Home Wisata Jawa Timur 18 Tempat Wisata di Bondowoso Terbaru

18 Tempat Wisata di Bondowoso Terbaru

tempat wisata di Bondowoso
foto: https://www.instagram.com/pulungatmaja/

Tempat wisata di Bondowoso saat ini mulai berkembang ke arah positif. Keindahan alamnya tampak luar biasa, seperti suguhan megah khas dunia. Ada berbagai macam festival yang bisa anda nikmati. Begitu pula dengan sajian kulinernya, beragam dan mampu membuat lidah anda bergoyang.

Sisi lain dari Bondowoso yang tidak boleh anda lewatkan adalah Bendi. Alat transportasi tradisional yang sudah dipakai sejak zaman dulu. Ditarik menggunakan kuda, seperti delman di Kota Yogyakarta. Anda bisa memanfaatkannya, untuk berkeliling Kawasan yang dijuluki Kota Tape ini.

Sebelum anda pergi menjelajah, kami sarankan persiapkan fisik terlebih dahulu. Karena, ada banyak wisata alam yang menuntut daya tahan tubuh anda. Berikut ini, beberapa rekomendasi pilihan wisata terbaik yang dimiliki oleh Bondowoso.

1. Kawah Wurung

wisata Bondowoso
foto: https://www.instagram.com/arti.bintang/

Wisata di Bondowoso ini menjadi tujuan utama wisatawan. Keindahannya luar biasa, pesona utamanya adalah kawasan Kawah, dikelilingi berbagai macam perbukitan sehingga, cocok untuk mengabadikan momen foto. Harga tiketnya mulai dari 6 ribu rupiah saja.

Bagi anda yang ingin datang dan menikmati pesonanya, disarankan datang tidak terlalu malam. maksimal pukul 3 sore. Perjalanan menuju ke titik wisata sangat sulit dan membutuhkan perjuangan. Perjalanan malam akan membahayakan, begitu pula saat cuaca sedang buruk karena hujan lebat.

Luas dari kawah wurung sendiri mencapai 1000 hektar. Anda bisa melihat pesona padang savana yang hijau dan mengesankan. Disini, banyak warga sekitar yang datang membawa hewannya untuk diternak. Hal ini bisa menjadi salah satu spot foto terbaik yang bisa anda bidik.

Selain itu, hamparan perbukitan yang naik turun menjadi pesona tersendiri. Tidak heran, bila banyak wisatawan melakukan prosesi foto prewedding disini. Menariknya lagi, di setiap musim anda bisa melihat pemandangan berbeda. Saat datang di kemarau, hamparan padang berwarna kuning cantik bisa anda saksikan.

Tetapi, saat musim penghujan, hamparan perbukitan hijau yang menyejukan mata bisa anda nikmati. Spot lainnya anda akan disuguhkan dengan panorama tanjakan cinta, bukit cincin, dengan panorama hutan pinus, taman bunga, dan perkebunan kopi.

Fasilitas lain yang disediakan adalah adanya permainan ATV, Sepeda gunung, dan kawasan camping area. Bila anda ingin menginap dengan mendirikan tenda, akan ada biaya tambahan. Jangan lupa bawa kantong plastik, dan bawa kembali sampah yang anda bawa, agar Kawah Wurung tetap asri dan bersih sepanjang masa.

2. Gunung Raung

wisata di Bondowoso
foto: https://www.instagram.com/panikadventure/

Wisata Bondowoso yang tidak boleh anda lewatkan adalah pesona Gunung Raung yang mempunyai ketinggian 3334 Mdpl. Sebagai puncak tertinggi nomor 3 di Jawa Timur, tempat ini memiliki berbagai pesona yang sulit untuk dilupakan. Salah satunya adalah Jalur shiratal mustaqim.

Dimana, anda harus melintas menggunakan tali di jalanan sempit yang cukup untuk satu orang saja. Kanan dan kirinya adalah jurang yang menganga. Jalur ini paling menakutkan dan juga menegangkan. Semua orang yang pernah ke Raung pasti akan membicarakannya tanpa henti.

