Tempat wisata di Pandeglang merupakan yang terbaik di Indonesia setelah Bali. Pesona alam yang disuguhkan sangat lengkap. Ada pantai. curug, pulau, mata air, sungai, hingga taman nasional. Tidak heran bila kota ini mendapatkan julukan sebagai Kota Badak.

Nama Pandeglang sendiri diambil dari dua kata. Pandai dan Gelang yang artinya adalah tempat menempa gelang. Menurut legenda si Amuk, pada zaman kesultanan Banten terdapat tukang pandai atau besi yang cukup terkenal.yang bertempat tinggal di Desa Kadupandak.

Sultan Banten menyuruhnya untuk membuat sebuah gelang meriam. Dimana, banyak pandai besi yang tidak sanggup. Ada juga yang menyebut nama kota ini berasal dari Paneglaan yang artinya tempat untuk melihat kemana-mana.

Terlepas dari asal-usul nama kota yang juga disebut kota santri ini. Pandeglang punya banyak lokasi wisata yang harus anda kunjungi. Pesonanya membuat sebuah kenangan yang sulit untuk anda lupakan. Berikut ini, adalah rekomendasi tempat menarik di Pandeglang yang bisa anda kunjungi.

1. Pantai Tanjung Lesung

wisata pandeglang
foto: https://www.instagram.com/widiywi2d/

Wisata di Pandeglang ini mempunyai hamparan pasir putih yang mempesona dimana, anda bisa menemukan kerang-kerang yang terdampar. Pepohonan tinggi menjulang di sepanjang bibir pantai. Anda bisa memanfaatkannya untuk berteduh bila berkunjung saat malam hari, tidak salah juga untuk bawa hammock, agar lebih menikmati pesonanya.

Aktivitas lain yang bisa anda lakukan adalah diving dan snorkeling. Di sini sudah tersedia semua peralatan lengkapnya lho. Anda tinggal membayarnya uang sewanya mulai dari Rp100.000. Menariknya lagi, kawasan ini menjadi pusat penangkaran di Banten.

Untuk bisa melihatnya, anda perlu pergi ke tengah-tengah dengan menggunakan perahu nelayan yang sudah disiapkan. Jangan lupa untuk mempersiapkan kamera, karena pesona senjanya menjadi salah satu alasan mengapa banyak wisatawan lebih suka datang pada sore hari.

Tidak afdol rasanya, bila tidak camping di Pantai Tanjung Lesung. Pesona laut dan suara ombak di malam hari memang begitu menggoda. Terakhir, jangan lewatkan membeli souvenir di Kampung Ciponan ya. Di sana anda bisa melihat hasil karya seni patung badak bercula satu yang menjadi ikon wisata Pandeglang.
Lokasi Pantai Tanjung Lesung terletak di Tanjungjaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang.. Untuk harga tiket masuknya, anda akan dikenakan biaya sebesar Rp20.000,- sampai Rp40.000,-

2. Pulau Peucang

wisata di pandeglang
foto: https://www.instagram.com/agungrizkii90/

Objek wisata Pandeglang ini masih berada di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Mempunyai luas kurang lebih 450 hektar. Untuk bisa mencapai kawasan ini, anda harus menyewa perahu nelayan dengan waktu tempuh 3 jam sampai 5 jam. Untuk harganya mulai dari Rp50.000/orang.

Bagi anda yang ingin menginap di pulau ini. Diharapkan untuk reservasi tempat penginapan terlebih dahulu. Karena, jumlahnya yang terbatas. Disini, ada banyak aktivitas yang bisa anda lakukan. Salah satunya adalah trekking hutan dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam.

Perjalanan terakhir dalam penjelajahan ini berada di karang copong. Anda akan disuguhkan dengan beberapa tanaman langka, serta satwa liar yang ada disana. Bagi yang menyukai aktivitas memancing, tidak ada salahnya membawa peralatan dan pergi ke pantai.

