Pantai Ayah, sebuah objek wisata yang berada di Kebumen. Dimana, pantai ini menjadi ikon wisata yang menawarkan keindahan laut selatan jawa dari wilayah kebumen.

Suasana dan nuansa alami sangat terasa bila wisatawan berkunjung ke sini. Teduhnya dan juga hembusan angin sepoi-sepoi membuat siapa pun akan enggan move on.

Mungkin, wisatawan berpikir jika tulisan ini terlalu berlebihan. Oleh karena itu, teman traveller harus melihat gambar pantai ayah terlebih dahulu sebelum berkunjung ke tempat ini.

Di berbagai situs internet sudah banyak menyediakan beberapa foto menarik dan sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata

Sejarah Pantai Ayah

Sebelum mengetahui apa saja daya tarik dari kawasan ini. Lebih baik, wisatawan tahu terlebih dahulu tentang asal-usul pantai ayah yang menjadi daya tarik tambahan tempat kebanggaan warga kebumen ini.

Pantai Ayah juga disebut dengan pantai Logending. Nama dari logending ini diambil dari dua kata. “Lo” dan “Gending”. Lo sendiri adalah sebutan dari sebuah pohon kayu yang terdapat di sekitar pantai. Sementara itu, gendhing dalam bahasa jawa adalah sebuah alat musik.

Menurut sejarah yang ada, di sekitar pantai ini dahulunya digunakan oleh tentara Belanda dan Jepang sebagai sebuah pertahanan.

Terbukti dengan adanya benteng yang berada di sekitar hutan jati logending. Dimana, kawasan ini digunakan sebagai tempat persembunyiaan.

Baca juga >> Inilah 26 Tempat Wisata di Kebumen Yang Wajib Dikunjungi

Daya Tarik Pantai Ayah

harga tiket masuk pantai ayah
foto: https://www.instagram.com/rul_yukii/

Setelah mengetahui bagaiamana sejarah dari pantai ini, saatnya kita beralih apa saja yang menjadi daya tarik Pantai Ayah ini.

Pertama kali yang bisa diungkapkan adalah garis pantai kawasan ini yang begitu panjang. Karakteristiknya sangat mengesankan serta menggemaskan. Berada di sini memang tidak bisa sebentar.

Berbicara mengenai pasir pantai ayah memang terlihat kurang begitu esoktis. Seperti halnya beberapa pantai dengan pasir putih.

Perlu diakui, pasir yang berwarna kecoklatan ini memang tidak terlalu menarik. Tetapi, tidak mempengaruhi keindahan objek wisata ini.

Apalagi, pantai Ayah digunakan sebagai tempat pelelangan ikan di kebumen. Jadi, wisatawan bisa berbelanja ikan-ikan segar dengan kualitas mumpuni.

Harganya pun cukup murah dan uniknya bisa di tawar sesuai dengan harga yang diinginkan, hanya saja, wisatawan harus pandai menawar.

Tempat ini merupakan salah satu rekomendasi yang diberikan kepada wisatawan yang mungkin bingung mau pergi liburan kemana bersama dengan keluarga.

Hanya saja, harus tetap berhati-hati, karena Pantai Logending ini berada di daerah laut selatan. Dimana, ombaknya cukup ganas dan bisa memakan korban.

Terlebih lagi laut selatan ini masih berhubungan erat dengan mitos-mitos mengenai Ratu Pantai Selatan. Terlepas dari Mitos tersebut, laut selatan dikenal dengan palung laut yang menyeramkan. Jika, tidak hati-hati bisa-bisa wisatawan tertarik ke dalam pusarannya.

Alangkah baiknya, wisatawan membawa tikar, duduk-dudk dipinggir pantai sembari membawa makanan dari rumah.

Berpesta dengan makan bersama di pinggir pantai memang menjadi idaman semua keluarga. Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini bila, berkunjung ke pantai Ayah.

Nah, selain hanya duduk-duduk, wisatawan pun bisa menikmati es kelapa muda yang sangat menyegarkan. Dimana, kelapa ini lansgung diambil dari pohonnya.

Bisa bayangkan bukan, panas-panas, minum es kelapa muda. Sungguh surga dunia yang tidak akan bisa terbantahkan.

Hutan Logending, Sungai Bodo, Jembatan Merah

daya tarik pantai ayah
foto: https://www.instagram.com/ekanurfita27/

Setelah puas menikmati pantai dengan berbagai macam aktifotas yang menyenangkan. Saatnya wisatawan berkunjung ke hutan logending.

