Makanan Khas Aceh menjadi sajian istimewa di Indonesia. Dengan cita rasa rempahnya yang sangat kuat. Membuat kamu harus bisa. Bagi pecinta pedas. Menu yang disajikan di sini cukup banyak dan semuanya enak untuk disantap. Jadi, tidak semata-mata hanya soal pedas ya.

Kota yang memiliki sebutan sebagai Kota Serambi Mekah ini memiliki lebih dari 20 menu yang tersebar di seluruh wilayah Aceh. Mulai dari mie, nasi, hingga aneka menu makanan ringan seperti roti atau juga bubur.

Saat ini berbagai macam menu kuliner Aceh sudah banyak tersebar di berbagai kawasan di seluruh pelosok negeri. Sayang, untuk rasa sendiri memang tidak istimewa. Pasti, dipadukan dengan rasa khas kota tersebut. Nah, kalau kamu penasaran dengan kelezatan asli, coba simak perjalanan makan kami di bawah ini.

1. Kopi Aceh

kopi khas aceh
foto: https://www.instagram.com/dodonrm98/

Salah satu kuliner yang sulit untuk dilupakan dan sulit yang pernah diambil sampai internasional adalah Kopi Aceh. Terkenal sekali dengan merek Arabica gayo. Rasanya yang nikmat dan bisa dipadukan dengan berbagai olahan minuman kopi. Membuat banyak wisatawan yang tidak akan pernah absen.

Kalau kamu bisa merasakan sampai ke dalam. Kopi ini akan menghadirkan nuansa anggur yang cukup pekat. Aroma manisnya membuat lidah kamu juga ketagihan untuk mencicipinya lagi dan lagi. Tidak hanya disajikan dalam sambutan hangat, tetapi es pun juga nikmat lho.

Di Aceh sendiri sudah banyak yang menjual minuman satu ini. Baik dalam bentuk kemasan maupun dibuat langsung dengan memanggang. Kamu bisa memilih, mana yang paling kamu suka.

2. Mie Aceh

foto: https://www.instagram.com/pasaraya_id/

Makanan Khas Aceh yang terkenal adalah Mie Aceh dengan cita rasa yang pedas dan kaya rempah ini terasa pas disantap bagi kamu yang menyukai olahan cita rasa pedas. Menu satu ini biasa disajikan dengan daging sapi, kambing atau juga menu olahan laut lain seperti udang dan cumi.

Makanan khas satu ini memiliki tiga varian rasa yang bisa kamu pilih goreng, tumis) menggunakan sedikit kuah, yang terakhir menggunakan sup, biasanya menggunakan kuah kari yang melimpah dan jika kamu santap rasanya gurih. Jadi, terasa pas saat disantap malam hari atau saat udara dingin datang menyerang.

Untuk melengkapi menu satu ini, para penjual akan menaburinya dengan bawang goreng, potongan bawang merah, mentimun, jeruk nipis, dan tambahan emping sebagai kerupuknya.

3. Eungkot Paya

foto: https://www.instagram.com/jajananaceh/

Diantara semua menu makanan yang ada di Aceh, Eungkot Paya adalah salah satu santapan yang harus kamu coba. Dari aromanya saja, sudah tercium aroma yang menggugah selera.seperti pedas, asam, pahit, dan kelat seakan menjadi satu dalam satu wadah.

Bagi kamu yang ingin menikmatinya, kamu bisa membeli di berbagai tempat di Aceh. Hampir setiap restoran dan pedagang warung menyediakan menu kecil ini lho. Untuk bahan dasar menggunakan ikan lele atau ikan gabus. Bagaimana ini dilumuri bumbu rempah asli racikan turunan indatu.

Biasanya, menu satu ini akan ditambah dengan pisang atau pisang kepok, rebung kala, ketumbar, kelapa sangrai ditumbuk halus, kunyit, asam, sunti, bawang putih, jahe cabe kecil, bawang merah, jeruk nipis, daun salam dan serai.

4. Rujak Samalanga

foto:https://www.instagram.com/akucintamakan/

Tidak bisa dipungkiri karena Kota Serambi Mekkah ini memiliki suhu udara yang sangat panas. Diharapkan, tidak heran jika di siang hari banyak penduduk mencari berbagai menu makanan atau minuman yang diharapkan. Salah satu yang bisa kamu pilih adalah Rujak Samalanga dengan cita rasa asam, manis, pedas menjadi satu.

