Home Wisata Jawa Timur 17 Tempat Wisata di Jombang Terbaru

17 Tempat Wisata di Jombang Terbaru

tempat wisata di jombang
foto: https://www.instagram.com/normanv4lentine/

Tempat wisata di Jombang perlahan menunjukkan tren positif. Sudah banyak kawasan dibuka untuk umum. Menghadirkan panorama yang mengesankan. Kota ini disebut juga dengan nama Kota Santri. Banyak tokoh agama islam lahir dari sini. Tidak heran bila Jombang mendapatkan julukan tersebut.

Pesona lain yang tidak kalah menariknya adalah hadirnya Gereja Tertua di Indonesia dan di Jawa Timur. Namanya adalah Mowarno yang berdiri pada tahun 1845. Direnovasi pada tahun 24 Januari 1879. Dengan arsitektur Neo Gothic khas Eropa dengan aksen budaya jawa yang sangat kental.

Tidak hanya bangunannya saja yang megah dan mempesona, anda bisa menikmati suguhan kebudayaan, alam, dan wisata religi lainnya. Berikut ini adalah rekomendasi beberapa kawasan wisata yang harus anda kunjungi saat di Jombang, Jawa Timur.

1. Kampoeng Djawi

wisata Jombang
foto: https://www.instagram.com/sukasuka_photo/

Wisata di Jombang ini menjadi tempat pertama yang kami rekomendasikan dan harus anda kunjungi. Memadukan kebudayaan dan keindahan alam yang membuat wisatawan betah berlama-lama. Terletak di Dusun Gondang, Desa Carangwulung, Kecamatan Wonosalam.

Terletak di atas ketinggian 750 mdpl dengan hamparan sawah yang menambah keasrian kawasan..Tempat ini merupakan sebuah penginapan yang dikembangkan lebih jauh lagi. Ada beberapa griya yang bisa anda nikmati. Bagi anda yang penasaran dan ingin merasakan sensasi menginap dengan konsep jawa. Bisa memesannya terlebih dahulu. Karena, saat weekend, biasanya kamar akan habis.

Untuk tarifnya sendiri mulai dari 330 ribu rupiah. Anda akan mendapatkan fasilitas penginapan 24 jam penuh. Ada bantal, selimut, makan 4x, kolam renang, kamar mandi, dan ruang karaoke. Atau memilih untuk tidak menginap dengan harga 140 ribu rupiah. Fasilitasnya hanya 8 jam, mendapatkan kamar yang dilengkapi televisi, makan 1x. snack, kolam renang dan karaoke.

Anda juga bisa menikmati kesenian ludruk, pertunjukan musik jazz yang biasanya akan disajikan setiap akhir pekan. Bagi anda yang hanya ingin menikmati sensasi kolam renang dan Gunung Anjasmoro. Cukup membayar uang sebesar 50 ribu rupiah saja.

2. Air Terjun Tretes

wisata di Jombang
foto: https://www.instagram.com/dewo_sa/

Wisata Jombang ini memang cukup menarik karena mendapat predikat sebagai air terjun tertinggi di Jawa Timur. Terletak di Dusun Pengajaran, Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam. Berada di ketinggian 1250 Mdpl membuat suhu udara di sekitar sangat sejuk dan teduh.

Tingginya mencapai 158 meter, dengan pesona perbukitan dan pepohonan yang masih alami. Anda juga bisa melihat aliran sungai sangat jernih dan bersih.Untuk harga tiket masuknya kurang lebih 5 ribu rupiah saja. Bagi anda yang menyukai petualangan, jalan dari area parkir menuju ke lokasi adalah pilihan tepat.

Tetapi, bagi anda yang tidak kuat jalan, sudah disediakan ojek dengan tarif 25 ribu rupiah. Maklum saja, perjalanan yang harus kalian tempuh kurang lebih 3 km sampai 5 km. Menyusuri jalan setapak dengan kontur naik turun. Siapkan perbekalan sebelum anda melintas trek Air terjun.