Tetapi, setelah melewatinya, anda akan tiba di puncak sejati yang menjadi titik tertinggi di Raung. Pemandangan indah bisa anda saksikan dari sini. Untuk melewati jalur shiratal mustaqim, sebaiknya pada siang hari. Karena, saat perjalanan malam sangat berbahaya,

Kawasan ini juga punya kaldera terbesar kedua di Indonesia setelah Gunung Tambora yang mempunyai lebar 2 kilometer dengan kedalaman mencapai 500 meter. Sayangnya, selama pendakian tidak ada sumber mata air yang bisa anda temui. Sehingga, disarankan membawa air minum minimal 7 liter.

Jika, anda ingin mendaki gunung ini, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Mulai dari KTP, surat keterangan sehat dari dokter, Kemudian, membayar simaksi sebesar 30 ribu rupiah. Perjalanan dari pos menuju ke puncak diperlukan waktu 8 jam sampai 11 jam pendakian/ Tergantung kecepatan berjalan anda. Rute pendakian anda bisa mulai dari Sumber Waringin atau kalibaru.

3. Bukit Mahadewa

wisata alam terbaru di Bondowoso
foto: https://www.instagram.com/andi_bolang24/

Objek wisata Bondowoso ini memiliki keistimewaan yang luar biasa indahnya. Mengenai pesona matahari terbit. Tidak hanya itu saja, jajaran Gunung yang mengesankan mata juga bisa anda nikmati. Ada Gunung Piramid, Raung yang tampak di depan mata.

Di sini, anda bisa melihat ada banyak hutan pinus.yang mengelilingi perbukitan ini. Bukit Mahadewa terletak di Desa Kupang, Kecamatan Kurandami, Kabupaten Bondowoso. Jaraknya dari pusat kota kurang lebih 42 kilometer. Memakan waktu kurang lebih 1 jam 22 menit menggunakan kendaraan pribadi.

Untuk bisa menikmati semua sajian yang berada di ketinggian 1000 mdpl ini kurang lebih 5 ribu rupiah. Ada banyak spot foto yang bisa anda manfaatkan untuk mengambil gambar. Fasilitas lainnya, ada cafe yang berdiri menyajikan berbagai menu seperti kopi dan makanan khas Bondowoso.

4. Puncak P28

objek wisata di Bondowoso
foto: https://www.instagram.com/deviyauma/

Objek wisata di Bondowoso ini terletak di Dusun Patirana, Desa Wonosari, Kecamatan Grujugan. Dari pusat kota Bondowoso menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam 30 menit. Kawasan ini menjadi tempat wisata unggulan sehingga, anda tidak perlu khawatir kesasar. Sudah banyak papan petunjuk yang siap membimbing anda menuju ke lokasi.

Pemandangan matahari terbit dan terbenam menjadi panorama yang tidak bisa anda lupakan. Jangan lupa bawa kamera, agar bisa mengabadikan setiap momen menarik disini. Anda juga bisa mengunjungi air terjun Patirana yang letaknya tidak jauh dari Puncak.

Waktu terbaik mengunjungi kawasan ini adalah sore hari sekitar pukul 3. Anda bisa mendirikan tenda dan menikmati pesona malam yang tak kalah mengesankannya. Pemandangan milky way bisa anda saksikan bila beruntung. Karena, cuaca disini sering tidak baik, lebih banyak berkabut daripada cerah.

Datang Juga Ke –> 17 Tempat Wisata di Surabaya Terbaru

5. Air Terjun Blawan

curug di bondowoso
foto: https://www.instagram.com/syaikhab/

Tempat wisata di Bondowoso Jawa Timur mendapatkan julukan sebagai Niagara Mini Bondowoso. Coba anda lihat bentuknya yang melebar, pesonanya hampir mirip dengan air terjun terbesar di dunia itu. Menariknya, anda tidak perlu bingung karena rute lokasinya masih satu arah menuju Kawah Ijen.

