah. Pagi hingga sore hari merupakan waktu dimana landscape alam di Danau Toba nampak begitu menakjubkan.

Terutama pagi hari, dimana suasana disini begitu segar, sejuk dan minim polusi. Begitupun saat sore hari, anda bisa merasakan nuansa menenangkan dengan semilir angin sepoi-sepoi.

Mengingat lokasi Danau Toba yang berada di beberapa daerah, ada juga yang masih buka sampai malam hari. Dan tak sedikit warung-warung atau cafe yang berada di tepian Danau Toba selalu beroperasi dari pagi hingga larut malam.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat danau toba
Foto : https://www.instagram.com/mommy_yaniee/

Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa lokasi Danau Toba ini berada di kepulauan Samosir Sumatera Utara. Dikelilingi oleh 7 Kabupaten sekaligus, memungkinkan anda untuk menikmati indahnya Danau Toba dari mana saja.

Tujuh Kabupaten yang dimaksud yakni Simalungun, Dairi, Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Samosir dan Karo. Anda bisa memilih kota terdekat untuk bisa melihat beragam panorama memikat wisata Danau Toba.

Hampir semua Kabupaten dimana Danau terbesar di Indonesia ini berada, letaknya cukup mudah diakses. Baik menggunakan kendaraan roda dua atau empat yang akan melalui jalur utama dilengkapi plang petunjuknya.

Para pengunjung dapat menuju danau vulkanik terbesar di dunia ini dari Bukit Holbung, salah satu wisata Samosir hits. Jika dari Bukit Holbung hanya sekitar 29,6 km untuk menuju Danau Toba.

Fasilitas

fasilitas danau toba
Foto : https://www.instagram.com/fopem.mikhael04/

Menjadi salah satu daya tarik wisata fenomenal di Sumatera Utara, menjadikan Danau Toba selalu ramai akan wisatawan. Baik itu ketika hari biasa atau weekday sampai dengan akhir pekan dan musim liburan.

Tidak hanya wisatawan yang berasal dari sekitaran Sumatera, melainkan banyak juga turis mancanegara. Guna menunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh pengunjung, wisata Danau Toba dilengkapi oleh sarana prasarana memadai.

Berikut ini fasilitas Danau Toba yang diantaranya :

  • Area parkir kendaraan luas
  • Jasa pemandu wisata
  • Layanan informasi Danau Toba
  • Toilet umum / mck
  • Mushola
  • Fasilitas air bersih
  • Tempat bersantai
  • Bangku dan kursi
  • Area bermain anak
  • Penginapan
  • Rumah makan
  • Penjaja aneka cendramata
  • Warung wisata
  • Spot foto menarik

Nikmati serunya menghabiskan waktu libur anda dengan explore wisata Danau Toba bersama orang-orang tercinta. Menyaksikan secara lebih dekat danau super luas ini yang keindahannya begitu luar biasa.

Dapatkan pengalaman liburan berkesan dan sulit terlupakan dengan mencari tahu seputar misteri Danau Toba. Misteri Danau Toba ini tentu saja menjadi salah satu daya tarik yang membawa banyak pelancong datang kesini.

Spot Terbaik di Danau Toba

spot terbaik danau toba
Foto : https://www.instagram.com/mario_geraldii/

Duduk santai, jalan-jalan, berburu kuliner, berkeliling danau, berburu kuliner merupakan hal-hal menarik yang perlu anda coba saat berkunjung. Namun ada satu hal yang belum disebutkan, yakni berfoto-foto ria memanfaatkan panorama menawan di Danau Toba.

Kanan kiri sekitaran wisata Danau Toba dipenuhi oleh berbagai view alam mengagumkan. Seperti perbukitan, pegunungan, hutan, kawasan hijau dan masih banyak lagi.

Sekilas, mungkin anda akan bisa melihat beberapa pemandangan alam seperti bekas sebuah letusan. Karena memang, Danau Toba berasal dari letusan dahsyat sebuah gunung api super masif sekitar 69.000-77.000 tahun yang lalu.

Itulah alasan mengapa destinasi satu ini disebut sebagai danau vulkanik terbesar di dunia, keren ya? Banyaknya landscape alam menakjubkan membuat anda akan dengan mudah menemukan spot terbaik di Danau Toba untuk swafoto.

Tips Berkunjung

tips berkunjung danau toba
Foto : https://www.instagram.com/ricky_jalanjalan/
  • Musim panas dengan cuaca alam yang bershabat adalah saat terbaik datang berwisata ke Danau Toba.
  • Apabila hari dimana anda akan pergi liburan ke Danau Toba nampak mendung atau turun hujan, sebaiknya tahan dulu rencana tersebut.
  • Wajib ikut serta dalam menjaga kebersihan serta keberlangsungan wisata Danau Toba Sumatera Utara.
  • Hati-hati dalam setiap berkegiatan di Danau Toba selama liburan, agar semua berjalan sesuai harapan.

Jadi itulah ulasan singkat yang sudah anda ikuti mengenai wisata Danau Toba yang populer sebagai salah satu tujuan rekreasi. Tak usah ragu atau perlu memikir dua kali untuk datang dan jelajah indahnya alam di Danau Toba Sumatera Utara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 4 =