Tempat wisata di Surabaya saat ini sudah berkembang pesat. Banyak kawasan dibangun dan dipercantik menjadi tempat yang nyaman dan enak untuk dikunjungi. Keunikan yang dimiliki kota dengan julukan Kota Pahlawan ini adalah objek wisatanya yang didominasi oleh taman dan museum.

Mulai dari kesehatan sampai rokok yang sudah lama malang melintang di Indonesia pun ada. Semua kawasannya menarik, sebenarnya sederhana. Namun, memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Tidak heran bila kota ini menjadi alternatif pilihan wisata walaupun, statusnya adalah Kota terbesar kedua di Indonesia.

Akses menuju ke Surabaya pun sangat mudah. Ada pesawat, kereta api, dan kapal yang bisa menjadi pilihan. Transportasi juga banyak, ada ojek dan taksi online, angkutan, atau kamu bisa sewa kendaraan. Di bawah ini, ada beberapa rekomendasi tempat yang harus anda kunjungi selama di Surabaya.

1. House Of Sampoerna

wisata surabaya
foto: https://www.instagram.com/valconnizer/

Wisata di Surabaya pertama yang dapat anda nikmati saat berkunjung ke Kota pahlawan adalah House Of Sampoerna. Terletak di Taman Sampoerna No.8, Krembangan Utara, Pabean Cantian. Dibangun pada 1862 dan baru dibuka untuk umum pada tahun 2003.

Sebelum menjadi sebuah museum, bangunan ini awalnya adalah sebuah panti asuhan yang dikelola oleh Belanda. Kemudian, pada tahun 1932, Liem Seeng Tee membelinya dan perawatan untuk produksi rokok. Ada banyak hal yang bisa dinikmati Anda disini.

Diantaranya, mengetahui bagaimana sejarah dari rokok kretek di Indonesia. Jangan terkejut saat anda masuk aroma cengkeh khas Sampoerna akan tercium. Ada banyak koleksi seperti sepeda pertama yang digunakan untuk berjualan rokok, replika warung,dan mesin.

Anda juga bisa mengikuti perjalanan Surabaya Heritage Track, menggunakan bus yang sudah disediakan gratis. Tujuannya pun berbeda di setiap jamnya. Bagi anda pecinta kopi, jangan sampai tidak menikmati tanamera coffee yang punya cita rasa tinggi. Ada juga menu makanan khas yang susah untuk dilawan.

Anda juga bisa membeli berbagai macam oleh-oleh seperti baju, topi, kain batik, mug, tas, dan masih banyak lagi. Jangan lupa juga untuk bawa kamera karena, ada banyak spot-spot foto menarik yang sulit untuk ditolak.

2. Kampung Bulak

wisata di surabaya
foto: https://www.instagram.com/wayangopi/

Kampung warna-warni masih menjadi idaman bagi sejumlah wisatawan. Pesona foto yang instagramable menjadi salah satu alasannya. Tempat wisata di Surabaya terbaru ini awalnya adalah kawasan kumuh yang yang terletak tidak jauh dari pantai kenjeran.

Setelah dicat dan dibersihkan, kawasan ini menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Ada ratusan rumah yang menarik dijadikan sebagai sudut foto. Tidak hanya perpaduan warnanya saja, melainkan lukisan muralnya yang juga elok. Waktu terbaik mengunjungi kawasan ini adalah sore hari.

Anda bisa melihat sunset khas menawan dari pantai kenjeran yang memang lokasinya tepat di sebelahnya saja. Tidak hanya foto saja, anda juga bisa menikmati berbagai macam oleh-oleh mulai dari gelang, kalung, baju, tas dengan harga mulai dari Rp5.000,- saja.

Ada juga sajian sate lontong kupang yang cita rasanya menggoda. Bagi anda yang belum punya tempat untuk menginap. Tidak jauh, dari kampung Bulak tersedia berbagai pilihan hotel mulai dari Rp100.000 saja.