Untuk bisa menikmatinya, anda perlu berjalan kaki kurang lebih 30 menit. Ketinggiannya mencapai 30 meter dengan warna sedikit kuning yang terpengaruh karena adanya kandungan Belerang. Disini, ada sebuah kolam yang bisa anda manfaatkan untuk berendam.

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, kolam tersebut pernah digunakan oleh Damar Wulan untuk berendam sebelum melawan Minak Jinggo. Air terjun yang terletak di Rangkah Rejo, Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol ini juga memiliki pemandian air panas. Jadi, setelah bermain air dingin, anda bisa langsung menikmati air panas. Untuk harga tiketnya hanya 5 ribu rupiah saja.

6. Museum Kereta Api Bondowoso

obyek wisata di Bondowoso
foto: https://www.instagram.com/dupudes/

Wisata di Jember ini merupakan bagian dari kereta api Indonesia. Dimana, anda masih bisa melihat bekas stasiunnya yang kini dijadikan sebagai museum. Terletak di Jl.. Imam Bonjol, Kelurahan Kademangan, Kecamatan Bondowoso ini dibangun pada tanggal 23 Juni 1893 oleh seorang arsitek Belanda.

Awalnya, belanda membangun jalan dari Panarukan menuju Kalisat yang digunakan untuk mengangkut berbagai komoditi penting. Tetapi, rel kereta api diperlebar hingga melayani rute Bondowoso – Surabaya yang digunakan untuk mengangkut para pejuang.

Stasiun ini terkenal dengan peristiwa Gerbong maut, Dimana, ada 90 tahanan yang meninggal karena, kepanasan di dalam gerbong yang tidak ada ventilasi udara sedikit pun. Dari sejarah tersebut pada tahun 17 Agustus 2016 kawasan ini diresmikan sebagai sebuah museum.

Ada banyak koleksi yang bisa anda nikmati disini. Termasuk semboyan 40 yang pertama kali digunakan. Usianya sudah ratusan tahun dan masih tersimpan rapi. Serta masih ada banyak lagi peralatan kereta api yang bisa anda nikmati sejak zaman Hindia Belanda.

7. Bosamba Rafting

rafting di Bondowoso
foto: https://www.instagram.com/ririzmareta/

Tempat wisata di Bondowoso terbaru ini menuntut adrenalin yang cukup tinggi. Bagi anda yang menyukai tantangan, tidak salah bila mencobanya. Terletak di Desa Taman Krocok, Kecamatan Wonosari. Mengarungi sungai sampean baru yang cukup tenang saat musim kemarau, tetapi bila datang musim penghujan bisa berpotensi menimbulkan Banjir.

Jarak yang harus ditempuh kurang lebih 14 kilometer dan butuh waktu kurang lebih 2 jam sampai 3 jam. Melewati 6 anak sungai dan 5 desa. Mempunyai pemandangan yang menawan. Terutama soal batu titanic yang bentuknya hampir mirip. Anda juga bisa melihat air terjun yang menawan serta goa kelelawar yang masih alami.

Tidak hanya menyediakan kegiatan rafting saja, disini anda juga bisa menikmati permainan outbound seperti paintball. Atau anda juga bisa merasakan bermalam di camping area yang sudah disediakan.Untuk fasilitasnya sendiri sudah cukup lengkap ada kamar mandi, kamar ganti, dan makan siang untuk yang mengikuti kegiatan rafting.

8. Air Terjun Solor

tempat wisata di Bondowoso
foto: https://www.instagram.com/happy_pic19/

Wisata di Bondowoso ini terletak di Dusun Korandu, Desa Solor, Kecamatan Cermee. Menuju ke titik lokasi memang tidak mudah. Anda harus melewati perjalanan panjang terlebih dahulu. tetapi, keindahan Solor bisa dinikmati. Kontur jalannya naik turun dan sedikit licin. Jadi, harus hati-hati.

