Wisata di Madura menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menghabiskan waktu Liburan kamu bersama dengan keluarga. Ada banyak tempat yang menarik dapat dikunjungi dan hampir semuanya mempunyai berbagai macam spot untuk selfie mulai dari pesona alam, buatan, sampai tempat religi.

Menuju ke Pulau Madura sebenarnya sangat mudah. Akses utama adalah dari Surabaya. Di mana kamu bisa naik kereta, pesawat sampai Bus. Kemudian, sewa kendaraan dan pelindung Jembatan Suramadu yang jadi Ikon dan penghubung kedua Pulau tersebut.

Wisatawan juga bisa langsung pergi kesana menggunakan Bus yang sudah banyak tersedia. Untuk dapat berkeliling sewa kendaraan antara mobil atau motor. Dengan berbagai macam persyaratan mulai meninggalkan identitas sampai uang jaminan.
Penasaran, dimana saja Wisata di Madura yang dapat kamu kunjungi yang mempunyai pesona nan menawan. Mari Kami ajak berkeliling mengunjunginya satu per satu.

1. Bukit Jaddih

Tempat Wisata di Madura
Foto : https://www.instagram.com/adji_mahadewa/

Bukit Jaddih menjadi salah satu kawasan wisata yang dulu pernah dijadikan sebagai tempat pergudangan senjata oleh Belanda. Selanjutnya, digunakan untuk penambangan kapur dan sekarang menjadi salah satu kawasan wisata terbaik. Ada tangga serta goa kecil yang menarik dikunjungi.

Selain digunakan untuk mengambil foto spot, Wisata di Madura ini juga mempunyai kolam renang. Airnya jernih dan bersih berwarna biru. Tidak hanya sampai disitu saja, Ada danau berwarna hijau, kamu bisa menggunakan rakit untuk berputar mengelilinginya dengan kapasitas 6 sampai 7 orang saja.

Untuk harga tiketnya hanya Rp20 ribu saja, perlu diketahui bahwa aktivitas penambangan di perbukitan ini masih aktif. Jadi, jangan lupa bawa masker dan harus mengalah dengan berbagai macam truk yang berlalu-lalang.

2. Pulau Kangean

Pulau Kangean
Foto : https://www.instagram.com/dotdee_soft/

Wisata Madura berikutnya yang wajib Anda kunjungi adalah Pulau Kangean. Keindahannya memang luar biasa. Ada banyak pilihan yang dapat kamu pilih saat mengunjungi Pulau Kangean. Hampir semuanya menarik dan tidak ada duanya. Mulai dari pemandangan pantainya sampai dunia bawah laut.

Ada beberapa kawasan yang indah dengan panorama bakaunya atau melihat bebatuan karang dan menemukan ikan nemo sedang melintas di sana. Menuju ke Pulau ini sendiri memang cukup sulit. Anda dapat naik dari Pelabuhan Kalianget di mana ada banyak kapal cepat tersedia di sana. Kurang lebih perjalanannya 4 jam.

Untuk tiketnya kurang lebih Rp30 ribu saja. Sayangnya, kapal ini hanya tersedia pada saat pagi hari saja. Oleh karena itu, berdasarkan perjalanan dari Surabaya malam. Atau naik kendaraan Pribadi dan dititipkan di area pelabuhan.

3. Bukit Kapur Arosbaya

Wisata Madura
Foto : https://www.instagram.com/yoveemaulana/

Wisata di Madura ini termasuk yang cukup mengesankan karena, tampak berbeda dari yang lainnya. Biasanya perbukitan kapur berwarna putih, tetapi tempat ini memiliki warna merah. Pahatannya tampak tidak beraturan tetapi, membentuk sebuah tempat foto yang cukup mengesankan.