Jika kamu melihat beberapa bahan yang digunakan sebenarnya, tidak jauh dari pembuatan rujak yang ada di jawa. Seperti potongan buah-buahan dan menggunakan sambal yang bahannya sedikit berbeda. Menggunakan asam jawa, gula aren, garam, rumbia, pisang batu dan kacang tanah.

Keunikannya lagi cara penyajiannya. Bisa menggunakan piring atau mencoba baru menggunakan daun pisang. Untuk harganya sendiri hanya 7 ribu rupiah. Jika ingin lebih nikmat lagi, kamu bisa minta tambah es krim.

5. Kembang Loyang

Makanan Khas Aceh
foto: https://www.instagram.com/poulsnack/

Tidak hanya makanan yang berat saja, lho yang memiliki cita rasa yang nikmat dan rindu. Makanan ringan Khas Aceh juga tidak jauh berbeda lho. Namanya adalah Kembang Loyang, disebut demikian karena bentuknya yang mirip dengan bunga.

Cita rasanya gurih dan sangat renyah. Cocok disajikan saat kamu sedang santai atau diundang bersama keluarga.

Untuk harganya dijual per ons. Harganya sendiri tidak mahal mulai dari 3 ribu hingga 5 ribu rupiah lho. Jadi, jangan sampai lupa membeli. Bahkan, makanan ini juga bisa kamu buat oleh-oleh lho.

Coba juga –> 21 Makanan Khas Pontianak

6. Sambal Asam Udeung

foto: https://www.instagram.com/dhilasina/

Namanya adalah Sambal Asam Udeung. Warnanya kecoklatan dengan aksen hijau yang sedikit terlihat. Bahan yang disetujui adalah Belimbing wuluh, campuran rempah-rempah dan udang kali.

Bagi yang ingin mendapat dukungan, kamu bisa membeli di berbagai warung makan di Aceh. Akan lebih nikmat bila dipadukan dengan nasi hangat, olahan ikan, dan sayur.

7. Roti Canai Aceh

roti khas aceh
foto: https://www.instagram.com/tehtarikacehpondokkelapa/

Makanan murah Khas Aceh ini menjadi salah satu menu yang harus kamu coba. Apalagi, jika kamu sering naik kereta api. Beberapa stasiun di Jawa banyak yang menjualnya. Menu satu ini diterima dari Singapura dan Malaysia yang disetujui dari India.

Bentuknya pipih dan bundar dan cocok disantap saat masih hangat. Ada banyak cita rasa yang coba disajikan. Semuanya enak lho, harganya sendiri juga tidak mahal mulai dari 10 ribu rupiah saja. Kamu sudah bisa menyantapnya.

Roti Canai paling cocok ini dibuat sebagai menu sarapan. Seperti yang ada di berbagai hotel di seluruh Singapura dan Malaysia di mana, menggunakan sajian ini sebagai salah satu menu sarapan pagi.

8. Kuah Sie Itek

foot: https://www.instagram.com/kulineratjeh/

Menu Aceh selanjutnya yang tidak boleh kamu terima adalah Kuah Sie Itek atau dalam bahasa Indonesia adalah olahan bebek yang memang tidak ada duanya lho.

Menariknya, hampir semua warung makan di Aceh menyajikan sajian ini. Cita rasanya yang benar-benar kaya akan menjadi santapan wajib yang tidak boleh dilewatkan.

Ada dua varian yang bisa kamu pilih memasak putih yang kuahnya lebih baik karena, tidak menggunakan cabe dan merica. Hanya kemiri saja yang disorot. Bagi kamu yang suka cita rasa pedas, kurang cocok rasanya.

Daging bebeknya sendiri pun diolah dengan olahan yang tepat. Membuatnya, dagingnya bisa empuk dan nyaman untuk disantap. Konon ada 20 an bumbu rempah yang digunakan lho.

9. Jadah Lemang

foto: http://www.apasih.web.id/

Jadah Lemang menjadi santapan wajib warga Aceh saat pagi hari. Menu ini biasanya dipadukan dengan secangkir kopi gayo yang nikmat. Bahan dasar pembuatan dari makanan ini adalah beras ketan dan santan kelapa. Dalam satu gigitan saja, kamu bisa merasakan cita rasa guri.

Keunikan dari Jadah Lemang ini sendiri bisa digunakan sebagai menu tambahan yang bisa disajikan saat idul fitri. Menu rendang, opor, atau juga gulai. Cara memasak sendiri juga termasuk yang unik. Karena, menggunakan bahan dari bambu. Dibakar kurang lebih selama 4 jam. Sebelumnya, lebih dari 6 jam.

