Oleh oleh khas wonosobo. Wonosobo merupakan salah satu kota tujuan wisata yang ada di jawa tengah. Yang membuat kota ini populer di kalangan wisatawan adalah wisata diengnya. Ketika hari libur tiba, anda wajib tuk explore indahnya Dieng Wonosobo bersama teman dan keluarga tercinta.

Dieng merupakan destinasi tujuan wisata favorit yang ada di indonesia. Mempunyai banyak wisata tentunya di barengi dengan oleh oleh khas wonosobo yang beragam. Berlibur ke Wonosobo maka anda akan menemukan banyak destinasi wisata menarik serta kekayaan alam yang melimpah.

Banyak sekali jajanan khas wonosobo yang bisa di coba oleh wisatawan ketika berkunjung ke kota ini. Anda bisa langsung mencobanya atau dijadikan cendramata tuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh keluarga di rumah. Berikut daftar Oleh Oleh khas wonosobo yang bisa anda coba:

1. Manisan Carica

carica dieng wonosobo

Carica merupakan buah yang hanya bisa tumbuh di dataran tinggi dieng. Bentuk buah carica ini hampir mirip dengan pepaya, hanya saja ukuranya yang lebih kecil.

Pemanfaatan carica biasanya digunakan untuk manisan dan sirup. Bagi anda wisatawan yang berkunjung ke wonosobo ataupun dieng, mungkin bisa memilih carica sebagai oleh oleh.

Carica sendiri merupakan oleh oleh paling populer di wonosobo dan dieng. Banyak sekali toko-toko yang menjajakan manisan carica di daerah dieng dan wonosobo.

Jadi untuk menemukan sajian menarik ini anda tak perlu bersusah payah. Karena di sepanjang jalan di Kota Wonosobo hampir selalu ada toko oleh-oleh.

Untuk harga carica sendiri adalah sekitar 10.000 hingga 15.000 rupiah per botol. Ada juga yang kemasan kecil, satu plastik biasanya ber isikan 4-6 pcs. Untuk harga carica kemasan kecil biasanya dibanderol dari Rp15.000 hingga Rp30.000.

2. Kacang Dieng
oleh oleh khas wonosobo

Oleh oleh khas dieng dan Wonosobo selanjutnya adalah kacang dieng. Masyarakat sekitar sering menyebutnya dengan kacang babi.

Karena kacang dieng memiliki bentuk yang berbeda dari kacang biasanya. Kacang Dieng memiliki bentuk yang lebih besar dan biasa digoreng dengan taburan bumbu diatasnya.

Apabila di amati dengan seksama, camilan ini sama persis seperti kacang koro. Kacang koro sendiri lebih dikenal oleh semua kalangan karena rasanya yang pasti gurih.

Rasanya yang gurih pada kacang babi ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh keluarga dirumah. Belum lengkap rasanya kalau anda liburan ke Wonosobo tapi tidak membeli kacang Dieng yang populer ini.

Untuk bisa membelinya, kacang khas Wonosobo tersebut tersedia di hampir semua kios oleh-oleh. Anda bisa mencari sendiri pada rak di toko oleh-oleh, atau miinta bantuan kepada crew yang bertugas disana.

Anda bisa mencari keberadaan toko oleh-oleh Wonosobo lebih persisnya melalu google maps. Cari yang paling dekat atau mudah tuk dijangkau dari keberadaan anda.

3. Kripik Jamur

oleh oleh khas wonosobo

Wonosobo pernah menjadi kota penghasil jamur dengan kuantitas terbaik dan produksi yang lumayan besar. Banyak berdiri perusahaan berbasis makanan terutama yang mengolah jamur.

Banyak juga industri rumahan yang memproduksi jamur menjadi berbagai macam jajanan. Seperti halnya keripik jamur, jamur krispi, hingga oseng jamur pada warung-warung makan di Wonsobo

Walau Bisa kita temukan di tempat lain, namun Wonosobo dari dulu sudah terkenal akan produksi keripik jamurnya. Jadi tak heran apabila jamur menjadi salah satu daya tarik dan bisa jadi oleh-oleh tuk dibawa pulang.

Berbagai olahan jamur mudah anda temukan di Wonosobo, seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Jika pada tempat wisata, biasanya banyak penjaja jamur krispi yang digoreng dadakan di tempat.