Salah satu alasan terbesar mengapa wisatawan harus mengunjungi kawasan ini adalah udara serta suasananya mempunyai kesejukan luar biasa. Karena, kondisi sekitar yang lembab dan juga basah. Hal inilah yang mengakibatkan Bukit Kapur Arosbaya memiliki udara yang cukup dingin saat pertama kali masuk. Untuk harga tiket masuknya akan dikenakan Rp5 ribu saja.

4. Gua Blaban

Gua Blaban
Foto : https://www.instagram.com/umishalma/

Objek wisata Madura memang tidak akan pernah habis. Ada banyak keindahan yang ditawarkan dan hampir mempunyai ragam dan corak berbeda. Salah satunya adalah Gua Blaban. Di mana kamu bisa merasakan pengalaman berbeda dengan menjelajah Gua yang ada di dalam tanah.

Di atasnya sudah banyak pemandangan indah dan khas seperti stalakmit dan stalaktit berwarna putih. Cobalah berikan pemandangan tersebut sebuah sinar, pasti tampak lebih berkilau bagaikan sebuah berlian. Untuk bisa masuk ke dalam dan melihat seluruh pesonanya. Setiap pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp20 ribu.

Tidak perlu khawatir selama di dalam. Karena, sudah ada banyak penjaga yang siap memberikan berbagai informasi yang menarik mengenai Gua Blaban. Saat menjelajah seluruh penduduknya diharapkan berhati-hati karena udara dari dinding atas bisa menetes sehingga kondisinya sangat licin.

5. Pantai Slopeng

Objek Wisata di Madura
Foto : https://www.instagram.com/akangyasin/

Siapa bilang Wisata di Madura tidak punya berbagai pantai yang eksotis dan menawan seperti kawasan di Pulau Jawa. Salah satu buktinya adalah Pantai Slopeng. Kawasan ini sudah lama jadi destinasi unggulan Jawa Timur baik wisatawan mancanegara atau Nusantara.

Setiap kali masuk ke dalam, setiap masuk ke dalam setiap wisatawan akan dikenakan tiket sebesar Rp5 ribu. Pantai Slopeng sendiri tidak hanya menyajikan suasana pantai yang eksotis saja. Melainkan, sudah banyak wahana tersedia di sana. Mulai dari berenang, berkuda, Foto di hamparan bukit pasir sampai menikmati jajanan kuliner dan melihat bagaimana menawannya matahari tenggelam.

6. Pantai Sembilan Gili Genting

Pantai Sembilan Gili Genting
Foto : https://www.instagram.com/hafiluddin_photo/

Objek wisata di Madura ini mempunyai keindahan luar biasa di mana salah satu pesonanya terpancar dari Pantai Sembilan. Sebelum terkenal seperti sekarang, Nama kawasan tersebut adalah Mareddnan. Dalam bahasa Madura memiliki arti sebagai kuburan.

Hal ini bukan tanpa sebab, karena masih satu kompleks dengan pemakaman umum. Sehingga, busana angker dan mistis. Tetapi, saat ini kompleks tersebut sudah ditutup dengan pagar. Penyebutan sembilan didasarkan pada dua sebab.

Pertama, ada yang mengatakan bahwa bentuknya mirip angka 9. Kedua, saat air laut pasang. Wisata di Madura ini airnya akan menggenang dan genangan itu membentuk angka 9. Untuk tiket masuknya setiap wisatawan yang dikenakan tarif 5 ribu saja.

7. Gili Iyang

Obyek Wisata di Madura
Foto : https://www.instagram.com/giliiyang.o2_official/

Tidak hanya lombok saja yang punya Gili. Wisata di Madura juga punya pesonanya. Bahkan, disebut sebagai salah satu kawasan dengan kandungan oksigen paling tinggi. Hal ini disebabkan oleh penelitian yang mengatakan bahwa kandungan oksigennya kurang lebih 21%.

Angka tersebut ternyata jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan Laut Mati di Yordania. Sehingga predikat sebagai kota dengan harapan hidup paling tinggi disematkan. Keberadaan oksigen ini terjadi Karena, sepanjang kawasan banyak pohon hijau. Pesona inilah yang membuat Gili Iyang mempunyai pesona sunset yang super cantik.

