Pantai Banyutowo Wonogiri menyimpan banyak sekali keunikan yang membuat wisata hits ini selalu ramai akan wisatawan setiap akhir pekan. Salah satu keunikan dari Pantai Wonogiri ini adalah air lautnya yang tawar, tidak asin seperti pada umumnya.

Selain itu, Pantai Banyutowo di Wonogiri ini juga berada pada wilayah yang dikelilingi oleh karst / kawasan bantu gamping. Membuatnya terlihat cantik dan juga eksotis tuk anda saksikan secara lebih dekat.

Wisata Pantai Wonogiri satu ini siap memanjakan para pengunjung dengan panorama yang dimiliki serta keseruan yang tersaji. Bersantai, jalan-jalan dan bermain di Pantai Banyutowo Wonogiri Jawa Tengah dijamin akan berkesan dan pastinya sulit terlupakan.

Harga Tiket Masuk Pantai Banyutowo Wonogiri

harga tiket masuk pantai banyutowo wonogiri
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112604269206773325981

Banyutowo, jika di terjemahkan dalam Bahasa Indonesia maka artinya adalah “Air Tawar”. Air yang ada di pantai ini memang tawar maka dari itulah diberi nama Pantai Banyutowo.

Rasa tawar pada air yang ada di Pantai Banyutowo Wonogiri ini bersumber dari aliran sungai bawah tanah dari celah-celah bukit. Jadi secara sederhananya air berasal dari bawah tanah yang bermuara ke lautan.

Jika anda ingin berkunjung kesini maka tidak diperlukan biaya yang mahal, sebab tarif yang dipatok sangatlah ramah dikantong. Harga tiket masuk Pantai Banyutowo Wonogiri hanya sebesar Rp5.000 saja per orangnya, ekonomis sekali kan ?

Dengan biaya yang terjangkau ini, tak heran jika Pantai Banyutowo tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan yang hendak berlibur. Suasana yang ada di pantai ini terbukti ampuh bikin betah untuk rekreasi dan nyaman meski harus berlama-lama.

Deburan ombak berpadu dengan jernihnya air laut menciptakan pesona tersendiri yang begitu menakjubkan. Segera datang ke Pantai Banyutowo Wonogiri tentunya pada saat hari dan cuaca sedang cerah agar lebih maksimal.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat pantai banyutowo wonogiri
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112604269206773325981

Wonogiri merupakan salah satu Kabupten di Jawa Tengah yang berada di pesisir selatan Jawa. Sehingga tak heran jika kota yang khas dengan baksonya ini punya banyak destinasi wisata berbasis pantai yang mempesona.

Termasuk dengan Pantai Banyutowo, yang dimana lokasinya cukup mudah untuk dijangkau dari berbagai arah kedatangan. Alamat Pantai Banyutowo berada di Desa Gudangharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah.

Berjarak sekitar 60 km dari Alun-Alun Kota Wonogiri dengan waktu tempuh sekitar 90 menit perjalanan menuju Pantai Banyutowo Wonogiri. Akses jalan ke wisata ini sudah cukup baik dan lebar sehingga bisa dilalui oleh bus pariwisata sekalipun.

Setibanya dilokasi, ada dua opsi untuk menikmati keindahan Pantai Banyutowo. Berjalan menuju bibir pantai melalui jalur bawah, atau menaiki perbukitan untuk melihat pantai yang menawan dari ketinggian.

Dua duanya sama sama oke, hanya saja dengan menaiki perbukitan menjadi opsi yang paling sering dilakukan oleh pengunjung. Berada diatas perbukitan untuk melihat pantai mengagumkan beserta dengan karst yang mengelilinginya.

Tak perlu khawatir apabila anda tak tahu jalan menuju wisata Wonogiri populer satu ini. Telah tersedia maps dengan peta navigasi akurat untuk memudahkan laju kendaraan anda saat akan liburan ke Pantai Banyutowo.

Datang juga ke –> Bukit Cumbri sejuk dan asri.

Fasilitas

fasilitas pantai banyutowo wonogiri
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116189510011254368516

Bisa dibilang pantai ini letaknya cukup tersembunyi dan jauh dari pemukiman warga. Maka dari itu dari sektor fasilitas wisata ini pun terbilang masih serba apa adanya.

Tersedia area parkir kendaraan yang cukup memadai untuk menampung kendaraan para wisatawan. Bagi anda yang hendak buang air pun, sudah tersedia kamar mandi dengan fasilitas air bersih di Pantai Banyutowo Wonogiri.

Sampai tulisan ini dimuat, Pantai Banyutowo Wonogiri atau Sumber Banyutowo terus mengalami perbaikan. Menambah beberapa fasilitas terbaru sebagai penunjang para pengunjung yang sedang liburan dan rekreasi disini.

Meski fasilitas Pantai Banyutowo masih sangat terbatas, anda tetap harus ikut serta menjaga kebersihan dan keaslian lingkungan wisata. Dilarang buang sampah sembarangan, merusak alam, dan melakukan tindakan yang membahayakan.

Kunjungi juga –> Pantai Sembukan yang mempesona.

Spot Terbaik di Pantai Banyutowo

spot terbaik di pantai banyutowo wonogiri
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113052290439833692943

Kegiatan bermain air di Pantai Banyutowo Wonogiri dijamin menyenangkan. Anda tak perlu khawatir merasa lengket karena air laut disini jernih dan rasanya tawar.

Kejernihan air tawar yang jatuh menuju bibir pantai dari batuan karang dapat anda saksikan langsung secara lebih dekat. Selain karena air tawarnya, pantai ini juga memilki keunikan yakni hamparan luas kawasan batu gamping / karst yang terbentang luas.

Bentuknya pun sangatlah eksotis sehingga dapat anda manfaatkan sebagai latar belakang untuk berswafoto, seperti selfie atau foto bersama. Abadikan momen liburan dan rekreasi seru dengan menjadikan spot terbaik Pantai Banyutowo Wonogiri sebagai background fotonya.

Panorama alam tersaji begitu memikat dan mampu membuat siapapun merasa takjub karena keindahannya, dijamin deh.

Review sebelumnya –> Girimanik dengan spot-spot foto kekinian.

Tips Berkunjung

tips berkunjungpantai banyutowo wonogiri
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116189510011254368516

Berikut beberapa tips berkunjung sebagai tambahan referensi agar liburan dan rekreasi anda semakin berkualitas.

  • Sebelum datang ke pantai agar sebaiknya memperkirakan cuaca terlebih dahulu.
  • Berkunjung saat pagi atau sore hari untuk nuansa yang lebih teduh dan sejuk.
  • Saat berkunjung di siang hari agar sebaiknya mengenakan sesuatu untuk menutup kepala agar terlindung dari terik matahari.
  • Hati hati dan selalu utamakan keselamatan demi kelangsungan liburan agar berjalan lancar.

Demikian tadi informasi seputar wisata Pantai Banyutowo Wonogiri yang rekomended sebagai tujuan mengisi hari libur. Pemandangan yang menawan tak boleh sampai anda lewatkan ketika momen liburan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × three =