Tempat wisata di Mamuju menawarkan keindahan alam yang memikat sehingga menjadi salah satu rekomendasi terbaik untuk berwisata. Tempat wisata yang ada di Mamuju juga cukup beragam, mulai dari wisata alam, situs bersejarah hingga tempat untuk berswafoto. Semuanya memiliki daya tarik tersendiri yang membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di sana.

Keindahan alam yang dimiliki Mamuju menjadi salah satu daya tarik yang menjadikannya cocok dijadikan destinasi wisata. Pengunjung bisa merasakan nuansa asri alam dan menghadirkan liburan penuh kesan.

Melepas rasa lelah setelah bekerja dalam periode waktu tertentu atau sekadar ingin merilekskan pikiran. Dari hiruk pikuk perkotaan tentu bisa menjadi salah satu alasan untuk mengunjungi lokasi wisata di sini.

Berikut daftar tempat wisata di Mamuju yang memiliki pesona eksotis dan menawan:

Daftar Isi

1. Air Terjun Tamasapi

wisata mamuju sulawesi barat
Foto : https://www.instagram.com/ruang_teduh_photography/

Tempat wisata air terjun tamasapi ini merupakan salah satu wisata alam Mamuju yang memiliki keindahan memesona. Dan hal tersebut yang menjadi daya tarik para pengunjung untuk datang. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 75 meter dan airnya berasal dari sungai tamasapi.

Aliran air di air terjun ini terbilang cukup deras disertai angin yang cukup kencang. Sehingga para pengunjung bisa merasakan sensasi alam yang begitu berbeda dan menyegarkan di sini. Di sepanjang perjalanan menuju air terjun para pengunjung bisa menikmati durian yang dijajakan di sepanjang jalan.

Suasana alam yang ada di tempat wisata ini memang tampak alami. Terlebih lagi pepohonan dan rerumputan yang ada disekitarnya begitu asri dan bernuansa hijau. Air terjun ini berada di Dusun tamasapi tepatnya di desa mamunyu kota Mamuju Sulawesi Barat.

Untuk bisa sampai ke lokasi wisata para pengunjung bisa menggunakan kendaraan baik itu sepeda motor maupun mobil. Kemudian harus dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 1 km.

Keindahan yang ada pada air terjun ini siap memanjakan para pengunjung yang datang.

2. Pantai Ujung Bulo

wisata mamuju sulbar
Foto : https://www.instagram.com/muhsuardisila91/

Selanjutnya ada pantai ujung Bulo yang tidak kalah menarik untuk dijadikan destinasi pilihan wisata ketika hari libur tiba. Tempat wisata di Mamuju Sulawesi Barat ini cocok dijadikan tempat wisata keluarga di Mamuju. Karena suasananya dihadirkan akan semakin seru ketika bersama dengan keluarga ataupun kerabat terdekat.

Supaya bisa sampai di tempat wisata ini para pengunjung perlu menyeberangi pulau dengan durasi waktu kurang lebih 15-20 menit. Di mana jarak yang harus di tempuhnya sekitar 2 mil.

Perjalanan para pengunjung bisa melihat pemandangan alam yang begitu indah. Berupa Pulau karampuang serta banyaknya perahu nelayan maupun dermaga yang ada di sana.

Tidak hanya itu deretan perbukitan yang indah juga siap memanjakan mata para pengunjung. Pengunjung juga bisa menyaksikan Landmark Mamuju City yang berwarna putih dengan terlihat begitu indah dan eksotis.

Pemandangan pantai begitu eksotis dengan adanya lekukan batu karang. Terlebih lagi untuk para pengunjung yang baru pertama kali sampai di lokasi ini.

Sembari Menikmati keindahan pantai para pengunjung juga dapat menjajal berbagai makanan seperti kerang kerang laut dan lainnya.

3. Mamuju City (Kelapa Tujuh)

tempat wisata mamuju
Foto : https://www.instagram.com/rim_2204/

Tempat wisata di Mamuju yang satu ini bernama Mamuju City kelapa tujuh. Yang memiliki pesona tersendiri untuk dikunjungi berupa pemandangan yang indah sehingga tergolong dalam wisata alam. Tempat ini memiliki sebuah Landmark yang bertuliskan Mamuju Siti yang tingginya 16 meter dan panjang 160 meter.

Landmark ini sendiri bisa disaksikan dari kejauhan melalui berbagai sudut kota Mamuju. Sehingga seakan menjadi daya tarik tersendiri untuk menginjakkan kaki ke lokasi wisata ini.

Indahnya pemandangan perbukitan bisa menjadi alternatif bagi para pengunjung yang ingin menenangkan diri serta merilekskan pikiran setelah lelah bekerja.

