Tempat wisata di Jember saat ini semakin diperhatikan oleh wisatawan Nusantara maupun Mancanegara. Ada banyak keunikan kota terbesar ketiga di Jawa Timur ini. Salah satunya merupakan kawasan tapal kuda yang mempunyai percampuran suku antara Jawa dan Madura.

Dari segi keadaan kota cukup ini. Ada yang disebut sebagai kota dengan seribu polisi tidur. Karena, polisi tidur yang akan anda temui. Dari segi keindahan alam, tempat ini sangat mempesona dan menawarkan keindahan yang luar biasa dan sulit menerima kata-kata.

Ada pantai, perkebunan teh, puncak bukit, museum, taman, dan sejarah yang tersembunyi di Jember dan siap untuk digali lebih dalam lagi. Berikut ini, beberapa rekomendasi wisata yang bisa anda kunjungi. Bila berkunjung ke Kota Jember, kalau sempat kunjungi semuanya. Rugi kalau satu pun terlewatkan.

1. Pantai Tanjung Papuma

wisata Jember
foto: https://www.instagram.com/diantin__/

Wisata di Jember ini terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan. Untuk harga tiketnya sendiri akan dikenakan 10 ribu rupiah saja. Bisa dikatakan Pantai Tanjung Papuma adalah ikon di jember yang tidak boleh terlewat, Tidak heran bila banyak wisatawan datang berkunjung dan tak pernah sepi.

Pesona terbaik yang dimiliki tempat ini adalah jajaran karang yang menjulang dan terhampar air laut. Sehingga, sangat menarik dijadikan sebagai tempat untuk mengabadikan berbagai momen. Di tengah pantai, anda bisa melihat adanya batu karang bentuknya hampir mirip dengan candi.

Konon, terbentuknya batu ini akibat dari erosi laut yang terjadi pada zaman dahulu. Tersedia banyak sekali fasilitas permainan air yang bisa dinikmati. Ada Diving dengan pesona terumbu karang dan ikan-ikan yang membuat anda takjub. Berkeliling menikmati romantisnya senja dengan menggunakan perahu tradisional.

Selain itu, anda juga bisa menikmati 7 pulau karang yang menawan. Terakhir, anda akan disuguhkan dengan hadirnya cafe, warung makan, dan menikmati resort dengan berbagai fasilitas menarik yang membuat anda semakin nyaman berkunjung ke tempat ini.

2. Puncak Rembangan

wisata di Jember
foto: https://www.instagram.com/berkhedelz/

Wisata Jember ini mempunyai ketinggian kurang lebih 600 Mdpl. Menyajikan berbagai macam keindahan alam yang mempesona mata. Salah satu keunikan dari tempat ini adalah hadirnya perkebunan buah naga. Anda bisa membelinya dan memilih langsung buahnya dengan harga relatif murah dari pasar.
Puncak Rembangan terletak di Desa Kemuning, Kecamatan Arjasa, Jaraknya kurang lebih 10 kilometer dari pusat kota. membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit sampai 35 menit lamanya. Untuk akses jalan sudah bagus dan mulus. Dengan trek berliku membuat anda harus berhati-hati melintasnya.

Bila anda ingin menginap di tempat ini, sudah ada hotel yang konon usianya sudah sangat tua. Dibangun sejak masa kolonial Belanda. Dibangun pada tahun 1937 dan dulu digunakan untuk menginap orang-orang perkebunan dan Belanda sendiri. Untuk harga kamarnya sendiri mulai dari 150 ribuan.

Dengan luas area yang mencapai 13,5 hektar anda bisa menikmati fasilitas kolam renang.yang airnya berasal dari pegunungan. Sajian kulinernya pun juga cukup nikmat. Ada pisang goreng khas yang paling terkenal kenikmatannya. Untuk harganya mulai dari 20 ribuan saja.