Di tempat ini ada banyak ikan yang bisa anda tangkap lho. Biasanya wisatawan menikmati ikan ini dengan cara dibakar begitu saja. Jangan lupakan pesona elok sang senja dan fajar yang bisa anda abadikan ke dalam foto atau juga video. Dijamin, anda tidak ingin pulang dari sini.

3. Cikoromoy

objek wisata di pandeglang
foto: https://www.instagram.com/alam.banten/

Kawasan ini terletak di Jalan Batu Tulis, Lebak, Munjul, Pandeglang, Banten. Untuk tiket masuknya anda akan dikenakan biaya Rp5.000. Ditambah dengan parkir motor sebesar Rp3.000 dan mobil Rp10.000. Cikoromoy sendiri adalah sebuah kolam yang cukup luas yang tidak pernah sepi bahkan saat weekend.

Objek wisata di Pandeglang ini mempunyai air yang sangat jernih. Ada pula kolam pemandian alami yang langsung dari sumber mata air Gunung Pulosari. Anda juga bisa sewa ban dan perahu karet dengan harga Rp5.000 saja. Anda juga akan merasakan bagaimana sensasinya berenang bersama dengan ikan-ikan kecil.

Setelah puas berenang, tidak ada salahnya untuk menikmati berbagai macam menu makanan khas Sunda yang sudah disediakan disini. Ada ikan bakar atau goreng, sayur, sambal dan minuman yang menyegarkan.

4. Kampung Domba

obyek wisata di pandeglang
foto: https://www.instagram.com/makymujahid/

Kawasan ini terletak di Kampung Cinyurup, Kelurahan Juhut, Kecamatan Karangtanjung, Pandeglang Banten. Sesuai dengan namanya, kawasan ini masyarakatnya memelihara Domba. Kotorannya digunakan untuk pupuk kompos dan juga biogas.
Tempat wisata di Pandeglang Banten ini terletak di antara Gunung Aseupan dan Pulosari serta Gunung Karang. Sehingga, suasana di tempat ini begitu sejuk dan nyaman. Ada banyak potensi wisata yang bisa anda temui seperti, hortikultura, perkebunan, peternakan, dan hutan lindung.

Perkembangan kawasan ini pun sudah maju dengan kehadiran cafe kekinian dengan berbagai macam menu makanan dan minuman. Tempatnya enak untuk nongkrong dan berbincang-bincang. Ada tanaman khas yang bisa anda beli seperti talas beneng yang berwarna kuning.

Untuk harga tiketnya anda akan ditarik Rp5.0000 saja. Jangan lupa bawa kamera ya. Karena, Kampung Domba sudah dibuat beberapa spot instagramable yang cocok bagi anda yang hobi selfie dan wefie.

5. Batu Quran

tempat wisata di pandeglang
foto: https://www.instagram.com/serangkecebanget/

Tempat wisata di Pandeglang ini berjarak 300 meter dari Cikoromoy. Terletak di kaki Gunung Karang tepatnya berada di Desa Kadu Bumbang, Kecamatan Cimanuk. Seperti, namanya tempat ini mempunyai pesona berupa tulisan Al-Qur’an yang ada di atas sebuah batu.

Menurut cerita, batu ini merupakan pijakan kaki dari Syekh Maulana Mansyur, saat hendak pergi ke Makkah. Setelah pulang dari tanah suci, muncul sebuah mata air yang tidak pernah berhenti airnya terus keluar. Kemudian, beliau mengambil Al Qur’an agar menghentikan laju airnya.

Salah satu alasan mengapa tempat ini sering menjadi kawasan favorit adalah suasananya yang dingin dan menyegarkan. Anda bisa berendam dan berenang di kolam yang airnya sangat jernih. Tidak heran bila banyak wisatawan yang membawa botol dan dijadikan sebagai oleh-oleh.