3. Surabaya North Quay

objek wisata di surabaya
foto: https://www.instagram.com/candrakaa/

Sebagai kawasan pesisir, Kota Pahlawan mempunyai pelabuhan yang cukup terkenal dan sibuk. Masih dalam satu kawasan pelabuhan Tanjung Perak, anda akan disuguhkan dengan wisata Surabaya North Quay yang menarik dan berbeda dari lainnya,

Wisata Surabaya ini akan menghadirkan pesona Kapal pesiar mewah yang kadang merapat di tempat ini. Terdiri dari tiga lantai, dimana setiap lantainya anda bisa menikmati pesona yang menarik. Ada ruang pameran kreatif di lantai dua. Sementara, di lantai 3 anda akan disuguhkan dengan pemandangan luar biasa.

Ada rumput sintetis, pemandangan lautan, dan tempat untuk makan dengan menu-menu spesial yang pasti anda suka. Menariknya, tempat ini merupakan pelabuhan pertama yang mempunyai fasilitas garbarata. Waktu terbaik menikmati semua keindahannya adalah sore hari, sekitar pukul 4 sore. Anda bisa menyaksikan pesona matahari terbenam, kapal-kapal, dan berbagai aktivitas pelabuhan.

4. Kebun Binatang Surabaya

obyek wisata di surabaya
foto: https://www.instagram.com/riherdij/

Objek wisata Surabaya ini terletak di Jl. Setail No,1, Darmo, Wonokromo. Suasananya sangat asri dengan pepohonan yang menjulang tinggi. Untuk harga tiketnya mulai dari Rp10.000,-. Pertama kali dibuka pada tahun 1916 dengan luas saat ini 85 ribu meter persegi.

Koleksi satwanya pun cukup banyak, termasuk aves yang kandangnya dibuat sesuai dengan habitat alam. Ada burung Pelikan, Jalak Bali,dan Hantu yang menarik dilihat. Ada juga berbagai macam hewan mamalia seperti orang utan, kuda nil, anoa, orang utan, dan jerapah.

Satwa lain yang bisa anda nikmati adalah ular piton, buaya, dan komodo. Anda bisa juga menikmati berbagai macam atraksi hewan. Seperti, gajah tunggang, outbound, Flying Fox, Wisata perahu, Tunggang Unta, Bom-Bom Car, dan Taman Selfie. Untuk fasilitas lainnya ada mushola, restoran, bangku, dan banyak tempat duduknya.

Datang juga ke –> 17 Tempat Wisata di Gresik Terbaru

5. Masjid Cheng Hoo

tempat wisata di surabaya
foto: https://www.instagram.com/sabriyan_arsyi/

Bila anda berkunjung ke Surabaya, tidak ada salahnya menyempatkan waktu berkunjung ke masjid yang penuh sejarah. Dengan gaya arsitektur khas oriental Tiongkok. Konon dijadikan sebagai simbol perdamaian antar umat beragama.

Diambil dari nama pelaut ternama negeri tirai bambu, Laksamana Cheng Ho, yang konon beragama muslim. Karena, kebaikan beliau, dan menghormatinya maka dibangun sebuah masjid. Menariknya, anda akan disuguhkan dengan sebuah lukisan yang menceritakan secara singkat sosok beliau sebagai laksamana.

Seni kaligrafi dan berbagai aksara cina menjadi sebuah hiasan yang memukau di langit-langitnya. Berbentuk persegi yang mempunyai sudut delapan, konon merupakan simbol angka keberuntungan. Menyerupai bentuk seperti sarang laba-laba.

Dalam perjalanan cerita Nabi Muhamad SAW, sarang laba-laba adalah hewan yang pernah menyelamatkan beliau dari kejaran kaum kafir Quraisy. Ada empat warna yang mendominasi seperti, merah, kuning, biru, dan hijau yang konon dipercaya mempunyai simbol kebahagiaan, kemasyuran dan kemakmuran.