3. Wana Wisata Simbat

objek wisata di Jember
foto: https://www.instagram.com/fifinnurfifin30/

Wana wisata Simbat merupakan tempat terbaik yang dimiliki Jember untuk Selfie. Nama ini merupakan kepanjangan dari Sukmo Ilang artinya adalah tempat, Manggar adalah nama sebuah pegunungan, dan Babatan diartikan sebagai orang yang mengelola lokasi ini. Kawasan ini muncul akibat penebangan hutan liar yang sering terjadi.

Keunikan dari kawasan ini adalah hadirnya berbagai permainan buatan seperti flying fox, ada juga berbagai pengetahuan mengenai flora, air terjun mini. Untuk harga tiket masuknya hanya 5 ribu rupiah saja. Fasilitas lain yang bisa anda nikmati adalah Berkuda.

Bagi anda yang mempunyai jiwa petualang, tidak ada salahnya untuk naik ke atas Gunung Manggar. Kawasan ini terletak di Dusun Krajan, Desa Tamansari, Kecamatan Wuluhan, Disini, juga sudah tersedia berbagai macam warung makan. Anda bisa menikmati berbagai menu makanan dan minuman khas disini Jember. Jam buka kawasan ini mulai pukul 7 pagi sampai 5 sore.

4. Air Terjun Antrokan

obyek wisata di Jember
foto: https://www.instagram.com/intan.rlnd_/

Objek wisata Jember ini terletak di Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa. Menuju ke lokasi sudah ada anak tangga yang disiapkan. Memerlukan waktu kurang lebih 20 menit sampai 30 menit. Selain itu, menuju ke area parkir juga tidak mudah. setelah lepas dari jalanan perkotaan, anda akan disuguhkan dengan trek tanah yang kadang becek dan licin.

Tinggi dari air terjun ini sendiri mencapai 15 meter dan menjadi salah satu ikon wisata Jember yang tidak pernah sepi dikunjungi wisatawan. Walaupun, kondisi medannya tampak susah. Bebatuan dan pepohonan menyajikan pemandangan tersendiri.

Airnya pun bening dan jernih, saat menyentuh kulit terasa segar. Dibawah alirannya anda bisa melihat sebuah kolam yang tidak terlalu dalam. Anda bisa memanfaatkannya untuk berenang atau juga berendam. Bahkan anak-anak pun bisa bermain di kolam tersebut.

Waktu terbaik mengunjungi air terjun ini adalah siang hari setelah jam 1. Dengan perjalanan yang cukup panjang, anda bisa menikmati pemandangan sore yang syahdu. Air terjun Antrokan ini bisa anda kunjungi sepanjang waktu. Hanya di musim kemarau, debitnya kecil.

5. Perkebunan Teh Gunung Gambir

tempat wisata di Jember
foto: https://www.instagram.com/ardifebri89/

Wisata Jember ini menyajikan pemandangan hijau perbukitan teh yang menawan dan mempesona mata. Berada di ketinggian 900 Mdpl dibangun pada tahun 1918 sejak masa kolonial Belanda. Berada di lereng Gunung Argopuro dan hasilnya diolah menjadi 8 jenis teh yang berbeda.

Daya tarik dari kawasan ini, anda bisa melihat semua prosesnya mulai dari memetik teh, hingga pengolahannya. Pengolahannya terletak di Desa Galang, Kecamatan Sumber Baru. Dengan luas kurang lebih 183 hektar, anda bisa menikmatinya dengan mendirikan tenda di area camping ground.

Untuk harga tiket masuknya sendiri hanya 5 ribu rupiah. Perpaduan antara suguhan teh dan spot fotonya memang layak untuk anda kunjungi. Salah satu kawasan favorit tempat ini adalah jembatan kayu yang memiliki panjang kurang lebih 200 meter. Bentuknya memanjang dan berkelok.

Tidak jauh dari kawasan ini juga sudah tersedia berbagai macam penginapan mulai dari 150 ribuan saja. Dengan berbagai fasilitas yang membuat anda nyaman dan betah berlama-lama.

