Tempat wisata di Jayapura bisa menjadi rekomendasi alternatif destinasi liburan seru dan tentu akan menjadi pengalaman yang menarik. Bukan tanpa alasan, masih banyak anggapan tentang pulau paling timur, Papua, yang jauh dari kata modern. Namun, anggapan itu tidak akan berlaku jika Anda sudah menginjakkan kaki langsung di tanah ini.

Keindahan alam baik daratan atau lautan tidak akan ada habisnya untuk dijelajahi bagaikan surga tersendiri bagi pencinta wisata alam. Anda berencana menghabiskan momen liburan di Jayapura, sudahkah punya daftar tempat wisata di Jayapura yang akan dikunjungi?

Berikut daftar tempat wisata di Jayapura yang keindahannya sudah populer di kalangan wisatawan lokal hingga mancanegara:

1. Pantai Tablanusu

tempat wisata di jayapura
Foto : https://www.instagram.com/aries_stone/

Liburan di Pantai Tablanusu yang terletak di distrik Depapre, Kabupaten Jayapura. Akan membuat Anda takjub dengan keindahan alam yang masih terjaga. Alokasi waktu perjalanan menuju pantai ini sekitar 2 jam dari Bandara Sentani, Jayapura.

Lokasi Pantai Tablanusu berada dalam kawasan desa wisata yang memiliki luas sekitar 230,5 hektare sebagai program dari pemerintah Kabupaten Jayapura. Oleh karena itu, wisatawan yang datang berlibur di sini tidak akan kesulitan mencari penginapan atau jasa tour guide.

Panorama hijau pepohonan, bening air laut, barisan perbukitan dan pegunungan, serta udara sejuk yang memberikan sensasi ketenangan luar biasa. Bahkan sepanjang perjalanan dari Dermaga Depapre menggunakan perahu bermesin tempel menuju Dermaga Tablanusu akan menjadi pengalaman seru bagi wisatawan.

2. Teluk Youtefa

wisata alam jayapura
Foto : https://www.instagram.com/drone.wengs/

Objek wisata di Jayapura yang banyak menarik perhatian adalah Taman Wisata Alam Teluk Youtefa. Yang terhampar di wilayah garis pantai kota Jayapura. Menariknya, teluk ini termasuk teluk terkecil yang berada di dalam area teluk Yos Sudarso.

Suguhan pemandangan alam berupa hamparan hijau hutan magrove dan hutan sagu akan bantu Anda menghilang sejenak dari kepenatan rutinitas harian. Dari hamparan biru air laut Teluk Youtefa, terdapat dua pulau cantik di dekat tanjung yaitu Pulau Tobati dan Engros.

Alternatif jalur darat untuk sampai ke wisata Teluk Youtefa, dari pusat Kota Jayapura ke arah selatan 4 Km. Dengan mengambil ruas jalan Jayapura-Entrop yang dapat ditempuh dalam waktu15 menit.

3. Pantai Amai

wisata jayapura
Foto : https://www.instagram.com/aldiohee/

Butuh rekomendasi wisata bahari yang jauh dai keramaian kota?  Mungkin Pantai Amai yang terletak di Tablasupa, Depapre, Jayapura akan jadi pilihan yang tepat. Untuk sampai ke lokasi, Anda bisa mengambil perjalanan darat dari Bandara Sentani selama 2 jam perjalanan.

Keindahan pantai pasir putih yang halus dengan air laut yang sangat jernih. Memilki pesona tersendiri dalam menyambut para wisatawan yang berkunjung. Suasana pantai yang begitu tenang seakan mengajak para wisatawan pergi menyatu dengan alam.

Aktivitas seperti snorkeling, diving, hingga surfing menjadi pilihan menarik, karena kondisi ombak di pantai yang cukup menantang. Hal menarik lainnya terdapat muara sungai air tawar di ujung Pantai Amai yang jarang dimiliki pantai lain.

4. Danau Sentani

wisata jayapura
Foto : https://www.instagram.com/opi.ode/

Danau di ujung timur Indonesia yang memiliki segudang keindahan dan wajah wisata alam Jayapura, yaitu Danau Sentani. Tujuan wisata ini menghadirkan pemandangan air yang tenang dan berkilau yang membuat keindahan danau ini terkenal di Jayapura.

Sebelum dikenal sebagai tempat wisata, Danau Sentani merupakan arena pelatihan pendaratan pesawat amfibi yang dibangun oleh pada masa penjajahan Jepang. Sebagai danau alami setidaknya terdapat 33 jenis ikan endemik yang hampir punah.