Untuk harga tiket masuknya hanya 5 ribu rupiah saja. Mempunyai tinggi 30 meter. Di bawah air terjunnya, anda bisa menikmati sebuah kolam yang mempunyai kedalam kurang lebih 8 meter. Disarankan untuk tidak mandi atau berenang ke dalamnya. Cukup nikmati di area bebatuan saja.

Review Sebelumnya –> 17 Tempat Wisata di Gresik Terbaru

9. Kawah Ilalang

wisata tersembunyi di Bondowoso
foto: https://www.instagram.com/adisusanto10/

Tidak hanya menawan dengan pesona Kawah Wurungnya saja. Bondowoso juga punya keindahan lain yang wajib anda nikmati. Terletak di Dusun Curah Macan, Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol. Perjalanannya membutuhkan perjuangan yang tidak mudah.

Menuju ke lokasi Kawah Ilalang anda bisa menggunakan motor. Hanya saja, jangan gunakan matic. Karena, trek yang tajam dan usahakan kondisi motor tetap fit agar tidak rusak ditengah jalan. Medannya berpasir membuat kondisi kendaraannya begitu sulit.
Pesona utama dari tempat ini adalah perbukitan ilalang yang mengesankan. Anda juga bisa melihat perkebunan warga. Melihat aktivitas mereka, bila beruntung ada oleh-oleh dari para warga. Jangan lupa bawa perbekalan air minum dan makanan, karena di kawah tidak ada satupun warung yang berdiri.

Dari sini, anda bisa melihat pesona Gunung Ijen, Gunung Raung, Bukit Megasari, Anda juga bisa mendirikan tenda disini, hanya saja perlu izin kepada warga Dusun terlebih dahulu. Jangan lupa untuk bawa kembali semua sampah anda ke bawah dan buanglah pada tempatnya.

10. Air terjun Belerang

wisata alam Bondowoso
foto: https://www.instagram.com/yafiemiftahul/

Nama lain dari tempat ini adalah Air Terjun Kali Pahit. Terletak di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso. Kawasan ini masih menjadi satu wilayah menuju ke Gunung Ijen. Ada hal menarik yang bisa anda temui disini, yaitu kandungan Belerang yang cukup kuat.

Selain itu, berbagai macam spot foto juga tidak kalah mengesankan. Dengan guratan tebing dan pepohonan hijau yang menjulang tinggi. Disarankan jangan berkunjung terlalu siang. Karena, suasana di tempat ini sangat ramai oleh wisatawan yang ingin merasakan sensasi belerangnya.

Keunikan lain yang bisa anda temui adalah air terjun yang landai. Tingginya tidak lebih dari 5 meter dan alirannya cukup deras.Untuk harga tiket masuknya sendiri anda akan dikenakan biaya sebesar 5 ribu rupiah. Cobalah naik menuju ke atas, anda bisa melihat aliran sungai dan pemandangan yang lebih menyilaukan mata. Disarankan untuk datang saat musim pancaroba, dimana debit airnya masih cukup deras.

11. Situs Megalitikum Bondowoso

wisata sejarah di Bondowoso
foto: https://www.instagram.com/vino_ramadhani100/

Pesona lain dari Bondowoso adalah keindahan beberapa situs megalitikum yang jumlahnya cukup banyak. Tersebar di berbagai kecamatan. Ada banyak benda-benda bersejarah bisa anda nikmati mulai dari sarkofagus, Menhir, Kubur Bilik, Batu Dakon, dan Dolmen. Jumlahnya kurang lebih ada 1123 buah.

12. Air Terjun Tancak Kembar

wisata alam di Bondowoso
foto: https://www.instagram.com/linda_arisandy507/

Ikon wisata lain di Bondowoso adalah Air Terjun Tancak Kembar yang konon dipercaya oleh warga sekitar mempunyai mitos bisa membuat awet muda. Menurut kepercayaan warga di sekitar, tempat ini dulu digunakan sebagai mandi Dewi Rengganis.
Terletak di Desa Andungsari, Kecamatan Pakem, mempunyai ketinggian kurang lebih 1100 Mdpl. Tetapi, yang harus anda perhatikan adalah jalur menuju lokasi tidaklah mudah. Treknya berupa makadam atau jalur tangga. Bila anda berkunjung setiap musim penghujan, jalan ini akan semakin licin.

