Makanan khas Bogor menjadi salah satu sajian yang istimewa. Dimana, banyak varian dan menu makanan baik berat maupun ringan ada di Kota ini. Salah satu alasan mengapa banyak wisatawan yang berbondong-bondong pergi ke tempat ini. Berbagai sajian kulinernya memang membuat semua orang rindu ke tempat ini.

Tidak hanya menu-menu yang kekinian saja. Banyak wisatawan malah lebih menyukai cita rasa tradisional yang harus kamu coba juga. Penasaran apa saja, yang bisa kamu nikmati selama di Bogor? Mari, kita simak berbagai macam kuliner yang bisa disantap selam tinggal di kota hujan.

1. Doclang

makanan khas bogor paling enak
foto: https://www.instagram.com/nw.harrison/

Makanan Khas Parung Bogor ini bisa menjadi sajian pertama yang bisa kamu santap saat berada di Bogor. Dimana, kamu bisa menikmati lontong dengan bumbu kacang dengan bumbu rempah yang begitu terasa yang sangat nikmat. sayangnya, saat ini menu satu ini sulit ditemui.

Tidak hanya ketupat saja, kamu juga bisa menikmati telur rebus, kentang kerupuk dan daun patat. Harganya pun mulai dari 5 ribu rupiah saja.

2. Lasagna Gulung

makanan enak khas bogor
foto: https://www.instagram.com/lasagna_gulung/

Salah satu oleh-oleh yang tidak boleh kamu lupakan saat berkunjung ke Kota Hujan ini. Sajian khas italia yang disadur ini mempunya tiga macam varian isi yang berbeda. Mulai dari ayam, kerang, dan tuna. Dimana, hampir semuanya mempunyai cita rasa yang sulit untuk dilupakan lho.

Teksturnya memang sangat lembut dipadukan dengan saus sungguh sangat tepat, selain ketiga varian diatas, isi dari menu satu ini ada jamur, saus tomat, cabai, wortel dan juga keju yang lumer dimulut.

3. Ubi Bakar Cilembu

makanan khas bogor yang murah
foto: https://www.instagram.com/ubibakarcilembu_ubud/

Makanan khas Bogor untuk oleh-oleh ini bisa kamu nikmati di puncak. Menu satu ini cara dibakar terlebih dahulu dengan menggunakan oven.

Setelah itu menu satu ini akan mengeluarkan sebuah cairan mirip dengan madu. Hal inilah yang membuat sajian ini mempunyai cita rasa manis legit.

Makanan ini sangat cocok disantap saat udara dingin datang menyerang. Harganya pun tidak terlalu mahal lho. Hanya 25 ribu rupiah saja per kilogram. Biasanya paling nikmat bila dipadukan dengan teh manis hangat.

4. Ayam Goreng Aroma

makanan tradisional khas bogor
https://www.instagram.com/sanjayanadia/

Makanan Khas Bogor yang wajib di Coba ini menyediakan menu ayam goreng yang mempunyai cita rasa yang berbeda dengan yang lainnya. Ditambah dengan sambal yang super pedas dan beberapa lalapan segar, membuat kamu sulit untuk menolak makan disini.

Menariknya, kamu bisa memilih ayamnya sendiri lho. Mau bagian mana akan digoreng langsung. Harganya sendiri tidak terlalu mahal hanya 15 ribuan saja lho.

5. Ngo Hiang

makanan ringan khas bogor
foto: https://www.instagram.com/eiffeles/

Dari namanya saja, kamu pasti sudah tahu bila menu satu ini berada di kawasan pecinan. Dengan sajian chinese food yang benar-benar sangat nikmat. Harga makanan ini dipatok mulai dari 35 ribu rupiah. Lalu, apa menu satu yang dihidangkan ke kamu ini.

Bila dilihat sekilas ada batagor atau juga pempek. Sayangnya, keduanya bukan. Makanan satu ini dibuat dari daging babi atau bisa juga dengan ayam. Jadi, bagi kamu warga muslim yang ingin menikmatinya, harap pastikan terlebih dahulu apa yang digunakan ya.

Keduanya akan digoreng menggunakan tepung kemudian, dipadukan dengan tahu dan juga kentang. Selanjutnya dipadukan dengan bumbu kacang yang mempunyai rasa gurih, asam dan juga manis. Bagi kamu yang memilih daging ayam, akan dibalut ke dalam tahu yang digoreng lembut dan lumer dimulut.

6. Bolu Lapis Sangkuriang

bolu lapis khas bogor
foto: https://www.instagram.com/hanny_ec/

Bolu lapis sangkuriang adalah salah satu oleh-oleh yang harus kamu nikmati bila berkunjung ke Bogor. Banyak wisatawan yang sudah merasakan kenikmatannya.

kelembutan roti Dengan berbagai macam rasa dan membuat enek. Menjadi salah satu daya tarik utama, mengapa mereka mau membelinya.