Saat siang hari, suasana terik matahari juga akan terlindungi dengan hadirnya berbagai macam pepohonan ini. Ada hal yang menarik pula di tempat ini. Ada tulang ikan yang cukup besar di tempatkan disini sebagai, salah satu bukti bahwa dulu pernah ada Ikan yang terdampar di sini.

Datang juga ke –> Tempat Wisata Di Sleman menyajikan beragam destinasi kekinian dengan spot instagramable.

8. Pantai Camplong

Pantai Camplong
Foto : https://www.instagram.com/pantaicamplong/

Wisata di Madura lainnya adalah Pantai Camplong. Suasana sekitarnya sangat bersih dan cocok digunakan untuk liburan bersama keluarga. Bahkan, Anda dapat melakukan berbagai macam aktivitas yang menarik. Seperti menulis kata-kata di atas pasir.

Sekedar berjemur matahari atau menikmati suasana yang syahdu. Ombak disini cukup ramah lho. Jadi, bisa berenang sampai ke tengah. Atau menggunakan perahu nelayan dan berkeliling menikmati pesonanya.

Di sini kamu juga bisa melihat pesona yang menarik dari dermaga kapal minyak. Bahkan, segala jenis aktivitasnya juga bisa memperhatikan. Untuk berkeliling kamu perlu waktu kurang lebih 20 menit. Fasilitas yang disediakan Pantai Camplong sudah cukup lengkap. Jadi berkunjung ke tempat ini bisa jadi pilihan tepat.

9. Air Terjun Toroan

obyek wisata di madura
Foto : https://www.instagram.com/yoesrilim/

Wisata di Madura berikutnya adalah Air Terjun Toroan. Keunikan dari wisata ini adalah Air yang turun langsung jatuh ke laut. Untuk harga tiketnya sendiri gratis hanya dikenakan tarif parkir motor atau mobil saja maksimal 10 ribu. Tingginya mencapai 20 meter. Mempunyai keindahan luar biasa karena dindingnya sudah tampak berwarna kuning.

Sayangnya, Kamu tidak diperbolehkan untuk berenang. Sebenarnya, airnya sangat tenang tetapi, dekat dengan palung yang berita sangat berbahaya. Untuk warung makan kawasan ini juga belum ada. Jadi, usahakan membawa air minum dan makanan itu sendiri dari Rumah.

Jangan lupa membawa kamera, hampir semua tempat adalah tempat terbaik untuk diabadikan. Hanya saja, harus hati-hati agar Kamu tidak masuk ke dalam Palung karena, bisa tenggelam dan sulit kembali.

10. Pantai Nepa

tempat wisata di madura
Foto : https://www.instagram.com/wonderfulsampang/

Pantai Nepa merupakan tempat wisata di Madura Jawa Timur yang memberikan keindahan luar biasa. Memiliki garis pantai yang melengkung dan memanjang ditumbuhi oleh berbagai macam pepohonan yang menambah kesan alaminya.

Ombaknya cukup keras dengan pasir putih yang cukup menawan. Penyebutan nama Nepa ini berdasarkan pada kisahnya karena, ada banyak pohon Nipa yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan untuk atap.

Bila dikunjungi bagi tempat ini harus hati-hati terutama Kamu yang datang membawa makanan serta barang-barang lain. Karena, ada banyak kera abu-abu yang berkeliaran kesana-kemari dan siap mengambil menu atau barang kamu. Lebih baik kebanggaan tas lebih baik.

11. Kota Tua Kalianget

Kota Tua Kalianget
Foto : https://www.instagram.com/muhammadpasa/

Tidak bisa menghindari bahwa sebenarnya Belanda di Indonesia bukan hanya menjajah saja. Tetapi, Madura juga punya tempatnya. Namanya adalah Kota Tua Kalianget. Tempat wisata di Madura yang terkenal mempunyai sebuah pabrik garam modern pertama.