Waktu tempuhnya kurang lebih 1 jam perjalanan. Jadi, disarankan sebelum anda menyusuri kawasan persiapkan diri untuk berolahraga terlebih dulu. Daya tarik dari tempat ini adalah mempunyai dua air terjun yang jaraknya kurang lebih 20 meter. Warga sekitar juga percaya dua aliran tersebut perwujudan dari laki dan perempuan.

Air terjun yang mempunyai ketinggian 70 meter inil juga digunakan warga sebagai tempat untuk melakukan ritual dengan berbagai sesaji.dan menggelar selamatan dengan mandi di bawah air terjunnya langsung. Biasanya ritual ini akan ramai pada bulan Muharram.

Disarankan saat berkunjung ke tempat ini, anda membawa perbekalan sendiri dari rumah. Terutama soal air minum, karena selama perjalanan anda tidak akan menemukan warung satu pun. tetapi, jangan lupa bawa kembali sampah anda dan buang pada tempatnya.

Datang juga ke –> 24 Tempat wisata Di Mojokerto Paling Ngehitz !!

13. Masjid Agung At-Taqwa Bondowoso

foto: https://www.anugerahkubah.com/

Bagi anda umat muslim, jangan lupa mengunjungi masjid agung yang menjadi kebanggaan warga Bondowoso. Struktur bangunannya unik sehingga, anda terutama umat muslim wajib datang dan sholat di tempat ini. Terletak di Jalan Ahmad Yani, Kota Kulon, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso.

Dibangun pertama kali pada tahun 1809 diatas luas tanah sebesar 5000 meter persegi dan luas bangunannya sendiri sebesar 2000 meter persegi. Konon mampu menampung kurang lebih 6000 jamaah. Sudah melakukan beberapa kali renovasi tahun 1967 dan 1971.

14. Tasnan Forest

tempat wisata keluarga di Bondowoso
foto: https://www.instagram.com/arifinseregar02/

Harga tiket wisata di Bondowoso ini 15 ribu rupiah. Pesona utamanya adalah hutan pinus dengan keindahan luar biasa. Suasananya tampak mengesankan dengan berbagai spot foto yang sayang untuk dilewatkan. Tasnan Forest juga digunakan sebagai salah satu kawasan favorit untuk prewedding.

Fasilitas lain yang bisa anda nikmati adalah hadirnya amfiteater, menggunakan dekorasi alam dan hiasan lampu gantung yang mengesankan. Terletak di Desa Taman, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso. Pesona lain yang tidak bisa anda lewatkan adalah foto di rumah pohon, ayunan kayu, dan hammock.

Tidak jauh dari hutan pinus, anda akan disuguhkan dengan sajian kolam renang. Memiliki dua kolam untuk anak dan juga dewasa. Menariknya, air yang ada disini tidak mengandung kaporit sama sekali. Sehingga, suasananya sangat segar Walaupun, kondisinya belum terawat dengan baik.

Fasilitas lain yang disediakan ada area mushola, tempat parkir yang luas, warung kaki lima yang menyediakan berbagai macam menu kuliner. Ada pula gazebo yang bisa digunakan untuk ruang tunggu dan tempat beristirahat. Kawasan ini akan buka pukul 8 pagi sampai 4 sore.

15. Bukit Jabal Kirmit

wisata Bondowoso terbaru
foto: https://www.instagram.com/ecol_revival/

Pesona perbukitan yang konon terdapat sebuah rumah mewah, milik seseorang yang pertama kali menemukan kawasan ini. Untuk bisa sampai di lokasi anda harus berjuang dengan sekuat tenaga. Pesona hijaunya tampak mengesankan. Disana, ada peternakan untuk kuda dan kijang yang bisa anda nikmati.