Ada beberapa varian yang bisa kamu beli mulai dari coklat hingga Talas. harganya mulai dari 33 ribu rupiah saja. Kamu juga bisa menyuruh penjualnya untuk memotong sekalian sehingga, kamu tinggal memakannya di rumah.

Baca juga –> 24 Makanan Khas Sukabumi Terbaru

7. Mie Glosor

foto: https://www.instagram.com/soonly_gan/

Makanan khas dari kota Bogor ini terbuat dari tepung aci yang dicampur dengan kunyit. Sehingga, kamu akan mendapatkan cita rasa rempah yang cukup kuat disini. Ada beberapa hal yang menarik yang harus kamu ketahui. Dimana, mie ini sebenarnya bukan berasal dari Bogor lho.

Melainkan, dari Sukabumi. Dahulu, banyak warga bogor yang rela pergi kesana untuk menyantapnya. Kemudian, beberapa dari mereka mencoba membuatnya. Sampai saat ini menu ini masih ada dan dijadikan ciri khas Kota Hujan.

Nama glosor sendiri diambil karena mie ini begitu mudah mengalir, saat kamu makan rasa kenyalnya membuat makanan ini mengalir begitu saja di mulut. Kamu bisa mendapatkan hidangan ini di berbagai pedagang kaki lima dengan harga mulai dari 10 ribu rupiah saja.

8. Pia Apple Pie

foto: https://www.instagram.com/pia_applepie/

Kawasan ini merupakan tempat makan dengan suasana yang cukup mengesankan, Dengan sajian spesialnya adalah kue pie.

Dimana, makanan ini mempunyai cita rasa yang cukup berbeda. Apalagi, rasa Apple Crumblenya yang benar-benar mengesankan. Lembut dan cukup nyaman berkeliaran di dalam mulut.

9. Toge Goreng

foto: https://www.instagram.com/done.to.eat/

Jajanan khas Bogor ini memang ada-ada saja dan menariknya hampir semuanya memiliki cita rasa yang nikmat. salah satunya adalah Toge Goreng. Konon menu satu ini dipengaruhi oleh Tionghoa dan juga Eropa. Makanan legendaris ini memang mempunya rasa yang tak main-main.

Cara pembuatannya pun tidak terlalu sulit, menggunakan toge yang direndam terlebih dahulu. Ditambah dengan ketupat, tahu kuning.kemudian, menggunakan bumbu tauco sebagai penyedap. Harganya hanya 15 ribuan saja lho.

10. Soto Kuning

foto: https://www.instagram.com/ari_dnd/

Dinginnya Kota Bogor membuat makanan berkuah menjadi salah satu pilihan utamanya. Oleh karena itu, tidak salah bila kamu mencoba menikmati Soto Kuning yang mempunyai cita rasa tidak main-main. Menu satu ini penggunaan kuahnya menggunakan santan dan beberapa rempah aromatik.

Biasanya isiannya menggunakan daging sapi atau juga jeroan. Untuk melengkapinya, biasanya akan disuguhkan dengan nasi dan juga sambal lalu juga ada emping. Cobalah kamu santap saat pagi hari, pasti kamu akan jatuh cinta dengan rasanya.

11. Martabak Air Mancur

Satu menu yang paling legendaris di antara semua makanan yang ada di Bogor adalah Martabak Air Mancur. Konon sudah 21 tahun yang lalu tempat ini berdiri.

Menyediakan varian martabak telur yang pastinya bikin lidah kamu bergoyang tanpa henti. Ada banyak macam varian isian yang bisa kamu pilih. Harganya pun tidak terlalu mahal mulai dari 50 ribu rupiah.

Penggunaan dagingnya sangat terasa bahkan hampir di semua gigitan loh. kulitnya garing dan biasanya paling nikmat makan menggunakan acar. Seperti, mentimun, wortel,serta rawit hijau. Disini pula kamu bisa menikmati martabak manis yang memiliki beberapa varian rasa. Untuk harganya mulai dari 60 ribuan lho.

12. Brownies Pisang

makanan khas bogor terbaru
foto: https://www.instagram.com/martha.lena.18/

Kalau ke Bogor Jangan lupa bawa oleh-oleh satu ini ya, Brownies pisang yang mempunyai tekstur yang lembut dan cita rasa yang menggoda. Hal yang menarik adalah, kamu bisa mencicipi testernya lho yang sudah disediakan. Jadi, kamu bisa tahu bagaimana kualitas rasanya terlebih dahulu.

