Pantai Air Manis atau dalam bahasa padang di sebut dengan Aia Manih. Adalah kawasan wisata di kota Padang yang cukup terkenal.

Selain memiliki panorama esoktis. Pantai ini juga dikenal dengan air manis beach and malin kundang stone. Lebih tepatnya cerita legenda malin kundang.

Perpaduan alam dan cerita khas masyarakat padang ini menjadi sebuah daya pikat tersendiri. Banyak wisatawan penasaran dengan batu maling kundang asli.

Maka, tak berlebihan bila kawasan ini dijadikan sebagai ikon wisata Kota Padang. Semua orang pasti akan merekomendasikan kawasan ini untuk dikunjungi pertama kali.

Mengenal Kisah Maling Kundang

Seperti di ketahui, cerita Maling Kundang sangat terkenal. Menjadi sebuah suri tauladan bagi siapa pun yang hidup berdampingan antara anak dan orang tua.

Kisahnya, dijadikan sebagai cara agar anak takut dan menghormati orang tua. Bila tidak, kutukan menjadi batu pun siap melayang.

Konon ceritanya, di pantai inilah seorang Maling Kundang melabuhkan perahunya. Dan di pantai ini pula lah. Seorang ibu yang telah lama menunggu anaknya dengan rasa rindu itu, menyambut anaknya.

Sayangnya, Maling Kundang tidak mengakui perempuan tua nan renta itu ibunya. hingga pada akhirnya, Maling Kundang di kutuk menjadi batu.

Uniknya, batu yang menyerupai bentuk manusia itu masih ada sampai saat ini. Batu tersebut benar-benar nyata. Seperti pahatan seorang seniman ternama yang sudah melahirkan berbagai macam karya.

Batu yang berasal dari sebuah cerita legenda yang mungkin menjadi saksi dari sejarah pantai air manis.

Daya Tarik Lain

harga tiket masuk pantai air manis
foto: https://www.instagram.com/bunzfaqai/

Saat pertama kali menginjakkan kaki di pantai ini. Wisatawan akan disambut dengan bibir pantai yang panjang dan hamparan pasir putih nan megah.

Satu kata saat pertama kali memandang objek wisata ini yaitu cantik. Benar-benar menggoda iman untuk berkunjung lagi dan lagi. Apalagi, saat angin berhembus dengan lirih. Rasanya seperti ingin melayang.

Dengan bibir pantai yang panjang membuat wisatawan bisa melakukan segala aktifitas disini. Seperti bermain sepak bola.

Bermain bola voli, atau juga bermain pasir dengan membangun sebuah kerajaan. Bisa juga menerjang ombak yang tidak terlalu besar. Disarankan untuk datang lebih dari 3 orang agar bisa merasakan keseruannya.

Tetapi, tidak salah pula bila datang sendirian. Karena, duduk dihamparan psir putih sembari menikmati suasana syahdu juga sangat nikmat.

Apalagi, mendengar suara ombak yang tidak pernah berhenti menghadirkan alunan musik merdu. Semua kegalauan dan penat langsung hilang bersama dengan ombak. Sekiranya cukup berdiam diri dan menikmati kesendirian.

Baca Juga >> 50 Tempat Wisata Pantai Gunung Kidul Yogyakarta

Pulau Pisang Kecil Dan Pulau Pisang Besar

rute menuju pantai air manis
foto: https://www.instagram.com/ekafitra.m/

Sekarang waktunya untuk berdiri dan menikmati kawasan ini dengan cara lain. Di seberang pantai ada sebuah pulau kecil.

Jarak yang harus di tempuh kurang lebih 500 meter. Luas pulau tersebut kurang lebih 1 ha. Nama pulau itu adalah pulau pisang ketek atau pulau pisang kecil.

Bisa dibilang pulau itu buka selama 24 jam. Karena, jam berapa pun wisatawan bisa pergi kesana. Jika pada pagi atau sore hari, wisatawan bisa berjalan kaki. Tetapi, pada malam hari, saat air sedang pasang.

Wisatawan diwajibkan menggunakan jasa perahu nelayan yang bisa disewa. Harganya pun bisa menawar sendiri. Asalkan pandai menawar pasti dapat harga murah.

Selain pulau pisang ini, wisatawan pun akan disuguhkan dengan pulau lain. Pulau tersebut bernama Pulau Pisang Gadang atau Pulau Pisang Besar atau Pulau Sikuai.