Datang juga ke –> 17 Tempat Wisata di Jombang Terbaru

6. Puncak S89

tempat wiasta di Jember terbaru
foto: https://www.instagram.com/tejo_warsito/

Objek wisata di Jember ini terletak di Perbatasan antara kecamatan Silo, Mumbulsari, dan Mayang. Saat cuacanya cerah, anda bisa melihat pemandangan yang menarik seperti, laut selatan jawa, dan beberapa pegunungan yang mengesankan.
Untuk bisa mencapainya memang tidak mudah, banyak tanjakan yang tidak biasa. menguras tenaga dan membutuhkan fisik kuat. Terdapat pula pesona bebatuan alami. Tetapi, pemandangan yang akan anda dapatkan tidak akan rugi. Apalagi, kalau saat sore hari, pemandangan senja sangat menyenangkan.

7. Pantai Watu Ulo

tempat wisata di Jember  jawa timur
foto: https://www.instagram.com/d4n_ko/

objek wisata di Jember ini terletak di Desa Sumberejo, kecamatan Ambulu. Untuk pasirnya berwarna hitam. Keunikan dari kawasan ini adalah hadirnya sebuah batu yang memanjang ke pantai. Ukurannya kurang lebih 110 meter, mempunyai lebar 4 meter.

Oleh karena itu, masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Watu Ulo. Watu sendiri artinya adalah batu, sedangkan ulo mempunyai makan ular. Bahkan, saat anda mengunjunginya lebih dekat, batuan ini terlihat mempunyai sisik layaknya ular raksasa.

Ada beberapa cerita mengenai, keberadaan batu ini. Pertama, merupakan perwujudan dari seekor naga yang diutus oleh Ajisaka untuk menjaga kawasan ini. Suatu saat akan terbangun dan kembali berbentuk sosok naga. Cerita lainnya ada yang percaya bahwa, naga ini adalah perwujudan dari Nogo Rojo.

Ia begitu rakus memakan semua ikan di laut sehingga, nelayan susah dalam mendapatkan ikan. Raden Mursodo pun geram dan bertarung, hingga berhasil mengalahkannya. Bagian tubuhnya dipotong jadi 3 bagian. Kepala, dibuang di pantai Grajagan, Banyuwangi. Sementara untuk ekornya, ada di pacitan.

8. Taman Botani Sukorambi

wisata alam Jember
foto: https://www.instagram.com/iyem_katiyem/

Objek wisata di Jember ini terletak di Jalan Mujahir, Sukorambi, Krajan. Konsepnya cukup unik dengan berbagai macam koleksi baik tanaman maupun hewan. Untuk harga tiket masuknya mulai dari 12 ribu. Ada banyak aktifitas yang bisa dilakukan di kawasan ini.

Seperti menikmati rumah pohon, dengan tinggi kurang lebih 5 meter. Dengan kapasitas kurang lebih 6 orang saja, dari sini keindahannya pun dapat memanjakan mata anda. Ada juga flying fox yang bisa dinikmati, panjangnya kurang lebih 160 meter dan punya tinggi 40 meter.

Bagi yang pemula bisa mencoba flying fox tombro dengan panjang 100 meter dan sudut kemiringan hanya 15 derajat saja. Tersedia juga kolam renang, hanya khusus untuk muslimah saja dengan membayar 10 ribu rupiah. Atau, menikmati bagaimana rasanya menunggang kuda.

Bisa juga melihat berbagai macam koleksi flora dan fauna Baik dari nusantara maupun mancanegara tersedia lengkap di tempat ini. Jumlahnya kurang lebih 500 ekor. Untuk fasilitas lainnya sudah cukup baik seperti, gazebo, villa, hingga pondok seni.