Karena, di sepanjang perjalanan tidak akan menemukan satupun warung. Kecuali di area parkir dan saat anda tiba di pos Tahura yang menyediakan makanan dan minuman dengan harga cukup murah. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 2 jam sampai 3 jam. Oleh karena itu, disarankan jangan datang terlalu sore. Karena, trek malam dengan minim penerangan akan sangat membahayakan.

3. Kedung Cinet

objek wisata di Jombang
foto: https://www.instagram.com/roy_royhr/

Objek wisata Jombang ini terletak di Desa Pojok Klitih, Kecamatan Plandaan. Banyak warga sekitar dan wisatawan menyebutnya sebagai Grand Canyon Jawa Timur. Dari pesona yang dihadirkan dengan pemandangan tebing-tebing, mirip dengan wisata Grand Canyon.

Apalagi, bila datang di musim kemarau. Air lautnya berwarna biru sehingga, suasana dan pesonanya sangat mirip. Konon, dahulu kawasan ini digunakan untuk mandi para prajurit dan dayang istana kerajaan Majapahit Dari area parkir sampai ke lokasi membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam.

Maklum saja, kawasannya tersembunyi di tengah hutan. Selama perjalanan anda akan disuguhkan dengan pesona hutan jati, dan area perkebunan milik warga. Jalanya masih alami, sangat licin apalagi bila datang saat musim penghujan. Anda harus ekstra hati-hati.

Pesona utama dari Kedung Cinet adalah kelokan tebing yang unik dan aliran sungainya. Sehingga, jangan lupa membawa kamera dan usahakan sampai di tempat ini jangan terlalu sore. Setidaknya pukul 12 siang anda sudah tiba di lokasi. Apalagi, saat weekend, banyak wisatawan yang datang ke tempat ini.

4. Wana Wisata Sumber Biru

obyek wisata di Jombang
foto: https://www.instagram.com/lulukputribukhori/

Objek wisata di Jombang ini menjadi kawasan Instagenik yang dimiliki oleh Jombang. Desain tempatnya sangat unik, ada meja kursi yang ditempatkan di atas aliran sungai. Sehingga, wisatawan bisa merasakan bagaimana rasanya menikmati santapan makanan dengan suhu udara yang sejuk dan teduh.
Suara gemericik air membuat anda tenang, apalagi, anda juga bisa merendamkan kaki. Air nya sendiri jernih dan bening, sehingga tidak perlu ragu untuk datang dan mencoba sensasinya.

Menambah keindahan tempatnya, anda akan disuguhkan dengan jembatan yang sudah dihias Saat malam, pesonanya semakin menakjubkan karena dihias dengan berbagai lampu. Masih dalam satu kawasan wisata, anda bisa melihat dan menikmati situs bersejarah Tapak seno yang merupakan salah satu Tokoh pewayangan.

Wana Wisata Sumber Biru terletak di Desa Wonomerto, Kecamatan Wonosalam. Ada banyak menu yang sudah disediakan seperti aneka macam gorengan, nasi jagung, pecel, gado-gado, mie ayam, es buah, es kelapa muda dan masih banyak lagi dengan harga yang relatif murah mulai dari 10 ribuan saja. Untuk harga tiketnya sendiri dikenakan 5 ribu rupiah saja.

5. Wisata Bale Tani

tempat wisata di Jombang
foto: https://www.instagram.com/lailidafikria/

Wisata Jombang ini terletak di Jl. Dokter Soetomo, Serning, Banjaragung, Bareng. Untuk harga tiket masuknya hanya 10 ribu rupiah saja. Daya tarik utama dari tempat ini adalah banyak spot foto yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu, ada pula wisata edukasi mulai dari teknik hortikultura, budidaya ikan, peternakan, dan juga sawah untuk area pertanian.