Disini, banyak sekali warga yang tinggal. Jadi, bila wisatawan membutuhkan penginapan, bisa langsung menghubungi rumah-rumah warga yang terkadang disewakan untuk bermalam.

Jangan lupa untuk menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam di tempat ini. Jangan lupa pula mengabadikan momen tersebut melalui sebuah foto. Karena, pemandangannya sungguh sangat syahdu.

Untuk sarapan pagi jangan khawatir. biasanya, para warga akan memasak dan mengirimkan sarapan untuk wisatawan yang menginap.

Biasanya pula, kita bisa memesannya, atau menurut saja, apa yang akan disajikan untuk kita. Satu hal yang pasti, cita rasanya sungguh nikmat menggoda.

Untuk menikmati batu malin kundang wisatawan bisa berjalan menuju ke sisi selatan pantai. Sayangnya batu malinkundang saat ini sudah banyak yang rusak.

Sehingga, banyak pula yang harus direnovasi dan di perbaikki. Disini pula, biasanya wisatawan mengabadikannya dengan berbagai pose.

Bagi wisatawan yang membawa uang lebih bisa menginap di hotel atau juga vililla. Letaknya tidak juah dari kawasan pantai air manis. Harganya pun bisa disesuaikan dengan fasilitas yang diinginkan wisatawan,

Alamat Dan Rute Lokasi

alamat pantai air manis
foto: https://www.instagram.com/rofin_95/

Letak pantai air manis kurang lebih 10 km dari pusat kota padang. Lebih tepatnya berada di kecamatan padang selatan kota padang.

Ada banyak cara yang bisa dipilih oleh wisatawan. Bisa menggunakan kendaraan pribadi. Atau juga bisa menggunakan transportasi umum.

Berkunjung ke pantai air manis sangat disarankan menggunakan transportasi umum. Agar terhindar dari kemacetan panjang yang sering mengular di sepanjang jalan menuju pantai air manis.

Gunakan bus trans padang dengan rute perjalanan lubuk buaya – pasar raya hingga melewati jalan raya teluk bayur.

Setelah sampai di persimpangan pantai air manis. wisatawan dapat melanjutkan perjalanan menuju lokasi pantai air manis malin kundang dengan menggunakan angkot atau ojek.

Bagi yang ingin naik kendaraan pribadi, bisa mengikuti papan petunjuk yang sudah banyak tersebar di jalan yang akan menjadi pemandu yang baik.

Jika masih kesulitan dengan penjelasan kami diatas, bisa juga menggunakan maps dibawah ini.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk kawasan ini cukup murah. Hanya dengan membayar uang sebesar 5 ribu rupiah saja. Wisatawan bisa menikmati keindahan kawasan ini.

Ditambah dengan biaya parkir sebesar 5 ribu rupiah untuk pengguna mobil. Dan, 3 ribu rupiah bagi yang mengendarai sepeda motor.

Wahana Dan Sajian Kuliner

wahana pantai air manis
foto: https://www.instagram.com/loqita015/

Menikmati pantai air asin tidak hanya dengan pergi ke pulau-pulau ini atau merenung saja. Ada sajian kuliner yang pastinya bikin perut keroncongan, lidah bergoyang patah-patah.

Sajian kuliner ini bisa ditemui di warung-warumg tak jauh dari pantai.

Ada sajian ikan yang masih fresh dan nasi kapau yang bisa disantap oleh wisatawan dengan harga mulai dari 25 ribu rupiah.

Selain itu, ada beberapa kuliner lainnya yang tersedia dengan cita rasa khas padang yaitu pedas. Jadi, bagi wisatawan yang tidak suka pedas, jangan lupa untuk meminta tidak pedas, ya!

Selain sajian kuliner, wisatawan juga akan disuguhkan dengan beberapa wahana yang menarik seperti sewa ATV. Dengan harga 25 ribu rupiah untuk 15 menit.

Wisatawan bisa berkeliling menyusuri bibir pantai dan mengunjungi batu malin kundang yang ada di sisi ujung pantai. Selain itu, wisatawan juga bisa menyewa perahu kano, atau juga perahu motor.

Rekomendasi Wisata pantai lainya:

Terlepas dari semua cerita yang beredar disini. Pantai air manis, memang memiliki pesona yang mengagumkan. Bahkan, keindahannya membuat semua wisatawan lupa waktu.

Bagi kamu yang belum kesini, ayo segera agendakan liburanmu. Jangan lupa ajak keluarga, sahabat, dan teman sama-sama menikmati kawasan ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here