Saat berada di kota Bandung, tidak lengkap rasanya apabila belum mengunjungi alun-alunnya. Setelah dilakukan renovasi beberapa kali hingga menjadi modern dan menarik, objek wisata ini jadi salah satu ikon kota Bandung.

Alun-alun Bandung saat ini menjadi tujuan banyak orang untuk menikmati suasana kota Bandung, baik pagi, siang maupun malam hari. Masih penasaran tentang daya tarik wisata satu ini?

Berikut di bawah ini sajian informasi seputar Alun-alun di Bandung untuk Anda:

Harga Tiket Masuk Alun-alun Kota Bandung

harga tiket masuk alun alun bandung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113627008247865492426

Berbicara mengenai tiket masuk, Anda tidak perlu memikirkan biaya masuk Alun-alun Bandung. Alun-alun Bandung dapat dengan bebas dikunjungi secara gratis.

Tanpa perlu membayar tiket, Anda hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan saja. Untuk tempat parkirnya tersedia di area parkir bawah tanah.

Sebagai informasi, biaya parkir tersebut biasanya hanya untuk 2 jam saja.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi alun alun bandung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109560313560845900012

Lokasi Alun-alun Bandung dapat mudah dijangkau karena berada di pusat kota. Lokasi tepatnya berada di Tepatnya di Jalan Asia Afrika, Desa Balonggede, Kecamatan Regol, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Bagi Anda yang masih bingung tentang rute yang harus Anda lalui untuk sampai ke Alun-alun Bandung, Anda tidak perlu khawatir. Saat ini telah tersedia aplikasi Google Maps yang akan membantu Anda dalam mencari rute jalan hingga sampai tujuan.

Transportasi umum yang dapat Anda gunakan yaitu angkot Stasiun Hall-Gede Bage, Kebon Kelapa-Buah Batu, Elang-Cicadas dan Kebon Kelapa-Elang. Tidak hanya ktu, mayoritas bus DAMRI juga berakhir di halte Alun-alun Bandung.

Datang juga ke –> Kota Mini Lembang yang instagramable.

Fasilitas

fasilitas alun alun bandung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107383691110468665006

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola Alun-alun Bandung telah cukup memadai. Dengan berbagai aktivitas yang ada, akan membuat pengunjung betah berlama-lama.

Fasilitas yang dapat dinikmati para pengunjung antara lain:

  • Area parkir bawah tanah
  • Free WiFi
  • Wahana permainan anak
  • Perpustakaan
  • Halte bus
  • Toilet
  • Kantin
  • Taman

Jam Buka

jam buka alun alun bandung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112425468236295054331

wisata alun-alun di Bandung dapat Anda kunjungi setiap hari. Bahkan wisata ini buka untuk umum dalam 24 jam.

Mungkin di hari-hari biasa atau kerja, alun-alun tidak ramai pengunjung. Alun-alun Bandung akan ramai pengunjung saat malam minggu, hari Minggu dan hari-hari libur nasional.

Agar Anda tidak kepanasan, Anda dapat datang di pagi, sore atau malam hari.

Kunjungi juga –> Kolam Renang Karang Setra dengan kesegaran airnya.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan alun alun bandung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111376303635032087910

Hingga bisa jadi seperti sekarang ini, Alun-alun Bandung memiliki sejarah yang cukup panjang.

Tidak lepas dari itu, saat ini banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan para pengunjung saat berada di Alun-alun Bandung. Berikut di bawah ini penjelasannya:

Mengakses internet secara bebas dan gratis

Dalam menunjang kenyamanan para pengunjung, Alun-alun Bandung telah menyediakan WiFi gratis yang dapat diakses oleh semua orang.

Bersantai di lapangan rumput sintetis

Area lapangan hijau rumput sintetis di Alun-alun Bandung memang dibiarkan terbuka. Lahan dengan luas 1.200 meter persegi dilapisi dengan rumput sintetis bermotif geometris.

Melakukan wisata keluarga

Di Alun-alun Bandung, Anda dapat melakukan rekreasi bersama keluarga tercinta. Destinasi wisata gratis ini cocok Anda kunjungi untuk menghilangkan stres, meskipun hanya sekedar jalan-lalan.

Melakukan berbagai pertemuan

Selain dijadikan sebagai tempat rekreasi, keberadaan alun-alun dapat digunakan untuk sarana berkumpul komunitas. Beragam kegiatan sosial dan budaya dapat terlaksana dengan adanya alun-alun.

Menikmati permainan anak-anak

Pada sisi utara alun-alun disediakan area permainan anak lengkap dengan wahana permainan edukatif. Wahana ini dapat dijadikan untuk hiburan anak Anda.