Sehingga anda bisa langsung menyantap ketika masih hangat saat explore wisata Dieng Wonosobo. Soal harga tak usah khawatir, karena pastinya sangat murah.

Harga jamur krispi pada tempat wisata di Dieng Wonosobo biasanya di banderol mulai dari Rp10.000 saja. Menggunakan kemasan gelas plastik dan isinya pun cukup banyak.

Jika akan dibawa pulang, anda bisa membeli keripik jamur dalam sebuah kemasan. Keripik Jamur Wonosobo jadi salah satu buruan yang kerap dicari wisatawan ketika liburan kesini.

Terdapat di kios oleh-oleh sepanjang jalan Wonosobo atau Dieng. Harganya pun murah kok, tenang saja, mulai dari Rp15.000 per kemasannya.

4. Tempe Kemul

makanan khas wonosobo

Tempe Kemul, adalah sajian kuliner lezat yang hanya bisa nada temukan di Kota Wonosobo Asri. Makanan ini berupa gorengan tempe yang berbalut tepung cukup tebal.

Dan ketika matang, gorengan tempe khas Wonosobo cenderung berwarna kuning dan rasanya renyah. Camilan ini paling enak dinikmati ketika masih panas, sewajarnya gorengan pada umumnya.

Bisanya tempe kemul ini jadi teman wajib ketika menyantap nasi megono, makanan khas Wonosobo populer. Masyarakat Wonosobo sendiri pasti sering menyantap gorengan enak ini, bahkan ada juga yang wajib makan setiap harinya.

Gorengan tempe kemul cocok untuk menjadi pendamping berbagai makanan. Dimakan bersama soto, mie ongklok, hingga nasi megono akan menjadi lebih nikmat.

Harga tempe kemul di Wonosobo sendiri sangatlah ramah dikantong. Anda bisa membeli tempe kemul Wonosobo ini dengan harga mulai dari Rp500 hingga Rp2.000 per pcs.

Ada juga yang menjual camilan nikmati ini dengan harga Rp2.000 dapat 3 pcs. Untuk menemukannya, anda bisa mampir ke setiap pedagang gorengan.

Penjual gorengan di Wonosobo pasti sedia tempe kemul, dengan masing-masing ciri khasnya. Jangan heran jika rasa tempe kemul di masing-masing pedagang berbeda.

Kemul sendiri dalam bahasa Jawa artinya selimut. Jadi kalau diartikan, makanan ini adalah tempe yang ditutupi oleh tepung bak selimut.

Unboxing Oleh Oleh Khas Wonosobo dan Dieng Bersama Faza Luthfia

5. Terong Belanda

terong-belanda

Salah satu buah oleh khas wonosobo selain carica adalah terong belanda. Buah ini banyak tumbuh di dataran tinggi dieng. Saat anda di Dieng, akan dengan mudah mencari buah ini, baik tuk dikonsumsi langsung atau dibawah pulang.

Pemanfaatan buah ini biasanya digunakan untuk sirup dan bisa juga dijadikan jus buah. Banyak penduduk sekitar yang jual terong belanda dengan harga yang murah dan segar. Anda bisa membeli buah terong belanda sebagai oleh oleh ketika berkunjung ke dataran tinggi dieng.

Terong Belanda dipercaya memiliki banyak khasiat sehingga peminatnya cukup banyak. Manfaat yang bakal anda dapat saat mengonsumsi buah Terong Belanda adalah :

  • Membantu mengontrol diabetes
  • Membantu penurunan berat badan
  • Baik untuk kesehatan kulit
  • Meredakan peradangan
  • Mampu menurunkan tekanan darah tinggi
  • Baik untuk jantung dan mata
  • Dan masih banyak lagi

Untuk itu buah khas Dieng dengan segala manfaatnya itu harus anda coba beli dan cicipi. Jika ingin membawanya masih dalam bentuk buah, maka bisa membeli langsung ke petani. Atau di kios-kios sekitaran Dieng yang pasti menjual Terang Belanda.

Ada juga yang sudah diolah dalam kemasan dan siap untuk langsung di konsumsi. Kemasannya hampir mirip dengan Carica, ada yang botol, kaleng dan siap minum.

6. Mie Ongklok

mie ongklok
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112854313766402639940

Baru mendengar nama makanan Mie Ongklok? Wajar, karena Mie Ongklok sendiri merupakan sajian kuliner khas Wonosobo yang wajib tuk anda cicipi kelezatannya.