9. Pantai Puger

wisata pantai di Jember
foto: https://www.instagram.com/mega_silvana/

Wisata di Jember ini terletak di Desa Puger, Kecamatan Puger Kulon. Jaraknya dari Kota Jember kurang lebih 36 kilometer. Disini anda bisa membeli berbagai jenis ikan, karena kawasannya terkenal sebagai tempat pelelangan ikan terbesar di jember.

Suasananya tenang dan damai, dengan banyaknya pepohonan di sekitar pantai. Ombaknya sangat besar tetapi, di tengah sudah tersedia beberapa karang sebagai pemecah ombak., cocok untuk anda dan keluarga berlibur, santai, dan berenang. Tidak perlu khawatir tidak mendapatkan tempat, luas bibirnya sendiri mencapai 3 kilometer dengan pasir berwarna hitam.

Bila beruntung, anda bisa menyaksikan pertunjukan tradisional larung sesaji. diadakan sebagai ucapan syukur kepada Tuhan karena sudah diberikan limpahan ikan begitu banyak. Selain itu, Pantai ini juga digunakan untuk olahraga surfing, dengan skala internasional. Untuk harga tiket masuknya hanya 5 ribu saja.

Saat sore hari, anda bisa menyaksikan keindahan panorama matahari terbenam yang berpadu dengan keindahan kapal nelayan. Sehingga, menghadirkan pesona siluet luar biasanya indahnya.

10. Museum Huruf

tempat wisata anak di Jember
foto: https://www.instagram.com/nindiamaya/

Jember memang salah satu kota cukup unik, termasuk kawasan pariwisata yang mempunyai museum huruf pertama di dunia. Saat pertama kali didirikan, tempat ini memiliki 20 huruf kuno berbagai peradaban manusia, di seluruh dunia. Termasuk koleksi yang ada sejak 4000 tahun yang lalu.

Jika, anda ingin belajar lebih dalam mengenai asal mula huruf ini, bisa berkunjung ke perpustakaannya. Semua petunjuk dan sejarah tertulis di sana mulai dari jawa, bugis, korea, braille, korea, dan jepang serta masih banyak lagi.

Kunjungi juga –> 20 Tempat Wisata di Bojonegoro Terbaru

11. Air Terjun Tancak

Air Terjun di Jember
foto: https://www.instagram.com/daniel.riqi.irawan05/

Objek wisata di Jember ini sangat menarik dengan ketinggiannya mencapai 82 meter. Udaranya sangat sejuk, terletak di lereng Gunung Pasang membuat airnya cukup dingin bila terkena kulit. Di bawahnya, ada sebuah kolam yang bisa dimanfaatkan untuk bermain air atau berenang.

Setiap sudutnya juga punya keindahan, perpaduan antara pepohonan, perbukitan hijau dan bunyi suara air. Semuanya sangat mengesankan. Lokasinya berada di Desa Suci, kecamatan Panti, Untuk harga tiketnya cukup membayar uang parkir saja sebesar 5 ribu rupiah.

Fasilitasnya pun sudah cukup baik, tersedia taman bermain, dan beberapa warung makan dan minuman. pesona air terjun tancak terasa lebih memukau dengan kehadiran perkebunan kopi. Pemandangan ini bisa anda nikmati saat melakukan trekking dari pintu masuk hingga lokasi.

Aroma kopi yang harus jadi sebuah sajian yang sulit dilupakan. Bila, beruntung anda bisa melihat para petani sedang mengambil biji kopi untuk siap diolah. Tempat ini memang tergolong masih cukup liar. Anda bisa melihat pemandangan burung elang, jalak, monyet dan masih banyak lagi.

Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah musim kemarau, karena sepanjang jalan menuju ke lokasi cukup licin. Anda harus berhati-hati bila melintasinya. Jangan buang sampah sembarangan. Karena, lingkungan tempat ini sangat bersih. Sayang bila anda kotori.

