Candi Ngetos merupakan salah satu bangunan bersejarah yang dapat anda jadikan sebagai tujuan mengisi waktu luang. Candi di Nganjuk Jawa Timur satu ini dibuat pada abad ke limabelas, yakni ketika zaman kerajaan Majapahit.

Beberapa ahli pula menyebut bahwa Candi Ngetos Nganjuk ini dibuat sebagai tempat pemakaman raja Hayam Wuruk, maharaja ke empat Majapahit. Secara fisik, bangunan Candi Ngetos Jawa Timur ini sudah tergolong rusak dan beberapa bagiannya sudah hilang.

Namun meski begitu, Candi Hindu satu ini masih menyimpan sejumlah daya tarik yang membuatnya nampak eksotis sebagai tujuan berlibur. Tempat wisata di Nganjuk berupa candi ini bisa anda explore lebih lanjut guna menemukan beragam keunikan di dalamnya.

Harga Tiket Masuk Candi Ngetos

harga tiket masuk Candi Ngetos
Foto : https://www.instagram.com/gharryn31/

Menghabiskan waktu libur tak melulu di isi dengan mengunjungi sebuah wisata pantai ataupun gunung. Berkunjung ke candi misalnya yang dapat menjadi alternatif dengan mencari tahu seluk beluk dan juga sejarah dari tempat tersebut.

Ada banyak sekali manfaat jika berwisata ke candi, salah satunya adalah semakin bertambah ilmu pengetahuan kita mengenai kerajaan masa lalu. Selain itu, dari segi ekonomi juga kita bisa menambah pendapatan devisa dari sektor pariwisata.

Biasanya, berwisata ke percandian pastinya kita tak perlu mengeluarkan terlalu banyak biaya, begitu pula dengan candi satu ini. Yang dimana harga tiket masuk Candi Ngetos hanya sebesar Rp5.000 saja per orangnya, sangat ramah dikantong bukan?

Disamping itu setiap pengunjung juga harus membayar untuk retribusi parkir kendaraan, apabila ada petugas yang berjaga. Ketentuan tarif tiket di wisata Candi Ngetos Nganjuk bisa saja mengalami perubahan sewaktu-waktu ya.

Jam operasional wisata yang berlaku di cagar budaya Candi Ngetos yakni pukul 06.00 – 18.00 WIB. Tak jarang jika sore hari ketika sepi wisatawan, maka sekitar jam 4 sore gerbang sudah mulai ditutup.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat candi ngetos
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102811793243271038425

Lokasi Candi Ngetos ini berada di tengah-tengah pemukiman warga yang cukup mudah untuk ditemukan keberadannya. Alamat Candi Ngetos terletak di Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur.

Apabila anda menjangkaunya dari Alun-Alun Kota Nganjuk, maka perlu menempuh jarak kurang lebih 15 km. Dengan waktu perjalanan yang dibutuhkan sekitar 26 menit untuk berkendara.

Akses jalan utama menuju area Candi Ngetos sudah cukup baik, dan dapat dilintasi oleh berbagai jenis kendaraan. Sejauh ini belum terpasang plang petunjuk khusus yang mengarahkan wisatawan untuk segera tiba di Candi Ngetos.

Akan tetapi, kami jamin anda tak harus bersusah payah untuk menemukan letak persis dari Candi Hindu di Nganjuk satu ini. Jika masih bingung atau sama sekali belum tau jalannya, bisa dengan menggunakan maps dibawah ini sebagai petunjuk.

Perjalanan liburan anda ke Candi Ngetos dijamin tak akan kesulitan jika memakai kendaraan yang sehat dan mampu melahap semua medan.

Datang juga ke –> Air Terjun Sedudo yang konon airnya bikin awet muda.

Fasilitas

fasilitas candi ngetos
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100251158490069964262

Ngetos sendiri diambil dari nama Desa dan juga Kecamatan dimana Candi Hindu peninggalan Kerajaan Majapahit ini berada. Termasuk candi yang terkenal dan selalu menjadi incaran para pengunjung, khususnya penikmat wisata bersejarah.

Sudah didukung dengan berbagai sarana penunjang yang akan memberikan kenyamanan lebih kepada para pengunjung. Fasilitas Candi Ngetos terdiri dari, area parkir kendaraan, toilet, tempat duduk dan beberapa warung disekitar lokasi.

Di area belakang candi juga terdapat masjid, sehingga bagi anda yang muslim bisa menggunakannya ketika akan menunaikan ibadah sholat. Selain itu ada juga pesarean yang kerap menjadi tujuan peziarah beberapa pengunjung.

Nikmati serunya berlibur ke Candi Ngetos Hindu yang terbuat dari bata merah setinggi 10 meter.

Kunjungi juga –> Watu Lawang wisata alam hits di Kota Nganjuk.

Spot Terbaik di Candi Ngetos

spot terbaik di candi ngetos
Foto : https://www.instagram.com/notur46/

Destinasi wisata Nganjuk ini merupakan sebuah percandian peninggalan kerajaan majapahit terjaga dengan baik dan masih lestari karena terawat. Meskipun bangunannya sudah ada kerusakan di setiap sisinya namun amat layak untuk di explore lebih dalam.

Anda juga bisa belajar tentang sejarah masa silam. Dari candi yang digunakan untuk penyimpanan abu jenazah Hayam Wuruk, yaitu raja ke-empat Majapahit.

Meski bangunan candi tergolong rusak, para wisatawan masih bisa melihat dengan jelas Cagar Budaya Nganjuk ini. Yang dimana bagian induk candi memiliki ukuran sebagai berikut :

  • Panjang candi -> 9,1 m
  • Besar Tangga Luar -> 3,75 m
  • Lebar Pintu Masuk -> 0,65 m
  • Tinggi Badan -> 5,43 m
  • Tinggi keseluruhan -> 10 m
  • Saubasemen -> 3,25 m
  • Ruang Dalam -> 2,4 m
  • Tinggi Undakan menuju Ruang Candi -> 2,47 m

Bangunan candi yang tergolong unik ini biasa dimanfaatkan oleh para pengunjung sebagai background di kala berswafoto. Momen berlibur anda kesini wajib diabadikan ke dalam foto dan juga video pada spot terbaik di Candi Ngetos yang menarik.

Review sebelumnya –> Waduk Perning yang menawan.

Tips Berkunjung

tips berkunjung candi ngetos
Foto : https://www.instagram.com/krisdidavid/
  • Perkirakan dengan baik waktu kunjungan anda, dengan memperhatikan cuaca terkini.
  • Pemandangan candi akan terlihat lebih maksimal apabila anda datang kesini ketika hari cerah.
  • Pahami dengan baik tata tertib yang berlaku di kawasan wisata Candi Ngetos yang bersejarah ini.
  • Tidak melakukan hal-hal yang berbahaya dan bisa merugikan banyak pihak ketika datang ke Candi Ngetos.
  • Ikut dalam menjaga kebersihan area candi dengan selalu buang sampah pada tempatnya.
  • Selalu waspada dan tetap hati selama bewisata bersama orang-orang tercinta agar semuanya baik-baik saja.

Jadi itu salah satu cagar budaya yang cukup ikonik di Kota Nganjuk yakni Candi Ngetos dengan segudang daya tariknya. Jadi tunggu apalagi, segera kunjungi Candi Ngetos Nganjuk dan telusuri lebih dalam sejarah menarik di dalamnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 − nine =