Mie Ongklok sendiri merupakan makanan yang dibuat dengan menggunakan kol, potongan serta daun kucai. Dan di siram oleh kuah kental berkanji, yang biasanya disebut loh.

Ketika anda berada di Wonosobo, maka banyak sekali pedagang Mie Ongklok yang selalu ramai akan wisatawan. Penjaja Mie Ongklok Wonosobo bermacam-macam, ada yang seperti rumah makan hingga muter dengan naik sepeda motor.

Karena sejatinya makanan ini paling nikmati disantap ketika masih hangat, jadi kurang direkomendasikan tuk dibungkus. Untuk merasakan kelezatan dari kentalnya kuah yang menyelimuti mienya anda tak perlu mengeluarkan banyak biaya.

Untuk harga mie ongklok sendiri bervarasi, yang pastinya terjangkau tuk semua kalangan. Pada pedagang yang menggunakan motor, biasanya satu porsi mie ongklok dijual dengan harga Rp5.000 saja.

Sedagang Mie Ongklok yang berada pada kios atau rumah makan, dibanderol dengan harga mulai dari Rp9.000 – Rp15.000. Makan mie ongklok ditengah dinginnya suasana kota Wonosobo, emm akan jadi pengalaman tak terlupakan.

7. Mie Ongklok Instan

mie ongklok instan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/105064766384169124884

Kalau tadi, Mie Ongklok yang dibuat dadakan dan siap santap. Yang satu ini dapat anda bawa pulang dan dimakan kapan saja sesuka hati. Sebab mie ongklok instan merupakan makanan tradisional khas wonosobo yang dikemas secara instant dan praktis dimakan dimanapun.

Mie ongklok instant tersedia berbagai macam rasa sehingga bisa anda pilih sesuai keinginan. Rasa Mie Ongklok Instan Wonosobo mulai dari original, lombok ijo, black paper dan lainnya.

Nikmati mie ongklok dalam kemasan instan ini tentu cocok dibawa sebagai oleh-oleh ketika anda datang ke wonosobo. Baik itu liburan maupun acara keluarga hingga kunjungan kerja ke Wonosobo.

Makanan berupa mie ongklok dalam kemasan ini dapat anda beli di semua toko oleh-oleh Wonosobo. Atau anda juga bisa datang ke tempat produksinya langsung dan bisa melihat secara lebih dekat.

Lokasi Mie Ongklok Instan berada di Perumahan Permata hijau No.c. 8, Limbangan, Mudal, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Cukup dekat dari pusat Wonosobo, hanya berjarak sekitar 3,1 km dengan waktu perjalanan 7 menit.

Bagi anda yang kangen dengan nuansa Wonosobo, tapi belum bisa mengunjunginya, maka Mie Ongklok Instan bisa jadi obat. Rekomendasi buat anda yang ingin merasakan mie ongklok tapi tak perlu jauh-jauh ke Wonosobo.

Karena anda bisa beli mie ongklok instan ini di secara online, baik  market place atau melalui whatsapp.

8. Geblek

geblek wonosobo
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115973209891636688677

Baru mendengar namanya saja, mungkin tak sedikit dari anda yang berfikir “apa ini?”. Bagi orang luar Jawa Tengah mungkin masih sangat asing dengan makanan bernama Geblek.

Geblek sendiri merupakan makanan tradisional berupa sebuah gorengan dengan warna cenderung putih. Gorengan Geblek dibuat dari bahan dasar tepung tapioka serta bumbu bawang.

Bisanya bentuk Geblek seperti angka delapan setelah di goreng, matang dan siap tuk disantap. Berwarna putih bersih dan mengolahnya dengan cara digoreng pada minyak pasang.

Makanan Geblek ini populer sebagai jajanan khas dari beberapa wilayah Jawa Tengah dan DIY. Kepopuleran Geblek, dimulai dari wilayah Kabupaten Kulon Progo di Yogyakarta, hingga Purworejo dan Wonosobo Jawa Tengah.

Jadi saat anda berada di kota-kota tersebut, jangan sampai kelewatan untuk mencicipi gorengan geblek. Untuk Geblek Wonosobo, dapat anda temukan di berbagai pedagang gorengan seluruh wilayah.

Hampir semua pedagang goreng di Wonsobo pasti menjual geblek. Biasanya geblek ini paling banyak dicari ketika pagi atau sore dan malam hari.