Jadah lemang lebih sering dibuat sendiri. Jadi, jika kamu mencarinya akan bisa ditanggapi. Biasanya menu satu ini hanya dibuat saat perayaan-perayaan khusus.

10. Sate Matang

Makanan Khas Aceh selatan
foto: https://www.instagram.com/makanmana/

Sate Matang menjadi salah satu kuliner yang paling nikmat untuk disantap. Apalagi, disaat siang hari. Berbahan dasar daging dan banyak dicari oleh wisatawan. Terkenal di tahun 90 an. Biasanya, menu makanan ini akan dipadukan dengan soto daging untuk melengkapinya.

Bumbu rempah-rempahnya juga sangat terasa lho, menggunakan bumbu kacang yang ditumbuk halus. Daging yang digunakan ada yang kambing atau sapi, tinggal pilih sendiri kesukaannya. Untuk satu porsinya, hanya dengan 25 ribu rupiah saja. Kamu bisa mendapatkan hampir di seluruh wilayah Kabupaten Aceh.

Baca juga –> 28 Makanan Khas Padang Terbaru

11. Bubur Kanji Rumbi

foto: https://www.instagram.com/yuli_dya/

Bubur Kanji Rumbi menjadi menu makanan khas Aceh yang terinspirasi dari menu makanan India. Tidak heran bila hampir lengkap bumbu ini berasal dari rempah-rempah India.

Seperti, Cengkeh, Bunga Lawang, adas manis, pala, kapulaga. Menggunakan Udang dan juga ayam. Cocok, makanan ini sangat cocok untuk santapan dikala udara dingin menyerang.

12. Dendeng Aceh

foto: https://www.instagram.com/night.cook/

Jika pergi ke Aceh, jangan lupa untuk menikmati Dendeng Aceh yang menjadi salah satu oleh-oleh wajib wisatawan yang harus dibeli. Bahan terbuat dari daging yang dipotong-potong dan diiris tipis-tipis. Menggunakan berbagai macam bumbu-bumbu dari olahan rempah-rempah.

Rasanya manis, kari, dan asin, paling cocok untuk digoreng dan sambal dengan menggunakan lado. Dendeng ini sendiri tidak hanya menggunakan sapi saja, tetapi juga menggunakan rusa. Harganya mulai dari 200 ribu hingga 400 ribu rupiah per kilonya.

13. Kue Bhoi

foto: https://www.instagram.com/wikanwis/

Kue Bhoi ini menjadi salah satu sajian yang wajib kamu santap. Karena, makanan ini terasa sangat spesial. Selalu dibawa oleh oleh sanak saudara.

Atau juga dibawakan pada saat seserahan yang dilakukan oleh calon pengantin pria terhadap calon pengantin wanita.

Teksturnya sangat lembut dan seperti kue bolu. Dengan tekstur luarnya yang kering dan lembut. Kamu juga bisa membeli menu satu di berbagai pasar tradisional di Aceh.

14. Tasak Telu

foto: https://www.instagram.com/indonesiabagus_net/

Menu makanan ini menjadi salah satu makanan legendaris yang ada di Kutacane, Kabupaten Aceh Tenggara. Menggunakan bumbu-bumbu rempah yang sangat khas dan merupakan bumbu turun-temurun.

Bahan dasar menggunakan ayam kampung, bebek entok atau juga bebek udara. ada juga yang saat ini menggunakan daging kambing atau sapi.

15. Nasi Gurih

foto: https://www.instagram.com/cheche_kitchen/

Kalau ke Aceh jangan lupa menikmati sajian istimewa yang diberi nasi gurih. Jika dilihat dari tekstur dan cara pembuatannya sama dengan yang ada di jawa. Hanya saja, ada bumbu yang membedakannya, yaitu hadirnya rempah-rempah.

Biasanya, menu yang satu ini akan disajikan menggunakan irisan mentimun, kacang, telur dadar, belacan, daun kemangi, dan tempe goreng. Jika dilihat-lihat sangat mirip sajian nasi kuning.

Lihat juga –> 30 Makanan Khas Palembang Terbaru

16. Eungkot Keumamah

Makanan Khas Aceh
foto: https://www.instagram.com/putrikuadrat2020/

Eungkot Keumamah menjadi pilihan lain yang bisa disantap saat berada di Aceh. Konon katanya menu ini menjadi favorit para pejuang Aceh. Uniknya, tidak mudah basi lho dan selalu mampu membuat nafsu makan bertambah.

Menggunakan bahan dasar ikan yang sudah dijemur dan melalui proses pengasapan. Selanjutnya, diolah dengan bumbu-bumbu rempah. Paling cocok disantap dengan nasi hangat.