Bagian puncak dari Mamuju City ini dijadikan lokasi wisata. Dimana terdapat gazebo yang bisa dimanfaatkan untuk menikmati pemandangan alam sekitar sekaligus beristirahat. Para pengunjung bisa menikmati indahnya pemandangan Sunset atau matahari tenggelam di puncak Mamuju City.

Keindahannya yang begitu memikat membuat siapa saja yang datang akan terpesona. Dan tentu saja ini bisa dijadikan salah satu tempat foto terbaik ketika liburan. Selain itu bagi yang ingin berburu karya-karya photography juga bisa mengambilnya di lokasi ini.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Makassar wajib untuk di explore panorama memukau yang kekinian.

4. Pantai Lombang Lombang

wisata alam mamuju
Foto : https://www.instagram.com/kharismaniiaa/

Masih seputar tempat wisata alam di Mamuju kali ini ada pantai lombang-lombang yang tidak kalah menarik dari pantai-pantai sebelumnya. Pantai lombang-lombang ini memiliki pemandangan yang eksotis sehingga menarik para wisatawan untuk datang berkunjung.

Pantai Lombang Lombang berada di Kelurahan sinyonyoi tepatnya di kecamatan Malukku Mamuju Sulawesi Barat. Objek wisata ini bahkan menjadi salah satu yang difavoritkan para pengunjung di kota Mamuju.

Dan hal ini pula lah yang mendorong pemerintah dan juga warga setempat untuk turut melakukan pengelolaan terhadap pantai lombang-lombang.

Pantai Lombang Lombang ini memiliki nuansa yang masih alami dan pasir hitamnya yang begitu eksotis. Menambah daya tarik para pengunjung untuk bisa merasakan nuansa wisata yang unik dan menarik.

Bentangannya kurang lebih 5 km sehingga lebih leluasa untuk memandang. Dan memberikan waktu lebih bagi para pengunjung untuk melakukan berbagai macam aktivitas.

Biasanya berbagai aktivitas seperti bermain voli maupun sepak bola duduk santai ataupun bermain pasir bisa dilakukan di Pantai ini. Meskipun bukan wisata terbaru di Mamuju, tempat ini tetap mendapat tempat di hati para wisatawan.

5. Bukit Jati Gentungan Mamuju

tempat wisata di mamuju sulawesi
Foto : https://www.instagram.com/galery_lalu_photo/

Bukit Jati gentungan Mamuju ini merupakan tempat wisata di Mamuju Sulawesi yang menawarkan keindahan alam memikat. Pemandangannya yang cocok dijadikan lokasi untuk refreshing dan merilekskan pikiran. Disini mempunyai lanskap berbukit alam yang hijau terhampar luas yang membuat keindahannya begitu.

Deretan pohon jati di lokasi ini siap menyambut para pengunjung yang datang dengan keindahannya. Dengan begitu pula para pengunjung yang datang bisa semakin bersemangat untuk berwisata.

Tempat ini merupakan pemandian yang lokasinya dekat dengan area pegunungan. Sehingga sembari menikmati kesegaran air bisa sekaligus menikmati pemandangan alam yang menakjubkan.

Melepas rasa lelah setelah menghabiskan banyak waktu untuk bekerja maka saatnya untuk menenangkan diri dan lebih rileks. Dengan datang ke pemandian dekat pegunungan yang eksotis ini. Sekedar bersantai ataupun menikmatinya bersama-sama dengan sanak keluarga tentu akan lebih berkesan untuk dilakukan.

Bukit Jati gentungan ini merupakan salah satu tempat wisata yang terbilang cukup luas. Karena luasnya mencapai sekitar 4 hektar dan dikelola oleh UPTD wisata gentungan.

Meskipun bukan tempat wisata di Mamuju terbaru karena telah dibangun tahun 2008 lalu, tempat ini selalu menarik perhatian untuk dikunjungi.

6. Pantai Manakarra

wisata di mamuju
Foto : https://www.instagram.com/rival_muhamad18/

Tidak bisa dipungkiri Mamuju memiliki banyak wisata pantai yang indah untuk dikunjungi dan menawarkan berbagai daya tarik kepada para wisatawan. Salah satunya adalah pantai manakarra ini yang berada di Jalan Yos Sudarso Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat.

Kawasan pantai ini menjadi salah satu kawasan yang ramai dikunjungi para wisatawan. Karena salah satu andalannya adalah menjadi Spot untuk menyaksikan sunset di sore hari.

Panorama Indah matahari tenggelam itu mampu memikat Siapa saja yang melihatnya. Dan hal tersebut mengundang lebih banyak pengunjung untuk datang ke lokasi ini.