Dibalik dinginnya kota Wonosobo, goreng berwarna putih ini bisa disantap tuk menghangatkan. Ditemani teh panas atau kopi yang semakin membuat pengalaman makan Geblek jadi lebih berkesan.

9. Teh Tambi

teh tambi
Foto : https://shopee.co.id/Teh-Tambi-Cap-Petruk

Sebagai daerah dataran tinggi, Wonosobo di anugerahi bentang alam menakjubkan yang sangatlah mempesona. View bukit, pegunungan, sampai perkebunan teh mudah anda jumpai di Kota Wonosobo Asri.

Untuk Kebuh Teh sendiri, di Wonosobo teradapat pada beberapa wilayah. Di Kecamatan Sapuran, dekat Kledung, hingga tambi Kejajar Wonosobo.

Mengingat banyaknya perkebunan di Wonosobo, kota tertinggi Jawa Tengah ini jadi salah satu produsen teh terbesar. Dan Teh Tambi ini adalah yang paling populer, dan bisa anda cicipi kenikmatannya.

Teh Tambi terdiri dari beberapa jenis dan varian, dan semuanya bisa anda dapatkan dengan mudah. Setiap kios oleh-oleh Wonosobo pasti menjual teh tambi Wonosobo.

Kemasan Teh Tambi ada cukup banyak, namun yang paling umum di pasar adalah bergambar Petruk. Harga per kemasan pada saat ini adalah Rp16.000.

Ada juga teh tambi black tea celup, yang dalam 1 boxnya berisikan 25 bag. Harga untuk teh tambah celup balck tea saat ini adalah Rp8.000. Untuk teh tambi celup ini juga mudah anda cari, di warung biasa hingga toko retail.

10. Teh Wangi Corbang

teh wangi corbang
Foto : https://www.tokopedia.com/wonosoboteashop/teh-tambi-teh-wangi-corbang

Teh Wangi Corbang bisa jadi salah satu list oleh-oleh yang bisa anda beli selama di Wonsobo. Untuk Teh Corbang sendiri merupakan salah satu produk teh yang masih dari PT. Perkebunan Tambi Wonosobo.

Lalu apa yang membedakan Corbang dengan teh tambi lainnya? Teh Corbang ini memilki citarasa khas ditambah dengan perpaduan harum bunga melati yang pas.

Selain itu warnanya juga merah dan begitu menggugah selera. Nama Corbang sendiri adalah singkatan dari “di COR langsung aBANG”. Dalam bahasa Jawa, di Cor artinya dituangkan, sedangkan abang berarti Merah.

Sesuai dengan namanya, ketika teh ini disiram air maka seketika akan langsung berwarna merah. Tak perlu banyak, sedikit teh saja ketika terkena air akan langsung berwarna merah pekat.

Sajian Teh Corbang Tambi ini bisa dinikmati ketika hangat maupun dingin. Kenikmatan teh Wangi Corbang Wonosobo tetap harum di olah menjadi apapun.

11. Sagon

sagon wonosobo
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111839187248447121636

Masih berupa camilan, yang dapat anda nikmati langsung maupun dibawah pulang sebagai oleh-oleh. Namanya Sagon, sejenis Kue basah yang terbuat dari tepung beras ketan siap pakai.

Kue Sagon dibuat dari campuran kelapa yang diparut halus serta tepung Sagu dan rasanya begitu lezat. Kini di beberapa daerah, Sagon dibuat dari tepung Ketan ataupun kanji.

Tekstur Sagon yang renyah dan memiliki rasa manis gurih begitu banyak diminati. Hingga sekarang penikmat Sagon Wonosobo tak pernah berkuran dan justru bertambah.

Saat anda berada di Wonosobo maka cobalah untuk menyantap dan rasakan sendiri sensasi makan Sagon. Untuk bisa membeli Sagon Wonosobo, anda tak perlu bersusah payah mencarinya.

Sagon di Wonosobo cukup mudah ditemukan pada pedagang-pedagang kaki lima. Yang paling banyak menjual camilan kuliner khas Wonosobo biasanya terdapat pada kawasan pasar.

Hampir di setiap pasar daerah Wonosobo pasti ada yang menjual Sagon. Untuk harganya pun pastinya ramah dikantong, pada saat ini kisaran Rp3.000 per pcsnya.