Datang juga ke –> 20 Tempat Wisata di Jakarta

6. Pulau Liwungan

tempat wisata di pandeglang banteng
foto: https://www.instagram.com/nuraini_295/

Tempat wisata di Pandeglang ini mempunyai segala potensi wisata yang ada. Bahkan keindahan itu sudah hadir sejak perjalanan menuju ke objek wisata. Air lautnya yang jernih dengan hiasan ikan-ikan kecil dan semilir angin yang berhembus membuat anda sudah terpukau terlebih dahulu.

Untuk bisa pergi ke tempat ini anda harus menyewa perahu motor dengan harga mulai dari 900 ribuan untuk pulang pergi. dengan kapasitas maksimal 10 orang. Untuk harga tiket masuknya Rp10.000 saja. Ada banyak aktivitas yang sudah disiapkan pihak pengelola.

Seperti bermain banana boat, memancing di tengah laut bagi yang hobi memancing. Tetapi, anda harus menyewa kapal nelayan terlebih dahulu. Selanjutnya, anda bisa menikmati hasil pancingan anda dengan membakarnya. Tidak usah dikasih bumbu cita rasanya sudah muncul lho.

7. Pasir Peuteuy

Tempat wisata di Pandeglang terbaru ini terletak di lereng Gunung Karang tepatnya di Kampung Pasir Peuteuy, Desa Pasir Peuteuy, Kecamatan Cadasari, kabupaten Pandeglang. Kawasan ini merupakan situs bersejarah, terdapat beberapa peninggalan seperti menhir yang jumlahnya hampir 9 buah.

Menurut penelitian, peninggalan ini sudah ada sejak zaman megalitikum. Digunakan untuk pemujaan kepada arwah nenek moyang. Menurut daftar koleksi yang ada disini. terdapat Menhir yang memiliki ukuran tinggi 150 cm.

8. Curug Ciajeng Kembar

air terjun di pandeglang
foto: https://www.instagram.com/mupemuflihah/

Curug ini sangat direkomendasikan bagi anda yang menyukai wisata alam. Pesona air terjunnya yang indah menjadi daya tarik yang tidak tertahankan. Tetapi, sebelum sampai di lokasi, anda harus tracking terlebih dahulu. Karena, belum terlalu dikenal oleh banyak wisatawan. kawasan ini masih minim fasilitas.

Jadi, kalau anda berkunjung kesini jangan lupa membawa bekal seperti makanan dan minuman secukupnya. Kalau perlu obat-obatan dan kantong plastik untuk tempat sampah. Jangan buang sembarangan agar lingkungan sekitar tetap terjaga kebersihan dan keasriannya.

Tempat wisata di Pandeglang ini terletak di Desa Cinoyong, Carita, Pandeglang Banten. Bila berkunjung ke sini usahakan menggunakan mobil atau motor yang prima. Jalanan yang kurang baik membuat perjalanan akan terganggu bila kendaraan anda kurang fit.

Untuk tiket masuknya sendiri kurang lebih 10 ribu rupiah. Seperti namanya, Curug kembar Ciajeng anda bisa melihat dua curug kembar yang turun dari atas. Tidak terlalu tinggi memang, tetapi cukup mengesankan dan cocok jadikan destinasi liburan.

Di bawah air terjun, anda bisa melihat sebuah kolam yang tidak cukup besar. Anda bisa memanfaatkannya untuk berenang dan berendam. Waktu yang tepat mengunjungi objek wisata ini adalah saat musim pancaroba dari hujan ke kemarau. Debit airnya masih deras dan cenderung jernih dibandingkan saat musim penghujan.

9. Pantai Hideung

wisata pantai di pandeglang
foto: https://www.instagram.com/roni_yulianto22/

Pantai di sini memang menawan dan eksotis. Dimana, anda bisa melihat bebatuan karang yang begitu banyak berserakan dimana-mana. Batu jenis granit ini biasanya dimanfaatkan wisatawan untuk duduk dan foto selfie. Ukurannya besar jadi, cukup nyaman digunakan sebagai tempat duduk.