Anda bisa melihat berbagai tanaman mulai dari buah hingga untuk hiasan dirumah. Disini juga tersedia berbagai ruangan yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam acara.. Bisa digunakan untuk acara outdoor yang berbentuk pendopo, digunakan sebagai acara musik.

Ada juga kursi panjang di taman sehingga, selain menikmati konser, anda juga bisa melihat suguhan perkebunan menarik. Ada juga Bale kempal, kawasan indoor yang bisa disewa dengan harga 700 ribu / 3 jam. Menariknya, Bale ini dibangun dari dana hibah Jepang.

Bagi anda yang lelah dan ingin mendapatkan fasilitas pijat, tidak ada salahnya berkunjung ke Bale Pijat. Ada juga Bale Bengong yang disuguhkan dengan kolam ikan serta gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat. Ada juga berbagai fasilitas seperti kolam renang, tempat makan, dan toilet yang terawat dengan baik.

Datang juga ke –> 18 Tempat Wisata di Bondowoso Terbaru

6. Goa Sriti

tempat wisata di Jombang terbaru
foto: https://www.instagram.com/ezaadli/

Goa ini memang sangat mengesankan. Terletak di lereng Gunung Anjasmoro. Tepatnya, berada di Dusun Sidolegi, Desa Sumberejo. Kecamatan Wonosalam. Kawasan ini sejatinya, sudah tertutup akar pepohonan dan labirin. Tetapi oleh warga di bangun tangga agar bisa masuk ke dalam Goa,

Dari lokasi parkir, anda harus berjalan kurang lebih 20 menit lamanya. Keunikan lain dari tempat ini adalah anda bisa menikmati berbagai spot selfie yang juga dibangun atas dasar kesadaran warga sekitar. Dinamakan Sriti lantaran di dalamnya terdapat Sarang burung Sriti.

7. Air Terjun Selo Lapis

tempat wisata di jombang jawa timur
foto: https://www.instagram.com/setapakkecil/

Wisata di Jombang ini terletak di Dusun Mendir, Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam. Untuk bisa sampai di tujuan, anda harus berjalan treking kurang lebih 30 menit lamanya. Waktu yang tak sedikit. Sehingga, disarankan untuk olahraga terlebih dahulu sebelum anda pergi ke tempat ini.

Nama air terjun ini diambil dari nama Selo yang artinya adalah batu dan lapis yang artinya adalah bertingkat. Sehingga, sesuai dengan panoramanya yaitu air yang berada di antara batu bertingkat. Memiliki dua aliran yang pertama 8 sampai 10 meter. Sementara yang kedua hanya 5 meter saja.

Untuk harga tiket masuk anda akan dikenakan 5 ribu rupiah saja.. Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah saat musim pancaroba. Peralihan dari hujan menuju ke kemarau. Dimana, anda masih bisa melihat pesona air terjun yang putih bersih, dan debit air cukup deras. Bila musim penghujan, warnanya sedikit keruh, sehingga kurang bagus dijadikan tempat foto.

8. Goa Sigolo-golo

wisata alam Jombang
foto: https://www.instagram.com/imhsfh/

Ikon wisata Jombang lainnya adalah Goa Sigolo-golo. Anda akan disuguhkan dengan pemandangan perbukitan yang menarik dan menawan hati. Tempat yang berada di lereng Gunung Welirang ini mempunyai cerita mistis, konon dahulu adalah tempat bertapa dari ayah Damar wulan.

Sehingga sampai saat ini, warga pun percaya siapa yang bertapa disini, bisa mendapatkan kesaktian. Goa Sigolo-golo terletak di Dusun Kraten, Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam. Dari area parkir sampai ke lokasi anda harus berjalan dengan kontur tanah yang naik turun.

