Pantai Bopong inilah dia salah satu keindahan dari kebumen yang bisa dijadikan alternatif bagi wisatawan mengunjungi kebumen. Kawasan ini tidak kalah indahnya dengan beberapa pantai yang ada di kebumen seperti, pantai Petanahan, pantai suwuk. Apalagi, kawasan kebumen tergolong pantai selatan yang mempunyai esoktisme soal air laut.

Ada banyak hal yang tidak bisa disangkal mengenai keindahan tempat ini. Bahkan, beberapa wisatawan dari luar kota Kebumen pun mengakuinya. Terlebih lagi, menikmati makanan disini adalah salah satu hal wajib. Konon masakannya enak-enak, melebihi masakan di restoran bintang lima sekali pun.

Nama kawasan ini memang belum terlalu ternama. Jadi, sebagian besar wisatawan tidak tahu. Bila tempat kawasan ini adalah pantai terindah di kebumen. Penasaran dengan seluk-beluk pantai, mari langsung saja kita simak penjelajahan kawasan pantai bopong, di bawah ini.

Baca juga: Daftar tempat wisata di kebumen terbaru yang kami rekomendasikan untuk anda.

Tentang Pantai Bopong

foto pantai bopong kebumen
foto: https://www.instagram.com/adeavnan/

Satu kata yang pasti terlihat di kawasan ini adalah keindahan pantainya yang biru membiru. Begitu pula dengan hamparan pasir yang mempesona.

Inilah yang menjadi daya pikat dari kawasan ini. selain menghadirkan sesuatu yang baru, kawasan ini pun mampu menghadirkan apa yang diinginkan oleh wisatawan.

Salah satunya spot foto yang aduhai. Disinilah kawasan yang pada hari minggu pagi banyak dikunjungi para penikmat foto. Mereka seakan berjajajr dan melukis diatas sebuah gambar alam yang megesankan. Melalui mereka pula tempat ini, mempunyai nama, memiliki pasar yang bisa dimaksimalkan

Kebanyakan dari para wisatawan ini akan menikmati pantainya saja. tetapi, banyak yang belum tahu bahwa sisi timur dari kawasan ini adalah sebuah aliran sungai yang menarik untuk dikunjungi. Bahkan dijadikan pula, sebagai salah satu titik spot yang tidak boleh terlewatkan.

Nah, uniknya lagi, tempat ini dijadikan sebagai salah satu pantai yang digunakan sebagai tempat pengembangbiakan penyu. Jadi, beberapa waktu, wisatawan bisa melihat bagaimana tempat ini akan melepas para tukik-tukiknya ke lautan. Atau melihat telur penyu ini menetas.

Baca juga: wisata pantai ayah kebumen yang tak kalah indahnya dengan bopong.

Laguna

Inilah dia aliran sungai yang disebutkan di atas. Bisa di bilang laguna ini adalah pantai bopong terbaru. Dimana keindahannya yang sangat mempesona. Disinilah banyak wisatawan yang memanfaatkan kawasan ini sebagai tempat selfie.

Oleh karena ini, jangan heran bila pada saat week end, kawasan ini akan selalu penuh oleh banyak pengunjung yang hobi selfie.

Bagi warga kebumen, kawasan laguna  pantai bopong kabupaten kebumen disebut juga dengan nama Kali Gajah. Karena, bagi mereka kawasan ini dahulunya sangat luas seperti gajah. Oleh karena itu, disebutlah dengan nama kaki gajah.

Keindahan kawasan ini berada di bukit-bukit kecil yang terhampar luas. Wisatawan pun, bisa mencoba untuk mendaki bukit-bukit ini. Dari atas tebing ini, wisatawan bisa menikmati pantai bopong dan laguna. Semuanya benar-benar seperti gambar dalam sebuah lukisan tangan-tangan ternama.

Bukit-bukit atau juga tebing ini seperti sebuah gundukan pasir. Dimana, sekelilingnya dipenuhi oleh sungai-sungai yang warna airnya pun cukup jernih.

Air dari sungai inilah yang nantinya akan bermuara ke pantai. Sehingga, pesonanya pun bisa dibilang sangat kece. Wisatawan pun juga bisa mengelilingi laguna ini.

Karena, di laguna ini sudah dibangun paving-paving yang cukup ramah bagi wisatawan. Paving ini kurang lebih berjarak sekitar 200 meter.

Coba wisatawan rasakan saat ayunan langkah kaki menghampri setiap sudut jalan. Hembusan angin pantai akan terasa, sehingga wisatawan bisa merasakan keteduhan dan kedamaian yang abadi.

Simak juga ulasan kami sebelumnya mengenai wisata pantai cipatujah yang mempunyai banyak spot foto menarik.

Jembatan

jembatan di pantai bopong
foto: https://www.instagram.com/ginanjar_subekti/

Laguna pantai bopong kebumen jateng ini memiliki spot genic yang wajib untuk dikunjungi. Karena, selain menawarkan sisi keindahan.

