Berbicara mengenai wisata, kota Bandung memiliki beragam destinasi wisata andalan seperti contoh Curug Maribaya. Di wisata ini, Anda dapat menikmati wisata alam yang menawarkan pemandangan indah.

Letaknya yang masih berada di kawasan Taman Hutan Raya Djuanda. Membuat alamnya asri dan cuaca dingin yangmana menjadi salah satu keunggulan wisata ini.

Bagi Anda yang tertarik dan ingin mengunjungi wisata Bandung ini, berikut disajikan penjelasan lebih rinci terkait Curug Maribaya sebagai berikut:

Harga Tiket Masuk Curug Maribaya

harga tiket masuk Curug Maribaya
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102046341903629010617

Harga tiket masuk Curug Maribaya perlu diketahui pengunjung sebelum masuk kawasan wisata. Besaran tiket untuk weekday dan weekend berbeda.

Harga tiket masuk untuk weekdays sebesar Rp35.000, sedangkan untuk weekend dan hari libur Rp45.000.

Harga tiket masuk tersebut berlaku sama baik untuk anak-anak maupun dewasa, wisatawan domestik maupun mancanegara. Sebagai informasi, harga tiket masuk berlaku dari usia 5 tahun.

Harga tiket masuk VIP pool per orang dibanderol Rp90.000, sedangkan deluxe pool Rp35.000.

Wahana kamar rendam pun dapat Anda masuki dengan bajet Rp35.000. Pun juga sama untuk bungee trampoline seharga Rp35.000.

Perlu diketahui, harga tidak tersebut bisa saja berubah-ubah sepanjang waktu, tergantung ketentuan pengelola.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi curug maribaya
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101414482886684900509

Curug Maribaya berlokasi di Kampung Cikondang, Lamajang, Pangalengan, Cibodas, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.

Rute ke Curug Maribaya dapat mudah Anda akses karena berada tepat di tepi jalan raya. Wisata ini dapat Anda lalui dengan menggunakan transportasi umum yang menuju arah jalan Maribaya.

Dari arah pusat kota Bandung, wisata ini berjarak sekitar kurang lebih 15 kilometer. Jika menggunakan mobil untuk berkendara membutuhkan waktu kurang dari 1 jam, apalagi jika Anda menggunakan sepeda motor pasti lebih cepat.

Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi, dari kota Bandung ambil arah utara untuk menuju ke Lembang.

Fasilitas

fasilitas curug maribaya
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109584434798687559547

Fasilitas yang memadai telah disediakan pengelola Curug Maribaya dalam memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pengunjung. Curug Maribaya saat ini memiliki fasilitas-fasilitas yang memanjakan pengunjungnya.

Berikut fasilitas yang dimiliki oleh Curug Maribaya diantaranya:

  • Area parkir kendaraan yang luas
  • Toilet dan kamar bilas
  • Musholla
  • Gazebo
  • Area pemancingan
  • Kursi-kursi kayu di sekitar wilayah Maribaya untuk istirahat pengunjung
  • Food court seperti Twig Cafe, Food Court Langlang Buana dan Maribaya Barbeque
  • Riverside
  • Spot foto menarik

Jam Buka

jam buka curug maribaya
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111637336232682553571

Curug Maribaya Bandung di buka setiap hari. Untuk jam bukanya mulai pukul 08.00 WIB dan tutup pukul 16.00 WIB.

Datang juga ke –> Kolam Renang Karang Setra untuk anda liburan.

Kontak

kontak curug maribaya
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116830180408545845551

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar Curug Maribaya secara detail, Anda dapat menghubungi contact person yang disediakan. Anda dapat menghubungi di nomor telepon 02282782228 serta 081293735432 dan 082214153019.

Kunjungi juga –> Palalangon Park rekreasi menarik.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan curug maribaya
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115247320184354868580

Destinasi wisata ini masih berada di kawasan Taman Hutan Raya Djuanda, Lembang.
Kawasan Maribaya dulunya merupakan sebuah tempat yang dibiarkan seadanya. Pada tahun 2015, wisata ini ditutup sementara untuk dilakukan renovasi.

Selanjutnya, setelah dilakukan renovasi dan dibuka kembali untuk umum, kawasan wisata ini menjadi lebih estetis dan terawat.

Banyak sekali aktivitas yang dapat Anda lakukan di wisata ini, berikut penjelasannya untuk Anda:

Mengunjungi air terjun Maribaya

Wahana air terjun menjadi salah satu icon dari Curug Maribaya. Wisata curug ini memiliki 2 aliran sungai yaitu Sungai Cikawari dan Cigulung.