Wisata Pandeglang ini juga terkenal dengan spot memancingnya lho. Jadi, tidak ada salahnya membawa peralatan pancing. Tiancidak hanya itu, anda juga akan disuguhkan dengan Bagan Apung. Peralatan memancing untuk cumi-cumi, udang dan berbagai macam ikan.

Bila malam tiba, nelayan ini akan datang dengan membawa lampu petromak. Di dekat sini, juga tersedia pelelangan ikan. Bagi yang hobi makan ikan, tidak ada salahnya untuk membeli. Dijamin fresh dan enak untuk dimasak apa pun. Pantai ini sendiri terletak di Desa Tanjungjaya, Kabupaten Pandeglang.

10. Pulau Badul

wisata alam padegelang
foto: https://www.instagram.com/tripin_aja/

Tempat wisata di Pandeglang selanjutnya adalah Pulau Badul. Nama yang mungkin, terdengar masih asing di telinga wisatawan. Keunggulan kawasan ini adalah pantai pasir putihnya yang membentang diantara hijau dan birunya lautan. Bila dilihat dengan menggunakan drone, sangat menarik.

Bukan pulau berpenghuni, tidak terlalu besar tetapi, membutuhkan waktu 1 jam untuk bisa berkeliling. Di tengahnya terdapat hutan walau tidak terlalu lebat. Ada banyak satwa disini, mulai dari rusa, kera, dan babi hutan. Perjalanan menuju ke tempat ini, anda bisa menyewa perahu boat atau kapal nelayan.

Sayangnya, kapal tersebut tidak bisa sampai di pulau. Jadi, anda harus berenang sekitar 25 meter agar bisa sampai di pulau yang memiliki pemandangan super romantis ini. Jangan lupa bawa perbekalan makanan dan juga kamera. Kemudian, bawa kembali sampahnya dan buang di tempatnya.

Kunjungi juga –> 18 Tempat Wisata di Tangerang Terbaru

11. Gunung Pulosari

wisata alam pandeglang
foto: https://www.instagram.com/muhayarohhh/

Tidak banyak yang tahu bila di Banten juga punya Gunung. Walaupun, bukan 7 summit di Indonesia. Namun, layak untuk dikunjungi terlebih lagi bagi anda seorang pemula. Ketinggiannya, hanya 1364 Mdpl dengan track yang cukup menantang. Siapkan tenaga lebih agar bisa sampai di puncak.

Biasanya untuk bisa naik ke atas diperlukan waktu kurang lebih 2 jam sampai 5 jam lamanya. Siapkan perbekalan yang cukup terutama soal air minum dan makanan. Peralatan gunung yang lengkap. Karena, anda akan melewati tanjakan yang cukup menguras tenaga.

Pemandangan Gunung Pulosari ini sendiri cukup menarik. Dimana, perbukitan di sekitarnya tampak indah dan menawan. Terasa spesial karena, anda bisa menaklukkan diri sendiri untuk bisa sampai ke puncaknya. Olahraga sebelum ke Gunung adalah hal yang paling penting yang harus anda lakukan.

12. Sungai Cigenter

taman nasional ujung kulon
foto: https://www.instagram.com/canro.simarmata/

Mau mencoba merasakan bagaimana rasanya berlayar di sungai amazon? Anda bisa berkunjung ke Sungai Cigenter yang terletak di Taman Nasional Ujung Kulon. Perjalanan menggunakan perahu kano atau disebut dengan jukung menyusuri sungai yang berwarna hijau memang menyenangkan.

Selain bisa melihat beberapa pepohonan yang menjulang tinggi. Anda juga bisa melihat beberapa satwa-satwa liar. Ada ular, buaya dan masih banyak lagi. Tetapi, jangan coba-coba untuk menceburkan diri ke dalamnya ya. Karena, kedalamannya mencapai 6 meter.