Untuk pintunya sendiri berjumlah 5 dan 6 dimana, mencerminkan rukun iman dan islam. Ada juga pintu yang selalu dibuka, menunjukkan bahwa masjid ini selalu terbuka oleh semua orang. Bahkan, setiap siang, beberapa orang menggunakan halamannya yang dingin dan sejuk untuk istirahat sembari melepas lelah dan melindungi diri dari panasnya sinar matahari.

6. Taman Bungkul

tempat wisata di surabaya jawa timur
foto: https://www.instagram.com/local.container/

Rasanya ada yang kurang bila ke Surabaya tidak mengunjungi Taman Bungkul. Perlu diketahui, kawasan ini menjadi yang terbaik di Asia Tenggara. Bila hari minggu tiba, tempat ini akan dipadati masyarakat yang menginginkan kesegaran dan rekreasi gratis.

Ada banyak tanaman hias yang bisa anda nikmati, selain itu fasilitas lain yang tidak kalah menariknya adalah sarana untuk olahraga. Ada jogging track, skateboard, sepeda BMX, dan batu yang digunakan untuk refleksi kaki. Pada malam hari, anda juga akan disuguhkan oleh panorama air mancur.

Soal makanan, anda tidak perlu khawatir. Sudah banyak pedagang kaki lima yang siap menyajikan menu tradisional yang nikmat dan menggoda. Untuk air minum, anda sudah disediakan air keran yang sudah siap minum. Bagi anak-anak, ada berbagai wahana permainan mulai dari perosotan, ayunan, dan jungkat-jungkit.

Tidak jauh dari tempat ini, ada makam yang juga tidak pernah sepi dikunjungi para peziarah. terutama pada hari kamis dan jumat. Makam tersebut adalah Sunan Bungkul.

7. Masjid Al-Akbar

tempat wisata keluarga di surabaya
foto: https://www.instagram.com/cemetisthebest/

Setelah mengunjungi Masjid Cheng Ho, anda juga wajib datang ke tempat ini. Tidak hanya dijadikan sebagai kawasan penyebaran agama islam dan beribadah saja. Tempat ini juga bisa anda jadikan sebagai salah satu kawasan wisata religi yang menyenangkan.

Salah satu alasan mengapa anda harus kesini adalah menaranya yang mempunyai ketinggian 99 meter. Dari sini, anda bisa melihat Surabaya yang menawan. Jam operasionalnya mulai dari pukul 9 pagi sampai 5 sore. Saat waktu sholat tiba yaitu dhuhur dan ashar, menara akan ditutup.

Menariknya lagi, Masjid Al-Akbar juga menyediakan fasilitas kesehatan termasuk bekam. Sebagai masjid terbesar ke-2 di Indonesia. Tidak sedikit wisatawan yang menjadi tempat ini sebagai kawasan favorit upacara pernikahan. Mulai dari ijab kabul sampai resepsi.

Luas kawasannya mencapai 22.300 meter persegi. Dibangun pada tanggal 4 Agustus 1995. Bentuk kubahnya juga cukup menarik, seperti setengah telur tingginya 27 meter dan mempunyai layer 1,5. Untuk mihrabnya sendiri, merupakan mihrab masjid terbesar di Indonesia. Penasaran ingin mengunjunginya? Anda bisa berkunjung ke Jl. Masjid Agung Timur. No.1, Pagesangan, Kecamatan Jembangan. Total kapasitas jamaah disini mencapai 59 ribu.

8. Klenteng Sanggar Agung

tempat wisata anak di surabaya
foto: https://www.instagram.com/ahmed25_al.ali/

Wisata religi selanjutnya yang bisa anda kunjungi adalah Klenteng Sanggar Agung terletak di Jl. Sukolilo No.100, Bulak. Kawasan ini merupakan bangunan suci tempat peribadatan umat Budha. Hal yang menarik yang bisa anda lihat disini adalah ornamen khas negeri Tiongkok.

Selain itu, anda juga bisa menyaksikan kemegahan Patung Dewi kwan Im yang terletak di tepi laut. Tingginya mencapai 18 meter, dijaga oleh dua pengawal Zhang Nan dan Tong Nun dan Empat maharaja langit yang melindungi penjuru mata angin.