12. Opak Wonosobo

opak wonosobo
Foto : https://www.lokalpunya.com

Buat yang belum tau, Opak adalah camilan sejenis kerupuk yang biasanya terbuat dari singkong. Di Wonosobo sendiri, juga punya opak khas yang bisa anda coba kelezatan serta rasa renyahnya.

Opak Wonosobo cukup banyak menarik minat banyak orang berkat rasa gurih yang ditawarkan. Yang membuat Opak di Wonosobo berbeda dari opak-opak lainnya adalah warna. Sekilas, opak Wonosobo berwarna putih, beda dengan yang lainnya.

Karena kerupuk opak lebih dikenal oleh orang-orang dengan warna kuning. Karena sejatinya Opak adalah kudapan khas Sunda yang sudah ada sejak lama.

Meski begitu, opak Wonosobo tak kalah nikmati dari opak-opak sunda pada umumnya. Tersedia berbagai jenis, bentuk dan rasa yang dihadirkan.

Kalau mau langsung dimakan, anda bisa membeli opak yang sudah matang. Namun bila ingin menggorengnya sendiri, anda bisa mencari opak yang masih mentah.

Untuk opak yang mentah biasanya dibanderol dengan harga yang sangat ekonomis, mulai dari Rp10.000 per plastik. Sedangkan opak matang dan siap konsumsi harganya mulai dari Rp15.000.

Jika orang-orang Wonosobo, mengenalnya dengan sebutan opak cincin karena bentuknya yang rata-rata bulat. Tapi ada juga opak yang bentuknya lojong dengan rasa bermacam-macam.

Ada rasa asin dan juga pedas dengan warna merahnya. Sehingga anda bisa mencoba kudapan renyah ini sesuai rasa yang di inginkan.

Hampir disemua warung atau kios oleh-oleh Wonosobo menjajakan opak. Jika ingin lebih mudah, maka carilah di toko khusus jajanan wilayah Wonosobo.

13. Cenil

cenil
Foto : Instagram @cookingwithhel

Atau biasa disebut Centil, yang memiliki rasa manis serta berwarna-warni. Belum pernah memakaknnya? Cenil merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar pati ketela pohon.

Biasanya camilan manis dibentuk secara bulat-bulat kecil. Atau ada juga yang berbentuk kotak dan kemudian diberi warna sesuai selera sebelum direbus. Cenil pada umumnya disajikan dengan toping parutan kelapa dan ditaburi gula pasir.

Wonosobo sendiri, juga punya Cenil Khas yang termasuk dalam deretan kuliner andalan dengan banyak peminatnya. Sebenarnya Cenil Wonosobo tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan cenil-cenil lain pada umumnya.

Namun ketika anda berada di Wonosobo, jangan lupa untuk mencicipi cenil yang khas ini. Biasanya cenil mudah anda jumpai pada pedagang jajanan di berbagai sudut jalan Wonosobo.

Untuk harganya sendiri anda tak perlu ragu, sebab sangat murah meriah. Harga cenil di Wonosobo sendiri bervariasi, bila di pedagang yang berkeliling hanya dibanderol Rp5.000.

Sedangkan untuk cenil pada restaurant ataupun cafe Wonosobo tentu harganya sedikit lebih mahal. Namun soal rasa tentu masih sama-sama lezat dan sisi tradisionalnya tak terlupakan.

14. Keripik Kentang

keripik kentang dieng
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116405233094661787326

Ada rencana untuk liburan ke Wonosobo? Maka jangan lupa untuk membeli keripik kentang ya. Wonosobo merupakan salah satu tempat penghasil kentang terbaik di Indonesia.

Lebih tepatnya pada wilayah dataran tinggi Dieng, yang dimana bisa anda lihat sepanjang jalan, kanan dan kirinya. Ladang kentang cukup melimpah pada wilayah Dieng Wonosobo.

Hal tersebut menjadikan Dieng sebagai sentra kentang yang disalurkan ke berbagai daerah di Indonesia. Bahkan beberapa kentang Wonosobo di ekspor sampai ke Mancanegara.

Tak heran apabila kentang pada akhirnya dapat diolah menjadi berbagai macam bentuk makanan serta camilan. Seperti salah satunya adalah keripik kentang yang termasuk oleh-oleh wajib kala berada di Dieng atau Wonosobo.

Keripik kentang khas Dieng memiliki cita rasa yang benar-benar nikmat. Beda jauh dengan camilan kentang kemasan yang biasa anda jumpai di minimarket atau toko retail.

