Candi Sawentar merupakan sebuah bangunan peninggalan bersejarah dan menjadi cagar budaya yang menyimpan segudang daya tarik di dalamnya. Setiap bangunan keagamaan purbakala di Indonesia biasanya dinamakan candi, begitulah sedikit gambaran dari wisata Blitar Jawa Timur satu ini.

Nama Candi Sawentar Blitar disebut-sebut dalam Kitab Negarakertagama, sebuah tempat yang dikunjungi oleh Hayam Wuruk, seorang raja ke empat majapahit. Diketahui, bahwa Candi Sawentar Jawa Timur ini merupakan bangunan suci yang berlatar belakang agama Hindu.

Wisata Candi di Blitar ini dapat menjadi alternatif kunjungan mengisi waktu libur anda bersama dengan teman atau keluarga. Namun sebelum berkunjung kesini, yuk simak dulu ulasan menarik seputar Candi Sawentar Blitar Jawa Timur di bawah ini.

Harga Tiket Masuk Candi Sawentar

harga tiket masuk Candi Sawentar
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110773441190343992551

Kompleks Candi Sawentar merupakan salah satu percandian di wilayah Kabupaten Blitar yang berdiri megah. Destinasi ini selain digunakan sebagai wisata edukasi terkait cagar budaya dan sejarah.

Juga masih di fungsikan sebagai tempat ibadah umat Hindu di beberapa waktu tertentu. Dan bagi anda yang ingin berkunjung kesini untuk menghabiskan waktu liburan, maka tak perlu keluar banyak biaya.

Saat tulisan ini dimuat, harga tiket masuk Candi Sawentar tidak diberlakukan alias gratis. Wisatawan hanya perlu membayar retribusi parkir kendaraan sesuai tarif yang berlaku di kawasan wisata Candi Sawentar.

Yang pasti, momen liburan ke Candi Sawentar tak akan membuat kantong anda jebol. Karena biaya yang dibutuhkan bisa dibilang minim untuk explore lebih dalam Candi di Blitar Hinduisme ini.

Percandian ini bisa anda kunjungi mulai dari pagi sampe dengan sore hari sesuai jam operasional wisatanya.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat candi sawentar
Foto : https://www.instagram.com/ivanwnugs/

Lokasi Candi Sawentar jika secara geografis maka berada di sebelah timur lereng Gunung Kelud, salah satu pegunungan berapi Jawa Timur.  Candi Hindu ini juga terletak cukup dekat dari pusat pemerintahan Kabupaten Blitar di Kanigoro.

Area Kompleks Candi Sawentar dipelihara dengan sangat baik dan bersih, yang akan memberikan kepada pengunjung rasa nyaman. Ditinjau dari topografi lingkungannya, kawasan percandian ini dikelilingi oleh sebuah sungai, yang menjadi pemisah antara Candi Sawentar 1 dan 2.

Alamat Candi Sawentar berada di Desa Sawentar, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur. Bisa anda jangkau dari pusat kota Alun-Alun Blitar dengan jarak tempuh kurang lebih sejauh 9,6 km.

Dengan waktu perjalanan yang dibutuhkan kira-kira selama 22 menit untuk sampai di Candi Sawentar. Sudah ada petunjuk untuk menuju ke candi dari jalan utama yang dimana keberadaannya terbilang mudah untuk di temukan.

Akses jalan utama yang harus di lalui dapat dilintasi oleh semua kendaraan, baik roda dua maupun empat. Anda bisa menggunakan maps dengan petunjuk akurat dibawah ini untuk mempermudah laju kendaraan menuju Candi Sawentar.

Datang juga ke –> Pantai Peh Pulo kerap disebut sebagai Raja Ampatnya Kota Blitar.

Fasilitas

fasilitas candi sawentar
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104800550745771062413

Dahulu kala, konon katanya Candi Sawentar merupakan tempat peristirahatan Raja Hayam Wuruk ketika singgah di Blitar. Dan kini, Candi Sawentar menjadi salah satu daya tarik wisata bersejarah yang telah di dukung oleh sarana memadai.

Berikut beberapa fasilitas Candi Sawentar yang dapat anda jumpai ketika berkunjung, diantaranya adalah :

  • Lahan parkir
  • Papan informasi
  • Toilet umum
  • Fasilitas air bersih
  • Tempat duduk
  • Area bersantai
  • Pedagang jajanan
  • Spot foto menarik
  • Dan lain-lain

Berada di lingkungan pedesaan membuat Candi Sawentar memilik hawa yang sejuk. Apalagi ditambah dengan banyaknya pepohonan rimbun yang membuat pengunjung bisa berteduh sembari duduk-duduk santai.

Nikmati beragam keindahan yang ditawarkan Candi Sawentar Blitar guna memberikan pengalaman liburan lebih berkesan. Menelusuri setiap sudut Candi Sawentar yang dahulu pernah terkubur material vulkanik pada sebuah cekungan.

Kunjungi juga –> Pantai Jolosutro eksotisnya wisata bahari dengan pasir coklat kehitaman.

Spot Terbaik di Candi Sawentar

spot terbaik di candi sawentar
Foto : https://www.instagram.com/annisayunis/

Tempat ini sangat cocok untuk anak-anak maupun orang Dewasa yang ingin berwisata edukasi tentangg budaya dan juga sejarah. Dapat anda jumpai sebuah candi induk dengan relief-relief yang syarat akan sejarah kerajaan Majapahit di masa lampau.

Candi-candi di kawasan ini terbuat dari batu andesit berukuran panjang sekitar 9,53 meter. Dengan lebarnya mencapai 6,86 meter, sedangkan untuk tingginya berkisar 10,65 meter.

Pintu masuk menuju bilik terletak di sebelah barat, dengan ornamen makara pada pipi tangga yang bisa anda saksikan. Nantinya di dalam ruangan bilik, para wisatawan bisa menemukan reruntuhan arca dengan pahatan burung garuda.

Atau yang lebih dikenal sebagai kendaraan Dewa Wisnu (dipandang sebagai roh suci dalam agama Hindu). Aneka relief, arca, dan prasasti menjadi daya tarik tersendiri dari Candi Sawenta yang bersejarah.

Untuk itu kunjungan anda ke candi di Blitar ini wajib untuk di abadikan kedalam sebuah foto dan juga video. Manfaatkan spot terbaik di Candi Sawentar yang menarik untuk dijadikan background kala berswafoto.

Review sebelumnya –> Kebon Rojo ruang terbuka hijau berupa taman rekreasi yang menawan.

Tips Berkunjung

tips berkunjung candi sawentar
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113891700892889557048
  • Perkirakan waktu berkunjung anda dengan sebaik-baiknya agar semua berjalan sesuai rencana.
  • Untuk nuansa yang tidak terlalu terik, sebaiknya hindari berkunjung ke Candi Sawenta pada saat siang hari.
  • Selalu menjaga perkataan dan juga tingkah laku anda selama berada di bangunan suci keagamaan, seperti halnya candi.
  • Ikut serta menjaga kebersihan dan keasrian area wisata Candi Sawentar dengan wajib buang sampah pada tempatnya.

Itulah tadi ulasan singkat yang sudah anda simak mengenai Candi Sawentar Hindu dengan segudang pesona unik di masa lalu. Demikian tadi informasi Candi Sawentar di Blitar yang rekomended untuk anda telusuri lebih dalam saat hari libur tiba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 + 15 =