Sehingga, sebelum datang ke tempat ini jangan lupa untuk olahraga terlebih dahulu. karena, dibutuhkan tenaga ekstra untuk bisa sampai disana. Trek yang harus anda lintasi adalah sungai, kemudian perbukitan, goa, dan naik menuju ke atas tebing dengan bantuan akar pohon yang usianya sudah ribuan tahun lamanya. Bagi anda yang suka petualangan, tempat ini cocok untuk anda kunjungi. Konon wisatawan menyebut tempat ini sebagai Machu Picchu Indonesia.

9. Sumber Penganten

tempat wisata anak di Jombang
foto: https://www.instagram.com/resssa111/

Tempat wisata di Jombang terbaru ini sekarang menjadi populer setelah dikenal cukup angker di kalangan masyarakat sekitar. Terletak di Kecamatan Jogoroto. Nama lokasi ini terinspirasi dari sebuah kejadian di masa lalu. Dimana, ada sepasang pengantin baru yang ditemukan meninggal.

Lokasinya kurang lebih 1 kilometer dari pusat Kota Jombang. Atau membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit sampai 20 menit. Anda juga bisa melihat pohon beringin yang akarnya sudah merambat ke kolam. Dipercaya usianya mencapai ratusan tahun sayangnya, saat kami kesana, pohon tersebut sudah tumbang.

Ada mitos kuat yang dipercaya oleh warga, begitu pula beberapa wisatawan. Bila berendam di tempat ini pada hari-hari tertentu, akan mengundang keberkahan. Suasana mistis tersebut perlahan hilang lantaran, Sumber Pengantin saat ini semakin ramai dikunjungi.

Tetapi, di hari tertentu masih tetap saja banyak warga yang berendam disini. Kondisinya saat ini sangat bersih, suasananya tetap sejuk dan dingin. Sudah banyak warung berdiri dan tempat sampah disediakan. Warga sekitar juga menyediakan sarana camping ground di sekitar sumber.

10. Wana Wisata Goa Jepang Jombang

tempat wisata keluarga di Jombang
foto: https://www.instagram.com/ifan_satriya/

Wisata ini terletak di Alas Gedangan, Mojoagung, Jombang. Ditemukan pada tahun 2003 oleh KPH Perhutani. Menurut sejarah yang tercatat, kawasan ini menjadi tempat menyimpan berbagai macam bahan makanan dan perlengkapan senjata tentara Jepang selama menduduki Indonesia.

Tidak hanya mengulik soal sejarahnya saja, kawasan ini juga punya pesona alam yaitu hutan pinus yang mengesankan.Serta berbagai macam spot foto menarik. Anda bisa melihat pemandangan Gunung Arjuna yang menjulang tinggi ke angkasa. Untuk biaya tiket masuknya mulai dari 5 ribu rupiah saja.

Sebelum anda pergi ke tempat ini, perhatikan dulu kondisi kendaraan anda. Karena, jalan tanjakan yang cukup tajam harus anda lewati. Waktu terbaik mengunjungi kawasan ini adalah sore hari. Saat siang, terik matahari sangat menyengat.

Kalau anda gunakan untuk foto hasilnya kurang memuaskan karena, sudutnya yang cukup sulit. Paling cocok sekitar pukul 3 sore atau 4 sore, sekaligus melihat panorama senja.

Datang Juga ke –> 17 Tempat Wisata di Surabaya Terbaru

11. Air Terjun Sekelip

wisata air terjun di Jombang
foto: https://www.instagram.com/teguhsetiawan6/

Tempat wisata di Jombang Jawa Timur ini terletak di Dusun Gentaru, Desa Carangwulung, Kecamatan Wonosalam. Menuju ke sini tidak terlalu sulit, sudah banyak papan petunjuk yang akan mengarahkan anda ke tempat ini. Tidak ada tiket masuk, hanya pembayaran parkir sebesar 5 ribu rupiah saja yang harus anda bayar.