Dimana, di kawasan ini wisatawan bisa menikmati berbagai macam jenis tanaman menarik. Ada tanaman lokal dan langka tersebar di hutan ini.

Biasanya, kawasan hutan inilah yang dijadikan sebagai tempat untuk mengambil foto dan juga gambar-gambar menarik. Ttitik ini menjadi spot terfavorit wisatawan yang datang.

Bahkan, mereka rela untuk berlama-lama agar bisa mengambil gambar dengan berbagai macam pose.

Diantara beberapa pohon langka yang bisa wisatawan temui di kawasan ini adalah kayu mahoni yang berasal dari afrika. Konon, kayu ini dahulu di bawa langsung dari negeri afrika.

Selain itu, kawasan ini juga digunakan sebagai tempat penelitian pepohonan langka yang berasal dari afrika.

Selain kawasan ini, wisatawan juga bisa menikmati sungai bodo. Sungai yang mengalir ini bisa dinikmati dengan menyewa jasa perahu nelayan. Mengenai harga sewanya, wisatawan bisa sedikit menawar dari harga yang ditawarkan.

Tidak jauh dari pantai ayah adalah pantai manganti. Nah, di pantai ini ada sebuah jembatan merah yang bisa dijadikan sebagai kenangan yang tidak akan pernah bisa lupa.

Sayangnya, untuk mengambil gambar dikawasan ini Wisatawan harus rela antri. Karena, saat datang musim liburan tempat ini akan didatangi oleh banyak pengunjung.

Pesona terakhir yang bisa dinikmati di kawasan ini adalah sunset nan cantik. Keindahan senja sore ini memang bisa membuat hati dan mata meleleh. Jadi, jangan lewatkan sedikit pun setiap detik yang akan menghadirkan decak kagum atas cipataan Tuhan ini.

Baca juga >> Rekomendasi Tempat Wisata Keren Dieng dan Wonosobo

Alamat Dan Rute Lokasi

rute menuju pantai ayah
foto: https://www.instagram.com/leofidelius/

Alamat pantai ayah berada di Desa Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Rute pantai ayah sangat lah mudah.

Wisatawan yang berasal dari arah Yogyakarta bisa menggunakan jalur pantai selatan. Dimana, jalur ini terdapat banyak sekali pantai-pantai menarik yang bisa dikunjungi.

Apabila, wisatawan berangkat dari kota kebumen juga tidak terlalu sulit. Jaraknya kurang leih 53 km dari kota kebumen, jarak yang cukup jauh memang. Waktu yang ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan saja. Waktu yang tidak terlalu lama untuk mencapai kawasan ini.

Titik poin dari Pantai Ayah adalah Goa Jatijajar. Dimana, sudah banyak papan petunjuk yang akan mengarahkan wisatawan dan akan membantu menunjukkan dimana lokasi pantai ayah berada. Jarak yang harus ditempuh dari goa jatijajar menuju ke pantai logending kurang lebih 8 km.

Jalan yang harus dilalui menuju ke pantai ini tidak mudah. Sedikit berkelok-kelok, naik-turun. Lebih baik berhati-hati dan mengemudi dengan aman dan nyaman.

Agar berlibur ke kawasan ini tidak menimbulkan celaka. Jadi, pastikan kendaraan wisatawan sudah bersahabat dengan medan dan rute yang akan dihadapi.

Wisata Pantai Lainya:

Harga Tiket Masuk

harga tiket masuk pantai ayah kebumen
foto: https://www.instagram.com/gerhana_moon/

Harga tiket masuk pantai ayah adalah 5 ribu rupiah. Bila wisatawan ingin menyewa perahu untuk berputar-putar maka, wisatawan akan ditambah dengan biaya 5 ribu rupiah. Masih ditambah lagi dengan uang parkir 2 ribu rupiah untuk motor dan 5 ribu rupiah untuk mobil.

Berbicara soal pantai memang tidak akan pernah ada habisnya. Objek wisata ini seakan mempunyai daya magis bagi semua orang untuk datang lagi dan lagi.

Keindahan pantai memang masih selalu di hati para pelancong yang membutuhkan tempat untuk melepas penat dan tuntutan pekerjaan yang terasa menyiksa

Pantai Ayah atau juga di sebut dengan pantai logending adalah kawasan yang wajib untuk dikunjungi. Apabila, wisatawan berada di kebumen atau melewati kebumen.

Mampir ke tempat ini adalah sebuah kewajiban. Ayo berkunjug ke sini dan rasakan sensasi liburan berbeda di kawasan wisata Pantai Ayah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here