Pantai Angsana mungkin menjadi sebuah objek wisata yang kurang begitu dikenal oleh kebanyakan wisatan. Maklum, saja, kawasan Kalimantan memang jarang sekali tersentuh oleh wisatawan dari berbagai daerah. Tetapi, perlahan, tempat ini mulai mendapatkan tempat di hati para penggemar dunia bawah laut.

Benar sekali, kawasan ini memang dikenal sebagai tempat yang mempunyai surga yang indah di dasar lautnya. Saat ini banyak sekali wisatawan mulai mencari-cari informasi tentang kawasan ini.

Termasuk pula mencari dimana lokasi pantai angsana. Rasa penasaran akan beberapa pesona yang tampak di media sosial memang mampu menggoda iman.

Tentang Pantai Angsana

Tempat ini memang mempesona. Tidak hanya pantainya saja, melainkan ada sisi lain yang menghadirkan keindahan. Sisi lain tersebut adalah pemandangan alam berupa pepohonan yang menjulang tinggi membentuk sebuah kawasan hutan nan elok.

lokasi pantai angsana
foto: https://www.instagram.com/bli_putu_114/

Tempat ini menjadi objek wisata baru bagi warga Kalimantan pada umumnya dan warga Kalimantan selatan pada khususnya.

Kemegahan kawasan ini mulai terasa ketika, pemerintah memberikan perhatian khusus kepada kawasan ini. sebelumnya, pantai angsana hanyalah tempat yang tidak terawat dan kotor.

Pemerintah memang memberikan perhatian khusus untuk kawasan ini. Karena, keindahannya bisa diibaratkan sebagai surga baru yang bisa menambah pendapatan bagi warga sekitar.

Hal itu pula yang sedikit demi sedikit mulai dirasakan oleh sebagain warga.

Baca juga >> 10 Oleh-oleh Khas Banjarmasin

Dunia Bawah Laut

Ada dua hal yang wajib untuk dilakukan di kawasan ini. pertama adalah snorkeling. Dan, yang kedua adalah diving. Keduanya wajib dilakukan bila, wisatawan ingin menikmati tempat ini.

Bila wisatawan pernah pergi ke bunaken atau raja ampat. Maka, keindahannya tidak akan jauh berbeda dari kedua tempat tersebut.

alamat pantai angsana
foto: https://www.instagram.com/salmasaphiraa/

Bahkan, kawasan ini pun dipercaaya bisa lebih indah lagi dibandingkan dengan kedua dunia bawah laut tersebut. Kepercayaan ini diperkuat dengan dukungan masyarakat sekitar yang ikut menjaga terumbu karang dan kehidupan bawah laut tempat ini.

Seperti halnya di bunaken, wisatawan akan disuguhkan dengan terumbu karang nan esoktis. Hewan-hewan laut pun ikut memenuhi kawasan ini.

Mereka seakan mampu bercengkrama dengan para penyelam yang datang.  Sungguh, pengalamanan yang luar biasa diberikan oleh Pantai Angsana kepada para penyelam.

Disini, juga menyediakan peralatan untuk menyelam. Biasanya ada paket tersendiri yang bisa diipilih oleh wisatawan.

Bila, wisatawan membawa peralatan sendiri, wisatawan tinggal menyewa perahu. Enaknya lagi, semua warga disini sangat ramah-ramah.

Seakan-akan, mereka paham benar bagaimana caranya melayani tamu dengan baik. Kesadaran akan pariwisata sudah tumbuh dengan pesat dikawasan ini. Senyum dan kehangatan mereka pun bisa dirasakan sehingga menciptakan sebuah kerinduan.

Spot Menyelam

Berbicara mengenai spot menyelam disini kurang lebih ada tiga tempat. Dimana, setiap spot akan menghadirkan keindahan yang berbeda dan sangat khas. Jadi, disarankan bagi wisatawan untuk mencoba ketiga titik tersebut.

Spot pertama adalah keindahan batu anjir. Keindahannya mampu melelehkan mata. Decak kagum pun tidak akan pernah berhenti untuk ciptaan tuhan ini.

Eloknya pantai angsana menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing untuk datang dan menikmatinya. Menariknya lagi, beberapa warga disini sudah bisa berbahasa inggris.

Di spot kedua, ada sungai dua laut. Pesonanya tidak kalah dengan batu anjir. Hanya saja, disini mempunyai ikan-ikan kecil yang lebih menggemaskan.

Ikan-ikan seakan ingin memberitahu, bahwa disinilah tempat ikan-ikan langka itu berkumpul. Dan, spot terakhir adalah karang Kima.