Luas kawasannya mencapai 4000 meter persegi. Di sekelilingnya anda bisa menyaksikan tanaman bakau dengan pemandangan alam pantai Ria Kenjeran yang mengagumkan. Waktu terbaik mengunjungi kawasan ini adalah sore hari sekitar pukul 5 sore.

Di mana anda bisa menikmati pemandangan elok matahari terbenam yang mengesankan. Tidak hanya sampai disitu saja, pesona jembatan suramadu bisa anda saksikan dari sini. Anda bisa masuk dan berkeliling ke seluruh area klenteng. Kecuali, bila di sedang diadakan ibadah.

Kunjungi juga –> Rekomendasi 23 Tempat Wisata Di Banyuwangi Jawa Timur

9. Food Junction Grand Pakuwon

tempat wisata di surabaya terbaru
foto: https://www.instagram.com/haryadi.widodo/

Tempat wisata di Surabaya ini bisa anda jadikan pilihan berkunjung pada sore hari. Kawasan pujasera dengan konsep wisata dan permainan menarik untuk keluarga. Banyak tempat instagramable yang bisa anda jadikan sebagai spot foto. Terutama di spot danau buatan, undakan, serta air mancur menari yang menarik, apalagi di kala sore hari.

Selain itu, anda juga akan disuguhkan dengan berbagai macam permainan seru dan menarik. Seperti, Bianglala, kereta mini, sepeda air, trampoline, dan masih banyak lagi permainan yang bisa anda nikmati. Untuk harga permainannya mulai dari Rp10.000,- sampai Rp30.000 saja.

Setelah puas merasakan berbagai macam permainan dan selfie-selfie, tidak ada salahnya untuk menikmati berbagai macam menu makanan yang enak dan nikmat. Ada banyak pilihan menu mulai dari nusantara western, chinese, hingga timur tengah.

Tetapi, catatan bagi anda warga muslim. Harap berhati-hati memilih makanan. Disini, belum tersedia label halal. Jadi, sebelum memesan alangkah lebih baik bertanya terlebih dahulu, bahan yang digunakan. Untuk harganya mulai dari Rp20.000,- saja. Bila datang saat weekend, disarankan untuk tiba sebelum pukul 5 sore. Karena, banyak wisatawan akan datang ke tempat ini menikmati semua sajiannya.

10. Ciputra Waterpark

wisata anak di surabaya
foto: https://www.instagram.com/femmy.andina/

Tempat wisata di Surabaya ini terletak di Boulevard Citraland, Sambikerep. Untuk harga tiketnya mulai dari 75 ribu sampai 100 ribu rupiah. Keunggulan dari kawasan ini adalah wahana permainan air yang seru dan menyenangkan. Anda bisa menikmati seluncuran dari ketinggian 15 meter.

Melewati terowongan dengan kecepatan tinggi. Anda juga bisa bermain di ombak buatan yang memiliki kedalaman 1,2 meter. Atau menikmati panjang lintasan seluncur 20 meter, tinggi 10 meter dan memiliki kecepatan 70 km/jam. Rasakan benar sensasi adrenalin dari wahana ini.

11. Museum Kesehatan DR. Adhyatma, MPH

wisata sejarah di surabaya
foto: https://www.instagram.com/museumkesehatan_ri/

Surabaya memang kawasan metropolitan yang cukup unik. Tidak hanya terkenal dengan kawasan taman. tetapi, juga museum tentang sejarah masa lalu. Tidak hanya sampai disitu objek wisata di Surabaya juga terkenal dengan berbagai bidang kesehatan dan dunia medis yang dikemas dengan cara berbeda.

Anda harus datang dan saksikan sendiri pesona Museum Kesehatan DR. Adhyatma. Bangunan khas Belanda yang kental dengan aroma masa lalu masih dipertahankan. Dalam perjalanan pertama, disambut dengan berbagai foto beliau dan semua penghargaan yang diraih.