Titik ini juga menawarkan sisi romantis. Oleh karena itu, banyak pemuda dan pemudi berada disini. mereka memang memanfaatkan setiap momen yang ada.

Spot tersebut berupa jembatan klasik yang terbuat dari kayu. Letaknya berada di ujung laguna, sehingga, wisatawan pun juga bisa melihat pesona senja tenggelam di tempat ini.

Bila berada disini, jangan lupa membawa kamera agar setiap momen bisa diabadikan dengan sempurna. Karena, waktu tak akan pernah bisa kembali seperti sedia kala.

Di sekitar jembatan sudah tersedia beberapa spot lainnya yang bisa mengembalikan memori wisatawan menuju ke masa lalu.

Dimana, ada sebuah perosotan yang menarik, ayunan yang bisa digunakan oleh orang dewasa. Serta pepohonan yang aduhai sekali rindangnya. Jadi, tak salah bila tempat ini dijadikan sebagai tempat favorit.

Lihat juga wisata Pantai Tanjung Bira yang mempunyai pemandangan alam indah.

Spot Sunset

gambar pantai bopong
foto: https://www.instagram.com/amyrizki/

Inilah yang memang selalu ditunggu bila berkunjung ke pantai. Pesona matahari tenggelam yang tidak akan pernah terlupakan terhampar di depan mata. Eloknya lagi, langit di sini sangat memukau. Perpaduan warna antara biru, ungu, dan banyak warna lain yang memang mengesankan.

Saat matahari ini tenggelam, bagi yang tidak pernah ke sini. Mereka akan terhipnotis sekejap, melihat perubahan yang terjadi. Dari yang biasa menjadi yang berwarna. Sungguh, inilah pesona Tuhan yang memang tidak bisa didustakan. Hanya rasa syukur yang bisa terucap untuk segala keindahan ini.

Jangan lupa pula untuk menikmati berbagai macam suguhan kuliner yang mampu menggoda iman.  Rasakan kenikmatan yang sebanding dengan harga dan cita rasa yang disajikan. Terlebih lagi, ada beberpa menu khas yang juga dijual di warung-warung ini.

Cek juga pembahasan mengenai Pantai Buyutan di pacitan yang bisa dijadikan refrensi destinasi selanjutnya untuk dikunjungi.

Alamat Dan Rute Lokasi

rute menuju pantai bopong
foto: https://www.instagram.com/_khofifaaah/

Alamat lokasi kawasan ini berada di Desa Surorejan, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Jarak tempuh dari pusat kota kebumen adalah 24 km. wisatawan pun juga bisa mengakses kawasan ini dari Kabupaten Gombong dengan jarak 20 km.

Perjalanan dari kebumen bisa dimulai dari jalan Ronggowarsito. Kemudian arahkan kendaraan menuju ke jalan petanahan.

Selanjutnya arahkan kendaraan menuju ke kecamatan klirong. Lalu, wisatawan akan sampai di kecamatan petanahan. Setelah berjalan beberapa ratus meter, akan bertemu dengan jalan daendles di pertigaan klirong.

Belok ke kanan lalu, ambil jalan lurus menuju ke pertigaan munggu. Kemudian, lurus terus hingga sampai di kecamatan puring, desa sororejo. Setelah beberapa ratus meter, wisatawan akan menemukan kawasan ini.

Nah, untuk menikmati kawasan laguna sangat mudah. Setelah tiba di pantai, wisatawan diwajibkan untuk berjalan kaki kearah timur. Kurang lebih 500 meter.

Dengan waktu tempuh kurang lebih 15 menit hingga 20 menit saja. sedikit lelah memang, apalagi saat terik matahari. Pasti keringat akan keluar bercucuran. Baca juga: Pantai Cenang Langkawi yang berlokasi di malaysia.

Harga Tiket Masuk

harga tiket masuk pantai bopong
foto: https://www.instagram.com/rachma.rph/

Harga tiket masuk pantai Bopong cukup murah saja hanya perlu membayar 5 ribu rupiah. tetapi, masih ditambah dengan uang parkir sebesar 5 ribu rupiah untuk kendaraan bermotor. Dan, 10 ribu rupiah bagi pengguna mobil.

Bagiamana dengan keindahan yang dimiliki oleh tempat ini? sudahkah menggoda iman wisatawan? Sekiranya, perjalanan ini sudah mencapai titik akhir. Karena, semua yang ada disini, sudah tersebar luas. Sekarang, tinggal ambil tas dan berangkat.

Simak juga ulasan kami lainya tentang Pantai Cahaya Bulan yang kami rekomendasikan untuk anda.

Pergi ke Kebumen dan menikmati pantai Bopong tidaklah rugi. Karena, surganya kebumen terembunyi di wilayah ini. Jadi, kapan kamu mau ajak si dia untuk datang ke kawasan ini? Pantai Bopong sudah menunggumu disini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here