12. Teluk Cinta

tempat wisata keluarga di Jember
foto: https://www.instagram.com/elvandavr/

Tempat wisata di Jember Jawa Timur ini dinamakan sebagai teluk cinta karena jika dilihat dari atas dan kejauhan akan terbentuk seperti jantung hati. Terletak di Jalan Ambulu- Watu Ulo, Sidomulyo, Sumberejo, Ambulu. Harga tiket masuknya mulai dari 8 ribu rupiah.

Untuk bisa menikmati segala keindahannya, anda wajib treking terlebih dulu sampai ke atas bukit suroyo kurang lebih memerlukan waktu 20 menit sampai 30 menit. Tetapi, warga sekitar sering menyebutnya dengan nama Bukit domba. Untuk mencapai kesana, jalur sudah cukup baik karena di bangun tangga.

Dari atas sini, anda bisa menikmati panorama mengesankan dari teluk love, ditambah dengan adanya gembok cinta yang terkenal dengan mitos cinta abadinya. Tidak hanya dari ketinggian saja, menikmati kawasan ini juga bisa berkunjung ke bibir pantai yang eksotis dengan pantai pasir hitamnya.

Pemandangan yang tidak boleh dilewatkan adalah matahari terbit dan terbenam. Untuk sunrise disarankan datang pukul 4 pagi, Pemandangannya tampak mengesankan bila anda menikmati setiap detiknya. Sementara, untuk pesona matahari terbenamnya, anda akan disuguhkan dengan keindahan siluet dari beberapa karang. Apa yang dilihat ini bagaikan sebuah potongan surga yang hilang.

Disini, sudah tersedia beberapa fasilitas menarik seperti gazebo untuk anda beristirahat, toilet, serta pedagang yang menjual makanan dan minuman, Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah bulan mei atau desember. Saat matahari sedang berada di bumi bagian selatan.

13. Pantai Payangan

tempat wisata terbaru di Jember
foto: https://www.instagram.com/fajarindriann_/

Tempat wisata di Jember terbaru ini memiliki keindahan berupa pemandangan matahari tenggelam yang luar biasa menawan. Pemandangan sangat mengesankan dengan adanya perbukitan yang mengelilinginya. Warna pasir pantainya hitam namun tetap eksotis.

Ombaknya tidak terlalu besar, cocok untuk anda dan keluarga datang serta bermain air. Bila beruntung, anda bisa mengikuti upacara tradisi petik laut yang diadakan oleh warga sekitar. Kemudian, saksikan pertunjukan kesenian wayang kulit. Untuk fasilitasnya pun sudah lengkap.

Ada toilet, mushola, pedagang yang menjual makanan dan minuman, serta area camping. Sayangnya, anda harus membawa sendiri semua peralatannya dari rumah. Biasanya, setiap weekend, akan banyak pengunjung datang menikmati semua sajian ini.

14. Air Terjun Lereng Raung

tempat menarik di Jember
foto: https://www.instagram.com/jack_d_munir/

Objek wisata ini terletak di Desa Rowosari, Kecamatan Sumberjambe. Pesonanya sangat menarik dengan pemandangan perbukitan hijau nan luas. Bila beruntung, anda bisa menikmati nikmatnya buah durian yang tumbuh di sepanjang jalan. Sebelum memutuskan pergi ke tempat ini, persiapkan fisik terlebih dulu.

Kontur jalan naik turun, ditambah dengan tebing-tebing yang membuat anda harus bersusah payah mencapainya. tetapi, apa yang sudah dikeluarkan akan terbayar lunas dengan keindahan yang disajikan. Jangan lupa bawa perbekalan yang cukup karena, tidak adanya warung menuju ke air terjun.

Setibanya, di titik lokasi, debit air yang begitu deras seperti menyampaikan salam. Di bawahnya terdapat sebuah kolam yang biasa dimanfaatkan untuk berenang, atau hanya sekedar berendam saja. Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah saat musim kemarau, karena airnya sangat jernih dan medan tidak licin.