Salah satunya yaitu ikan gergaji yang menjadi salah satu ornamen adat pada kerajinan kayu asli Sentani. Menyusuri area danau menggunakan perahu dan rasakan tiupan angin yang sejuk saat perahu melaju akan menjadi obat terbaik menyegarkan pikiran.
Untuk mencapai lokasi Danau Sentani kurang lebih memakan waktu 30 menit ke arah barat dari kota Jayapura.

5. Pantai Yacoba

objek wisata di jayapura
Foto : https://www.instagram.com/adjie_darma/

Pantai merupakan wisata favorit saat berkunjung ke Papua, dan pantai tempat wisata keluarga di Jayapura. Dengan latar belakang laut mempesona yaitu Pantai Yacoba.

Bermain air, berenang, sekadar berfoto-foto selfie maupun wisata kuliner seafood yang fresh. Akan memberikan sensasi liburan yang berbeda dan menyenangkan di sini.

Pantai Yakoba memang belum begitu dikenal luas oleh masyarakat karena lokasi pantai yang tersembunyi di balik tebing dan perbukitan. Lokasinya terletak di Kelurahan Argapura, Distrik Jayapura Selatan, Jayapura, dan tidak semua kendaraan umum dapat melewati jalannya.

Meski begitu, Pantai Yakoba adalah rekomendasi buat wisatawan penikmat keindahan alam dan ketenangan. Dari garis pantai sepanjang 80 meter, Anda bisa berenang, menombak ikan, berjemur di bibir pantai, atau sekadar menunggu sunset.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Mamuju terbaru dan cocok untuk anda yang menginginkan liburan penuh kesan.

6. Puncak Jayapura City

obyek wisata di jayapura
Foto : https://www.instagram.com/agungputra03/

Puncak Jayapura City menyajikan panorama deretan bangunan yang tampak mungil dari ketinggian. Dengan latar birunya laut dengan aktivitas pelayaran di siang hari.

Sementara di malam hari, Puncak Jayapura City menyajikan pemandangan malam kota Jayapura yang dipenuhi nyala lampu di tengah kegelapan.

Ditambah lagi pantulan cahaya yang mengenai permukaan laut menghadirkan gemerlap cahaya yang memukau. Lokasi wisata terbaru di Jayapura ini memakan waktu perjalanan sekitar 1 jam dari Bandara Sentani.

Namun, bagi Anda yang ingin suasana liburan berbeda menikmati lanskap kota Jayapura dari atas ketinggian adalah pilihan tepat.

7. Pantai Base-G

tempat wisata di jayapura
Foto : https://www.instagram.com/pondokinya/

Pantai Base-G atau dikenal dengan nama Tanjung Ria termasuk salah satu tujuan wisata primadona di Jayapura. Wisata favorit di Papuai ini memiliki cerita sejarah tersendiri dibalik nama pantainya.

Disebut Base- G karena pada perang Dunia ke II kawasan pantai ini digunakan sebagai home base ketujuh pasukan militer sekutu. Lokasinya di Tanjung Ria, Jayapura Utara sekitar 10 Km dari pusat kota, memakan waktu perjalanan 80 menit dari Bandara Sentani.

Kawasan pantai dikelilingi pohon-pohon yang rindang dan ombak yang tidak terlalu besar sangat direkomendasikan untuk tempat wisata anak di Jayapura. Saat anak-anak bermain di sekitar pantai, Anda bisa bersantai di bawah pohon dan awasi si kecil yang sedang asyik bermain.

8. Air Terjun Cyclop

tempat wisata di jayapura terbaru
Foto : https://www.instagram.com/indraryo21/

Tempat wisata alam di Jayapura dengan nama Air Terjun Cyclop butuh usaha ekstra agar bisa melihat keindahan alam yang memukau. Lokasi air terjun berada di area Gunung Cyclop Jayapura yang sangat jauh dari pusat kota Jayapura.

Pemberian mama Cyclop sendiri diberikan oleh orang-orang Portugis. Nama tersebut diberikan sesuai dengan bentuk air terjun yang besar di tengah-tengah lereng pegunungan. Seakan mirip Raksasa Cyclop yang bermata satu dalam mitologi Yunani kuno.

Lokasi dari Air Terjun Cyclop ini terletak di Kabupaten Jayapura yang berjarak sekitar 25 Km dari Bandara Sentani. Untuk menuju lokasi wisata bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua atau empat ke arah lokasi pengelolaan PDAM.

Kemudian perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak sejauh 2 Km. Memang terdengar melelahkan, namun Anda tidak akan merasa lelah karena disuguhi pemandangan alam yang begitu menyejukkan mata.

9. Pantai Pasir 6 Jayapura

tempat wisata alam di jayapura
Foto : https://www.instagram.com/andiro_diro/

Seperti yang diketahui, Jayapura merupakan wilayah yang berbatasan dengan Samudera Pasifik. Sehingga tidak heran diwilayah Jayapura ada banyak sekali dijumpai pantai yang indah, salah satunya adalah Pantai Pasir Enam.