Dari area parkir menuju ke lokasi, anda harus berjalan kaki kurang lebih 500 meter atau 20 menit sampai 35 menit. Tidak ada satupun warung yang bisa anda temui selama di perjalanan, oleh karena itu jangan lupa untuk membawa air minum sendiri. Sepanjang perjalanan anda akan disuguhkan dengan pemandangan perkebunan warga.

Disarankan untuk membawa payung, karena saat siang hari terik panas matahari terasa menyengat. Bebatuan dan tanah adalah perjalanan berikutnya yang harus anda lewati. Kalau musim penghujan trek ini akan sangat licin jadi harap hati-hati. Mempunyai dua tingkatan dengan debit air yang cukup deras.
Di bawah alirannya ada sebuah kolam yang yang bisa anda manfaatkan untuk berenang. Tetapi, harus hati-hati karena cukup dalam lebih baik bila datang di musim penghujan jangan masuk ke dalamnya. Sangat berbahaya.

12. Taman Ponggok

wisata terbaru di Jombang
foto: https://www.instagram.com/novi.aristian/

Salah satu keunggulan dari tempat ini adalah hadirnya taman bunga jenis marigold atau gumitir. Warnanya kuning- oranye, Diresmikan pada tanggal 27 September 2017. Luasnya kurang lebih 3 hektar, disini anda juga bisa melihat pesona menara yang menarik hati.

Total anda bisa melihat kurang lebih 200 varietas tanaman yang tumbuh disini. sehingga, bisa dijadikan sebagai agrowisata. Jadi, wisatawan tidak hanya foto-foto saja, melainkan anda juga bisa menikmati edukasi dari para petani. Wisata di Jember ini terletak di Dusun Ponggok, Desa Banjarsari, Kecamatan Badang Kedung Mulyo. Dari alun-alun Jombang menempuh waktu kurang lebih 30 menit.

Waktu terbaik mengunjungi taman ini adalah sore hari sekitar pukul 3 sore. Bila siang hari, udara akan sangat panas. Sehingga, kurang leluasa untuk berkeliling di tengah terik matahari yang menyengat. Anda tidak akan dikenakan biaya sama sekali. Hanya saja untuk foto di menara tower, anda akan dikenakan biaya 5 ribu rupiah.

13. Kedung Sewu

Kedung Sewu
foto: https://www.instagram.com/kokotrisilo/

Wisata di Jombang ini terletak di Desa Tanjung Wadung, kecamatan kabuh. Bisa dikatakan tempat ini cukup unik dan instagramable. Dimana, anda bisa menyaksikan hamparan cekungan yang menarik. Di dalamnya terdapat air yang cukup jernih. Nama kedung sewu diambil dari kubangan yang jumlahnya sangat banyak.

Letaknya berada di tengah hutan, akses menuju kesana memang tidak mudah anda harus melintas kontur tanah. Bila musim penghujan, jalannya sangat licin. Bisa menggunakan kendaraan bermotor, atau memanfaatkan ojek yang disediakan warga sekitar. Untuk tarifnya 20 ribu rupiah sekali jalan.

Tidak ada biaya tiket masuk, waktu terbaik menuju ke tempat ini adalah saat musim kemarau. Saat musim penghujan, air akan penuh sehingga pemandangan kubang kurang terlihat. Jangan lupa bawa perbekalan, karena disini tidak ada warung yang menjual makanan dan minuman.

14. Air Terjun Grenjeng

curug di Jombang
foto: https://www.instagram.com/iyon_akhtar_fad/

Wisata di Jombang ini terletak di Desa Jenisgelaran, Kecamatan Bareng, Keunikan dari tempat ini adalah air terjun yang berbentuk seperti aliran sungai.di bawahnya. Anda juga bisa melihat bahwa alirannya mempunyai dua. Bagian kiri terlihat lebih besar daripada yang kanan.