Konon katanya, pabrik tersebut menjadi yang paling modern. Berfungsi sebagai penguatan sosial, ekonomi, serta politik di Madura. Tidak hanya sampai disitu saja. Belanda juga membangun banyak sekali gedung seperti bioskop, taman kota, sampai kolam renang.

Hampir semuanya memiliki arsitektur yang sangat khas. Gaya Eropa sangat kental disini. Sehingga, meninggalkan bangunan kuno nan menawan dan cocok digunakan untuk berbagai macam spot foto.

12. Masjid Syaikhona Kholil

Masjid Syaikhona Kholil
Foto : https://www.instagram.com/firdausjongma/

Wisata Madura ini diambil dari nama ulama besar yaitu Syaikhona Kholil di mana dalam masjid ini juga terdapat makam beliau. Keindahan arsitekturnya bisa Kamu lihat saat masuk ke dalam. Dimana ada banyak ornamen tentang kaligrafi bisa dilihat. Untuk menambah kemewahannya, dicat dengan warna kuning dan diberi lampu setiap satu meter.

Sisi menariknya lagi ada pada bentuk kubahnya yang sudah berbentuk panel enamel terbuat dari kabel baja. Ketebalannya kurang lebih 0,7 mm hingga 1,2 mm. Wisata di Madura selanjutnya adalah Bukit Daramista. Tidak diketahui keindahan alam yang luar biasa. Bukit ini tergolong masih baru. Tetapi, wisatawan sudah dapat dirasakan. Tidak hanya pengunjung dari Sumenep saja, luar pulau Madura juga datang mengunjunginya.

Biasanya akan ramai saat hari kamis atau beberapa hari menjelang bulan Ramadhan. Banyak peziarah yang datang dan mendoakan ulama besar tersebut. Tidak hanya itu, pada hari senin malam biasanya para peziarah juga datang membacakan doa tahlil serta membaca yasin.

13. Bukit Daramista

tempat wisata di madura terbaru
Foto : https://www.instagram.com/_gitapuspitarz/

Pesona alam berupa perbukitan hijau menjadi suguhan yang tidak dapat ditolak. Ada pula gubuk kecil yang tersedia sebagai tempat beristirahat. Wisata di Madura ini akan buka pukul 6 pagi sampai 10 malam. Setiap pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp5 ribu untuk satu kali masuk.

14. Kampoeng Toron Samalem

tempat wisata alam di Madura
Foto : https://www.instagram.com/arief_maw/

Wisata di Madura ini sebelumnya adalah bekas penambangan batu. Dengan tingkat kreativitas tinggi warga mampu mempercantiknya sehingga tampak tampak berbeda. Salah satu keunggulan dari Kampoeng Toron ini adalah hadirnya berbagai spot foto yang sangat menarik.

Banyak rumah berukuran kecil yang layak dijadikan sebagai salah satu spot fotografi terbaik. Bahkan, batu alami hingga pintu gerbang juga tampak menawan.

Menurut cerita kawasan ini menjadi salah satu tempat bertapa dari Potre Koneng. Putri dari Raja Sumenep dan dalam kelanjutan ceritanya akan menjadi ibu dari Jokotole.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata Di Bantul terbaru dan selalu ramai dikunjui wisatawan.

15. Api Abadi Madura

Api Abadi Madura
Foto : https://www.instagram.com/zc_story/

Wisata di Madura selanjutnya adalah Api Abadi yang ada di kawasan Pamekasan. Saat menariknya digali, akan muncul api berwarna biru. Bila dilihat lebih dalam hampir sama dengan gas yang ada di rumah.

Fenomena yang terjadi bukan tanpa sebab. Melainkan dalam tanah terdapat kandungan belerang, bila digali akan bercampur bersama oksigen. Inilah yang jadi akibat terbentuknya api abadi tersebut.