Tidak hanya kawasan pantainya yang indah, pantai manakarra ini juga menawarkan keseruan lain. Yaitu adanya pusat jajanan yang cukup terkenal di kota Mamuju.

Oleh sebab itu para pengunjung yang datang tidak hanya bisa melihat-lihat pemandangan alam yang indah saja. Melainkan juga bisa berburu makanan di pusat jajanan yang ada di lokasi wisata.

Pantai ini juga sering disebut-sebut sebagai Losari nya kota Mamuju. Tempatnya sudah direnovasi sedemikian rupa sehingga lebih menarik untuk dikunjungi. Di lokasi ini juga terdapat anjungan dengan luas kurang lebih 12 hektar serta taman dan tempat duduk alami.

Adanya tempat duduk yang tersedia di lokasi ini membuat para pengunjung bisa lebih santai dan nyaman. Untuk bisa menikmati pemandangan alam sembari menyaksikan panorama matahari tenggelam.

Oleh sebab itu, tempat ini juga cocok dijadikan tempat wisata anak di Mamuju.

7. Air Terjun Kalando

obyek wisata di mamuju
Foto : https://www.instagram.com/mhdjefrii/

Tempat wisata Mamuju Sulawesi Barat yang satu ini berupa air terjun kalando. Yang lokasinya berada di Dusun kalando tepatnya di desa tabolang Topoyo Mamuju Tengah Sulawesi Barat.

Air terjun ini menjadi salah satu atraksi tempat berwisata alam yang begitu indah dan asri. Dan letaknya di tengah-tengah rimbunnya hutan tabolang yang ada di Mamuju Tengah.

Biasanya tempat wisata ini ramai oleh wisatawan baik itu wisatawan dari dalam maupun luar kota Mamuju. Sesampainya disini pengunjung akan disajikan dengan keindahan alam berupa perbukitan hijau dan suara air terjun yang menyenangkan.

Air terjun yang ada di tempat wisata ini mengalir sepanjang musim. Sehingga para pengunjung bisa menyesuaikan waktu untuk berkunjung kapan saja. Harga sampai di lokasi air terjun Kalando, pengunjung bisa melakukan banyak aktivitas mulai dari bersantai hingga menikmati air terjunnya.

Untuk bisa sampai ke lokasi ini dibutuhkan waktu kurang lebih 19-20 menit melalui Jalan Poros Trans Sulawesi menuju Pasangkayu. Meskipun butuh perjuangan untuk sampai di lokasi, semua itu akan terbayarkan dengan keindahan air terjun yang menyejukkan mata.

8. Puncak Anjoro Pitu

tempat wisata di mamuju sulawesi barat
Foto : https://www.instagram.com/pariwisatasulbar/

Bukan hanya objek wisata pantainya yang menarik Mamuju juga memiliki sejumlah tempat wisata lainnya yang memiliki keindahan dan daya tarik. Salah satunya adalah puncak Curug Pitu yang lokasinya berada pada sisi Timur Mamuju.

Di tempat wisata ini para pengunjung yang datang bisa menyaksikan pemandangan kota Mamuju di atas ketinggian. Serta melihat pulau karampuang yang tepatnya berada di seberang Mamuju.

Tidak sampai di situ saja di tempat wisata ini pengunjung bisa lebih dekat melihat adanya Landmark Mamuju City. Seperti halnya menyaksikan keindahan Landmark yang ada di Hollywood.

Landmark tersebut bisa terlihat jelas karena memiliki ukuran panjang 160 m dan tingginya mencapai 16 meter. Bahkan Landmark tersebut tercatat sebagai Landmark yang paling panjang di Indonesia.

Lemak Mamuju Siti ini telah mencatatkan Rekor MURI yaitu untuk tulisan terpanjang di Indonesia. Sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang ke lokasi.

Daya tarik lainnya yang juga dimiliki oleh tempat wisata ini yaitu menjadi tempat untuk menikmati sunset. Sembari pengunjung bisa menikmati dan bersantai di gazebo yang telah disediakan.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Kendari dengan suguhan destinasi terbaru yang hits abis.

9. Pulau Karampuang

wisata mamuju
Foto : https://www.instagram.com/borusamosir23/

Tempat wisata Mamuju Sulbar yang satu ini bernama pulau karampuang yang memiliki keindahan alam yang begitu mempesona dan memikat. Kawasan wisata ini merupakan salah satu wisata unggulan Mamuju sehingga kerap direkomendasikan bagi para pengunjung yang datang ke kota Mamuju.

Pulau ini berada di Kecamatan simboro kepulauan dan menjadi salah satu yang sangat terkenal. Penamaan karampuang sendiri bermakna Rembulan yang seolah-olah dapat menggambarkan keindahan dari pulau ini.