Ada berbagai macam varian mulai dari green tea, original dan juga keju dengan harga mulai dari 25 ribu rupiah saja. Jangan sampai lupa kebeli ya. Rugi kalau sudah ke Bogor nggak bawa pulang ke rumah.

Baca juga –> 24 Makanan Khas Garut Terbaru

13. Pizza Kayu Bakar

foto: https://www.instagram.com/levina_eat/

Dari namanya saja sudah lucu dan bikin penasaran ya. Apa yang dimaksud dengan pizza kayu bakar. Karena saat penyajiannya tidak menggunakan alat apapun hanya piring saja. Tetapi, cara pembuatannya memang seperti itu. Sehingga, saat kamu nikmati rotinya benar-benar lembut.

Ada keju mozarella di atasnya yang membuat rasanya leleh di mulut. Menu ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati dinginnya malam kota Bogor. Ada beberapa pilihan ukuran dengan harga mulai dari 30 ribuan saja,

14. Pia Papapia

Satu lagi menu khas Bogor yang tidak boleh kamu lewatkan. Dimana, makanan ini bisa digunakan untuk oleh-oleh juga lho. Atau hidangan untuk menemani santai keluarga kamu. Kalau kamu lihat sepintas, memang mirip bakpia jogja sih. tetapi, coba kamu gigit dan makan.

rasanya lebih crunchy, teksturnya sangat padat dengan rasa kacang hijau. tetapi, saat ini kamu bisa menikmatinya dengan berbagai macam rasa seperti durian, kacang merah, keju, dan juga talas. Untuk harganya memang tidak terlalu mahal hanya 30 ribu rupiah per box saja.

15. Pizza Meteran

makanan khas bogor terbaru

Satu lagi menu pizza yang harus kamu nikmati bila berada di Bogor. Dimana, kamu bisa memilih menu satu ini dengan panjangnya yang hampir mencapai satu meter. Menariknya kamu bisa memilih beberapa topping yang berbeda lho, bisa menggunakan tuna, jamur, cheese, salad.

Rasanya sendiri cukup enak, crispy dan benar-benar seperti pizza pada umumnya, dengan roti yang sangat lembut. Harga per meter nya mulai dari 36 ribu rupiah lho.

16. Strudel Bogor

makanan enak khas bogor
foto: https://www.instagram.com/jktdelicacy/

Oleh-oleh dari bogor selanjutnya yang bisa kamu bawa pulang adalah Strudel. Penganan khas eropa ini menjadi sajian yang disukai oleh wisatawan.

Untuk menu variannya ada banyak, kamu bisa menikmati bakso, talas nanas, martabak, Apel berry, jagung susu, dan masih banyak lagi menu yang bisa kamu nikmati.

Dalam satu box isinya kurang lebih 8 potong dengan harga 50 ribu rupiah. tergantung varian rasa yang kamu pilih.

17. Sop Duren Lodaya

foto: https://www.instagram.com/kuliner_with_mark/

Pergi ke Bogor akan terasa sangat kurang bila tidak menikmati Sop Duren Lodaya yang memang cukup terkenal. Pada dasarnya menu satu ini mirip dengan es buah.

Hanya saja, meng highlight buah durian yang sangat spesial dan asli diambil dari buahnya lho. Untuk harganya mulai dari 13 ribuan saja, Bagaimana cukup murah bukan?

18. Lumpia Basah

foto: https://www.instagram.com/niladriana/

Satu lagi menu yang terasa sangat spesial dimana, lumpia basah yang ada di Bogor ini mempunyai isian bengkuang lho. Konon sajian satu ini sudah ada sejak tahun 1970 an.

Untuk isiannya terasa cukup unik, dimana menggunakan cacahan bengkoang, ditambah dengan tauge, ebi giling, cacahan udang, dan telur. Bukan digulung dan juga di goreng. tetapi, disajikan dengan seperti ini.

Lalu, isian yang ada diatas tadi disangrai terlebih dahulu menggunakan bumbu rempah tanpa gula hingga mengeluarkan bau wangi. Kemudian, dituangkan di dalam kulit lumpia kemudian, dilipat. Harga satuannya hanya 12 ribu rupiah lho.

Baca juga –> 22 Makanan Khas Tangerang Terbaru

19. Sop Buah Pak Ewok

foto: https://www.instagram.com/sopbuahpakewok/

Bogor terkadang juga terasa sangat panas lho, tidak hanya dingin saja. Oleh karena itu tidak ada salahnya kamu menikmati Sop Buah Pak Ewok.

Dimana, kamu akan disajikan dengan berbagai macam buah seperti strawberry, mangga, sawo, Jambu Batu, melon. Kemudian, diguyur dengan kuah susu jeruk atau juga yoghurt.

