Pantai Bondo inilah tempat terindah yang ada di Jepara. Kawasan ini menjadi titik terindah diantara pantai Kartini dan Pantai Bandengan yang menjadi ikon tempat kelahiran Ibu Kartini.

Biasanya, kawasan ini menjadi pilihan bila kedua kawasan ini telah penuh. Walaupun kurang begitu di kenal, tetapi untuk wilayah sekitar Jepara, tempat ini masih punya nama.

Selain kawasan pantai, tempat wisata ini juga mempunyai pemandangan yang elok yaitu pegunungan Muria yang menarik. Hanya saja, pegunungan ini hanya bagi mereka yang beruntung.

Karena, sulit sekali mendapat cuaca bersahabat untuk melihat kawasan ini. Apabila, wisatawan bisa melihatnya merupakan sebuah anugerah.

Tentang Pantai Bondo

foto pantai bondo
foto: https://www.instagram.com/wiwin_setyaaa/

Hamparan pasir putih membentang luas dari ujung hingga ke ujung lagi. Berbicara mengenai ombak, kawasan ini memiliki ombak yang begitu tenang.

Hanya saja tenangnya ombak ini tetap harus diwaspadai oleh wisatawan yang bermain air disini. Sering kali ombak besar datang tanpa permisi.

Tempatnya yang tenang, teduh, dan sepi membuat semua orang yang memiliki tingkat kepenatan tinggi memilih kawasan ini. Mereka ingin merasakan hidup tanpa kebisingan manusia.

Menikmati angin yang mengalun dan menyentuh kulit dengan mesra. Selain itu, deburan ombak menjadi melodi yang ingin selalu di dengarkan.

Beberapa wisatawan yang berkunjung kesini adalah mereka sepasang kekasih, keluarga, dan rombongan mahasiswa.

Biasanya, pada hari sabtu dan minggu, tempat ini mulai dipadati oleh wisatawan. Uniknya, wisatawan dari luar kota Jepara yang memenuhi kawasan ini. Mereka seakan terhipnotis terlebih dahulu dengan pesonanya.

Berlari kesana kemari, dan berenang adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan dengan apa pun, Apalagi, saat kondisi pantai sedang sepi bermain disini rasanya seperti berada di pantai pribadi.

Mau apa pun bebas tidak akan terasa terganggu atau mengganggu. Baca juga: Pantai Bopong yang tak kalah indahnya dengan destinasi wisata bondo.

Sejarah Singkat

pantai bondo jepara
foto: https://www.instagram.com/tata_zata_4/

Sebelum menjadi kawasan seperti ini gambar pantai bondo sangat mengkhawatirkan. Apalagi, pada waktu itu saat pariwisata belum terlalu diperhatikan.

Nasib pantai ini pun juga tidak diperhatikan. Mungkin, bila kawasan ini adalah seorang manusia yang bisa berbicara, dia akan menangis. Karena, kondisinya yang sangat tidak layak.

Banyak sampah rumah tangga bertebaran dimana-mana. Para nelayan yang datang dan pergi masih sering membuang sampah sembarangan.

Entah di laut, entah pula di bibir pantai. Sehingga pemandangan menjadi kotor. Tidak sedap untuk dipandang. Kumuh adalah predikat terbaik untuk tempat ini.

Selain itu, ada semak belukar yang sangat banyak berhamburan dimana-mana. Mereka seakan leluasa mengusai lahan yang dibiarkan begitu saja.

Warung-warung yang awalnya berdiri pun mulai tutup. Sehingga, tempat ini hanya digunakan sebagai kawasan singgah nelayan yang sedang melaut mencari ikan.

Setelah, Travelling menjadi sebuah gaya hidup baru dan menjadi gaya hidup primer. Maka, semua kawasan di jepara mulai berbenah.

Apalagi, beberapa kawasan mulai merasakan bagaimana manfaat pariwisata yang pada saat itu mampu meningkatkan taraf ekonomi warga. Tempat ini pun dibersihkan dan menjadi seperti saat ini.

Tetapi, cap sebagai pantai kotor masih saja ada disini. Walau sudah berkurang karena, banyak wisatawan datang dan menyatakan bahwa pantai bondo bersih. Itulah sedikit sejarah pantai bondo.

Lihat juga wisata pantai Pantai Cipatujah yang berlokasi di tasikmalaya, jawa barat.

Fasilitas

fasilitas di pantai bondo
foto: https://www.instagram.com/thug_pams/

Setelah dibangun dan dibersihkan sedemikian rupa, tempat ini pun mulai diberi beberapa fasilitas yang ramah untuk wisatawan.

Hal ini bertujuan supaya mereka bisa datang lagi ke tempat ini. Agar persaingan kawasan ini dan pantai Bandengan atau Kartini bisa berjalan dengan baik.

Pertama kali yang terkesan adalah sebuah gazebo yang berdiri kokoh. Disini, wisatawan bisa duduk-duduk sembari melihat mereka yang sedang bermain. Menikmati suasana dengan duduk dan melihat pemandangan lepas pantai juga menarik lho.