Menikmati Pantainya

Tidak bisa snorkeling atau diving? Santai, wisatawan bisa menikmati tempat ini dari bibir pantainya. Ada banana boat yang bisa digunakan untuk seru-seruan disini. Ada juga jetski yang mungkin bisa dijadikan alat untuk kebut-kebutan di air

Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati indahnya matahari terbenam yang menyediakan pesona aurora berbeda dari kawasan lain.

harga tiket masuk pantai angsana
foto: https://www.instagram.com/johnsaputra98/

Nah, disini ada sebuah jembatan yang biasanya dipakai untuk adegan romatis-romantisan wisatawan dalam menghadapi sunset cantik ini. Bisa juga dijadikan sebagai spot foto yang tidak boleh ditinggalkan.

Selain itu, wisatawan juga bisa membeli beberapa souvenir yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

Harga-harga yang ditawarkan juga sangat bersahabat. Mulai dari 10 ribu riupiah, wisatawan bisa membawa pulang beberapa hasil karya warga sekitar.

Selain itu, sobat travel juga bisa memanfaatkan kawasan yang luas di area ini untuk mendririkan tenda. Bermalam disini sangat menarik apalagi, saat tengah malam, bintang-bintang serta rembulan akan memenuhi langit. Pemandangan yang luar biasa yang bisa ditangkap saat malam.

Selain itu, sobat travel juga bisa membakar ikan hasil tangkapan. Atau, memanfaatkan beberapa warung-warung yang tersedia disini. ada berbagai macam menu kuliner yang di jual.

Soal cita rasa jangan ditanya deh. Rasanya begitu nikmat dan benar-benar mencerminkan cita rasa khas Kalimantan selatan.

Menariknya lagi, warung-warung disini kebanyakan menyediakan beberapa makanan khas banjar. Seperti soto banjar, Bula-bula Lombok dan berbagai macam olahan ikan dengan bumbu khas banjar. Dijamin, lidah akan bergoyang tanpa henti. Dan wisatawan pun pasti akan nagih lagi dan lagi.

Baca juga >> 10 Oleh-oleh Khas Balikpapan

Alamat Dan Rute Lokasi

Alamat kawasan ini berada di Jl. Sawit KM 8, Bunati, Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Jarak pantai angsana dari Banjarmasin kurang lebih ditempuh dengan waktu 5 jam.

Pantai Angsana ini hanya berjarak 8 km dari jalan trans-kalimanatan. Jalan menuju pantai angsana adalah Banjarmasin menuju ke banjarbaru.

Lalu arahkan kendaraan menuju ke plaihari, Arahkan lagi menuju ke asem-asem dan kintab. Menuju pantai angsana sungai danau. Terakhir adalah Desa Angsana.

Harga Tiket Masuk

Tempat ini memang sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah dan masyarakat sekitar. oleh karena itu, wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk kawasan ini.

penginapan di pantai angsana
foto: https://www.instagram.com/fazrin_zen/

Hanya cukup membayar uang parkirnya saja. Bila mobil akan ditarik 10 ribu rupiah. Bila menggunakan kendaraan bermotor akan ditarik 5 ribu rupiah.

Wisatawan pun juga bisa menyewa peralatan snorkeling dengan harga 50 ribu rupiah. Untuk spot menyelam wisatawan bisa menyewanya dengan harga kisaran 400 ribu hingga 600 ribu rupiah. Dimana, semua peralatannya lengkap dan memenuhi standar keselamatan nasional.

Penginapan

Penginapan pantai angsana lumayan banyak. Ada hotel-hotel yang menawarkan berbagai macam fasilitas yang akan memanjakan wisatawan.

Selain itu, ada juga homestay yang sudah berdiri. Disini, wisatawan bisa merasakan seperti berada di rumah sendiri, menarik bukan?

Atau, wisatawan bisa memanfaatkan penginapan yang paling direkomendasikan yaitu resort pantai angsana. Hargamya cukup mahal, tetapi disini wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai macam fasilitas.

Seperti sarapan pagi dengan menu makanan special, minuman special. Rasanyabegitu nikmat dan tidak usah diragukan lagi. Mungkin, kalau boleh bakal nambah, karena nikmat sekali.

Destinasi Menarik Lainya:

Rasanya, sudah bingung tidak bisa lagi berkata-kata untuk menyampaikan kepada wisatawan tentang keindahan kawasan ini. semuanya sudah tertuliskan sangat jelas. Jadi, tunggu apa lagi, ayo agendakan liburan wisatawan ke Pantai Angsana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here