Jika kalian datang ke kota Wonosobo pasti akan kenal dengan buah carica. Buah yang hanya tumbuh di dataran Tinggi Dieng ini memang menarik banyak wisatawan.

Bentuk produk yang disajikan biasanya berupa manisan buah carica. Ada bermacam merk yang tersedia di area Wonosobo, namun anda perlu berhati-hati.

Setiap produksi pangan pasti membutuhkan standar kualitas masing-masing. Terutama keamanan pangan dan kualitas utama dari produk tersebut. Tak jarang dari para produsen memproduksi dengan cara yang kurang sehat. Akibatnya kesehatan kita dan keluarga yang terkena imbasnya.

Pabrik Carica Sumbing Segar

pabrik carica di Wonosobo

Salah satu merk carica yang menurut mytrip123 berkualitas adalah Carica Sumbing Segar yang diproduksi oleh Oafindo Wonosobo. Tim kami berkesempatan untuk datang ke salah satu home industri dari carica ini.

Pabriknya terletak di desa Reco, Kecamatan Kertek, Wonosobo. Skala produksinya cukup untuk dipasarkan ke segala pasar. Walau masih skala industri rumah tangga namun produksinya mengedepankan kualitas, hingga keamanan pangan.

Setiap konsumen diperbolehkan untuk datang ke tempat ini untuk melihat proses produksi buah khas Dieng. Pakaian yang higienis karyawan hingga ada area bersih untuk pengujung membuat kami percaya akan kualitas dari Carica Sumbing.

Rasa Buah Carica Wonosobo

Rasa buah carica Wonosobo memang bermacam namun memiliki kemiripan antar brand adalah rasa manis dan dibarengi asam segar.

Kami sempat berwawancara dengan salah satu pengurus produksi Carica Sumbing yang bernama mas chafid.

Tim : Bagaimana dengan rasa buah carica?

Chafid : Rasa buah carica jika belum dimasak akan berasa asam sedikit manis jika sudah agak matang. Namun jika masih mentah masih pahit getah.

Tim : Kalau sudah dimasak?

Chafid : Rasa setiap merk carica di Wonosobo hampir sama saja, yang membedakan hanya sedikit rasa dan tentu kualitasnya.

Tim : Emangnya apa saja yang membedakan carica produsen satu dengan yang lainnya?

Chafid : Selain kualitas produksi kadang ada produsen yang nakal hanya memberikan isi buah sedikit, gula sedikit atau bahkan menggunakan gula tidak alami.

Tim : Apakah Carica Sumbing menggunakan gula alami?

Chafid : Kami menggunakan 100% gula alami. Sesuai prinsip Oafindo yaitu memproduksi makanan dengan mengutamakan keamanan dan kualitas pangan.

Tim : Bagaimana untuk bisa menjaga kualitas rasa yang disukai oleh banyak konsumen?

Chafid : Kami menggunakan sistem panel tes setiap sebulan sekali untuk menjaga apakah rasa yang diciptakan masih disukai oleh konsumen.

Manfaat Carica Dieng

Ternyata Carica Sumbing menjadi salah satu carica yang banyak dicari oleh masyarakat. Jika dilihat dari data statistiknya, banyak orang yang mencari Carica Sumbing.

Orang mencari Carica Sumbing selain untuk menikmati rasanya namun juga manfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat buah carica bagi kesehatan tubuh diantaranya adalah :

  • Carica mengandung serat tinggi sehingga baik untuk kesehatan pencernaan terutama melancarkan buang air besar
  • Kandungan enzim papain pada buah carica dapat menetralkan pH dalam usus dan juga membunuh bakteri jahat
  • Vitamin A terkandung dalam jumlah lebih besar dari wortel sehingga baik untuk mata
  • Sebagai media kecantikan karena carica menggandung Vitamin E dan C yang berguna untuk peremajaan kulit

Masih banyak lagi manfaat buah carica dieng untuk kesehatan. Untuk hal inilah banyak orang yang senang menikmati buah carica karena untuk kesehatan tubuhnya.

Foto Produk Carica Sumbing

Berikut yang kami dapatkan beberapa foto Carica Sumbing tentunya banyak tersebar di internet. Namun kami dapatkan langsung dari mas Chafid.

buah carica Wonosobo
Carica Dieng Merk Carica Sumbing Kemasan Cup mini
carica
Carica Sumbing kemasan ekonomis berisi 4 cup mini 120 gram
manisan carica dieng
Carica Sumbing kemasan ekonomis isi 6 cup mini

Foto carica di atas adalah varian Carica Sumbing cup mini (120 gram). Ada yang satu dus isi 4, 6 dan 12 cup. Cocok untuk oleh oleh anda ketika datang ke Wisata di Dieng.

Selain itu juga terdapat kemasan cup besar (220 gram) dan juga kemasan gelas kaca premium untuk anda yang suka kemasan premium.

buah carica dieng
Kemasan gelas kaca lebih premium
carica cup besar
Carica Sumbing ukuran cup besar (220ml)

Asal Usul Buah Carica Dieng

Carica (vasconcellea cundinamarcensis) merupakan buah yang konon hanya tumbuh di Dataran Tinggi Dieng Wonosobo. Buah ini pertama kali datang ke Wonosobo dibawa oleh penjajah belanda.

Carica berasal dari Dataran Tinggi Andes, Amerika Selatan. Buah ini biasa tumbuh pada ketinggian 1500 – 3000 meter diatas permukaan air laut.

Buah ini hampir mirip dengan pepaya namun buahnya lebih kecil. Ketika mentah buah akan berwarna hijau dan mulai menjadi kuning ketika mulai matang.

Carica Menjadi Kuliner Dan Oleh Oleh Khas Wonosobo

Tidak dipungkiri jika perkembangan industri pariwisata di Indonesia begitu pesat. Sama halnya yang terjadi di Wonosobo.

Tempat wisata di Wonosobo akhir-akhir ini mulai terkenal baik di kanca Nasional maupun Internasional. Tempat wisata tersebut diantaranya adalah Dieng, Telaga Menjer, Lubang Sewu dan masih banyak yang lain.

Karena peningkatan sektor wisata tersebut juga berpengaruh terhadap permintaan oleh oleh dan kuliner khas Wonosobo. Salah satunya carica yang menjadi ikon utama dan oleh oleh khas Wonosobo yang paling terkenal.

Manisan Carica Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Wonosobo

Tidak bisa dipungkiri jika permintaan yang begitu besar akan produk carica ini berbuah pada peningkatan perekonomian masyarakat Wonosobo.

Hal ini sangat diuntungkan dengan banyaknya produsen manisan carica di Wonosobo juga membuka lowongan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here