Dari Surabaya membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam menggunakan kendaraan pribadi. Pesona perkebunan tebu bisa anda nikmati sepanjang perjalanan. Semua lelah tersebut akan terbayar lunas dengan pesona ketinggiannya yang mencapai 8 meter. Bagi anda yang kebingungan dimana lokasinya, bisa bertanya pada warga sekitar.

Suasananya sejuk hanya saja masih belum terawat dengan baik. Terbukti dengan belum adanya fasilitas seperti toilet, mushola dan warung. Tetapi, Air Terjun Grenjeng menjadi tempat terbaik untuk melepas penat. Bisa anda sendiri atau bersama dengan keluarga. Jangan lupa, bawa kamera karena, lingkungan sekitarnya cocok dijadikan sebagai spot foto.

15. Makam Gusdur

wisata religi di jombang
foto: https://www.instagram.com/widya_kityy/

Mantan presiden ke 4 ini memang memiliki pesona luar biasa. Sampai saat ini, makam beliau masih menjadi magnet sebagai daya tarik utama wisata di Jombang. Terutama menjelang Bulan Ramadhan, banyak peziarah dari berbagai kota datang untuk mendoakan beliau di depan makamnya.

16. Wisata Alam Banyu Mili

tempat wisata keluarga di Jombang
foto: https://www.instagram.com/hanna_fateh/

Wisata di Jember ini terletak di Desa Curah Wulung, Kecamatan Wonosalam, Keunggulan dari objek wisata ini adalah panoramanya yang instagramable. Merupakan tempat wisata buatan dengan rumah hobbit sebagai ikon yang tidak boleh anda lewatkan.

Ada banyak rumah hobbit, beberapa ada yang gratis. beberapa lagi akan dikenakan biaya 5 ribu rupiah. Tersedia pula gazebo dan aliran sungai kecil yang menambah kesan asri kawasan ini. Keunikan lain yang bisa anda dapatkan adalah perkebunan kakao yang tampak mempesona.

Suasananya cukup sejuk karena terletak di pegunungan Anjasmoro. Untuk harga tiketnya hanya 5 ribu rupiah. Spot foto lain yang bisa anda nikmati adalah Kolam Perahu. Dimana anda bisa menyewa perahu dayung dengan harga 10 ribu rupiah saja.
Untuk fasilitas lainnya pun sudah lengkap dan bersih, seperti toilet, warung makan dan minum, mushola, serta suasana lingkungan yang minim daun kering jatuh. kebersihannya terjaga dengan baik, oleh karena itu jangan sampai buang sampah sembarangan ya.

17. Candi Ngrimbi

tempat wisata di Jombang paling indah
foto: https://www.instagram.com/andhiekrainlis/

Perjalanan terakhir kami adalah Candi Ngrimbi atau Arimbi. Menurut sejarahnya, objek wisata ini merupakan peninggalan dari kerajaan Majapahit. Tempatnya indah dan menawan dan dikelilingi oleh rerumputan hijau. Dibangun menggunakan batu bata merah.

Dibangun pada abad ke 14, pernah dilakukan pemugaran pada tahun 1990. Panjangnya sendiri kurang lebih 13 meter, lebar 9 meter, serta tingginya 12 meter. Berada di kaki Gunung Anjasmoro dengan pemandangan yang menarik dan indah untuk dinikmati.

Nama dari candi ini diambil dari nama salah satu tokoh pewayangan yang diambil dari kitab Mahabharata. Namanya Dewi Arimbi yang merupakan istri dari Werkudara. Adik dari Prabu Arimbo yang dimakamkan di salah satu dusun tersebut.

Review Sebelumnya –> 17 Tempat Wisata di Gresik Terbaru

Tempat wisata di Jombang memang menghadirkan pesona yang menawan dan cukup lengkap. Dengan panorama alam seperti goa, air terjun, dan juga wisata religi yang layak untuk dikunjungi. Jadi, jangan lupa jadikan kota ini sebagai daftar kunjungan liburan anda.

Vlog ke Kuliner Legendaris di Jogja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here