Tempat ini juga dijadikan salah satu scuba diving Indonesia karena pemandangan bawah lautnya yang begitu indah dan menakjubkan. Batuan batuan karang yang cantik adanya hewan-hewan laut yang indah siap memanjakan mata para pengunjung yang datang.

Pulau karampuang ini juga bisa dijadikan tempat untuk bersantai melepas lelah sambil berburu foto-foto ciamik dan cantik di lokasi ini. Bagi para pengunjung yang memiliki hobi fotografi, maka banyak sudut dari tempat ini bisa dijadikan karya yang indah dan mempesona.

10. Wisata Mangrove Bebanga

tempat wisata keluarga di mamuju
Foto : https://kumparan.com/

Objek wisata di Mamuju ini juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi karena menawarkan Wisata Mangrove yang indah dan memanjakan mata. Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini banyak kawasan wisata baru yang memanfaatkan kawasan konservasi. Dijadikan sebagai tempat wisata yang mengedukasi dan ramah lingkungan.

Di mana salah satunya adalah Wisata mangrove Bebanga ini yang cukup menarik perhatian para wisatawan karena keindahannya. Suasana yang ada di lokasi wisata ini begitu tenang dan keindahannya memikat mata.

Pengunjung bisa mengembalikan foto-foto di tempat wisata Mamuju ini dengan berlatarkan pemandangan mangrove dan alam yang berpadu menjadi satu. Kawasan perairan nya juga begitu indah dan terdapat jembatan-jembatan untuk menyusuri setiap sudut keindahan mangrove yang ada di sini.

Destinasi wisata ini juga bisa dijadikan salah satu tempat untuk menenangkan pikiran sembari menikmati pemandangan alam begitu indah. Mengunjungi tempat wisata ini bersama keluarga tentunya akan memberikan pengalaman yang lebih berkesan dan mengasyikkan.

11. Tugu Smart Pasangkayu

tempat wisata anak di mamuju
Foto : https://www.instagram.com/dzulkifli_ramly/

Berikutnya ada obyek wisata di Mamuju bernama Tugu Smart Pasangkayu yang memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Meskipun tidak seterkenal tempat-tempat lainnya yang ada di Sulawesi Barat destinasi wisata ini turut direkomendasikan. Karena keindahannya juga tidak kalah menarik dari tempat-tempat lainnya.

Tugu Smart Pasangkayu ini dikelilingi oleh air mancur yang bentuknya bulat seperti Bundaran Hotel Indonesia dan juga Patung Selamat Datang. Biasanya di malam hari tubuh ini akan memancarkan sinar yang cemerlang dan akan tampak air mancur yang begitu indah.

Air mancur tampak meliuk-liuk sembari terkena cahaya warna yang begitu eksotis. Apabila ingin mencari salah satu tempat wisata malam yang indah maka Tugu Smart Pasangkayu ini bisa dijadikan tulis untuk dikunjungi.

Wisata di Mamuju ini berada di tengah taman dan menjadi ikon untuk Kabupaten Pasangkayu. Untuk kata Smart sendiri merupakan singkatan dari sejahtera mandiri dan bermartabat.

12. Pantai Mangrove Ampallas

tempat wisata di mamuju
Foto : http://direktoripariwisata.id/

Tempat lainnya yang juga merupakan wisata Mamuju yang menarik untuk dikunjungi adalah wisata pantai mangrove ampallas. Sesuai dengan namanya, objek yang menarik di sini adalah mangrove jadinya memiliki banyak manfaat untuk ekosistem pantai.

Mangrove ini bisa mencegah abrasi dan sekaligus menjadi tempat tinggal daripada ikan-ikan kecil sehingga bisa berperan penting terhadap keseimbangan ekosistem. Selain dijadikan kawasan konservasi adanya wisata hutan mangrove ini bisa mengedukasi para pengunjung yang datang. Karena bisa melihat langsung bagaimana bentukan dari mangrove dan seperti apa peran dari mangrove itu sendiri.

Selain menikmati rimbunnya pohon mangrove para pengunjung juga bisa menikmati perairan dan mengambil foto-foto ciamik disini. Dengan begitu liburan penuh kesan dan menyenangkan sudah siap menanti para pengunjung yang akan berlibur di Mamuju Sulawesi Barat.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Gorontalo terbaru dengan sajian wahana kekinian yang hits.

Demikian informasi mengenai tempat wisata di Mamuju yang memiliki pesona eksotis dan menawan. Beragam tempat wisata yang sudah dijelaskan tentu bisa menjadi bahan pertimbangan untuk memilih lokasi wisata sesuai dengan keinginan.

Selama berlibur ke tempat wisata, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan supaya tubuh tetap fit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 + eleven =