Tidak hanya digunakan untuk warga saja. Beberapa. wisatawan juga memanfaatkannya untuk merebus udara atau memasak. Karena tidak jauh dari area perkemahan yang sering dimanfaatkan.

16. Gili Labak

wisata terbaru di Madura
Foto : https://www.instagram.com/gogo_gzli/

Wisata di Madura ini memang sangat menawan dengan luasnya mencapai 5 hektar. Dihuni kurang lebih 35 kepala keluarga. Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan disini mulai dari menikmati keindahan pasir pantainya.

Menjelajah ke seluruh pulau yang memiliki pemandangan nan mengesankan. Tidak hanya dengan kapal saja. Kamu juga bisa berkeliling dengan cara jalan kaki saja. Melihat berbagai sudut pulau yang mengesankan.

Jangan lupa menikmati keindahan dunia bawah lautnya yang sangat mengesankan. Kawasan ini sangat cocok digunakan sebagai tempat liburan bersama dengan keluarga atau teman. Selain panorama Alamnya, Madura juga punya keindahan soal bangunan religi yang mengesankan. Salah satunya adalah Vihara Avalokitesvara. Dimana menjadi salah satu situs peninggalan peradaban dari manusia di masa lalu. Beberapa warga sekitar pengadilan syringe dengan nama Kuil Kwan In Kiong. Dimana menurut cerita yang diambil. Sebenarnya, kawasan tersebut akan dibangun sebuah candi pada masa kerajaan majapahit. Semua patung sudah tetapi, tidak jadi dan terkubur.

17. Vihara Avalokitesvara

Vihara Avalokitesvara
Foto : Amboyindonesia.blogspot.com.

Ada seseorang warga yang menemukan patung tersebut yang ternyata adalah Patung Kwan Im Po. Berita tersebut terdengar oleh seluruh warga Tionghoa di Madura hingga akhirnya memutuskan untuk membangun sebuah kelenteng.

18. Bukit Brukoh

tempat wisata keluarga di madura
Foto : https://www.instagram.com/riskyyunitaaa/

Wisata di Madura ini wajib Anda kunjungi karena, keindahannya. Kamu bisa melihat bagaimana panorama perbukitan hijau yang mengesankan dari sini setiap wisatawan bisa melihat panorama dari Kota Pamekasan secara total.

Banyak spot menarik bisa dimanfaatkan oleh wisatawan untuk mengambil foto. Seperti, payung yang sudah berjajar menyatu dengan keindahan panorama alamnya. Ada pula fasilitas berupa bunga cantik yang menambahkan kesan alami. Selain foto Kamu juga bisa menikmati berbagai menu kuliner yang sudah tersedia lengkap.

19. Pantai Jumiang

tempat wisata anak di madura
Foto : https://www.instagram.com/may_yull/

Wisata di Madura memiliki keindahan yang luar biasa Hamparan pasir putihnya tampak menawan dan mengesankan. Selain itu, kawasan ini juga punya sebuah tebing yang menawan. Tebing ini bisa kamu panjat dan melihat betapa indahnya Pantai Jumiang dari atas.

Selain itu, Kamu juga bisa melihat panorama matahari tenggelam yang sangat romantis. Jangan lupa juga menikmati berbagai macam menu kuliner yang khas. Terkenal dengan berbagai menu seafood. Cobalah merasakannya karena cita rasa sambalnya memang begitu cinta.

Tidak hanya itu, ada banyak jenis masakan yang dapat kamu nikmati mulai dari di goreng, bakar. Ditambah dengan berbagai siraman asam manis, serta bumbu lainnya, tidak ada salahnya untuk mencoba lho.