Benda-benda kuno bekas praktek, serta koleksi peralatan pribadi bisa anda saksikan disini. Kawasan ini juga dijadikan kunjungan wajib wisatawan yang ingin belajar mengenai kesehatan. Semua yang berhubungan dengan medis ada disini. Termasuk pengolahan limbah rumah sakit yang diterangkan secara jelas.

Lokasinya terletak di Jl. Indrapura No,17, Kemayoran, Kecamatan Krembangan, Surabaya. Untuk harga tiket masuknya hanya 2 ribu rupiah saja.

12. Kenjeran Park

tempat wisata di surabaya terbaru
foto: https://www.instagram.com/anh010/

Satu kawasan wisata yang sangat kami rekomendasikan adalah Kenjeran park. Bukan tanpa alasan, tempat ini dulunya sangat kumuh dan sering dijadikan sebagai area plus-plus di semua kalangan. Tetapi, perubahannya sudah luar biasa tidak hanya indah, menarik dan mengesankan.

Terletak di Desa Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak. Ada tiga tempat yang bisa anda pilih. Kenpark (Rp15.000,-), Atlantis Land (Rp125.000,-) yang konon akan dikembangkan menjadi Disney landnya Indonesia. Serta, Waterpark (Rp15.000). Dari ketiganya, Atlantis land menjadi yang paling sering dikunjungi.

Maklum saja, tempat ini mempunyai banyak sekali wahana permainan seru dan menyenangkan. Berbagai spot foto juga sudah disiapkan untuk anda. Asyiknya lagi, harga tiket yang dibayarkan sudah termasuk voucher makan sebesar 25 ribu rupiah. Untuk wilayah Kenpark juga tidak kalah menariknya. kawasan pantai ini menawarkan pesona sunset yang bisa anda nikmati di atas perahu nelayan.

Lihat juga –> 30 Makanan Khas Surabaya Paling Enak

13. Balai Kota Surabaya

wisata malam di surabaya
foto: https://www.instagram.com/wikipedia/

Tempat wisata di Surabaya Jawa Timur ini diresmikan pertama kali pada tahun 1926. Dari dulu sampai saat ini bentuk bangunannya tetap sama dan tidak ada perubahan sama sekali. Keadaan sekitar sangat asri, selain itu, anda juga bisa menikmati bangunan kolonial Belanda yang mempesona.

Ada juga bunker di lantai satu yang bisa dikunjungi. Tetap, di depannya ada Taman yang indah dengan air mancur. Siapkan kamera dengan resolusi tinggi, karena di tempat ini ada banyak spot-spot foto menarik yang bisa anda abadikan ke dalam gambar.

Terletak di Jalan Walikota Mustajab Nomor 59, Ketabang, Genteng. Untuk harga tiket masuknya masih gratis. Ada banyak bangku taman dan berbagai bunga yang tumbuh menarik. Tidak hanya pagi atau sore saja, malam hari pun kawasan ini juga akan banyak wisatawan yang datang berkunjung. Baik dari warga sekitar atau wisatawan dari kota lain.

14. Monumen Kapal Selam

kolam renang di surabaya
foto: https://www.instagram.com/edoniarjerypratama/

Bagi anda yang tidak sabar untuk berkeliling, ada satu tempat menarik yang letaknya tidak jauh dari Stasiun Surabaya Gubeng. Namanya adalah Monumen Kapal Selam. Untuk harga tiketnya sendiri mulai dari 8 ribu sampai 15 ribu rupiah. Terletak di Jl. Pemuda No.39, Embong, Kaliasin, Genteng.

Kapal yang megah ini merupakan KRI Pasopati 410 yang dipotong-potong dan sambung kembali. Kemudian, mulai dibuka pada 15 Juli 1998. Mulai bertugas sejak tahun 29 Januari 1962, yang bertugas untuk mempertahankan kelautan Indonesia. Salah satunya adalah Operasi Trikora.

