Berbicara tentang tempat wisata di wonosobo emang gak ada habisnya, mulai dari wisata alam yang sungguh eksotic yang di kenal hingga ke mancanegara dan keunikan budaya lokal yang ada. Wonosobo merupakan sebuah kabupaten yang terletak di tengah pulau jawa yang dikelilingi oleh beberapa kabupaten seperti magelang, temanggung, banjarnegara, kebumen, batang dan pekalongan.

Wisata di wonosobo tidak hanya dieng, melainkan masih banyak tempat wisata selain dieng yang ada di wonosobo. Seperti waduk wadaslintang, Telaga menjer, perkebunan teh tambi, air terjun sikarim dan masih banyak lagi.

telaga menjer

Nah disini MyTrip123 akan mebahas salah satu surga tersembunyi yang ada di wonosobo yaitu Telaga Menjer. Telaga menjer emang sudah terkenal di masyarakat lokal namun belum banyak dikenal oleh wisatawan dari luar kota maupun mancanegara. Kebanyakan dari mereka ketika berkunjung ke wonosobo, fokus destinasi wisata langsung tertuju ke dieng. Padahal sebenarnya masih banyak sekali tempat wisata yang jarang dikunjungi wisatawan yang menyuguhkan pemandangan begitu indah seperti telaga menjer.

Telaga menjer merupakan sebuah telaga buatan yang di fungsikan sebagai pembangkit listrik tenaga air oleh PLTA Garung. Seiring dengan dengan perkembangan waktu telaga menjer mulai di manfaat kan menjadi tempat wisata yang menarik.

Sejarah Telaga Menjer

Telaga menjer merupakan sebuah telaga yang terbentuk dari sebuah letusan kaki gunung pakuwaja yang dulunya aktif. Sebelum terjadi letusan tersebut telaga menjer hanyalah mata air kecil dan sewaktu waktu airnya bisa meluas ketika terjadi hujan.

Foto telaga menjer dari berbagai macam sudut pandang

Lokasi Telaga Menjer Wonosbo

Telaga menjer berloksi di Kecamatan garung yang berjarak sekitar 8 km dari pusat kota wonosbo. Rute yang di lalui yaitu hampir sama dengan rute menuju ke dieng. Dari alun-alun wonosbo anda cukup berjalan menuju ke arah utara mengikuti arah jalan dieng. Sesampai di pasar garung yang berjarak sekitar 7 km dari alun-alun wonosbo terdapat gapura yang bertuliskan PLTA Garung yang berada di kiri jalan sekitar pasar. selanjutnya ikuti jalan dari gapura tersebut hingga terlihat telaga menjer yang berada di kiri jalan. Untuk harga tiket di telaga menjer yaitu 3000 rupiah per orang.

telaga menjer
jalan manuju ke tlaga

Apa Sih Yang Bisa Di lakukan Di Telaga Menjer?

Di telaga ini anda dapat menikmati hamparan air telaga menjer yang jernih dan merasakan segarnya udara khas pegunungan. Selain itu anda dapat menyusuri telaga menjer dengan menaiki prahu yang di sewakan oleh warga sekitar. Hanya dengan membayar sebesar 10.000 rupiah anda sudah bisa berkeliling telaga menjer serta melihat bentangan gunung sindoro yang mempesona selam +- 30 menit.

Tidak Hanya itu, anda yang hobi memancing alangkah baiknya membawa juga peralatan memancing anda. Karena di telaga ini banyak orang yang menghabiskan waktunya dengan bersantai sambil memancing. Ikan-ikan yang didapat pun cukup berfariasi, mulai dari ikan yang berukuran mungil hingga berukuran jumbo.

Tunggu, sedang memuat. . .

 Baca Juga : Daftar Tempat Wisata di Blitar Paling indah dan Menarik

Video Indahnya Pemandangan Telaga Menjer dari Prahu

 Informasi wisata lainya