20. Museum Keraton Madura

tempat wisata di madura jawa timur
Foto : https://www.instagram.com/andri5345/

Wisata di Madura menjadi saksi sejarah tentang kota yang sudah berumur lebih dari 7500 tahun ini. Para pengunjung yang kesana akan disuguhkan dengan berbagai keindahan mengenai cerita sejarah masa lalu. Bagaimana kerajaan ini terbentuk dengan berbagai macam koleksi. Jumlahnya sendiri kurang lebih ada 482.
Ada banyak peninggalan yang bisa kamu nikmati disini, kurang lebih ada mangkok, piring hingga gelas. Ada lagi Penulisan Al-Quran yang ditulis oleh Raja Sumenep langsung dalam waktu satu malam yaitu Sultan Abdurrahman. Hadir juga berbagai replika kereta my lord hingga Karie.

Ada juga peninggalan dari kerajaan berupa sebuah cermin raksasa. Konon dulu sebelum bertemu dengan seorang raja banyak tamu wajib untuk menggunakan cermin tersebut sebagai bagian dari tata aturan yaitu, setiap tamu yang ingin bertemu dengan raja wajib untuk merapikan diri terlebih dahulu.

21. Pantai Rongkang

wisata alam madura
Foto : https://www.instagram.com/yahikoel.hrc/

Pantai Rongkang menjadi salah satu Wisata di Madura yang mempunyai pemandangan alam dengan berbagai pepohonan yang tumbuh dengan subur. Hal lain yang harus Kamu nikmati adalah jajaran bebatuan yang menggantikan pasir putih.

Nama dari Rongkang ini diambil dari batu-batu yang terkenal di seluruh area. Ada lagi perbukitan karang yang tingginya hanya 20 hingga 25 meter. Jangan lupa membawa alas kaki karena, ada beberapa batuan yang lancip sehingga, akan melukai kaki. Jadi, diharapkan menggunakan alas yang tepat.

Dari tempat-tempat wisatawan lainnya juga bisa menikmati keindahan dari Jembatan Suramadu. Karena, jaraknya hanya 5 meter saja. Bila beruntung, pengunjung dapat menikmati panorama kapal beserta sinar lampu yang mengesankan.

22. Gili Pandan

Gili Pandan
Foto : https://www.instagram.com/phebrinur/

Wisata di Madura ini memiliki berbagai pesona yang menawan. Pulau kecil ini menyajikan panorama yang menawan berupa lautan pasir yang mengesankan. Pesona lautan biru yang bercinta membuat semua orang ingin menuju kesana. Menariknya bila lautnya surut akan terlihat batuan bekas dengan dataran yang sangat luas.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Kulon Progo memiliki pesona keindahan alam yang tiada tara.

23. Pantai Lombang

Tempat Wisata di Madura
Foto : https://www.instagram.com/moh_fadlillah_fahri/

Wisata di Madura terakhir yang harus Kamu kunjungi adalah Pantai Lombang. Untuk biaya masuknya sendiri hanya Rp5 ribu saja per orang. Menariknya dari Pantai Lombang adalah arus ombak yang begitu tenang. Sehingga, siapa saja bisa berenang tanpa perlu khawatir terkena ombak.

Hanya saja, jangan sampai ke tengah karena tetap berbahaya. Tempat ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang menarik. Seperti, kamar mandi, tempat bilas dan banyak lagi. Hanya saja, uang untuk memanfaatkannya kamu harus membayar sebesar Rp2 ribu saja.

Pihak pengelola juga telah memberikan berbagai macam fasilitas yang menarik seperti adanya pelampung, hingga larangan. Ada lagi permainan yang menarik seperti papan selancar, yang sudah di sewakan oleh warga sekitar. Bahkan, kamu juga bisa menyewa berbagai peralatan snorkeling.

Berkunjung ke Madura memang jadi salah satu wilayah di Jawa Timur yang harus Kamu kunjungi. Banyak pesona menawan yang bisa dikunjungi mulai dari keindahan alam pantai, bukit, desa wisata, sampai bangunan religi yang mengesankan. Jadi, kapan kamu akan berkunjung ke wisata di Madura iini?

Travel Vlog Jeep Adventure Dieng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here