16. Perkebunan Kopi Arabika Kalisat

wisata anak di Bondowoso
foto: https://www.instagram.com/eronproperty/

Bagi anda pecinta kopi, tidak ada salahnya berkunjung ke Perkebunan kopi Arabika yang terletak di Desa Jampit. Luasnya kurang lebih 4000 hektar dengan ketinggian 900 Mdpl. Salah satu pesona yang wajib anda nikmati disini adalah proses pembuatan kopi dari awal sampai akhir.

Anda bisa melihat bagaimana cara memetiknya, memilih biji kopi yang bagus dan buruk untuk diolah. Melihat bagaimana pengeringan dan penggilingan biji kopi. Saat pertama kali anda masuk ke tempat ini, aroma khasnya sudah tercium menggugah selera anda yang haus akan kopi.

Anda bisa meminumnya dan menjadikannya sebagai oleh-oleh pesona lain yang tidak boleh anda tinggalkan adalah kawasan memancing, taman bunga mawar Lapangan tenis, dan ruang pertemuan. Bagi anda yang membutuhkan penginapan, disini sudah tersedia beberapa wisma. Tersedia pula trek untuk bersepeda atau tur menggunakan mobil.

17. Air terjun Gentongan

tempat wisata di Bondowoso jawa timur
foto: https://www.instagram.com/bendottetapsemangat/

Nama air terjun ini memang tidak terlalu terkenal untuk mencapainya anda harus berjalan terlebih dahulu kurang lebih 1 km. Airnya berwarna biru kehijauan Konon mengandung belerang, akibat dari rembesan kawah Ijen. Oleh karena itu, jangan mendekat karena percikan airnya akan menimbulkan efek gatal.

Nama gentongan diambil dari bahasa madura yang artinya menggantung. Hal ini disebabkan karena air terjunnya yang terlihat menggantung di atas tebing. Jangan lupa bawa makanan dan minuman. Karena, sepanjang perjalanan tidak ada warung yang buka.

18. Alun-Alun Bondowoso

tempat wisata di Bondowoso terbaru
foto: https://www.instagram.com/ojhie_achmedt/

Rekomendasi terakhir yang bisa kami berikan adalah Alun-Alun Bondowoso. Terletak di Kotakulon, Kecamatan Bondowoso. Tempat ini sangat cocok dikunjungi pada pagi hari, sore hingga malam.

Saat malam minggu tiba biasanya, banyak anak muda dan masyarakat sekitar datang. Mereka menikmati sajian kuliner khas dari pedagang kaki lima. Cita rasanya enak dan membuat kalian ketagihan. Selain itu, sudah tersedia berbagai macam spot foto menarik.

Suasana sejuk dan asri juga bisa anda nikmati. Biasanya Alun-Alun ini digunakan sebagai pusat kegiatan. Temasuk olahraga sehingga, jangan kaget bila setiap minggu pagi akan penuh dengan masyarakat untuk lari kecil, bulutangkis, sepak bola dan banyak lagi.

Alun-Alun Bondowoso juga digunakan untuk berbagai macam acara pertunjukan kesenian. Setiap sabtu malam akan ada pertunjukan band indie, atau kesenian tradisional yang sayang untuk anda lewatkan. Ada yang berkata, belum ke Bondowoso kalau belum pergi ke Alun-Alunnya.

Review Sebelumnya –> Rekomendasi 12 Tempat Wisata Di Kediri Paling Keren

Tempat wisata di Bondowoso saat ini sudah cukup banyak. Ada yang sudah tereksplor dengan baik, ada juga yang belum. Keindahannya memang tiada duanya. Kota ini juga mempunyai penginapan yang cukup nyaman dengan berbagai macam fasilitas. Jadi, kapan anda akan datang ke tempat ini?

Vlog ke Kuliner Legendaris di Jogja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here