Objek Wisata Terdekat

Nah, setelah Anda puas mengunjungi alun-alun, tidak ada salahnya untuk juga mengunjungi wisata dekat alun-alun Bandung. Anda dapat mampir di beberapa wisata di bawah ini:

Jalan Dalem Kaum

Jalan Dalem Kaum berada di sisi selatan alun-alun dan dikenal sebagai pusat perbelanjaan. Setelah menikmati suasana Alun-alun Bandung malam hari, Anda dapat berjalan-jalan sambil melihat pertokoan hingga barisan pedagang kaki lima.

Di jalan ini, Anda dapat menemukan berbagai barang yang dijual. Mulai dari pakaian, makanan, buah tangan dan lainnya dengan harga yang bervariasi.

Pendopo Kota Bandung

Pendopo kota Bandung adalah bangunan yang pertama kali di bangun di kawasan Alun-alun Bandung. Tempat ini menjadi bangunan iconic yang sekarang dijadikan sebagai rumah dinas sekaligus kantor walikota Bandung.

Museum Konferensi Asia Afrika

Museum bersejarah ini dijadikan sebagai objek wisata untuk mengenang peristiwa Konferensi Asia-Afrika yang terjadi pada tahun 1955. Wisata ini terletak tepat di samping Gedung Merdeka dan merupakan tempat dilaksanakannya konferensi.

Taman Balai Kota Bandung

Taman balai kota ini memiliki nama lain Bandung City Hall Park yang diresmikan pada 19 Desember 2017. Gedung yang merupakan salah satu bangunan tertua di Bandung ini dulunya merupakan sebuah Gedung Kopi.

Taman Balai Kota Bandung biasanya dikunjungi untuk jogging ataupun sekedar bersantai. Di objek wisata ini, Anda juga dapat melakukan foto di spot-spot yang disediakan seperti monumen, taman berbunga hingga gembok cinta.

Masjid Al Imtijaz

Masjid yang diresmikan pada 6 Agustus 2010 ini memiliki desain yang sepintas terlihat seperti kelenteng. Imtijaz sendiri berarti pembaharuan antara para mualaf yang baru mempelajari islam dan pada umat muslim yang telah beragama islam.

Nah sesuai namanya, masjid Al Imtijaz tidak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah tetapi juga digunakan sebagai pusat informasi dan pembinaan. Khususnya untuk orang Tionghoa yang ingin mempelajari islam.

Braga Permai

Braga Permai merupakan salah satu destinasi tempat makan dekat Alun-alun Bandung yang dapat Anda kunjungi. Destinasi Braga Permai telah berdiri sejak 1918-1923 dengan nama Maison Bogarijen.

Tempat makan ini dijadikan sebagai restoran tertua di kota Bandung. Zaman dulu, restoran ini terkenal dan sangat berkelas karena satu-satunya restoran yang dikunjungi oleh ratu-ratu Belanda.

Kopi Aroma

Objek wisata ini merupakan toko kopi industri rumahan legendaris yang dalam bahasa Indonesia ejaan lama disebut Koffie Fabriek Aroma.

Hingga saat ini, di tempat ini masih berlangsung kegiatan pengolahan dan penjualan kopi bergaya tradisional. Bagi Anda para penikmat kopi tentu harus mengunjungi Kopi Aroma.

Review sebelumnya –> Palalangon Park yang estetik.

Tips Berkunjung

tips berkunjung alun alun bandung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117025786888219126941

Tips-tips yang perlu Anda perhatikan saat berkunjung ke Alun-alun Bandung antara lain:
Saat bermain di rumput sintetis, para pengunjung wajib melepas alas kaki. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga keasrian rumput sintetis yang terhampar.

Selalu patuhi peraturan yang berlaku, terutama aturan menjaga kebersihan berbagai sarana dan prasarana yang tersedia.

Karena Alun-alun Bandung bebas tiket masuk dan diperuntukkan bagi siapa saja. Maka pengunjung diharuskan untuk tetap berhati-hati dan selalu menjaga barang bawaan. Jangan sampai barang bawaan ada yang tertinggal atau bahkan hilang.

Agar Demikianlah informasi yang dapat dipaparkan terkait Alun-alun Bandung. Ingin berwisata tetapi tidak ingin mengeluarkan bujet? Anda dapat menjadikan Alun-alun Bandung sebagai tujuan.

Tunggu apalagi? Segera ajak teman, sahabat, keluarga atau orang tercinta lainnya untuk datang ke Alun-alun. Nikmati kebersamaan sembari bersantai dengan kesejukan udara Alun-alun Bandung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ten + six =