Lokasi objek wisata berada di wilayah perkotaan distrik Jayapura Utara, Jayapura. Meski terletak di wilayah perkotaan, Anda harus menggunakan perahu motor dari Pantai Dok VIII menuju ke Pantai Pasir Enam.

Untuk perjalanannya sendiri memakan waktu sekitar 20 sampai 30 menit. Walau garis pantai tidak terlalu panjang, Anda harus waspada dengan tarikan ombak yang cukup besar.

Buat Anda yang pandai berenang tidak masalah mencoba snorkeling di Pantai Pasir Enam. Namun pilih aktivitas lain misalkan belum mahir berenang. Untuk aktivitas yang bisa Anda lakukan yaitu bersantai menikmati keindahan alam di tepi pantai sambil membakar ikan segar.

Apalagi pantai ini yang memiliki pasir berwarna putih dan suasana pantai yang jauh dari keramaian. Cocok bagi wisatawan yang ingin mencari ketenangan.

10. Puncak Jayawijaya

wisata terbaru di jayapura
Foto : https://www.instagram.com/ramandhopradapta/

Obyek wisata di Jayapura yang menarik sekaligus menantang untuk dikunjungi salah satunya yaitu Puncak Jayawijaya sebagai puncak tertinggi di Indonesia. Ketinggian Gunung Jayawijaya mencapai 4.884 mdpl membuat geografis puncak gunung diselimuti salju abadi.

Daya tarik wisata Puncak Jayawijaya ini memiliki jalur pendakian yang cukup ekstrem. Namun meski begitu jalur tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi para pendaki Indonesia maupun di seluruh dunia.

Oleh karenanya, banyak jasa agen perjalanan profesional yang akan mendampingi aktivitas pendakian dengan lebih aman. Misalkan Anda tertarik ikut pendakian Puncak Jayawijaya, persiapkan kesehatan fisik dan bujet traveling yang cukup.

11. Kali Biru Genyem

tempat wisata keluarga di jayapura
Foto : https://www.instagram.com/andhika_a_pribadi/

Rekomendasi tempat wisata di Jayapura Papua yang terbilang unik dan terlihat seperti dunia dongeng yaitu Kali Biru Genyem. Lokasi objek wisata ini memang terletak cukup jauh yakni sekitar 3 jam perjalanan dari pusat kota.

Meski cukup jauh dari wilayah kota, sepanjang perjalanan menuju Kali Biru Anda disuguhi pemandangan telaga yang jernih. Ketika sampai di lokasi, Anda langsung disambut telaga dengan air warna kebiruan yang sangat jernih dengan pemandangan eksotis hutan Jayapura.

Berada di kawasan perkampungan sekaligus hutan lindung sehingga menawarkan suasana yang begitu tenang dan damai. Bahkan Anda mungkin berkesempatan melihat aktivitas burung Cendrawasih yang merupakan satwa endemik dari Papua.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Ambon yang siap memberikan anda pengalaman liburan mengasyikkan dan pastinya tak akan terlupakan.

12. Pantai Holtekamp Jayapura

tempat wisata anak di jayapura
Foto : https://www.instagram.com/geby_71/

Salah satu tempat wisata di Jayapura terbaru dan belum diketahui oleh wisatawan lokal maupun mancanegara adalah Pantai Holtekamp. Lokasi pantai terletak di bagian tenggara Jayapura dan berjarak sekitar 39 Km dari pusat kota.

Pantai Holtekamp berada di salah satu sisi teluk Youtefa. Sehingga tidak heran jika Anda berkunjung ke sini sama halnya mengunjungi beberapa pantai sekaligus.

Beberapa pantai yang bisa Anda kunjungi yaitu, Pantai Pasir Tiga Holtekamp, Pantai Pasir Dua Holtekamp, dan Pantai Pasir Satu Holtekamp.

Kawasan pantai pasir putih cukup bersih, ombak yang tidak terlalu besar, dan pantai yang landai memungkinkan wisatawan melakukan berbagai aktivitas. Seperti berenang, bermain air, dan berjemur.

Bahkan untuk kenyamanan wisatawan yang datang, banyak pondok-pondok kayu yang dibangun di pinggir pantai sebagai tempat berteduh.

13. Bukit Salib Jayapura

Bukit Salib Jayapura
Foto : https://www.instagram.com/andriees/

Rekomendasi tempat wisata di Jayapura terbaru yang menawarkan pemandangan bukit sangat indah di daerah Sentani Jayapura. Yaitu Bukit Salib Doyo Lama yang sangat eksotis.

Sejauh mata memandang, Anda dihadapkan dengan hamparan sabana hijau. Dan udara sekitar yang begitu segar memberikan ketenangan pada wisatawan yang berkunjung.