Terdapat 7 ruangan dimana, salah satunya adalah tempat untuk ruang awak kapal dan, torpedo, dan ruang mesin. Tidak jauh dari kawasan ini ada kolam renang yang dikelola seperti halnya waterboom. Biasanya setiap sabtu dan minggu, tempat ini menyediakan pertunjukan Reog. Untuk melihatnya, anda akan dikenakan biaya sebesar 10 ribu.

15. Ekowisata Mangrove

tempat wisata alam di surabaya
foto: https://www.instagram.com/livia_lativa/

Keindahan wisata Surabaya selanjutnya adalah kawasan mangrove yang dibuka pada tahun 2010. Terletak di Jl. Raya Wonorejo No,1, Kecamatan Rungkut. Suasana di tempat ini sangat teduh dan menyenangkan. Anda sudah disediakan jembatan kayu yang akan mengantarkan anda melintasi berbagai sudut.

Ada beberapa pendopo yang disiapkan untuk beristirahat. Banyak spot foto menarik yang bisa anda nikmati. Pesona kawasan mangrove yang sebenarnya bisa anda saksikan dengan menggunakan perahu. Harganya mulai dari 15 ribu sampai 25 ribu rupiah saja. Satu kali jalan, bisa menampung sampai puluhan orang.

Bagi yang ingin naik speed boat, anda bisa menyewanya dengan kapasitas 6 orang Per kapalnya akan dikenakan 300 ribu rupiah. Keunikan yang bisa anda dapatkan adalah melihat burung-burung yang berkicau dan kera yang melompat dari satu pohon ke pohon lainnya. Untuk waktu tempuhnya mencapai 1 jam 30 menit. Di sekitar hutan mangrove, sudah tersedia berbagai macam menu makanan dengan berbagai olahan seperti kepiting dan ikan laut lainnya.

16. Museum Surabaya

tempat wisata di surabaya malam hari
foto: https://www.instagram.com/priyonodkk/

Sejarah dari tempat ini memang cukup menarik. Dimana dulu sebelum diubah menjadi museum adalah pusat perbelanjaan. Bisa dikatakan menjadi mall pertama di Surabaya waktu itu. Selanjutnya, pada tahun 1998 semua aktivitas perdagangan diberhentikan.

Hingga akhirnya, pada tahun 2015 dibuka kembali menjadi sebuah museum. Konon, wisata di Surabaya ini mempunyai 1000 koleksi. Termasuk replika Biola yang digunakan untuk menciptakan lagu Indonesia Raya. Ada juga piano yang dimiliki oleh musisi Gombloh dan masih banyak lagi.

17. Monumen Jalesveva Jayamahe

tempat wisata di surabaya terbaru
foto: https://www.instagram.com/harveypanjaitan/

Pesona terakhir yang bisa anda kunjungi adalah Monumen Jalesveva Jayamahe. Merupakan karya dari I Nyoman Nuarta dengan tinggi 30,6 meter. Dibutuhkan waktu kurang lebih 6 tahun untuk membuatnya. Diresmikan pada tahun 5 Desember 1996. Disini anda bisa melihat sebuah Gong besar yang mempunyai berat 2,2 ton dan diameternya 5 meter.

Di dalam monumen, anda bisa melihat berbagai macam diorama mengenai perjuangan TNI AL dalam mempertahankan kedaulatan negara. Buka pada pukul 7 pagi dan tutup pukul 3 sore. Daya tarik lain dari monumen ini adalah spot foto terbaik di kala sore hari.

review Sebelumnya –> Rekomendasi Tempat Wisata di Ngawi Yang Paling Menarik

Tempat wisata di Surabaya masih banyak. Hampir semuanya menarik dan susah untuk dilupakan. Apalagi, dari segi transportasi cukup banyak pilihan sehingga, satu kawasan ke lainnya, cukup mudah untuk dicapai. Kalau ada momen libur panjang tidak ada salahnya menjadi Kota Pahlawan ini sebagai destinasi.

Vlog ke Kuliner Legendaris di Jogja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here