Disini, anda juga bisa melihat beberapa hewan langka seperti burung merak, burung rangkong, dan juga banteng. Waktu terbaik untuk bisa menyusuri tempat ini adalah pagi mulai pukul 6 pagi sampai 8 pagi. Kemudian, Sore hari mulai pukul 4 sore sampai 6 sore. Dimana pesona matahari terbenamnya yang begitu mempesona.

13. Mata Air Citaman

tempat wisata di pandeglang

Mata air Citaman ini merupakan situs purbakala yang konon usianya sudah bisa mencapai 2500. Terletak di Jl. Raya Jiput, Sukasari, Pulosari, Kabupaten Pandeglang. Keunggulan tempat ini adalah warna airnya yang sangat jernih biru kehijauan. Layaknya, air di pegunungan anda harus siap dengan suhunya yang sangat dingin tetapi, menyegarkan.

Tidak hanya untuk berenang saja, tempat ini juga bisa digunakan untuk spot foto underwater lho. Dengan pemandangan bebatuan. Untuk harga tiket masuknya sendiri anda akan dikenakan biaya Rp5.000,-. Ditambah dengan parkir kendaraan sebesar Rp 5.0000 untuk motor dan Rp10.000 bagi yang menggunakan mobil.

Fasilitas lain yang ada disini pun cukup menarik dengan hadirnya ban dan perahu karet dengan harga sewa Rp 5.000,-. Jangan lupa bawa perbekalan dari rumah ya. Karena, belum banyak warung yang tersedia disini.

14. Curug Gendang

tempat wisata di pandegalang
foto: https://www.instagram.com/explorebanten/

Curug Gendang salah satu pesona air terjun di Pandeglang dengan ketinggian 7 meter. Dibawahnya terdapat kolam dengan kedalaman mencapai 13 meter. Dengan luas mencapai 10 meter. Pemandangan di sekitarnya memang terlihat menawan. dengan pemandangan pepohonan yang hijau dan asri.

Udara sejuk menjadi daya tarik utama wisatawan untuk berdiam diri disini. Konon, kawasan ini sebagai tempat untuk melakukan persembunyian para pahlawan dari peristiwa G30SPKI.

Dari area parkiran menuju ke lokasi anda harus jalan kaki kurang lebih 1 km jauhnya. Sepanjang perjalanan, anda akan disuguhkan dengan beberapa tanaman dan pepohonan seperti durian yang tumbuh liar. Bila anda beruntung, anda bisa memetiknya dan menikmatinya lho.

Untuk harga tiket masuknya hanya Rp10.000 saja. Sudah tersedia dengan berbagai macam fasilitas seperti toilet, warung makan, homestay, mushola yang terjaga dengan baik dan juga bersih.

15. Coconut Island

wisata pantai di pandeglang banten
foto: https://www.instagram.com/ita.linss/

Tempat wisata di Pandeglang ini terletak di Jl, Raya Carita Labuan KM 3,8, Labuan, Caringin, Kabupaten Pandeglang, Kawasan ini menyajikan pesona wisata yang sangat lengkap. Mulai dari homestay, lautan luas, dan waterpark. Ada juga pesona pantai yang menawan.

Untuk harga tiketnya sendiri hanya Rp50.000 saja. Sudah tersedia beberapa saung yang bisa anda sewa untuk menginap dengan harga mulai dari 300 ribu rupiah. Jadi, jangan sampai terlewat pesona menawan tempat ini ya.

Lihat juga –> 20 Tempat Wisata di Kuningan

16. Pulau Umang

wisata pandeglang
foto: https://www.instagram.com/pulau_umang/

Lokasi kawasan ini terletak di Desa Sumber jaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang. Luasnya mencapai 9.162 meter persegi. Untuk bisa menggapai tempat ini anda wajib menggunakan perahu nelayan yang bisa disewa dengan harga 100 ribu saja.