17. Bohromrom

foto: https://www.instagram.com/terasnusa/

Bulan Ramadhan di Aceh memang sangat menyenangkan. Karena, ada beberapa makanan khas yang baru muncul saat bulan suci ini tiba. Salah satunya adalah rom rom.

Bentuknya bulat kecil dengan cita rasa manis ditambah dengan gula pasir atau aren di dalamnya. Selanjutnya, di buka kamu bisa taburi dengan parutan kelapa.

18. Kuah Pilek U khas Aceh

foto: https://www.instagram.com/resepaslibunda/

Kuliner satu ini mirip gulai yang menggunakan bahan ampas kelapa yang minyaknya sudah di kuras habis. Konon katanya, menu satu ini kaya akan nutrisi yang tinggi lho. Cocok untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Makanan ini juga digunakan sebagai salah satu santapan wajib dalam berbagai acara adat di Aceh. Untuk bisa menikmatinya, kamu bisa pergi ke berbagai restoran atau warung makan.

19. Pajri Nanas

foto: https://www.instagram.com/masyitah2303/

Makanan Khas Aceh ini menggunakan Nanas sebagai salah satu bahan utama. Untuk meminta kamu hanya perlu menambahkan kayu manis, bunga lawang, garam, cabe merah dan gula.

Cita rasanya asam pedas yang membuat menu ini cocok disantap saat pagi hari sebagai sajian sarapan pagi.

20. Mie Jalak Sabang

foto: https://www.instagram.com/thunisfly/

Menu lain yang tidak kalah enaknya adalah Mie Jalak. Sajian mie kocok yang disandingkan dengan daging, tauge, dan telur rebus.

Kuah kaldu memiliki rasa yang gurih dan dimulut cukup ringan, konon dipadukan dengan kuah kaldu Untuk harganya sendiri cukup murah mulai dari 20 ribu saja.

Coba juga –> 31 Makanan Khas Jakarta Terbaru

21. Meuseukat

foto: https://www.instagram.com/yosephine_iksam/

Penganan satu ini memang wajib kamu cicipi. Teksturnya lembut dan mirip seperti dodol. Menggunakan buah nanas sebagai campurannya.

Tidak heran bila banyak masyarakat yang membicarakannya sebagai dodol nanas.

22. Kue Keukarah

foto: https://www.instagram.com/inaaabdullah/

Kue satu memiliki bentuk yang lucu, bentuknya seperti lembing yang menggunakan satu tangan. Terbuat dari campuran tepung dan santan.

Kalau dari cita rasanya enak, renyah, manis, rapuh dan bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga dirumah.

23. Kue Adee

foto: https://www.instagram.com/infopidiejaya/

Aceh memang memiliki beragam sajian kuliner yang mampu menggoyang lidah. Tidak hanya untuk disantap di tempat saja. Untuk dibawa pulang oleh-oleh pun juga banyak.

Salah satunya Kue Adee, dengan dua varian yang sama-sama enak. Ada yang menggunakan tepung terigu, ada pula yang menggunakan ubi. Tinggal kamu pilih mana yang sesuai dengan selera.

24. Kuah Masem Keu-Eung

Makanan Khas Aceh saat lebaran
foto: https://budaya-indonesia.org/

Bagi Kamu yang menyukai cita rasa asam pedas yang menikmati. Kuah Masam Keu-Eung menjadi sajian istimewa yang tidak boleh kamu lupakan.

Jika dalam bahasa Indonesia menu makanan ini adalah Sayur pedas yang dipadukan dengan berbagai macam ikan.

25. Sie Reuboh

Makanan Khas Aceh
foto: https://www.instagram.com/kotabandaaceh/

Terakhir, menu yang harus kamu pilih adalah Sie Reuboh. Merupakan rebusan dari gumpalan daging dan juga gapah.

Untuk bumbunya menggunakan cabe merah, cabe rawit, kunyit, Konon menu satu ini bisa bertahan hingga berbulan-bulan lho. Menjadi santapan wajib di bulan Ramadhan yang harus kamu dapatkan.

Review Sebelumnya –> 23 Makanan Khas Bengkulu

Makanan Khas Aceh menjadi salah satu menu utama yang memang harus kamu coba. Bumbu rempah-rempah yang memang khas dan menarik menjadi salah satu keunikan yang harus kamu coba. Cita rasanya juga menggugah selera lho, jadi kamu harus coba, enak kalau berkunjung ke Aceh.

Explore Telaga Sunyi Baturraden Yang Masih Sepi Banget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here