Di kedua aliran sungai tersebut terdapat 3 air terjun atau Curug diantaranya Curug Cikawari, Cigulung dan Cikoleang.

Untuk Curug Cikawari, para pengunjung dapat turun dan berenang di lokasi ini. Sedangkan untuk kedua curug lainnya tidak diperkenankan berenang.

Untuk merasakan kesegaran air terjun, disediakan kolam tempat penampungan air terjun yang dapat Anda nikmati. Di kawasan Hutan Raya Djuanda ini Anda juga dapat pergi ke Curug Omas dengan hanya berjalan kaki.

Untuk Curug Maribaya sendiri memiliki ketinggian air terjun setinggi kurang lebih 15 meter. Air terjun akan terlihat sangat indah saat Anda kunjungi pada musim kemarau.

Children playground

Pengunjung yang berkunjung bersama keluarga khususnya anak-anak, dapat bermain di wahana playground. Playground anak ini diperuntukkan bagi anak usia 3 tahun hingga 7 tahun.

Berbagai permainan anak yang menyenangkan dapat dinikmati di sini. Permainan yang disediakan seperti jungkat jungkit, papan seluncur, dan ayunan.

Di samping area playground juga terdapat kandang kelinci. Di kandang kelinci tersebut, pengunjung anak-anak juga dapat memberi makan kelinci serta berfoto di rumah kayu kurcaci ala Hobbit.

Melakukan trekking di Taman Hutan Raya Djuanda

Curug Maribaya dapat Anda nikmati dengan jalan kaki berkeliling kawasan. Pemandangan sekitar yang asri dan udara sejuk akan membantu menyegarkan pikiran Anda dari penat dan lelah.

Sembari mengelilingi kawasan wisata, Anda juga akan menemukan objek wisata lain berupa Gua Belanda dan Goa Jepang.

Menikmati air panas Maribaya (natural hot spring)

Di pemandian air panas, para pengunjung dapat menikmati hangatnya berendam. Perlu Anda tahu, kolam air panas ini alami sehingga mengandung belerang yang dapat digunakan sebagai pengobatan.

Jenis kolam yang disediakan dapat disesuaikan dengan selera dan kebutuhan para pengunjung. Berbagai jenis kolam diantaranya deluxe pool, VIP pool, foot spa dan kamar berendam privat.

Bagi Anda yang ingin berendam secara privat, Anda tentu harus menyiapkan bujet berlebih.

Foot spa menjadi wahana yang dapat Anda jadikan untuk memanjakan tubuh. Foot spa bermanfaat untuk relaksasi tubuh dan pembersihan seluruh bakteri yang ada di kaki.

Melaksanakan pertemuan di Amphitheater Bale Pinton

Rombongan keluarga besar, komunitas maupun gathering kantor dapat memilih area Amphitheater Bale Pinton. Lokasi yang luas dapat Anda gunakan untuk melaksanakan acara dan gathering.

Bagi Anda yang ingin menyewa lokasi ini untuk acara pernikahan, lokasi ini cocok Anda pilih. Sebagai informasi, bangunan ini memiliki desain tradisional dan terbuat dari kayu.

Trekking di Sky Bridge Tapak Halimun

Pemandangan wisata alam ini dapat Anda lihat dari atas Sky Bridge Tapak Halimun. Sky Bridge Tapak Halimun adalah jembatan kayu yang berada di kawasan wisata Maribaya.

Untuk dapat sampai ke Sky Bridge Tapak Halimun, Anda dapat berjalan kaki sambil menikmati udara sekitar. Berfoto dan abadikan momen di wisata ini bersama keluarga dan orang tersayang.

Review sebelumnya –> Alun Alun Bandung yang populer.

Tips Berkunjung

tips berkunjung curug maribaya
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102046341903629010617

Tips berkunjung akan memberikan Anda petunjuk agar kegiatan liburan Anda di Curug Maribaya semakin menyenangkan. Berikut di bawah ini beberapa tipsnya:

  • Bawalah pakaian ganti karena wahana wisata di dalamnya memang mayoritas berkaitan dengan air.
  • Bagi Anda yang ingin jalan-jalan, jangan lupa untuk menggunakan pakaian tebal bagi anak-anak agar suhu tubuh tetap terjaga.
  • Saat sudah berada di kawasan wisata, jangan sampai melewatkan setiap spot yang ada.
  • Penggunaan sepeda motor dapat mempercepat perjalanan Anda ke destinasi wisata.

Demikianlah informasi yang dapat disajikan mengenai Curug Maribaya. Destinasi wisata ini cocok dikunjungi Anda yang ingin merasakan kesejukan dan kesegaran alam dan menghilangkan penat perkotaan bersama orang tersayang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four + six =