Wisata yang terletak di daerah perbukitan Doyo Lama ini dinamakan Bukit Salib karena terdapat tanda salib berukuran besar. Dari atas bukit ini, Anda bisa menyaksikan panorama Danau Sentani. Yang berdampingan dengan perkampungan penduduk serta padang sabana yang menyegarkan mata.

Daya tarik Bukit Salib ini dapat dikunjungi kapan pun dan setiap wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk maupun parkir. Nuansa alami perbukitan sebagai tempat terbuka yang terlihat lapang dan luas. Itu tetap dipertahankan tanpa ada rekonstruksi apa pun, meski menjadi tujuan wisata.

14. Pantai Harlem

wisata alam jayapura
Foto : https://www.instagram.com/eryck.alviero/

Wisata Jayapura terutama sektor bahari tidak boleh terlewatkan selama berkunjung ke Papua. Yaitu adalah Pantai Harlem yang sering disebut surga kecil Jayapura. Lokasinya sendiri berada di Desa Tablanusu atau berjarak sekitar 48 Km dari pusat kota Jayapura.

Sepanjang garis pantai ini membentang pasir putih dengan perbukitan hijau dan air laut bergradasi biru yang jernih. Dengan air yang jernih Anda bisa snorkeling di pantai dengan ombak yang tidak terlalu besar.

Selain itu, Anda juga bisa melihat terumbu karang yang berwarna-warni dan beragam biota laut di dalamnya. Sedikit menjauh dari bibir Pantai Harlem terdapat area hutan dengan sebuah kolam air tawar yang terbentuk secara alami.

Saat menjelang senja, semburat warna jingga mulai terlihat. Dan suara tawa ceria anak-anak bermain di pantai menjadi pemandangan senja yang sempurna.

15. Tanjung Kasuari

tempat wisata di jayapura papua
Foto : https://www.instagram.com/mutxi/

Selain wisata teluk, wisata alam Jayapura yang populer bagi wisatawan yaitu Tanjung Kaswari yang terkenal dengan deretan pantai pasir putihnya. Apalagi di akhir pekan, Tanjung Kasuari menjadi destinasi yang ramai dikunjungi oleh warga Sorong.

Alasan pemberian nama Tanjung Kasuari karena terletak di wilayah Sorong yang menjorok ke wilayah utara laut Papua. Di sekitar wilayah tanjung terdapat sebuah pulau yang berisi perkampungan Enggros.

Nah, Pantai Tanjung Kasuari sendiri termasuk pantai yang cukup asri dan alami yang dikelilingi deretan pepohonan kelapa sebagai pemandangan utama. Sinar matahari sesekali menembus dedaunan dan deburan ombak memecah keheningan menghadirkan suasana pantai yang tenang dan menyejukkan.

16. Pantai Kamdera Jayapura

tempat wisata di jayapura
Foto : http://kominfo.jayapurakota.go.id/

Wisata di Jayapura memang banyak didominasi wisata pantai, dan Pantai Kamdera yang menjorok ke lautan seolah-olah membawa wisatawan ikut berenang. Lokasi dari Pantai Kamdera terletak di Kamdera, Distrik Demta yang berjarak 90 Km dari pusat kota Jayapura.

Pantai Kamdera memiliki pesona keindahan yang sangat unik. Karena meskipun langit sedang cerah cuaca di sekitar pantai ini tidak panas, tetapi juga tidak dingin. Alasannya adalah di sekitar pantai banyak pepohonan rindang yang mama bayangan setiap pohon membuat teduh area bibir pantai.

Sebenarnya, penduduk setempat menyediakan jasa penginapan untuk para wisatawan yang ingin tinggal lebih lama. Namun, sebagian besar wisatawan lebih memilih mendirikan tenda camping di pinggiran pantai untuk bermalam.

Nuansa malam hari di area pantai yang luas terlihat indah dengan gemerlap cahaya bintang. Yang seakan menyapu langit malam Pantai Kamdera. Bahkan Anda bisa menangkap ikan sebelumnya untuk persediaan makam malam saat berkemah.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Tidore yang hits dengan sajian pesona alam yang memanjakan mata.

Itulah 16 daftar tempat wisata di Jayapura yang akan membantu Anda menentukan pilihan destinasi. Untuk dikunjungi selama liburan di tanah Papua.

Sebagai ibu kota provinsi terletak paling timur di Indonesia, akses lokasi menuju tempat wisata di atas tergolong mudah dan cepat. Segera rencanakan liburan akhir pekan atau tahun Anda ke wilayah Indonesia timur karena banyak surga tersembunyi di sini.

Travel Vlog Romatic Trip Negeri Atas Awan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here