Pulau Dewata selain disebut dengan surganya wisata Indonesia. Pulau ini juga bisa disebut dengan negeri seribu pura. Lantaran, hampir di setiap sudut Bali kita akan menemukan bangunan yang berdiri sangat megah.

Menariknya lagi, beberapa tempat juga digunakan sebagai tempat wisata yang mampu menarik hati berbagai macam wisatawan dari nusantara dan juga mancanegara.

Salah satunya adalah Pura Taman Ayun. Dimana, saat memasuki kawasan ini anda sudah disuguhkan dengan pesona luar biasa yang akan selalu membekas di dalam hati. Ketenangan, kedamaian jiwa benar-benar bisa anda rasakan.

Urusan duniawi seakan luntur dan menghilang seketika. Benar-benar kawasan yang sangat cocok bagi anda yang sedang terlilit beban berat, seperti berada di sebuah surga yang selalu dirindukan. Berkunjunglah ke tempat ini, maka pikiran anda akan jernih dengan sendirinya.

Tidak salah memang memilih wisata taman ayun sebagai salah satu destinasi anda selama berkunjung ke Bali. Karena, di dalam pura ini terdapat taman yang cantiknya luar biasa. Seakan tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata sedikit pun.

Tidak hanya masyarakat sekitar saja yang memuji kecantikan dari taman tersebut. tetapi, hampir seluruh wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara yang juga mengakuinya.

Tidak hanya sampai disitu saja. Saking indahnya, taman di pura ini pun pernah menyelenggarakan Around the world in 80 gardens. Dari acara itulah kawasan ini namanya semakin melanglang buana.

Harga Tiket Masuk

harga tiket masuk taman ayun
foto: https://www.instagram.com/dony_chard/

Bagi anda yang ingin menikmati perpaduan alam dan ketenangan jiwa disini. Anda akan dikenakan harga tiket masuk taman ayun sebesar 10 ribu rupiah bagi wisatawan nusantara. Bagi anda wisatawan mancanegara maka, akan dikenakan tiket sebesar 20 ribu rupiah.

Tidak hanya sampai disitu, anda juga akan dikenakan biaya tanbahan sebesar 10 ribu rupiah untuk mobil dan 5 ribu rupiah, bagi anda yang menggunakan kendaraan bermotor. Pura ini akan dibuka pada pukul 8 pagi. Kemudian, setelah pukul 6 sore akan ditutup kembali.

Datang juga ke –> Sangeh Monkey Forest Bali.

Alamat dan Rute Lokasi

 alamat taman ayun
foto: https://www.instagram.com/harridaryanto/

Alamat taman ayun terletak di Jalan ayodya no.11, Mengwi, kecamatan mengwi, Kabupaten Badung, bali 80351. Menuju ke lokasi ini ada dua alternatif yang bisa anda pilih.

Pertama menggunakan bus dan turun di terminal mengwi. Atau menggunakan pesawat dan turun di Bandara Ngurah Rai.

Bila anda menggunakan Bus dari Jawa menuju ke Bali. Usahakan untuk turun di Terminal Mengwi. Karena, bila turun di terminal Denpasar jaraknya akan sedikit jauh. Karena, objek wisata ini dari terminal mengwi hanya berjarak 4 km atau membutuhkan waktu 8 menit sampai 10 menit saja.

Rute menuju taman ayun bila dari terminal Mengwi adalah menuju ke jalan raya Denpasar – gilimanuk. Kemudian, masuk ke jalan I Gusti Ngurah Rai dan ke Jl. I Gusti Ketut Jelantik. Kemudain, masuk ke jalan Ayodya dan tidak lama kemudian, anda akan tiba di objek wisata ini.

Sementara itu, bila anda memulai perjalanan dari Bandara Ngurah Rai. Jarak yang harus ditempuh kurang lebih 29,3 km. Dengan estimasi waktu 1 jam hingga 1 jam 20 menit. Jalan menuju taman ayun adalah Jalan By Pass Ngurah Rai menuju ke Jalan Sunset Road.

Setelah itu, arahkan lajur kendaraan anda menuju ke Jl.Kerobokan, Raya padang Luwih, Raya Abian ase, Raya Denpasar – Gilimanuk. Hingga, anda akan tiba di jalan Ayodya dan tidak lama kemudian sampai di titik lokasi.

Datang juga ke –> Pura Besakih Bali.

Daya Tarik Pura Taman Ayun

Beriktu hal yang bisa anda nikmati ketika berkunjung kesini:

1. Sejarah

 wisata taman ayun
foto: https://www.instagram.com/galontrip_travelblog/

Sebelum kita melihat bagaimana keindahan dan kemegahan dari Pura Taman Ayun. Mari kita lihat terlebih dahulu bagaimana sejarah dari berdirinya objek wisata ini.