15. Pulau Nusa Barong

tempat liburan di Jember
foto: https://www.instagram.com/masjiwo28/

Tidak perlu jauh-jauh sampai Thailand kalau hanya menikmati pesona pulau phi-phi. Karena, Indonesia khususnya Jember punya panorama yang sama, bahkan lebih menarik dan menawan. Letaknya berada di sebelah selatan, merupakan kawasan tidak berpenghuni.

Terletak di Desa Puger wetan, Kecamatan Puger. Jaraknya kurang lebih 4,5 kilometer dari Pusat Kota Jember. Menuju ke lokasi anda bisa menggunakan perahu yang tersedia di pelabuhan puger untuk biaya sewanya 1 juta 500 ribu rupiah maksimal 10 orang.

Waktu tempuh kurang lebih 1 jam 30 menit. Waktu terbaik menuju ke pulau ini pada musim kemarau. Karena, saat musim penghujan kondisi cuaca tidak menentu, terutama angin kencang. Hingga membahayakan pelayaran. Oleh karena itu, biasa ada larangan.

Luas kawasannya kurang lebih 6 ribu hektar anda akan disuguhkan dengan keindahan hutan bakau dan lautan biru yang mengesankan. Banyak hewan seperti monyet, elang, biawak, dan penyu laut.

Beberapa kegiatan lain yang bisa dilakukan disini adalah snorkeling, diving, memancing, serta mengelilingi pulau. Saat weekend, kawasan ini ramai dikunjungi wisatawan untuk berkemah. Tetapi, anda harus membawa semua peralatannya sendiri dari rumah.

Lihat juga –> 18 Tempat Wisata di Bondowoso Terbaru

17. Air Terjun Sumber Salak

curug di Jember
foto: https://www.instagram.com/adiadraya/

Objek wisata di Jember ini terletak di Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo. Jaraknya kurang lebih 30 kilometer atau 60 menit dari pusat kota Jember. Tepat di bawah aliran airnya anda akan disuguhkan dengan adanya kolam yang bisa manfaatkan untuk berenang atau hanya sekedar bermain air dengan kedalaman kurang lebih 5 meter sampai 7 meter.

Warga sekitar menyebut kawasan ini sebagai air terjun damar wulan, memiliki trek yang luar biasa. Sebelum datang ke sini, persiapkan dahulu fisik serta tenaga. Untuk fasilitas bisa dikatakan sudah lengkap. Tersedia toilet dan beberapa warung makan yang menyediakan makanan dan minuman.

18. Pantai Bandealit

tempat wisata di Jember
foto: https://www.instagram.com/zainul_arii/

Inilah kawasa terakhir yang kami rekomendasikan bila anda berlibur ke Jember. Pantai Bandealit yang mengesankan. Daya tarik utama dari kawasan ini adalah hadirnya hutan tropis yang mengelilingi pantai.

Objek wisata di Jember ini memiliki pasir putih, dan ombak yang tidak terlalu kencang. Lokasinya terletak di Taman Nasional Meru Betiri, Desa Andongrejo, Kecamatan Tempurejo.

Dari pusat kota kurang lebih 65 kilometer atau 2 jam hingga 3 jam perjalanan. Harga tiket masuknya hanya 5 ribu rupiah saja. Sudah tersedia berbagai macam fasilitas seperti, kano, speed boat, bodyboard, dan camping ground.

Review Sebelumnya –> 17 Tempat Wisata di Surabaya Terbaru

Tempat wisata di Jember memang menarik untuk dikunjungi. Panorama alamnya tidak kalah dengan tempat wisata lainnya yang sudah cukup terkenal. Anda harus coba datang ke tempat ini dan merasakan sendiri bagaimana menariknya Kota Jember. Apalagi, dari transportasi sudah banyak tempat Penyewaan kendaraan dengan harga murah. Jadiz tunggu apa lagi?

Vlog ke Kuliner Legendaris di Jogja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here