Home Tips Wisata 8 Kawasan di Bandung yang Jadi Favorit Wisatawan

8 Kawasan di Bandung yang Jadi Favorit Wisatawan

Punya waktu singkat untuk liburan? Bandung sudah pasti jadi tempat paling tepat yang terdekat dengan Jakarta. Memang benar, Kota Kembang jadi sasaran weekend getaway para pelancong yang mencari tempat untuk melepas penat sementara. Tak hanya karena suasana Bandung yang memang asri dan sejuk, tetapi juga banyaknya tempat wisata yang menarik dan seru serta pastinya sangat sayang untuk dilewatkan.

Letaknya yang tak jauh dari Jakarta juga menjadi alasan mengapa Bandung begitu diminati sebagai tujuan liburan singkat di akhir pekan. Banyak sekali moda transportasi yang bisa kamu pilih untuk menuju ke Bandung, salah satunya adalah travel. Sekarang, naik travel Jakarta Bandung murah dan pastinya lebih nyaman, kamu bisa langsung cek jadwal, harga, dan pesan tiketnya melalui Traveloka Lifestyle SuperApp. Biar lebih hemat, tinggal cek saja promo travel di Traveloka dan saksikan pula live streaming Traveloka NgeBasReng setiap bulannya.

Kawasan Favorit Wisatawan di Bandung

Lalu, mana saja kawasan di Bandung yang menjadi favorit para wisatawan? Berikut beberapa di antaranya:

1. Braga

image: Kompas

Braga menjadi salah satu ruas jalan yang ada di Bandung, tak jauh dari kawasan Kota Lama Bandung. Jalannya tidak panjang, tetapi begitu estetik dan sangat ikonik dengan nuansa sejarah Kota Bandung. Kamu bisa menemukan deretan kafe, restoran, dan hotel dengan nuansa arsitektur kuno di sini. Malam hari menjadi momen terbaik kamu berkunjung ke Braga, karena tempat ini akan semakin ramai pada malam hari.

2. Lembang

image: tokopedia

Siapa yang tidak tahu Lembang? Kawasan ini bisa disebut kawasan paling diminati wisatawan di sekitar Bandung, terlebih untuk keluarga dan pasangan. Bukan tanpa alasan, Lembang menyuguhkan pemandangan alam yang sangat memesona, belum lagi dengan udaranya yang segar dan sejuk khas dataran tinggi pada umumnya. Tak ketinggalan, banyak sekali destinasi wisata yang bisa dikunjungi di sini, mulai dari Farmhouse, Floating Market, De Ranch, Jendela Alam, Taman Begonia, dan masih banyak lagi.

3. Dago

image: wikipedia

Dago juga menjadi kawasan di Bandung yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Wilayah ini juga menawarkan berbagai macam kafe, restoran berkelas, hingga tempat nongkrong. Beberapa sentra kuliner dan oleh-oleh juga bisa kamu temukan di sini, berikut tempat wisata yang tak kalah menarik seperti kawasan di Bandung lainnya. Kalau kamu ingin suasana yang lebih sejuk dan indah di malam hari, Dago Atas bisa jadi alternatif destinasi yang bisa kamu tuju.

4. Cihampelas

image: pegipegi

Nah, kalau kawasan yang satu ini sangat populer dengan area pejalan kaki. Memang benar, Cihampelas menjadi area yang ramah pejalan kaki, tak heran jika banyak ditemukan pedagang makanan ringan dan banyak taman di area ini untuk tempat bersantai sembari menikmati Bandung yang bersahabat. Ingin membeli sepatu asli dari Bandung? Tenang saja, Cihampelas jadi pusatnya, lho!

5. Andir

Berikut ada Andir, kawasan lainnya di Bandung yang erat dengan nuansa oriental. Kamu bisa menemukan satu tempat menarik di sini, yaitu kampung Cina atau lebih akrab disebut Chinatown. Mulai dari klenteng, makanan khas, budaya dan pertunjukan, hingga bangunannya memang sangat khas dengan negara asalnya. Jika perayaan Imlek datang, kawasan ini semakin menawan dengan banyaknya lampion.

6. Ciwidey

image: kompas

Sementara itu, di Bandung bagian Selatan, kamu bisa mengunjungi Ciwidey, kawasan yang populer dengan destinasi wisata Kawah Putih. Namun, tidak hanya itu, Ciwidey juga punya banyak destinasi lain yang tak kalah menarik untuk dituju, seperti Pinisi Resto dan Glamping Lakeside, Ciwidey Valley Hot Spring Water Park, dan masih banyak lagi. Seperti halnya Lembang di Bandung Barat, CIwidey di Bandung Selatan juga terkenal dengan pemandangan alamnya yang memukau.

7. Alun-Alun Bandung

image: wego

Saat mampir ke Bandung, jangan sampai melewatkan kawasan paling ramai di Bandung, Alun-Alun Kota Bandung. Kamu bisa melihat langsung Gedung Sate yang unik, Masjid Agung Bandung yang megah, hingga kawasan paling bersejarah di Bandung, yaitu Asia Afrika. Sempatkan untuk menghabiskan sore hari di sini sambil menikmati ramainya lalu-lalang masyarakat Bandung.

8. Asia Afrika

Kalau kamu adalah seorang penikmat sejarah, kawasan Asia Afrika di Bandung sudah pasti tidak boleh kamu lewatkan. Rasakan kentalnya nuansa sejarah saat berjalan kaki menyusuri gedung-gedung peninggalan masa kemerdekaan yang begitu otentik dan terawat. Sudah pasti, kamu akan seperti terbawa ke masa saat Bandung masih menjadi saksi sejarah di era kemerdekaan. Jangan lupa, kunjungi juga Great Asia Africa, salah satu destinasi wisata di Bandung yang sedang jadi tren di kalangan wisatawan.

Nah, itu tadi beberapa kawasan di Bandung yang jadi favorit para wisatawan. Tentu saja karena banyaknya destinasi wisata yang bisa dituju juga beragam kuliner khas Bandung yang memang punya cita rasa yang begitu istimewa. Tak heran jika Bandung selalu membuat semua orang ingin berkunjung lagi. Jadi, mana kawasan favoritmu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × five =