Dimana, Pura Taman Ayun merupakan Pura Tertua di Bali yang dibangun pada oleh Raja Mengwi pada tahun 1634.

Kehadiran pura ini pun bisa anda lihat dari sebuah karya buku yang berjudul Negara Mengwi yang ditulis oleh Henk Schulte Nordholt. Dimana, pada tahun 1750 Pura ini mengalami renovasi dengan menggunakan teknologi bernama Hobin Ho.

Dalam perjalanan menuju tahun 2019. Pura Taman Ayun mengalami kerusakan parah pada tahun 1917. Waktu itu, Pulau dewata sedang dilanda musibah berupa guncangan gempa yang dahsyat.

20 tahun kemudian, objek wisata ini pun mengalami perbaikan besar-besaran. Tidak hanya berhenti sampai disitu saja. Proses perbaikan ini juga dilanjutkan kembali pada tahun 1949.

Baca juga –> Garuda Wisnu Kencana Bali.

2. Kemegahan dan Keindahan

Lokasi wisata taman ayun
foto: https://www.instagram.com/galontrip_travelblog/

Nilai sejarah dan unsur magis yang terdapat di Pura Taman Ayun ini cukup tinggi. Oleh karena itu, anda harus menjaga sikap dengan baik. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan saat berkunjung ke sini.

Lokasi wisata taman ayun ini berdiri di atas tanah dengan luasnya mencapai 100 x 250 meter persegi. Bila anda masuk kedalam, kawasan ini akan di bagi menjadi dua bagian yaitu pelataran dalam dan pelataran luar. Keduanya, dipisahkan oleh sebuah kolam yang menarik untuk dinikmati dengan ikan-ikan yang cukup banyak.

Di pelataran dalamnya sendiri kita akan mendapati 3 pelataran lagi yang difungsikan sebagai tempat peristirahatan, dari sini anda bisa melihat bagaimana arsitektur dan desain dari Pura ini begitu megah dan mengagumkan. Disinilah kebanyakan para wisatawan mengambil spot untuk foto dan mengambil gambar.

Di pelataran kedua, letaknya lebih tinggi dengan 9 patung penjaga yang ditempatkan di seluruh penjuru mata angin. Menurut kepercayaan warga hindu, patung ini merupakan sebuah simbol dari Dewata Nawa Sanga.

Pelataran ketiga yang letaknya juga lebih tinggi biasanya digunakan untuk upacara keagamaan. Ada pula candi yang digunakan sebagai tempat peribadatan umat hindu disana. Disini, anda akan disuguhkan dengan susunan meru atau sebuah pagoda yang atapnya disusun bertingkat.

Kunjungi juga –> Pantai Lovina Bali.

3. Penginapan Sekitar Pura

Lokasi wisata taman ayun
foto: https://www.instagram.com/kristan.kosmos/

Setelah kita puas berkeliling dan berfoto di Pura Taman Ayun. Pastilah capek dan mungkin ingin beritirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan. Karena, di sekitar pura masih banyak kawasan yang tidak boleh dilewatkan sedikit pun. Oleh karena itu anda wajib untuk mencari penginapan di sekitar yang cukup banyak dengan fasilitas yang pastinya bakal memanjakan anda.

Rekomendasi pertama yang bisa kita hadirkan untuk anda adalah Bali Sweet Home. Terletak di Gg II, Delod Peken, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali, 82121. Jaraknya hanya 18 menit dari Pura. Harga per malam per kamarnya cukup murah  mulai dari 155 ribu rupiah saja. Sangat cocok bagi anda para backpacker yang sedang menikmati pulau dewata ini.

Suasananya nyaman, tempatya bersih, pelayanannya juga sangat ramah. selian itu fasilitas wifi juga bisa anda rasakan disini. Rekomendasi kedua adalah Ijo EcoLodge Hotel yang mempunyai fasilitas kolam renang. Jaraknya hanya 6 menit menuju objek wisata.

Harganya per malam per kamar adalah mulai dari 175 ribu rupiah. Terletak di Jalan Raya Pengadangan, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali. 80351.

Datang juga ke 25 Objek wisata Baru di Bali yang Rekomended.

Pura Taman Ayun adalah kesempurnaan dalam peribadatan masyarakat bali. Siuasananya yang benar-benar menggoda membuat anda tidak boleh melewatkannya. Rugi besar bila sudah menginjakkan kaki di Bal tetapi, tidak mengunjungi kawasan ini. Jadi, kapan anda akan datang dan berkunjung ke objek wisata ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here