Kalau sempat, coba anda bandingkan antara keripik kentang asli Dieng dengan yang kemasan. Namun itu semua kembali pada preferensi masing-masing lebih cocok yang mana.

Satu yang pasti, keripik kentang Wonosobo benar-benar terasa tekstur kentangnya. Begitu dominan dan akan menggoyang lidah anda. Anda bisa mencari keripik kentang ini untuk dibeli pada toko oleh-oleh Wonosobo.

15. Nasi Megono

nasi megono wonosobo
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110466608045925080289

Beberapa dari anda pasti sudah tau dengan makanan yang satu ini, yak Nasi Megono. Tapi untuk anda yang belum tau apa itu Nasi Megono, tenang dan jangan khawatir.

Sejatinya, Megono adalah adalah sejenis makanan dengan berbahan dasar nasi yang dicampur. Untuk Campuranya sendiri memiliki perbedaan, tergantung pada daerahnya.

Nasi Megono menjadi hidangan populer di beberapa wilayah Jawa Tengah, seperti Pekalongan dan Wonosobo. Jika Nasi Megono Pekalongan campurannya adalah nangka muda cincang dipadukan kecombrang serta kelapa parut.

Sedangkan Nasi Megono Wonosobo, diberi campuran sayur kol, kacang panjang dan bumbu ebi. Uniknya lagi, di Wonosobo campuran nasi megono tak selalu seperti itu.

Beberapa desa di Wonosobo memiliki perbedaan dalam menghidangkan Nasi Megono. Meski begitu, rasa yang dihadirkan tentu semuanya lezat dan mampu mengusir rasa lapar.

Untuk itu, anda jangan sampai melewatkan hidangan nasi megono saat melancong atau berlibur ke Wonosobo. Rasakan kelezatan menu tradisional kebanggan warga Wonosobo ini yang murah meriah.

Harga satu porsi Nasi Megono biasanya dibanderol Rp3.000 saja. Makan nasi megono Wonosobo akan lebih lengkap jika disadingkan dengan gorengan tempe kemul.

16. Dendeng Gepuk

dendeng gepuk
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104270859784572180292

Dendeng gepuk menjadi salah satu oleh-oleh khas Wonosobo yang musti anda coba kelezatannya. Meski nama oleh-oleh satu ini tidak sepopuler carica ataupun kentang Dieng, namun soal rasa tak perlu diragukan lagi.

Sajian kuliner berupa daging yang dipotong tipis-tipis ini begitu menggugah selera. Cara mengolahnya, daging dibentuk menjadi serpihan dan lemaknya dipangkas.

Setelah itu dibumbui dengan saus asam, asin atau manis kemudian dikeringkan, emm kebayangkan gimana sensasinya? Begitupun dengan Dendeng Gepuk Wonosobo yang ternyata memiliki banyak peminat.

Olahan daging yang satu ini paling nikmat bila disantap dengan nasi putih hangat serta sambal bajak. Lalu dimana anda bisa mendapatkan Dendeng Gepuk Wonosobo ini?

Hampir di setiap penjual oleh-oleh Wonosobo pasti tersedia dendeng gepuk. Namun ada juga Toko Dendeng khusus di Wonosobo. Namanya Toko Dendeng Tivi yang berlokasi di Jl. Bismo Sumberan No.21, Wonosobo Timur, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Untuk harga dendeng gepuk sendiri, pada saat ini 1 dusnya adalah Rp120.000, ber isikan 2 pcs 100 gram. Mungkin beberapa dari anda, harga tersebut cenderung mahal, namun sangat sebanding dengan rasa yang dihadirkan.

Artikel Terkait:

  1. 11 Makanan Khas Wonosobo Jawa Tengah
  2. Daftar Tempat Wisata Kuliner di Malang dan Oleh & Oleh Lengkap
  3. 5 Tempat Wisata Kuliner di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Demikian tadi beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Wonosobo dalam sebuah ulasan singkat yang telah anda simak. Wonosobo Asri dengan sejumlah daya tarik pesona alam menakjubkan bakal membuat momen hari libur anda semakin berkesan.

Maka dari itu  Bagi anda yang ingin jelajah alam Wonosobo dan Dieng tanpa ribet bisa bergabung bersama kami. Melalui paket wisata dieng wonosobo spesial persembahan dari mytrip123.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four + seventeen =