20. Mie Rampok

foto: https://www.instagram.com/mierampok_renon/

Dari namanya saja sudah cukup menakutkan ya. tetapi, menu ini sebenarnya merupakan singkatan dari Mie ramen depok.

Rasa mie nya pun cukup unik dan nikmat dengan perpaduan asin, gurih dan pedas.

21. Asinan Bogor

makanan ringan khas bogor
foto: https://www.instagram.com/dapur.resep.masakan/

Makanan khas Bogor yang murah memang harus kamu coba. Karena sudah banyak wisatawan ketagihan dengan cita rasanya Kuah asinannya yang asin pedas menajdi alasan utama mereka menyukai menu satu ini.

Buah dan sayuran yang dibuat asinan masih terasa sangat segar. Sehingga, sangat cocok dinikmati di berbagai waktu

22. Cimory

Cimory adalah sebuah tempat makan di bogor yang mempunyai banyak menu makanan khas.

Cita rasanya cukup unik dan disesuaikan dengan bumbu tradisional turun temurun. jadi, jangan sampai terlewat ya.

23. Laksa Bogor

foto: https://www.instagram.com/foodbangid/

Makanan enak khas Bogor ini memang segar dan mempunyai rasanya yang mantap. Menu satu ini sudah dinikmati sejak tahun 1965 lho.

Bahan yang digunakan adalah ketupat, tauge, telur rebus, ditambah dengan oncom. kamu bisa menikmatinya dengan harga mulai dari 15 ribuan saja di berbagai tempat di Bogor.

24. Macaroni Panggang

makanan hits khas bogor
foto: https://www.instagram.com/genikayu/

Salah satu sajian lain adalah macaroni panggang yang mempunyai rasa enak dan begitu lembut.

Harganya pun juga tidak terlalu mahal lho. Dijual mulai dari 18 ribuan saja.

Baca juga –> 21 Makanan Khas Cirebon Terbaru

25. Cungkring

foto: https://www.instagram.com/jajanan_indonesia04/

Di beberapa kota ada yang menggunakan ceker ayam untuk dijadikan jajanan. Kalau di Bogor kamu akan menemukan Cungkring yang menggunakan olahan kaki sapi.

Beberapa bagiannya ditusuk-tusuk sehingga, menjadi sajian sate yang nikmat. Kemudian, ditambah dengan bumbu kacang yang sudah diolah sedemikian rupa.

26. Roti Unyil

foto: https://www.instagram.com/jnyfoodjournal/

Makanan ringan khas Bogor paling cocok untuk dijadikan sebagai salah satu menu sarapan pagi yang benar-benar nikmat. Dipadukan dengan segelas teh hangat.

Kenapa disebut dengan unyil, karena ukurannya yang sangat kecil atau mini. Konon, makanan ini sudah ada sejak lama lho kurang lebih 1992.

Saat ini makanan ini mempunyai beberapa varian yang bisa kamu pilih. Tidak hanya yang modern saja, melainkan tradisional pun juga ada.

27. Daiji Ramen

foto: https://www.instagram.com/sandy_k17/

Tidak usah jauh-jauh harus ke Jepang untuk bisa menikmati Ramen. Karena, di Bogor sudah ada Daiji Ramen yang bisa kamu nikmati.

Tenang saja, menu satu ini dijamin halal lho. Harganya ,mulai dari 29 ribu rupiah. Cita rasanya autentik lho.

28. Dodongkal

foto: https://www.instagram.com/nanik_saiman/

Jajanan khas terakhir yang bisa kamu nikmati adalah Dodongkal. Sayangnya, sekarang penjual menu ini sudah sangat jarang ditemui. Kamu hanya bisa membelinya di Pasar Tradisional utama di Bogor.

Menggunakan bahan dari tepung dengan cita rasa gurih dan nikmat. Untuk harga satu porsinya dihargai 60 ribu bagi yang besar dan 30 ribu untuk yang kecil.

29. Mie Janda

makanan khas bogor
foto: https://www.instagram.com/miejanda/

Nama janda sendiri mempunyai singkatan jawa sunda. Jadi, menu yang disajikan merupakan mie dengan perpaduan kedua budaya. Rasanya enak, kenyal, dan gurih, ayam atau varian baksonya pun empuk. Harganya mulai dari 10 ribuan saja lho.

Review Sebelumnya –> 24 Makanan Khas Karawang Paling Enak

Makanan khas Bogor memang menyajikan berbagai macam makanan yang sederhana dengan cita rasa yang tidak biasa, Cita rasanya sangat nikmat dan membuat lidah kamu bergoyang tanpa henti. Kalau begitu, jangan lupa siapkan perut kamu untuk bisa menampung berbagai sajian lezatnya.

Vlog Ke Lokawisata Baturraden Terbaru 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here