Disini juga sudah tersedia beberapa spot foto kekinian seperti, tanda love pepohonan di sekitar yang ternyata bagus digunakan sebagai objek foto.

Nah, di sini ada sebuah café yang cukup nyaman. Konsepnya unik dan begitu mengesankan. Aneka minuman tersaji disini mulai dari yang panas hingga yang dingin. Ada teh dan kopi yang bisa dinikmati oleh wisatawan saat berada disini.

Biasanya, saat panas terik yang menyengat. Banyak yang pesan minuman seperti kelapa muda yang menyegarkan. Rasanya, haus akan hilang seketika ketika air kelapa ini masuk kedalam kerongkongan. Jadi, jangan sampai ketinggalan untuk rasakan nikmatnya.

Fasilitas terakhir adalah warung makan yang bisa dibilang sempurna. Karena, masakannya yang mempunyai cita rasa cukup tinggi. Harganya pun bisa dibilang murah.

Dengan berbagai macam menu pilihan ikan laut, membuat pengalaman wisatawan akan sangat sempurna. Apalagi, di warung makan ini sudah ada fasilitas wifi, nikmat sekali bukan?

Simak juga ulasan kami sebelumnya mengenai destinasi wisata Pantai Tanjung Bira yang merupakan salah satu tempat terbaik untuk liburan.

Sunset dan Keindahan Malam

spo foto di pantai bondo
foto: https://www.instagram.com/zumarferiyanto/

Disini, wisatawan juga bisa menikmati matahari tenggelam. Bagusnya lagi, pemandangan matahari disini lumayan kece. Tidak akan rugi, bila menanti keindahan alam di kawasan ini.

Setiap detik saat senja itu temaram adalah sebuah keindahan yang tidak bisa terhindarkan. Nah selepas sunset jangan pergi dulu, tetap diam dan nikmati pesona lain.

Dari sini, wisatawan akan disuguhkan kerlap-kerlip lampu jepara yang aduhai indahnya. Lampu ini seperti kunang-kunang yang hinggap di suatu tempat.

Nah, lampu ini berasal dari sebuah PLTU yang digunakan untuk membantu mengaliri listrik di kawasan jawa dan bali. Baca juga: wisata Pantai Buyutan yang berlokasi di pacitan.

Penginapan di Pantai Bondo

Walaupun kawasan ini masih terbilang sepi. Namun, sudah banyak pengunjung yang datang dan hal ini dimanfaatkan betul oleh para pengusaha.

Beberapa dari mereka mendirikan penginapan berupa homestay dan hotel dekat pantai bondo jepara. Dengan harga yang bisa disesuaikan dengan fasilitas yang akan diberikan. Wisatawan tinggal memilih sendiri. Baca juga: wisata Pantai Cenang Langkawi yang sangat indah.

Alamat Dan Rute Lokasi

rute menuju pantai bondo
foto: https://www.instagram.com/bagasandy_raharjo/

Alamat Lokasi pantai bondo jepara berada di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara. Jarak kawasan ini dari pusat kota Jepara adalah 17 km.

Dengan waktu tempuh kurang lebih 10 – 30 menit. Tergantung kondisi jalan kota pada saat itu. Perlu diakui, bahwa saat ini jepara sudah mulai dipadati dengan kendaraan bermotor.

Rute pantai Bondo diimulai dari pusat kota jepara menuju ke wilayah utara. Kemudian, arahkan kendaraan menuju ke lampu merah yang ada di pertigaan Mlonggo.

Selanjutnya, ambil jalur sebelah kiri hingga ke pertigaan bondo dengan waktu kurang lebih 15 menit. Setelah ini, wisatawan bisa mengikuti petunjuk jalan yang sudah banyak tersedia.

Anda juga bisa menggunakan google maps dibawah ini untuk menuju wisata ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Bondo

harga tiket masuk pantai bondo
foto: https://www.instagram.com/ansory_mohammed/

Harga tiket masuk pantai bondo jepara di bagi menjadi dua kelas. Untuk kelas anak-anak adalah 5 ribu rupiah dan akan naik pada weekend menjadi 7 ribu rupiah.

Untuk kelas dewasa harganya 7 ribu rupiah. tetapi, bila week end menjadi 10 ribu rupiah. Masih ditambah dengan uang parkir sebesar 5 ribu untuk motor dan 10 ribu untuk mobil.

Baca juga: Tempat wisata di jepara terbaru yang kami rekomendasikan khusus untuk anda.

Sebenarnya, mengunjungi kawasan ini memang kurang nyaman. Karena, suasana pantai yang tidak setenar kawasan lain. Tetapi, Suasana dan nuansa yang menjadi pembeda kawasan ini dengan objek wisata lainnya. Jika, penasaran seperti apa suasana pantai ini, ayo datang dan kunjungi langsung Pantai Bondo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here