Pulau Umang juga sudah menyediakan berbagai macam penginapan mulai dari homestay sampai jenis resort yang mengagumkan. Anda tinggal pilih sendiri mana yang disukai. Warung makan, juga sudah banyak lho. Jadi, anda tidak perlu takut kelaparan.

Banyak menu olahan seafood yang pastinya menggoda untuk disantap. Untuk permainan yang disuguhkan cukup lengkap. Sudah ada perahu boat, snorkeling, jetski, dan masih banyak lagi. Jangan lupa menikmati pesona sunset yang membuat anda sulit untuk melupakannya.

17. Pantai Daplangu

wisata di pandeglang banten
foto: https://www.instagram.com/lebakbansel/

Sepertinya, nama pulau ini masih belum terkenal seperti kawasan lain di Pandeglang. Karena, belum banyak wisatawan yang datang berkunjung ke tempat ini. Untuk bisa mencapai tempat ini, tidak membutuhkan kapal. Cukup berjalan kaki selama 15 menit dari Villa sarang badak.

Suasananya yang sepi, tenang dengan ombak yang tidak terlalu besar membuat kawasan ini harus anda kunjungi setelah dari Taman Nasional Ujung Kulon. Jangan lupa bawa perbekalan berupa makanan, minuman dan yang paling penting adalah kamera untuk selfie.

18. Pulau Oar

wisata pantai di pandeglang banten
foto: https://www.instagram.com/erisaclarayulita/

Pulau Oar menjadi destinasi pulau terakhir yang kami rekomendasikan untuk anda. Mencapai kawasan ini harus menggunakan perahu milik nelayan yang bisa disewa dengan harga 500 ribu rupiah untuk 9 orang. Harga ini sudah lengkap dengan surat izin masuk dan camping disana.

Tetapi, bila anda hanya ingin berkunjung tanpa menginap harganya hanya 300 ribu rupiah saja. Waktu tempuhnya hanya 20 menit saja. Anda bisa berkeliling pulau yang membutuhkan waktu 60 menit saja. Untuk fasilitasnya sudah sangat lengkap dengan permainan air yang tak kalah seru.

Ada jetski, snorkeling, diving, dan banyak warung makan yang pastinya menggugah selera dan menggoda lidah. Anda juga bisa menikmati menginap mewah dengan berbagai fasilitas mulai dari 500 ribu saja. Terakhir, pesona senja yang menjadi idaman wisatawan bisa anda nikmati disini.

19. Taman Nasional Ujung Kulon

tempat wisata di pandeglang
foto: https://www.instagram.com/agrzki/

Inilah dia perjalanan terakhir yang tidak boleh anda lewatkan selama menjelajahi Pandeglang. Taman Nasional Ujung Kulon yang dari segi sejarahnya menjadi situs warisan dunia yang diakui oleh UNESCO. Luasnya mencapai 122.596 hektar, untuk harga tiket masuknya sendiri ditaksir Rp5.000 untuk wisatawan nusantara. Serta, Rp150.000 bagi wisatawan mancanegara.

Di dalam kawasan Taman Nasional, setidaknya ada 7 destinasi yang bisa anda nikmati. Ada beberapa pulau yang menawan, Gunung, dan sungai yang dijuluki sebagai amazonnya Indonesia. Serta padang cidaon dan cibunar yang memiliki banyak satwa seperti rusa, babi hutan, serta banteng.

Disini pula anda bisa melihat penangkaran Badak Jawa yang langka dan menjadi ikon wisata Pandeglang. Menariknya, anda bisa melihatnya mencapai 67 ekor.. Kawasan ini terletak di Kecamatan Sumur dan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Review Sebelumnya –> 13 Tempat Wisata di Cirebon

Tempat wisata di Pandeglang menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya soal bentang alamnya saja. Melainkan, ada pula curug dan gunung dengan pemandangan yang mempesona. Berkunjung ke sini menjadi sebuah keharusan bagi anda yang ingin menikmati sensasi lain Indonesia.

Vlog Ke 5 Wisata Dieng Paling Rekomended

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here